Don't Show Again Yes, I would!

Cara Menemukan Judul Skripsi yang Tepat dengan Google Scholar

illustrasi mencari skripsi di google scholar

Pelajarwajo.com – Ingin tahu cara menemukan judul skripsi yang sesuai dengan minat dan bidangmu? Coba gunakan Google Scholar, mesin pencari literatur ilmiah yang dapat membantumu menemukan ide-ide brilian untuk skripsimu. Simak cara-caranya di sini!

Apa itu Google Scholar?

Google Scholar adalah layanan dari Google yang memungkinkan kamu mencari berbagai macam literatur ilmiah, seperti jurnal, makalah, tesis, disertasi, dan lain-lain. Google Scholar sangat berguna bagi para mahasiswa dan peneliti yang ingin mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan terbaru, mencari referensi, dan tentu saja, mencari judul skripsi.

Baca juga: 23 Contoh Judul Skripsi Agribisnis yang Menarik dan Mudah Dikerjakan

Google Scholar berbeda dengan Google biasa, karena Google Scholar hanya menampilkan konten-konten yang bersifat akademis dan ilmiah. Hasil pencarian di Google Scholar juga lebih relevan dan akurat, karena Google Scholar menggunakan algoritma khusus yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti jumlah kutipan, kualitas sumber, dan relevansi topik.

Bagaimana Cara Menemukan Judul Skripsi dengan Google Scholar

Mencari judul skripsi yang cocok dan menarik bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak mahasiswa. Namun, dengan Google Scholar, kamu bisa menemukan inspirasi dan ide-ide yang sesuai dengan minat dan bidangmu.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mencari judul skripsi di Google Scholar.

1. Tentukan Bidang Minatmu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan bidang minat atau topik yang ingin kamu teliti untuk skripsimu. Hal ini penting agar kamu tidak bingung atau tersesat di antara banyaknya literatur ilmiah yang ada di Google Scholar. Kamu bisa memilih bidang minat atau topik yang sesuai dengan jurusan, mata kuliah, atau hobi kamu.

2. Masukkan Kata Kunci yang Relevan

Setelah menentukan bidang minat atau topik, kamu bisa memasukkan kata kunci yang relevan di kotak pencarian Google Scholar. Kata kunci adalah istilah atau frasa yang menggambarkan topik yang kamu cari.

Misalnya, jika kamu ingin mencari judul skripsi tentang pemanasan global, kamu bisa memasukkan kata kunci “pemanasan global”.

Kamu bisa menggunakan kata kunci yang umum atau spesifik, tergantung pada kebutuhan dan preferensimu. Jika kamu ingin melihat hasil pencarian yang lebih luas, kamu bisa menggunakan kata kunci yang umum.

Baca juga: 25 Contoh Judul Skripsi Hukum Keluarga Islam

Jika kamu ingin melihat hasil pencarian yang lebih spesifik, kamu bisa menggunakan kata kunci yang spesifik atau menambahkan kata kunci tambahan, seperti nama penulis, tahun publikasi, atau topik spesifik lainnya.

3. Filter Hasil Pencarian

Setelah memasukkan kata kunci, kamu akan melihat daftar hasil pencarian yang relevan dengan topik yang kamu cari. Namun, tidak semua hasil pencarian tersebut cocok untuk judul skripsi. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan filter atau penyaringan untuk memilih hasil pencarian yang paling sesuai.

Di sisi kiri halaman, kamu akan melihat beberapa opsi filter yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilih “Tahun” untuk menampilkan hanya artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu tertentu.

Kamu juga bisa memilih “Urutkan menurut” untuk mengurutkan hasil pencarian berdasarkan relevansi atau tanggal. Selain itu, kamu juga bisa memilih “Tipe Artikel” untuk menampilkan hanya artikel yang berjenis jurnal, buku, tesis, atau lainnya.

4. Baca Judul dan Abstrak

Setelah melakukan filter, kamu bisa membaca judul dan abstrak dari hasil pencarian yang tersisa. Judul dan abstrak adalah bagian penting dari sebuah artikel ilmiah, karena mereka memberikan informasi singkat tentang isi dan tujuan dari artikel tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan judul dan abstrak untuk menilai apakah artikel tersebut relevan dan menarik untuk judul skripsi.

Kamu bisa memilih beberapa judul yang paling menarik perhatianmu dan mencatatnya sebagai kandidat judul skripsi. Kamu juga bisa membaca abstrak untuk mengetahui lebih lanjut tentang latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis artikel.

5. Akses Artikel Lengkap

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih detail dan mendalam tentang artikel yang kamu pilih, kamu bisa mengakses artikel lengkapnya. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mengklik judul artikel atau ikon PDF yang ada di sebelah kanan judul artikel. Kamu akan diarahkan ke halaman web atau file PDF yang berisi artikel lengkap.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua artikel di Google Scholar bisa diakses secara gratis. Beberapa artikel membutuhkan biaya atau langganan untuk bisa diakses. Jika kamu mengalami kesulitan mengakses artikel, kamu bisa mencoba mencari artikel yang sama di situs lain, seperti ResearchGate, Academia.edu, atau Sci-Hub.

6. Cari Inspirasi dan Ide

Setelah mengakses artikel lengkap, kamu bisa mencari inspirasi dan ide untuk judul skripsi dari artikel tersebut. Kamu bisa melihat bagaimana penulis artikel menentukan rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, variabel, metode, analisis data, dan kesimpulan. Kamu juga bisa melihat bagaimana penulis artikel mengutip dan merujuk sumber-sumber lain yang relevan.

Kamu bisa mengadaptasi atau mengembangkan judul artikel yang kamu baca menjadi judul skripsi yang sesuai dengan minat dan bidangmu. Kamu juga bisa mencari celah atau kekurangan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis artikel, dan mencoba mengisi atau memperbaiki celah atau kekurangan tersebut dengan penelitianmu sendiri.

Baca juga: 9 Contoh Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah

Kesimpulan

Google Scholar adalah mesin pencari literatur ilmiah yang sangat berguna bagi para mahasiswa dan peneliti yang ingin mencari judul skripsi. Dengan Google Scholar, kamu bisa menemukan berbagai macam artikel ilmiah yang relevan dan terkini dengan topik yang kamu minati.

Kamu juga bisa melakukan filter, membaca judul dan abstrak, mengakses artikel lengkap, dan mencari inspirasi dan ide dari artikel yang kamu baca.

Demikianlah cara mencari judul skripsi di Google Scholar yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu menemukan judul skripsi yang cocok dan menarik. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *