Don't Show Again Yes, I would!

10 Jurusan Favorit di PNJ, Apa Saja?

Pelajarwajo.com – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu perguruan tinggi vokasi negeri yang terletak di Depok, Jawa Barat. PNJ memiliki keunikan lokasi karena terletak di area kampus Universitas Indonesia (UI).

PNJ menyelenggarakan program vokasi yang bertujuan untuk mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten, terampil, dan profesional di bidang industri, baik di bidang industri jasa maupun bidang industri manufaktur.

PNJ memiliki banyak jurusan yang menarik dan diminati oleh calon mahasiswa. Pada tahun 2023, PNJ membuka 24 program studi, yang terdiri dari 16 program diploma IV (D4) dan 8 program diploma III (D3).

Program studi di PNJ berfokus pada pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan lulusannya agar siap terjun langsung ke dunia industri. Hal ini dilakukan dengan mengadopsi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, serta memberikan pengalaman praktis melalui magang atau kerja praktik di industri.

Namun, dari sekian banyak jurusan yang ada di PNJ, mana saja yang paling favorit dan mengapa? Artikel ini akan membahas 10 jurusan favorit di PNJ berdasarkan data peminat pada jalur SNBT tahun 2023.

Selain itu, artikel ini juga akan memberikan informasi tentang daya tampung, prospek kerja, dan alasan mengapa jurusan tersebut menjadi favorit. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Inilah 10 Daftar Jurusan Favorit di PNJ

Berikut adalah sepuluh daftar jurusan favorit di PNJ:

1. Teknik Informatika (D4)

Jurusan yang pertama adalah Teknik Informatika. Jurusan ini merupakan jurusan yang paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 802 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya sangat ketat.

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik pengembangan perangkat lunak, sistem informasi, dan jaringan komputer. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengelola solusi teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan industri.

Prospek kerja jurusan ini sangat luas dan menjanjikan, karena teknologi informasi adalah bidang yang terus berkembang dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai programmer, software engineer, web developer, mobile developer, database administrator, network engineer, system analyst, IT consultant, dan lain-lain.

2. Administrasi Bisnis Terapan (D4)

Jurusan yang kedua adalah Administrasi Bisnis Terapan. Jurusan ini merupakan jurusan yang kedua paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 685 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 48 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Administrasi Bisnis Terapan adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik manajemen bisnis, kewirausahaan, dan pemasaran. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu merencanakan, mengorganisasi, mengendalikan, dan mengembangkan bisnis yang berorientasi pada pasar dan pelanggan.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan bervariasi, karena bisnis adalah bidang yang universal dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer, supervisor, entrepreneur, marketing, sales, public relations, dan lain-lain.

3. Manajemen Keuangan (D4)

Jurusan yang ketiga adalah Manajemen Keuangan. Jurusan ini merupakan jurusan yang ketiga paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 459 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Manajemen Keuangan adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik pengelolaan keuangan, perbankan, dan investasi. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menganalisis, merencanakan, mengelola, dan mengawasi keuangan perusahaan, lembaga, atau individu.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan menjanjikan, karena keuangan adalah bidang yang penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai financial manager, financial analyst, financial planner, auditor, accountant, banker, investor, dan lain-lain.

4. Akuntansi Keuangan (D4)

Jurusan yang keempat adalah Akuntansi Keuangan. Jurusan ini merupakan jurusan yang keempat paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 409 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Akuntansi Keuangan adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik pencatatan, pelaporan, dan pengawasan keuangan. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menyusun, menyajikan, dan mengaudit laporan keuangan yang akurat, transparan, dan sesuai dengan standar akuntansi.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan menjanjikan, karena akuntansi adalah bidang yang penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai accountant, auditor, tax consultant, financial controller, dan lain-lain.

5. Desain Grafis (D4)

Jurusan yang kelima adalah Desain Grafis. Jurusan ini merupakan jurusan yang kelima paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 384 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 44 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Desain Grafis adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik perancangan komunikasi visual. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menciptakan, mengembangkan, dan menyampaikan pesan melalui media grafis, seperti logo, poster, brosur, ilustrasi, animasi, dan lain-lain.

Jurusan Favorit di PNJ

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan bervariasi, karena desain grafis adalah bidang yang kreatif dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai graphic designer, illustrator, animator, web designer, art director, dan lain-lain.

6. Teknik Elektro (D4)

Jurusan yang keenam adalah Teknik Elektro. Jurusan ini merupakan jurusan yang keenam paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 377 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Teknik Elektro adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem, komponen, dan peralatan listrik. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai bidang-bidang seperti elektronika, kontrol, telekomunikasi, dan tenaga listrik.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan menjanjikan, karena listrik adalah bidang yang penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai electrical engineer, electronic engineer, control engineer, telecommunication engineer, power engineer, dan lain-lain.

Alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit adalah karena jurusan ini menawarkan peluang karir yang besar, tantangan yang menarik, dan gaji yang tinggi. Selain itu, jurusan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis, analitis, dan kreatif mereka.

7. Teknik Mesin (D4)

Jurusan yang ketujuh adalah Teknik Mesin. Jurusan ini merupakan jurusan yang ketujuh paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 375 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Teknik Mesin adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik perancangan, pembuatan, pengoperasian, dan pemeliharaan mesin, alat, dan sistem mekanik. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai bidang-bidang seperti mekanika, termodinamika, fluida, material, dan manufaktur.

Jurusan Favorit di PNJ

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan menjanjikan, karena mesin adalah bidang yang penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai mechanical engineer, design engineer, manufacturing engineer, maintenance engineer, dan lain-lain.

Alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit adalah karena jurusan ini menawarkan peluang karir yang besar, tantangan yang menarik, dan gaji yang tinggi. Selain itu, jurusan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis, analitis, dan kreatif mereka.

8. Teknik Kimia (D4)

Jurusan yang kedelapan adalah Teknik Kimia. Jurusan ini merupakan jurusan yang kedelapan paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 368 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Teknik Kimia adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan proses, reaktor, dan peralatan kimia. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai bidang-bidang seperti reaksi kimia, termodinamika, transportasi massa, energi, dan momentum, serta teknologi kimia.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan menjanjikan, karena kimia adalah bidang yang penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai chemical engineer, process engineer, plant engineer, research engineer, dan lain-lain.

Alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit adalah karena jurusan ini menawarkan peluang karir yang besar, tantangan yang menarik, dan gaji yang tinggi. Selain itu, jurusan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis, analitis, dan kreatif mereka.

9. Teknik Sipil (D4)

Jurusan yang kesembilan adalah Teknik Sipil. Jurusan ini merupakan jurusan yang kesembilan paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 358 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Teknik Sipil adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik perancangan, pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan infrastruktur sipil, seperti jalan, jembatan, bendungan, gedung, dan lain-lain. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai bidang-bidang seperti mekanika tanah, hidrolika, struktur, transportasi, dan manajemen konstruksi.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan menjanjikan, karena infrastruktur sipil adalah bidang yang penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai civil engineer, structural engineer, geotechnical engineer, hydraulic engineer, transportation engineer, construction manager, dan lain-lain.

Alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit adalah karena jurusan ini menawarkan peluang karir yang besar, tantangan yang menarik, dan gaji yang tinggi. Selain itu, jurusan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis, analitis, dan kreatif mereka.

10. Teknik Industri (D4)

Jurusan yang kesepuluh adalah Teknik Industri. Jurusan ini merupakan jurusan yang kesepuluh paling diminati di PNJ, dengan jumlah peminat sebanyak 354 orang pada jalur SNBT tahun 2023. Daya tampung jurusan ini adalah 24 orang, sehingga persaingannya cukup ketat.

Teknik Industri adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, teori, dan praktik perancangan, pengorganisasian, pengendalian, dan peningkatan sistem industri, seperti manufaktur, logistik, kualitas, ergonomi, dan lain-lain. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai bidang-bidang seperti rekayasa sistem, rekayasa produksi, rekayasa operasi, rekayasa manajemen, dan rekayasa keandalan.

Prospek kerja jurusan ini cukup luas dan bervariasi, karena industri adalah bidang yang universal dan dibutuhkan di berbagai sektor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai industrial engineer, production engineer, operation engineer, management engineer, reliability engineer, dan lain-lain.

Alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit adalah karena jurusan ini menawarkan peluang karir yang fleksibel, pengalaman yang berharga, dan penghasilan yang menarik. Selain itu, jurusan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis, analitis, dan kreatif mereka.

Akhir Kata

Itulah 10 jurusan favorit di PNJ berdasarkan data peminat pada jalur SNBT tahun 2023. Jurusan-jurusan tersebut menawarkan berbagai keunggulan, seperti peluang karir, tantangan, gaji, dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia industri. Namun, tidak ada jurusan yang sempurna, karena setiap jurusan juga memiliki tantangan, persaingan, dan resiko yang harus dihadapi.

Oleh karena itu, sebelum memilih jurusan, sebaiknya Anda melakukan riset, introspeksi, dan konsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman. Anda harus mempertimbangkan minat, bakat, passion, dan tujuan Anda dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan Anda. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri Anda dengan belajar, berlatih, dan berdoa agar dapat lolos seleksi dan berhasil menyelesaikan studi Anda di PNJ.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *