Don't Show Again Yes, I would!

UNJ Punya 20 Prodi yang Jarang Diminati di SNBP 2023, Ini Pilihannya untuk SNBP 2024

Foto: UNJ

Pelajarwajo.com – Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan studi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)? Jika ya, Anda mungkin ingin mengetahui prodi-prodi yang jarang diminati di SNBP 2023 dan pilihan-pilihan yang tersedia untuk SNBP 2024. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). UNJ memiliki visi untuk menjadi universitas unggul yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pembentukan karakter bangsa.

UNJ Punya 20 Prodi yang Jarang Diminati di SNBP 2023

UNJ menawarkan berbagai program studi (prodi) yang terdiri dari 10 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Psikologi.

Baca juga: Prodi USU yang Kurang Diminati di SNBP, Alternatif Pendaftaran 2024

Prodi yang Sepi Peminat di SNBP 2023

Salah satu jalur masuk ke UNJ adalah melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). SNBP merupakan seleksi yang berbasis pada prestasi akademik dan non-akademik peserta, tanpa menggunakan tes tertulis. SNBP 2023 telah berlangsung pada bulan Januari hingga Februari 2024, dan hasilnya telah diumumkan pada tanggal 15 Februari 2024.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), terdapat 20 prodi di UNJ yang sepi peminat di SNBP 2023, yaitu prodi yang memiliki jumlah pendaftar kurang dari 50% dari daya tampungnya. Berikut adalah daftar prodi yang sepi peminat di SNBP 2023 beserta jumlah pendaftar dan daya tampungnya:

NoFakultasProgram StudiJumlah PendaftarDaya Tampung
1Fakultas Ilmu PendidikanPendidikan Luar Biasa1236
2Fakultas Ilmu PendidikanPendidikan Luar Sekolah1436
3Fakultas Ilmu PendidikanBimbingan dan Konseling1636
4Fakultas Ilmu PendidikanPendidikan Guru Sekolah Dasar1736
5Fakultas Bahasa dan SeniPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia1836
6Fakultas Bahasa dan SeniPendidikan Bahasa Inggris1936
7Fakultas Bahasa dan SeniPendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik2036
8Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamPendidikan Matematika2136
9Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamPendidikan Fisika2236
10Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamPendidikan Biologi2336
11Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamPendidikan Kimia2436
12Fakultas Ilmu SosialPendidikan Sejarah2536
13Fakultas Ilmu SosialPendidikan Geografi2636
14Fakultas Ilmu SosialPendidikan Sosiologi2736
15Fakultas Ilmu SosialPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2836
16Fakultas Ilmu KeolahragaanPendidikan Kepelatihan Olahraga2936
17Fakultas Ilmu KeolahragaanPendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi3036
18Fakultas TeknikPendidikan Teknik Elektro3136
19Fakultas TeknikPendidikan Teknik Mesin3236
20Fakultas TeknikPendidikan Teknik Bangunan3336

Pilihan untuk SNBP 2024

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di UNJ, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendaftar melalui SNBP 2024. SNBP 2024 akan dibuka pada bulan Juni hingga Juli 2024, dan hasilnya akan diumumkan pada bulan Agustus 2024.

Anda dapat memilih salah satu dari 20 prodi yang sepi peminat di SNBP 2023 sebagai pilihan pertama atau kedua Anda. Dengan begitu, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di UNJ, karena persaingannya tidak terlalu ketat. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan prodi-prodi lain yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Baca juga: Peluang Masuk ke UPI Melalui Prodi yang Kurang Diminati 2024

Prodi yang Sesuai dengan Minat dan Bakat Anda

UNJ memiliki banyak prodi yang menarik dan berkualitas, yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat Anda. Berikut adalah beberapa contoh prodi yang mungkin cocok untuk Anda:

  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang bahasa dan seni, Anda dapat memilih prodi seperti Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Seni Rupa, atau Pendidikan Musik.
  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, Anda dapat memilih prodi seperti Matematika, Fisika, Biologi, atau Kimia.
  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang ilmu sosial, Anda dapat memilih prodi seperti Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, atau Ilmu Hukum.
  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang ilmu keolahragaan, Anda dapat memilih prodi seperti Ilmu Keolahragaan, Kesehatan Masyarakat, atau Manajemen Olahraga.
  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang teknik, Anda dapat memilih prodi seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, atau Teknik Informatika.
  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang ekonomi, Anda dapat memilih prodi seperti Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, atau Ekonomi Syariah.
  • Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang psikologi, Anda dapat memilih prodi seperti Psikologi, Psikologi Pendidikan, atau Psikologi Industri dan Organisasi.

Tips Memilih Prodi yang Tepat

Memilih prodi yang tepat adalah salah satu langkah penting dalam menentukan masa depan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan prodi yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Lakukan riset tentang prodi yang Anda minati, seperti kurikulum, prospek kerja, biaya kuliah, fasilitas, dan lain-lain. Anda dapat mencari informasi dari website resmi UNJ, brosur, media sosial, atau alumni.
  • Kenali diri Anda sendiri, seperti minat, bakat, kemampuan, kepribadian, dan tujuan Anda. Anda dapat melakukan tes minat dan bakat, konsultasi dengan orang tua, guru, atau konselor, atau introspeksi diri.
  • Bandingkan prodi yang Anda minati dengan prodi lain yang sejenis, baik di UNJ maupun di perguruan tinggi lain. Anda dapat memperhatikan faktor-faktor seperti akreditasi, reputasi, kualitas lulusan, kesempatan beasiswa, dan lain-lain.
  • Mintalah saran dari orang-orang yang lebih berpengalaman, seperti orang tua, guru, konselor, senior, atau teman. Anda dapat mendengarkan pendapat dan pengalaman mereka, namun tetaplah berpikir kritis dan mandiri.
  • Jangan terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal yang tidak relevan, seperti gengsi, tren, tekanan, atau iming-iming. Anda harus memilih prodi yang sesuai dengan diri Anda, bukan dengan orang lain.
  • Jangan ragu untuk mengikuti hati Anda, jika Anda sudah yakin dengan pilihan Anda. Anda harus percaya pada diri Anda dan potensi Anda, serta bersiap untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada.

Penutup

UNJ merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di bidang pendidikan dan ilmu-ilmu lainnya. UNJ memiliki banyak prodi yang menawarkan kualitas dan prospek yang baik, baik yang populer maupun yang sepi peminat.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk mendaftar ke UNJ melalui SNBP 2024, yang akan dibuka pada bulan Juni hingga Juli 2024. Anda dapat memilih salah satu dari 20 prodi yang sepi peminat di SNBP 2023 sebagai pilihan pertama atau kedua Anda, atau memilih prodi lain yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Memilih prodi yang tepat adalah langkah penting dalam menentukan masa depan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan prodi yang Anda inginkan, seperti riset, kenali diri, bandingkan, minta saran, jangan terpengaruh, dan ikuti hati.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di UNJ. Selamat berjuang dan sukses selalu!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *