Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Potensi Diri dan Bakat Melalui MBTI

Pelajarwajo.com – Apa itu MBTI dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengetahui potensi diri dan bakat Anda? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu MBTI?

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah salah satu alat tes kepribadian yang populer di dunia. MBTI dibuat oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers berdasarkan teori psikologis Carl Jung. MBTI bertujuan untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

MBTI terdiri dari empat dimensi yang mewakili dua pilihan berlawanan dalam setiap dimensi. Keempat dimensi tersebut adalah:

1. Ekstrovert (E) dan Introvert (I)

Pernah dengar sifat ekstrovert dan introvert? Nah klasifikasi kepribadian ini mengevaluasi orientasi energi seseorang. Individu dengan kepribadian ekstrovert cenderung menikmati interaksi sosial dan dunia luar, sementara introvert lebih suka fokus pada dunia dalam dan melakukan pekerjaan secara individu.

2. Intuitive (N) dan Sensing (S)

Penilaian kepribadian intuitif dan sensing ini berkaitan dengan cara seseorang memperoleh informasi di sekitarnya. Tipe kepribadian intuitive cenderung memperhatikan pola dan berimajinasi terkait masa depan cocok banget orang berhubungan jiwa seni yang tinggi, sedangkan sensing lebih fokus pada data/fakta dan detail pengalaman langsung.

3. Thinking (T) dan Feeling (F)

Skala ini mengukur cara seseorang membuat keputusan. Individu dengan tipe kepribadian thinking cenderung mempertimbangkan segala sesuatu berdasarkan fakta dan data objektif, sementara feeling lebih mudah mempertimbangkan emosi dalam pengambilan keputusan.

4. Judging (J) dan Perceiving (P)

Penilaian ini melibatkan cara seseorang menjalin hubungan. Tipe kepribadian judging cenderung suka menilai dan lebih tegas dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Sikap Empati Seorang Pelajar Dapat Diwujudkan dalam Bentuk Apa Saja?

Dengan menggabungkan keempat dimensi tersebut, kita dapat mendapatkan 16 tipe kepribadian yang berbeda, yang disimbolkan dengan empat huruf. Misalnya, tipe INFP berarti seseorang yang memiliki preferensi Introversion, Intuition, Feeling, dan Perceiving.

Manfaat MBTI untuk Mengetahui Potensi Diri dan Bakat

MBTI bukanlah alat untuk menilai atau mengklasifikasikan seseorang, melainkan alat untuk membantu seseorang mengenali dirinya sendiri dan orang lain. Dengan mengetahui tipe kepribadian kita, kita dapat memahami kekuatan dan kelemahan kita, serta cara kita berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dapat membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan, seperti:

  • Pendidikan: kita dapat menyesuaikan gaya belajar kita dengan preferensi kita, serta memilih jurusan atau bidang studi yang sesuai dengan minat dan bakat kita.
  • Karier: kita dapat mengeksplorasi pilihan karier yang cocok dengan tipe kepribadian kita, serta mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.
  • Hubungan: kita dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, teman, maupun pasangan, dengan memahami perbedaan dan kesamaan tipe kepribadian.
  • Pengembangan diri: kita dapat menetapkan tujuan dan rencana yang realistis dan sesuai dengan potensi diri kita, serta mengatasi tantangan dan konflik yang mungkin muncul dengan cara yang efektif.

Cara Melakukan Tes MBTI dan Memahami Hasilnya

Untuk melakukan tes MBTI, Anda dapat mengunjungi situs web 16Personalities (https://www.16personalities.com/free-personality-test) atau Tes Kepribadian Gratis (https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian), yang menyediakan tes online yang mudah dan cepat.

Anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dengan jujur dan sesuai dengan diri Anda saat ini, bukan diri Anda yang diinginkan atau diharapkan. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan hasil tes berupa tipe kepribadian Anda, beserta penjelasan lengkap tentang ciri-ciri, kekuatan, kelemahan, dan saran untuk tipe tersebut.

Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang 16 tipe kepribadian yang ada di situs web Personality Types (https://www.16personalities.com/personality-types), yang menyajikan profil lengkap dan mendalam untuk setiap tipe, termasuk aspek-aspek seperti:

  • Peran: menunjukkan tujuan dan strategi seseorang dalam mencapai tujuannya, yang dibagi menjadi empat kategori, yaitu Analis, Diplomat, Sentinel, dan Explorer.
  • Strategi: menunjukkan cara seseorang menghadapi tantangan dan stres, yang dibagi menjadi empat kategori, yaitu Confident Individualism, Constant Improvement, People Mastery, dan Social Engagement.
  • Identitas: menunjukkan seberapa percaya diri dan asertif seseorang dalam mengungkapkan dirinya, yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu Assertive dan Turbulent.

Dengan memahami hasil tes MBTI Anda, Anda dapat mengetahui potensi diri dan bakat Anda dengan lebih baik, serta mengembangkannya dengan cara yang tepat. Anda juga dapat membandingkan hasil tes Anda dengan orang lain, dan melihat bagaimana tipe kepribadian Anda berpengaruh terhadap hubungan Anda dengan mereka.

Namun, ingatlah bahwa MBTI bukanlah ukuran mutlak dari kepribadian Anda, melainkan alat bantu yang dapat membuka wawasan Anda tentang diri Anda dan orang lain. Jadi, jangan biarkan hasil tes MBTI membatasi atau menentukan pilihan Anda, melainkan gunakanlah sebagai inspirasi dan motivasi untuk terus belajar dan berkembang.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *