Don't Show Again Yes, I would!

PKN STAN 2024: Informasi Terkini tentang Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran

PKN STAN 2024

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. PKN STAN menawarkan pendidikan tinggi vokasi di bidang keuangan negara, dengan lulusannya akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar PKN STAN 2024, berikut adalah informasi terbaru tentang jadwal dan persyaratan pendaftaran yang perlu Anda ketahui.

Kapan Pendaftaran PKN STAN 2024 Dibuka?

Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi dari PKN STAN maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) mengenai jadwal pendaftaran PKN STAN 2024. Namun, jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya pendaftaran PKN STAN dibuka pada bulan April hingga Mei, bersamaan dengan pendaftaran sekolah kedinasan lainnya. Pada tahun 2023, misalnya, pendaftaran PKN STAN berlangsung dari tanggal 1 April hingga 30 April 2023.

Oleh karena itu, Anda masih memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan mempelajari lebih lanjut tentang PKN STAN, mulai dari program studi yang ditawarkan, jalur penerimaan yang tersedia, hingga syarat pendaftaran yang harus dipenuhi. Untuk membantu Anda, kami telah merangkum informasi penting tentang PKN STAN di artikel ini.

Program Studi yang Ditawarkan oleh PKN STAN

PKN STAN memiliki tiga program studi diploma IV, yaitu:

  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik: Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi sektor publik, seperti penyusunan laporan keuangan, audit, dan pengawasan. Lulusan program ini akan ditempatkan di berbagai unit kerja di Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Pemeriksa Keuangan, dan lain-lain.
  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara: Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang manajemen keuangan negara, seperti perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Lulusan program ini akan ditempatkan di berbagai unit kerja di Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dan lain-lain.
  • Diploma IV Manajemen Aset Publik: Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang manajemen aset publik, seperti pengadaan, pengelolaan, pengamanan, dan penatausahaan. Lulusan program ini akan ditempatkan di berbagai unit kerja di Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Lembaga Manajemen Aset Negara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan lain-lain.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN

PKN STAN membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu:

  • Jalur Reguler: Jalur ini ditujukan untuk seluruh siswa lulusan SMA/sederajat di bawah pembinaan Kemendikbudristek atau Kemenag, tanpa memandang asal daerah. Jalur ini merupakan jalur utama dan paling kompetitif, karena jumlah pendaftar biasanya jauh lebih banyak daripada kuota yang disediakan. Jalur ini menggunakan nilai UTBK-SNBT sebagai salah satu syarat seleksi administrasi.
  • Jalur Afirmasi Kewilayahan: Jalur ini ditujukan untuk siswa lulusan SMA/sederajat di bawah Kemendikbudristek atau Kemenag yang berasal dari daerah-daerah tertentu yang telah ditetapkan. Jalur ini merupakan jalur khusus yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan dan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah tersebut. Jalur ini juga menggunakan nilai UTBK-SNBT sebagai salah satu syarat seleksi administrasi, namun dengan nilai minimal yang lebih rendah daripada jalur reguler.
  • Jalur Pembibitan: Jalur ini ditujukan untuk siswa lulusan SMA/sederajat di bawah Kemendikbudristek atau Kemenag yang telah menjalin kerja sama dengan PKN STAN melalui pemerintah daerah asal. Jalur ini merupakan jalur kerja sama yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di pemerintah daerah asal. Jalur ini tidak menggunakan nilai UTBK-SNBT sebagai syarat seleksi administrasi, namun memiliki syarat nilai ijazah yang lebih tinggi daripada jalur reguler dan afirmasi kewilayahan.

Syarat Pendaftaran PKN STAN

Untuk dapat mendaftar PKN STAN, Anda harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Lulusan tahun 2024 atau dua tahun sebelumnya (2022 dan 2023) dari SMA/sederajat di bawah pembinaan Kemendikbudristek atau Kemenag.
  • Memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dari skala 100,00 untuk jalur reguler dan afirmasi kewilayahan, atau tidak kurang dari 75,00 dari skala 100,00 untuk jalur pembibitan. Nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
  • Usia maksimal 21 tahun dan minimal 14 tahun per 1 September 2024.
  • Memiliki nilai hasil ujian UTBK-SNBT tahun 2024 untuk jalur reguler dan afirmasi kewilayahan, dengan nilai minimal sebagai berikut:
    • Tes Potensi Skolastik/TPS minimal 600 (rata-rata seluruh subtes TPS) untuk jalur reguler, atau minimal 400 untuk jalur afirmasi kewilayahan.
    • Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia minimal 550 untuk jalur reguler, atau minimal 375 untuk jalur afirmasi kewilayahan.
    • Tes Literasi dalam Bahasa Inggris minimal 450 untuk jalur reguler, atau minimal 325 untuk jalur afirmasi kewilayahan.
    • Tes Penalaran Matematika minimal 500 untuk jalur reguler, atau minimal 325 untuk jalur afirmasi kewilayahan.
  • Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan narkoba.

Cara Daftar PKN STAN

Untuk dapat mendaftar PKN STAN, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Membuat akun SNPMB 2024 melalui portal SNPMB pada tautan. Pendaftaran akun SNPMB dibuka hingga 15 Februari 2024. Akun SNPMB ini akan digunakan untuk mendaftar UTBK-SNBT dan SPMB PKN STAN.
  • Mendaftar UTBK-SNBT 2024 melalui portal SNPMB dengan menggunakan akun yang telah dibuat. Pendaftaran UTBK-SNBT dibuka dari 16 Februari hingga 3 Maret 2024. Anda harus memilih lokasi, tanggal, dan waktu pelaksanaan UTBK-SNBT sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga harus membayar biaya pendaftaran UTBK-SNBT sebesar Rp 200.000 melalui bank yang ditunjuk.
  • Mengikuti UTBK-SNBT 2024 sesuai dengan jadwal yang telah dipilih. UTBK-SNBT akan dilaksanakan dari 23 Maret hingga 14 April 2024 di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Anda harus membawa kartu tanda peserta UTBK-SNBT, kartu identitas, dan alat tulis saat mengikuti ujian. Anda juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Mendaftar SPMB PKN STAN 2024 melalui portal SNPMB dengan menggunakan akun yang telah dibuat. Pendaftaran SPMB PKN STAN dibuka dari 1 April hingga 30 April 2024. Anda harus memilih program studi dan jalur penerimaan yang sesuai dengan minat dan kriteria Anda. Anda juga harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, rapor, kartu identitas, dan surat keterangan sehat. Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran SPMB PKN STAN, karena sudah termasuk dalam biaya pendaftaran UTBK-SNBT.
  • Mengikuti seleksi tahap pertama PKN STAN 2024, yaitu seleksi administrasi. Seleksi administrasi dilakukan dengan cara verifikasi dokumen yang telah diunggah oleh peserta. Peserta yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui portal SNPMB pada tanggal 15 Mei 2024. Peserta yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi tahap kedua, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD).
  • Mengikuti seleksi tahap kedua PKN STAN 2024, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD). SKD dilakukan dengan cara ujian tertulis menggunakan sistem computer assisted test (CAT). SKD terdiri dari tiga subtes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). SKD akan dilaksanakan dari 1 Juni hingga 30 Juni 2024 di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Peserta harus membawa kartu tanda peserta SKD, kartu identitas, dan alat tulis saat mengikuti ujian. Peserta juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Mengikuti seleksi tahap ketiga PKN STAN 2024, yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB). SKB dilakukan dengan cara ujian tertulis menggunakan sistem CAT. SKB terdiri dari dua subtes, yaitu tes pengetahuan umum (TPU) dan tes pengetahuan bidang (TPB). TPU meliputi materi-materi seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan logika. TPB meliputi materi-materi sesuai dengan program studi yang dipilih, seperti akuntansi, manajemen, dan ekonomi. SKB akan dilaksanakan dari 15 Juli hingga 31 Juli 2024 di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Peserta harus membawa kartu tanda peserta SKB, kartu identitas, dan alat tulis saat mengikuti ujian. Peserta juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Menunggu pengumuman hasil akhir PKN STAN 2024, yang akan diumumkan melalui portal SNPMB pada tanggal 15 Agustus 2024. Pengumuman hasil akhir PKN STAN 2024 berdasarkan nilai akhir peserta, yang merupakan gabungan dari nilai UTBK-SNBT, SKD, dan SKB. Peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan registrasi ulang melalui portal SNPMB sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Peserta yang lulus juga harus mengikuti proses verifikasi ulang dokumen, tes kesehatan, dan orientasi mahasiswa baru.

Tips Sukses Mendaftar dan Lulus PKN STAN 2024

Pendaftaran dan seleksi PKN STAN 2024 merupakan proses yang cukup panjang dan kompetitif, sehingga Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dan serius. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk mendaftar dan lulus PKN STAN 2024:

  • Lakukan riset tentang PKN STAN, program studi yang ditawarkan, jalur penerimaan yang tersedia, dan syarat pendaftaran yang harus dipenuhi. Anda dapat mengunjungi situs resmi PKN STAN [6] atau menghubungi kontak layanan informasi PKN STAN [7] untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru.
  • Tentukan program studi dan jalur penerimaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kriteria Anda. Anda dapat mempertimbangkan faktor-faktor seperti prospek karir, kesesuaian dengan bidang keilmuan, tingkat persaingan, dan ketersediaan kuota. Anda juga dapat berkonsultasi dengan orang tua, guru, atau konselor karir untuk mendapatkan saran yang objektif dan profesional.
  • Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran, seperti ijazah, rapor, kartu identitas, dan surat keterangan sehat. Pastikan dokumen-dokumen tersebut asli, lengkap, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika perlu, Anda dapat membuat fotokopi atau scan dokumen-dokumen tersebut sebagai cadangan.
  • Daftarkan diri Anda untuk UTBK-SNBT 2024 melalui portal SNPMB sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Pilih lokasi, tanggal, dan waktu pelaksanaan UTBK-SNBT yang sesuai dengan preferensi dan ketersediaan Anda. Bayar biaya pendaftaran UTBK-SNBT melalui bank yang ditunjuk. Simpan bukti pembayaran dan kartu tanda peserta UTBK-SNBT dengan baik.
  • Belajar dan berlatih untuk UTBK-SNBT 2024 dengan menggunakan bahan-bahan belajar yang relevan dan terpercaya. Anda dapat menggunakan buku-buku, modul, atau aplikasi yang membahas materi-materi UTBK-SNBT, seperti TPS, literasi bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris, dan penalaran matematika. Anda juga dapat mengikuti try out, simulasi, atau bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang berpengalaman dan berkualitas.
  • Ikuti UTBK-SNBT 2024 sesuai dengan jadwal yang telah dipilih. Datang ke lokasi ujian minimal 30 menit sebelum ujian dimulai. Bawa kartu tanda peserta UTBK-SNBT, kartu identitas, dan alat tulis saat mengikuti ujian. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kerjakan ujian dengan tenang, fokus, dan teliti. Jangan lupa untuk mencentang jawaban yang Anda pilih di layar komputer dan mengklik tombol selesai sebelum waktu ujian habis.
  • Daftarkan diri Anda untuk SPMB PKN STAN 2024 melalui portal SNPMB sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Pilih program studi dan jalur penerimaan yang sesuai dengan minat dan kriteria Anda. Unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, rapor, kartu identitas, dan surat keterangan sehat. Pastikan dokumen-dokumen tersebut terbaca dengan jelas dan sesuai dengan format yang diminta. Simpan bukti pendaftaran dan kartu tanda peserta SPMB PKN STAN dengan baik.
  • Belajar dan berlatih untuk SKD dan SKB PKN STAN 2024 dengan menggunakan bahan-bahan belajar yang relevan dan terpercaya. Anda dapat menggunakan buku-buku, modul, atau aplikasi yang membahas materi-materi SKD dan SKB, seperti TWK, TIU, TKP, TPU, dan TPB. Anda juga dapat mengikuti try out, simulasi, atau bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang berpengalaman dan berkualitas.
  • Ikuti SKD dan SKB PKN STAN 2024 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Datang ke lokasi ujian minimal 30 menit sebelum ujian dimulai. Bawa kartu tanda peserta SKD dan SKB, kartu identitas, dan alat tulis saat mengikuti ujian. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kerjakan ujian dengan tenang, fokus, dan teliti. Jangan lupa untuk mencentang jawaban yang Anda pilih di layar komputer dan mengklik tombol selesai sebelum waktu ujian habis.
  • Menunggu pengumuman hasil akhir PKN STAN 2024, yang akan diumumkan melalui portal SNPMB pada tanggal 15 Agustus 2024. Pengumuman hasil akhir PKN STAN 2024 berdasarkan nilai akhir peserta, yang merupakan gabungan dari nilai UTBK-SNBT, SKD, dan SKB. Peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan registrasi ulang melalui portal SNPMB sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Peserta yang lulus juga harus mengikuti proses verifikasi ulang dokumen, tes kesehatan, dan orientasi mahasiswa baru.

Demikianlah informasi terkini tentang jadwal dan persyaratan pendaftaran PKN STAN 2024 yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk mendaftar dan lulus PKN STAN 2024. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terbaru dari situs resmi PKN STAN dan portal SNPMB. Selamat berjuang dan sukses!

Sumber referensi:

dikdin.bkn.go.id
detik.com
edukasi.sindonews.com
portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
pknstan.ac.id

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *