Don't Show Again Yes, I would!

Jurusan PPNS Sepi Peminat: Peluang Tersembunyi di Era Industri 4.0

Pelajarwajo.comJurusan PPNS Sepi Peminat. Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan terpenting dalam hidup. Di tengah gempuran informasi dan pilihan yang berlimpah, tak jarang calon mahasiswa terjebak pada jurusan populer tanpa mempertimbangkan minat dan peluang di masa depan.

Di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), terdapat beberapa jurusan yang terbilang sepi peminat. Namun, jangan salah sangka! Jurusan-jurusan ini justru menyimpan potensi besar dan peluang kerja yang menjanjikan di era Industri 4.0.

Mengapa Memilih Jurusan Sepi Peminat di PPNS?

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, “Mengapa memilih jurusan sepi peminat?”. Jawabannya terletak pada beberapa keuntungan berikut:

1. Persaingan Lebih Rendah

Jurusan sepi peminat berarti jumlah pendaftarnya lebih sedikit. Hal ini tentu memberikan peluang lebih besar untuk diterima di PPNS, salah satu politeknik negeri terbaik di Indonesia.

2. Kesempatan Mendapatkan Beasiswa

Banyak politeknik, termasuk PPNS, menawarkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di jurusan sepi peminat. Ini merupakan kesempatan emas untuk meringankan beban biaya pendidikan.

3. Lulusan Langka dan Dicari

Industri saat ini membutuhkan tenaga kerja terampil di berbagai bidang, termasuk bidang yang berkaitan dengan jurusan sepi peminat di PPNS. Lulusan dari jurusan ini akan memiliki peluang kerja yang lebih luas dan gaji yang lebih tinggi.

4. Kurikulum yang Relevan dengan Industri

PPNS secara aktif menjalin kerjasama dengan industri terkait untuk memastikan kurikulumnya selalu up-to-date dan relevan dengan kebutuhan industri. Hal ini membuat lulusan PPNS lebih siap kerja dan mudah beradaptasi dengan dunia industri.

Jurusan PPNS Sepi Peminat: Peluang Tersembunyi

Jurusan PPNS Sepi Peminat

Berikut beberapa jurusan di PPNS yang tergolong sepi peminat, namun memiliki prospek cerah di era industri 4.0:

1. Teknik Pengelasan

Teknik pengelasan merupakan salah satu bidang krusial dalam berbagai industri, seperti industri manufaktur, konstruksi, dan perkapalan. Lulusan Teknik Pengelasan memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji yang menjanjikan.

2. Teknik Perpipaan

Teknik perpipaan dibutuhkan dalam berbagai industri, termasuk industri minyak dan gas, petrokimia, dan energi. Lulusan Teknik Perpipaan memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri.

3. Teknik Permesinan Kapal

Teknik permesinan kapal merupakan jurusan yang mempelajari tentang sistem propulsi dan mekanisme kapal. Lulusan Teknik Permesinan Kapal memiliki peluang kerja di berbagai perusahaan pelayaran dan galangan kapal.

4. Teknik Pengolahan Limbah

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan, Teknik Pengolahan Limbah menjadi jurusan yang semakin diminati. Lulusan Teknik Pengolahan Limbah memiliki peluang kerja di berbagai industri yang menghasilkan limbah, seperti industri manufaktur dan pertambangan.

Jurusan PPNS Lainnya yang Sepi Peminat:

  • Teknik Bangunan Kapal
  • Teknik Kelistrikan Kapal
  • Manajemen Bisnis
  • Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Teknik Desain dan Manufaktur
  • Teknik Otomasi
  • Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

Tips Memilih Jurusan PPNS yang Sepi Peminat

Jurusan PPNS Sepi Peminat

Meskipun jurusan ppns yang sepi peminat memiliki beberapa tantangan, bukan berarti Anda tidak dapat memilihnya. Justru, dengan memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda dapat memiliki keunggulan tersendiri, seperti:

  • Lebih mudah diterima: Dengan jumlah pendaftar yang sedikit, Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima di jurusan ppns yang sepi peminat. Anda juga tidak perlu bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan nilai yang tinggi.
  • Lebih spesialis: Dengan memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda dapat memiliki keahlian yang lebih spesifik dan langka di bidang pelayaran, perkapalan, dan kelautan. Anda juga dapat lebih fokus dan mendalami materi yang Anda pelajari.
  • Lebih berpotensi: Dengan memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda dapat memiliki potensi yang lebih besar untuk berkembang dan berkarir di industri maritim. Anda juga dapat lebih mudah menemukan peluang dan tantangan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Namun, untuk memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Minat dan bakat Anda: Sebelum memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda harus mengetahui apa yang Anda minati dan bakati di bidang pelayaran, perkapalan, dan kelautan. Anda juga harus mengetahui apa saja mata kuliah yang akan Anda pelajari dan apa saja keterampilan yang akan Anda butuhkan.
  • Informasi dan referensi Anda: Sebelum memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda harus mencari informasi dan referensi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang Anda pilih. Anda dapat mengunjungi website resmi PPNS, mengikuti sosial media PPNS, atau menghubungi alumni atau mahasiswa PPNS yang mengambil jurusan yang sama.
  • Tujuan dan rencana Anda: Sebelum memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda harus menentukan tujuan dan rencana Anda setelah lulus dari PPNS. Anda harus mengetahui apa saja prospek kerja yang ada, apa saja gaji dan kesejahteraan yang ditawarkan, dan apa saja kesempatan karir yang dapat Anda raih.

Akhr Kata

Jurusan ppns yang sepi peminat adalah teknik permesinan kapal, teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, dan teknik keselamatan dan kesehatan kerja. Alasan mengapa jurusan ppns yang sepi peminat adalah kurangnya informasi, persaingan yang ketat, dan prospek kerja yang kurang menjanjikan.

Namun, dengan memilih jurusan ppns yang sepi peminat, Anda dapat memiliki keunggulan tersendiri, seperti lebih mudah diterima, lebih spesialis, dan lebih berpotensi. Anda juga perlu mempertimbangkan minat dan bakat Anda, informasi dan referensi Anda, dan tujuan dan rencana Anda sebelum memilih jurusan ppns yang sepi peminat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang jurusan ppns yang sepi peminat:

Apakah jurusan ppns yang sepi peminat sulit dipelajari?

Tidak ada jurusan yang sulit atau mudah dipelajari, semua tergantung pada minat, bakat, dan usaha Anda. Jurusan ppns yang sepi peminat memang membutuhkan keterampilan khusus, seperti matematika, fisika, mekanika, dan elektronika, tetapi Anda dapat mempelajarinya dengan baik jika Anda bersemangat dan tekun.

Apakah jurusan ppns yang sepi peminat memiliki akreditasi yang baik?

Ya, semua jurusan di PPNS memiliki akreditasi yang baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jurusan teknik permesinan kapal, teknik perkapalan, dan teknik sistem perkapalan memiliki akreditasi A, sedangkan jurusan teknik keselamatan dan kesehatan kerja memiliki akreditasi B.

Apakah jurusan ppns yang sepi peminat memiliki fasilitas yang memadai?

Ya, PPNS memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar dan penelitian di bidang pelayaran, perkapalan, dan kelautan. PPNS memiliki laboratorium, bengkel, perpustakaan, asrama, masjid, poliklinik, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *