Don't Show Again Yes, I would!

Cara Menggunakan Mendeley: Panduan Lengkap untuk Peneliti

Cara Menggunakan Mendeley

Pelajarwajo.com – Mendeley adalah salah satu aplikasi manajemen referensi yang paling populer di kalangan peneliti. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengatur, dan mengutip referensi dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku, atau situs web.

Selain itu, Mendeley juga memiliki fitur-fitur canggih, seperti pembaca PDF, pencarian literatur, kolaborasi online, dan statistik dampak. Dengan menggunakan Mendeley, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi penelitian Anda.

Namun, bagaimana cara menggunakan Mendeley dengan benar dan optimal? Apa saja langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memanfaatkan semua fitur Mendeley? Bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang mungkin Anda hadapi saat menggunakan Mendeley?

Baca juga: 4 Cara Berpikir Kritis Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu!

Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut dengan memberikan panduan lengkap untuk peneliti yang ingin menggunakan Mendeley.

Cara Mengunduh dan Menginstal Mendeley

Sebelum Anda dapat menggunakan Mendeley, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini di komputer atau perangkat Anda. Mendeley tersedia untuk Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. Anda dapat mengunduh Mendeley dari situs web resminya di https://www.mendeley.com/download-desktop-new/. Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda dan ikuti instruksi yang diberikan.

Setelah Anda mengunduh Mendeley, Anda harus menginstalnya di komputer atau perangkat Anda. Proses instalasi mungkin berbeda-beda tergantung pada sistem operasi Anda, tetapi secara umum, Anda hanya perlu menjalankan file yang telah Anda unduh dan mengikuti langkah-langkah yang muncul di layar. Setelah instalasi selesai, Anda dapat membuka Mendeley dan mulai menggunakannya.

Cara Membuat dan Mengelola Akun Mendeley

Untuk dapat menggunakan semua fitur Mendeley, Anda harus membuat dan mengelola akun Mendeley. Akun Mendeley adalah akun online yang terhubung dengan aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda.

Dengan akun Mendeley, Anda dapat menyimpan referensi Anda di cloud, mengaksesnya dari mana saja, berbagi dan berkolaborasi dengan peneliti lain, dan melihat statistik dampak Anda.

Untuk membuat akun Mendeley, Anda dapat mengunjungi situs web Mendeley di https://www.mendeley.com/ dan klik tombol “Create a free account”. Anda akan diminta untuk mengisi formulir dengan informasi dasar Anda, seperti nama, email, kata sandi, afiliasi, dan bidang penelitian.

Setelah Anda mengisi formulir, Anda harus memverifikasi email Anda dengan mengklik tautan yang dikirimkan ke email Anda. Setelah Anda memverifikasi email Anda, Anda dapat masuk ke akun Mendeley Anda dengan menggunakan email dan kata sandi yang Anda buat.

Baca juga: Bagaimana Cara Cek IPK Mahasiswa? Ini 4 Tipsnya

Untuk mengelola akun Mendeley Anda, Anda dapat mengunjungi situs web Mendeley dan masuk ke akun Anda. Anda akan melihat halaman dasbor yang menampilkan profil, referensi, grup, dan statistik Anda. Anda dapat mengedit profil Anda dengan mengklik tombol “Edit Profile” di sudut kanan atas.

Anda dapat mengubah informasi pribadi, foto, biografi, minat penelitian, publikasi, dan lain-lain. Anda juga dapat mengatur preferensi dan pengaturan Anda dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas. Anda dapat mengubah bahasa, zona waktu, privasi, notifikasi, dan lain-lain.

Cara Menambahkan dan Mengelola Referensi di Mendeley

Salah satu fitur utama Mendeley adalah kemampuannya untuk menambahkan dan mengelola referensi dari berbagai sumber. Referensi adalah informasi tentang sumber yang Anda gunakan dalam penelitian Anda, seperti judul, penulis, tahun, jurnal, dan lain-lain. Dengan Mendeley, Anda dapat menyimpan referensi Anda di satu tempat dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa cara untuk menambahkan referensi ke Mendeley, yaitu:

  • Mengimpor dari file atau folder. Anda dapat mengimpor referensi dari file atau folder yang berisi dokumen, seperti PDF, Word, atau Excel. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Add” di toolbar. Anda dapat memilih opsi “Add Files” atau “Add Folder” dan menelusuri file atau folder yang ingin Anda impor. Mendeley akan mencoba mengekstrak informasi referensi dari dokumen yang Anda impor dan menambahkannya ke perpustakaan Anda.
  • Mengimpor dari situs web. Anda dapat mengimpor referensi dari situs web yang menyediakan informasi referensi, seperti Google Scholar, PubMed, Scopus, atau Web of Science. Anda dapat melakukannya dengan menginstal ekstensi Mendeley Web Importer di browser Anda. Ekstensi ini tersedia untuk Chrome, Firefox, Edge, dan Safari. Setelah Anda menginstal ekstensi ini, Anda dapat mengunjungi situs web yang ingin Anda impor referensinya dan mengklik ikon Mendeley di toolbar browser Anda. Anda akan melihat daftar referensi yang tersedia di situs web tersebut dan Anda dapat memilih yang ingin Anda impor ke Mendeley.
  • Mengimpor dari basis data. Anda dapat mengimpor referensi dari basis data yang kompatibel dengan Mendeley, seperti Zotero, EndNote, RefWorks, atau BibTeX. Anda dapat melakukannya dengan mengunduh file referensi dari basis data tersebut dan mengimpornya ke Mendeley. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Add” di toolbar. Anda dapat memilih opsi “Add Files” dan menelusuri file referensi yang ingin Anda impor. Mendeley akan mengenali format file referensi dan menambahkannya ke perpustakaan Anda.
  • Memasukkan secara manual. Anda dapat memasukkan referensi secara manual jika Anda tidak dapat menemukan atau mengimpor referensi dari sumber lain. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Add” di toolbar. Anda dapat memilih opsi “Add Entry Manually” dan mengisi formulir dengan informasi referensi yang Anda miliki. Anda dapat memilih jenis sumber, seperti jurnal, buku, konferensi, atau lain-lain, dan mengisi bidang yang relevan, seperti judul, penulis, tahun, jurnal, dan lain-lain.

Setelah Anda menambahkan referensi ke Mendeley, Anda dapat mengelola referensi Anda dengan berbagai cara, yaitu:

  • Mengedit informasi referensi. Anda dapat mengedit informasi referensi jika Anda menemukan kesalahan atau kekurangan dalam informasi yang diambil oleh Mendeley. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik referensi yang ingin Anda edit di panel kiri. Anda akan melihat detail referensi di panel kanan dan Anda dapat mengklik bidang yang ingin Anda ubah. Anda dapat memperbaiki kesalahan ejaan, menambahkan atau menghapus penulis, mengubah judul, dan lain-lain.
  • Menghapus referensi. Anda dapat menghapus referensi jika Anda tidak ingin menyimpannya lagi di Mendeley. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik referensi yang ingin Anda hapus di panel kiri. Anda dapat menekan tombol “Delete” di keyboard Anda atau mengklik kanan referensi dan memilih opsi “Delete”. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan dan Anda dapat memilih apakah Anda juga ingin menghapus file yang terkait dengan referensi tersebut.
  • Mengelompokkan referensi. Anda dapat mengelompokkan referensi berdasarkan kriteria tertentu, seperti topik, proyek, atau status. Anda dapat melakukannya dengan membuat folder atau grup di Mendeley dan menarik referensi yang ingin Anda kelompokkan ke folder atau grup tersebut. Anda dapat membuat folder dengan mengklik tombol “Create Folder” di toolbar atau mengklik kanan panel kiri dan memilih opsi “New Folder”. Anda dapat memberi nama folder sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Anda dapat membuat grup dengan mengklik tombol “Create Group” di toolbar atau mengklik kanan panel kiri dan memilih opsi “New Group”. Anda dapat memberi nama grup sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan dan memilih jenis grup, yaitu:
    • Private Group. Grup ini hanya dapat dilihat dan diakses oleh Anda sendiri. Anda dapat menggunakan grup ini untuk mengelompokkan referensi yang bersifat pribadi atau rahasia.
    • Invite-Only Group. Grup ini hanya dapat dilihat dan diakses oleh Anda dan orang-orang yang Anda undang. Anda dapat menggunakan grup ini untuk berbagi dan berkolaborasi dengan peneliti tertentu yang Anda percayai.
    • Open Group. Grup ini dapat dilihat dan diakses oleh siapa saja yang menggunakan Mendeley. Anda dapat menggunakan grup ini untuk berbagi dan berkolaborasi dengan peneliti manapun yang tertarik dengan topik yang sama.
  • Menyaring referensi. Anda dapat menyaring referensi berdasarkan atribut tertentu, seperti penulis, tahun, jurnal, atau kata kunci. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur filter di Mendeley. Anda dapat mengaktifkan fitur filter dengan mengklik tombol “Filter” di toolbar atau menekan tombol “Ctrl+F” di keyboard Anda. Anda akan melihat panel filter di sisi kanan aplikasi dan Anda dapat memilih atribut yang ingin Anda gunakan untuk menyaring referensi. Anda dapat memilih lebih dari satu atribut dan mengkombinasikannya dengan operator “AND” atau “OR”. Anda akan melihat daftar referensi yang sesuai dengan kriteria filter Anda di panel kiri.
  • Mencari referensi. Anda dapat mencari referensi berdasarkan kata kunci atau frasa tertentu. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur pencarian di Mendeley. Anda dapat mengaktifkan fitur pencarian dengan mengklik kotak pencarian di toolbar atau menekan tombol “Ctrl+L” di keyboard Anda. Anda dapat mengetikkan kata kunci atau frasa yang ingin Anda cari dan tekan tombol “Enter”. Anda akan melihat daftar referensi yang mengandung kata kunci atau frasa yang Anda cari di panel kiri.
  • Menyortir referensi. Anda dapat menyortir referensi berdasarkan urutan tertentu, seperti abjad, kronologis, atau relevansi. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur sortir di Mendeley. Anda dapat mengaktifkan fitur sortir dengan mengklik tombol “Sort” di toolbar atau menekan tombol “Ctrl+T” di keyboard Anda. Anda dapat memilih kriteria yang ingin Anda gunakan untuk menyortir referensi, seperti judul, penulis, tahun, jurnal, atau lain-lain. Anda juga dapat memilih arah sortir, yaitu menaik atau menurun. Anda akan melihat daftar referensi yang disusun sesuai dengan kriteria sortir Anda di panel kiri.

Cara Menggunakan Mendeley untuk Pembaca PDF

Mendeley tidak hanya dapat menyimpan dan mengelola referensi, tetapi juga dapat membaca dan mengedit file PDF yang terkait dengan referensi tersebut.

File PDF adalah format dokumen yang umum digunakan untuk menyajikan dan berbagi informasi ilmiah, seperti artikel jurnal, makalah konferensi, atau tesis. Dengan Mendeley, Anda dapat membuka, menandai, mengomentari, dan mengekstrak informasi dari file PDF dengan mudah.

Untuk menggunakan pembaca PDF Mendeley, Anda harus memiliki file PDF yang terkait dengan referensi yang Anda simpan di Mendeley. Anda dapat melakukannya dengan mengimpor file PDF ke Mendeley, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, atau dengan mengunduh file PDF dari sumber online, seperti situs web jurnal atau basis data.

Anda juga dapat menghubungkan file PDF yang sudah ada di komputer atau perangkat Anda dengan referensi yang ada di Mendeley. Anda dapat melakukannya dengan mengklik referensi yang ingin Anda hubungkan di panel kiri dan mengklik tombol “Attach File” di panel kanan. Anda dapat menelusuri file PDF yang ingin Anda hubungkan dan mengklik tombol “Open”.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa

Setelah Anda memiliki file PDF yang terkait dengan referensi, Anda dapat membuka file PDF tersebut dengan Mendeley. Anda dapat melakukannya dengan mengklik dua kali referensi yang terkait di panel kiri atau mengklik kanan referensi dan memilih opsi “Open File”.

Anda akan melihat file PDF tersebut terbuka di panel tengah aplikasi Mendeley. Anda dapat mengatur ukuran, orientasi, dan tata letak file PDF dengan menggunakan tombol-tombol di toolbar. Anda juga dapat menggeser, memperbesar, atau memperkecil file PDF dengan menggunakan roda mouse atau tombol “Ctrl” dan “+” atau “-”.

Saat Anda membaca file PDF dengan Mendeley, Anda dapat melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Menandai file PDF. Anda dapat menandai file PDF dengan menggunakan fitur highlight, underline, atau strikeout. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Highlight”, “Underline”, atau “Strikeout” di toolbar dan menyorot teks yang ingin Anda tandai. Anda dapat memilih warna yang berbeda untuk setiap tanda dengan mengklik panah kecil di sebelah tombol. Anda juga dapat menghapus tanda yang telah Anda buat dengan mengklik kanan tanda dan memilih opsi “Delete Annotation”.
  • Mengomentari file PDF. Anda dapat mengomentari file PDF dengan menggunakan fitur note atau sticky note. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Note” atau “Sticky Note” di toolbar dan mengetikkan komentar Anda di kotak yang muncul. Anda dapat memindahkan, mengubah ukuran, atau menghapus kotak komentar dengan mengklik dan menyeretnya. Anda juga dapat melihat semua komentar yang telah Anda buat dengan mengklik tombol “Notes” di panel kanan.
  • Mengekstrak informasi dari file PDF. Anda dapat mengekstrak informasi dari file PDF dengan menggunakan fitur copy atau export. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Copy” atau “Export” di toolbar dan memilih opsi yang Anda inginkan. Anda dapat menyalin teks, gambar, atau tabel dari file PDF ke clipboard atau file lain. Anda juga dapat mengekspor file PDF ke format lain, seperti Word, Excel, atau PowerPoint.

Cara Mencari Literatur dengan Mendeley

Mendeley tidak hanya dapat membaca dan mengedit file PDF, tetapi juga dapat mencari literatur yang relevan dengan topik penelitian Anda. Literatur adalah sumber informasi ilmiah yang dapat membantu Anda memahami, mendukung, atau menantang ide-ide Anda.

Dengan Mendeley, Anda dapat mencari literatur dari berbagai basis data online, seperti Mendeley Catalog, Mendeley Suggest, atau Mendeley Research Network.

Untuk mencari literatur dengan Mendeley, Anda dapat menggunakan fitur-fitur berikut:

  • Mendeley Catalog. Mendeley Catalog adalah basis data yang berisi lebih dari 100 juta referensi dari berbagai bidang penelitian. Anda dapat mengakses Mendeley Catalog dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Literature Search” di toolbar. Anda dapat mengetikkan kata kunci atau frasa yang berkaitan dengan topik penelitian Anda di kotak pencarian dan tekan tombol “Enter”. Anda akan melihat daftar referensi yang sesuai dengan kriteria pencarian Anda di panel tengah. Anda dapat melihat detail referensi dengan mengkliknya dan Anda dapat menambahkannya ke perpustakaan Anda dengan mengklik tombol “Save Reference”.
  • Mendeley Suggest. Mendeley Suggest adalah fitur yang memberikan rekomendasi literatur yang sesuai dengan minat penelitian Anda. Anda dapat mengakses Mendeley Suggest dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Suggest” di toolbar. Anda akan melihat daftar referensi yang direkomendasikan oleh Mendeley berdasarkan profil, referensi, dan aktivitas Anda di Mendeley. Anda dapat melihat detail referensi dengan mengkliknya dan Anda dapat menambahkannya ke perpustakaan Anda dengan mengklik tombol “Save Reference”. Anda juga dapat memberikan umpan balik kepada Mendeley dengan mengklik tombol “Like” atau “Dislike” untuk meningkatkan kualitas rekomendasi.
  • Mendeley Research Network. Mendeley Research Network adalah platform yang memungkinkan Anda untuk terhubung dan berinteraksi dengan peneliti lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Anda dapat mengakses Mendeley Research Network dengan mengunjungi situs web Mendeley di https://www.mendeley.com/network/ dan masuk ke akun Anda. Anda akan melihat halaman yang menampilkan berbagai konten, seperti artikel, grup, orang, atau acara, yang berkaitan dengan bidang penelitian Anda. Anda dapat melihat detail konten dengan mengkliknya dan Anda dapat berpartisipasi dalam diskusi, berbagi pendapat, atau mengikuti pembaruan dengan mengklik tombol “Comment”, “Like”, atau “Follow”.

Cara Berkolaborasi dengan Mendeley

Mendeley tidak hanya dapat mencari literatur, tetapi juga dapat berkolaborasi dengan peneliti lain yang menggunakan Mendeley. Kolaborasi adalah proses kerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama, seperti menulis makalah, mengajukan proposal, atau melakukan eksperimen.

Baca juga: Cara Menemukan Judul Skripsi yang Tepat dengan Google Scholar

Dengan Mendeley, Anda dapat berkolaborasi dengan peneliti lain dengan berbagai cara, seperti:

  • Membuat dan bergabung dengan grup. Grup adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi dan mengelola referensi dengan peneliti lain yang memiliki topik atau proyek yang sama dengan Anda. Anda dapat membuat grup dengan mengklik tombol “Create Group” di toolbar atau mengklik kanan panel kiri dan memilih opsi “New Group”. Anda dapat memberi nama grup sesuai dengan topik atau proyek Anda dan memilih jenis grup, yaitu:
    • Private Group. Grup ini hanya dapat dilihat dan diakses oleh Anda sendiri. Anda dapat menggunakan grup ini untuk mengelompokkan referensi yang bersifat pribadi atau rahasia.
    • Invite-Only Group. Grup ini hanya dapat dilihat dan diakses oleh Anda dan orang-orang yang Anda undang. Anda dapat menggunakan grup ini untuk berbagi dan berkolaborasi dengan peneliti tertentu yang Anda percayai.
    • Open Group. Grup ini dapat dilihat dan diakses oleh siapa saja yang menggunakan Mendeley. Anda dapat menggunakan grup ini untuk berbagi dan berkolaborasi dengan peneliti manapun yang tertarik dengan topik yang sama.

Anda dapat bergabung dengan grup dengan mengklik tombol “Join Group” di toolbar atau mengklik kanan panel kiri dan memilih opsi “Join Group”. Anda dapat mencari grup yang sesuai dengan minat Anda dengan menggunakan fitur pencarian atau filter. Anda juga dapat melihat grup yang direkomendasikan oleh Mendeley berdasarkan profil, referensi, dan aktivitas Anda di Mendeley.

  • Mengirim dan menerima pesan. Pesan adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan peneliti lain yang menggunakan Mendeley. Anda dapat mengirim dan menerima pesan dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Messages” di toolbar. Anda akan melihat daftar pesan yang Anda terima atau kirim di panel kiri. Anda dapat membuka pesan dengan mengkliknya dan Anda dapat membalas pesan dengan mengetikkan teks Anda di kotak yang tersedia. Anda juga dapat mengirim pesan baru dengan mengklik tombol “New Message” di toolbar. Anda dapat memilih penerima pesan Anda dengan mengetikkan nama, email, atau grup mereka di kotak yang tersedia. Anda juga dapat melampirkan file, seperti PDF, gambar, atau dokumen, ke pesan Anda dengan mengklik tombol “Attach File”.
  • Mengirim dan menerima undangan. Undangan adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengundang atau diundang oleh peneliti lain untuk bergabung dengan grup, proyek, atau acara yang berkaitan dengan Mendeley. Anda dapat mengirim dan menerima undangan dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Invitations” di toolbar. Anda akan melihat daftar undangan yang Anda terima atau kirim di panel kiri. Anda dapat membuka undangan dengan mengkliknya dan Anda dapat menerima atau menolak undangan dengan mengklik tombol “Accept” atau “Decline”. Anda juga dapat mengirim undangan baru dengan mengklik tombol “New Invitation” di toolbar. Anda dapat memilih penerima undangan Anda dengan mengetikkan nama, email, atau grup mereka di kotak yang tersedia. Anda juga dapat memilih jenis undangan, yaitu:
    • Group Invitation. Undangan ini mengundang penerima untuk bergabung dengan grup yang Anda buat atau kelola. Anda dapat memilih grup yang ingin Anda undang penerima dengan mengklik panah kecil di sebelah kotak “Group”. Anda juga dapat menambahkan pesan pribadi ke undangan Anda dengan mengetikkan teks Anda di kotak “Message”.
    • Project Invitation. Undangan ini mengundang penerima untuk bergabung dengan proyek yang Anda buat atau kelola. Proyek adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh proses penelitian Anda, dari ide, literatur, data, analisis, hingga publikasi. Anda dapat memilih proyek yang ingin Anda undang penerima dengan mengklik panah kecil di sebelah kotak “Project”. Anda juga dapat menambahkan pesan pribadi ke undangan Anda dengan mengetikkan teks Anda di kotak “Message”.
    • Event Invitation. Undangan ini mengundang penerima untuk menghadiri acara yang Anda buat atau kelola. Acara adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengikuti acara yang berkaitan dengan penelitian Anda, seperti seminar, konferensi, atau lokakarya. Anda dapat memilih acara yang ingin Anda undang penerima dengan mengklik panah kecil di sebelah kotak “Event”. Anda juga dapat menambahkan pesan pribadi ke undangan Anda dengan mengetikkan teks Anda di kotak “Message”.

Cara Mengutip Referensi dengan Mendeley

Mendeley tidak hanya dapat berkolaborasi dengan peneliti lain, tetapi juga dapat mengutip referensi yang Anda simpan di Mendeley. Mengutip referensi adalah proses memberikan pengakuan kepada sumber yang Anda gunakan dalam penelitian Anda, seperti artikel jurnal, buku, atau situs web.

Dengan Mendeley, Anda dapat mengutip referensi dengan mudah dan akurat, sesuai dengan gaya kutipan yang Anda pilih, seperti APA, MLA, Harvard, atau lain-lain.

Untuk mengutip referensi dengan Mendeley, Anda harus menginstal plugin Mendeley Citation Plugin di perangkat lunak pengolah kata yang Anda gunakan, seperti Microsoft Word, LibreOffice, atau Google Docs.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menyisipkan dan mengedit kutipan dan daftar pustaka langsung dari perangkat lunak pengolah kata Anda, tanpa harus menyalin dan menempel dari Mendeley.

Anda dapat mengunduh dan menginstal plugin ini dari situs web Mendeley di https://www.mendeley.com/download-citation-plugin/. Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi dan perangkat lunak pengolah kata Anda dan ikuti instruksi yang diberikan.

Setelah Anda menginstal plugin Mendeley Citation Plugin, Anda dapat mengutip referensi dengan Mendeley dengan langkah-langkah berikut:

  • Membuka Mendeley dan perangkat lunak pengolah kata. Anda harus membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan perangkat lunak pengolah kata yang Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki referensi yang ingin Anda kutip di perpustakaan Mendeley Anda.
  • Memilih gaya kutipan. Anda harus memilih gaya kutipan yang sesuai dengan standar atau preferensi Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Mendeley” di toolbar perangkat lunak pengolah kata Anda dan memilih opsi “Citation Style”. Anda akan melihat daftar gaya kutipan yang tersedia dan Anda dapat memilih yang Anda inginkan. Anda juga dapat mencari gaya kutipan lain yang mungkin tidak terdaftar dengan mengklik opsi “More Styles”.
  • Menyisipkan kutipan. Anda harus menyisipkan kutipan di tempat yang Anda inginkan dalam dokumen Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Mendeley” di toolbar perangkat lunak pengolah kata Anda dan memilih opsi “Insert Citation”. Anda akan melihat kotak pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari referensi yang Anda simpan di Mendeley. Anda dapat mengetikkan kata kunci atau frasa yang berkaitan dengan referensi yang Anda cari dan tekan tombol “Enter”. Anda akan melihat daftar referensi yang sesuai dengan kriteria pencarian Anda dan Anda dapat memilih yang ingin Anda kutip. Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu referensi dalam satu kutipan dengan menekan tombol “Ctrl” dan mengklik referensi yang Anda inginkan. Setelah Anda memilih referensi, Anda akan melihat kutipan yang disisipkan di dokumen Anda, sesuai dengan gaya kutipan yang Anda pilih.
  • Mengedit kutipan. Anda dapat mengedit kutipan jika Anda ingin menambahkan atau menghapus informasi tertentu, seperti halaman, tahun, atau penekanan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kutipan yang ingin Anda edit dan mengklik tombol “Mendeley” di toolbar perangkat lunak pengolah kata Anda. Anda akan melihat kotak dialog yang memungkinkan Anda untuk mengubah detail kutipan, seperti prefix, suffix, atau exclude author. Anda juga dapat mengubah gaya kutipan untuk kutipan tertentu dengan mengklik opsi “Switch Style”. Setelah Anda selesai mengedit kutipan, Anda dapat mengklik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.
  • Menyisipkan daftar pustaka. Anda harus menyisipkan daftar pustaka di akhir dokumen Anda untuk memberikan informasi lengkap tentang semua referensi yang Anda kutip. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Mendeley” di toolbar perangkat lunak pengolah kata Anda dan memilih opsi “Insert Bibliography”. Anda akan melihat daftar pustaka yang disisipkan di dokumen Anda, sesuai dengan gaya kutipan yang Anda pilih. Daftar pustaka akan otomatis diperbarui setiap kali Anda menambahkan atau menghapus kutipan.

Dengan cara ini, Anda dapat mengutip referensi dengan Mendeley dengan mudah dan akurat. Anda juga dapat mengekspor dokumen Anda ke format lain, seperti PDF, HTML, atau LaTeX, dengan mengklik tombol “Mendeley” di toolbar perangkat lunak pengolah kata Anda dan memilih opsi “Export”.

Anda juga dapat menyinkronkan dokumen Anda dengan akun Mendeley Anda dengan mengklik tombol “Mendeley” di toolbar perangkat lunak pengolah kata Anda dan memilih opsi “Sync”. Dengan demikian, Anda dapat mengakses dan mengedit dokumen Anda dari mana saja dan berbagi dengan peneliti lain.

Cara Melihat Statistik Dampak dengan Mendeley

Mendeley tidak hanya dapat mengutip referensi, tetapi juga dapat melihat statistik dampak yang berkaitan dengan penelitian Anda. Statistik dampak adalah ukuran yang menunjukkan seberapa banyak dan seberapa sering penelitian Anda dilihat, dibaca, dikutip, atau dibicarakan oleh orang lain.

Dengan Mendeley, Anda dapat melihat statistik dampak dari referensi yang Anda simpan di Mendeley, publikasi yang Anda buat atau ikuti, atau profil Anda sendiri.

Untuk melihat statistik dampak dengan Mendeley, Anda dapat menggunakan fitur-fitur berikut:

  • Mendeley Stats. Mendeley Stats adalah fitur yang menampilkan statistik dampak dari referensi yang Anda simpan di Mendeley. Anda dapat mengakses Mendeley Stats dengan membuka aplikasi Mendeley di komputer atau perangkat Anda dan mengklik tombol “Stats” di toolbar. Anda akan melihat halaman yang menampilkan berbagai statistik, seperti jumlah pembaca, kutipan, atau tampilan dari referensi Anda. Anda juga dapat melihat statistik berdasarkan waktu, lokasi, atau bidang penelitian. Anda juga dapat membandingkan statistik dari referensi yang berbeda dengan mengklik tombol “Compare” di toolbar.
  • Mendeley Data. Mendeley Data adalah fitur yang menampilkan statistik dampak dari publikasi yang Anda buat atau ikuti dengan menggunakan Mendeley Data. Mendeley Data adalah platform yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, berbagi, dan menemukan data penelitian yang berkaitan dengan publikasi Anda. Anda dapat mengakses Mendeley Data dengan mengunjungi situs web Mendeley di https://data.mendeley.com/ dan masuk ke akun Anda. Anda akan melihat halaman yang menampilkan berbagai publikasi yang Anda buat atau ikuti dengan menggunakan Mendeley Data. Anda dapat melihat detail publikasi dengan mengkliknya dan Anda dapat melihat statistik dampaknya, seperti jumlah unduhan, kutipan, atau tampilan dari data yang terkait dengan publikasi tersebut.
  • Mendeley Profile. Mendeley Profile adalah fitur yang menampilkan statistik dampak dari profil Anda sendiri sebagai peneliti. Anda dapat mengakses Mendeley Profile dengan mengunjungi situs web Mendeley dan masuk ke akun Anda. Anda akan melihat halaman dasbor yang menampilkan profil, referensi, grup, dan statistik Anda. Anda dapat mengklik tombol “View Profile” di sudut kanan atas untuk melihat profil Anda secara publik. Anda dapat melihat statistik dampak Anda, seperti jumlah pembaca, kutipan, atau tampilan dari publikasi Anda. Anda juga dapat melihat statistik berdasarkan waktu, lokasi, atau bidang penelitian. Anda juga dapat membandingkan statistik Anda dengan peneliti lain dengan mengklik tombol “Compare” di toolbar.

Cara Mengatasi Masalah Umum dengan Mendeley

Mendeley adalah aplikasi yang sangat berguna dan andal untuk peneliti, tetapi terkadang Anda mungkin menghadapi beberapa masalah atau kesulitan saat menggunakannya. Beberapa masalah umum yang mungkin Anda alami dengan Mendeley adalah:

  • Mendeley tidak dapat mengekstrak informasi referensi dari file PDF. Ini mungkin terjadi karena file PDF yang Anda impor ke Mendeley tidak memiliki metadata yang cukup atau memiliki format yang tidak standar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengedit informasi referensi secara manual, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, atau Anda dapat mencari referensi yang sama di situs web atau basis data online dan mengimpornya ke Mendeley.
  • Mendeley tidak dapat menyinkronkan referensi dengan akun online. Ini mungkin terjadi karena Anda tidak terhubung dengan internet, Anda tidak masuk ke akun Mendeley Anda, atau Anda telah mencapai batas penyimpanan online Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa koneksi internet Anda, masuk ke akun Mendeley Anda, atau menghapus referensi yang tidak perlu dari perpustakaan online Anda. Anda juga dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan online Anda dengan mengupgrade ke akun premium atau mengundang teman untuk bergabung dengan Mendeley.
  • Mendeley tidak dapat mengutip referensi dengan perangkat lunak pengolah kata. Ini mungkin terjadi karena Anda tidak menginstal plugin Mendeley Citation Plugin dengan benar, Anda tidak membuka aplikasi Mendeley saat mengutip referensi, atau Anda mengalami konflik dengan plugin lain. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa instalasi plugin Mendeley Citation Plugin, membuka aplikasi Mendeley sebelum mengutip referensi, atau menonaktifkan plugin lain yang mungkin mengganggu Mendeley.
  • Mendeley tidak dapat menampilkan statistik dampak dengan akurat. Ini mungkin terjadi karena Anda tidak memiliki publikasi yang terdaftar di Mendeley, Anda tidak menghubungkan publikasi Anda dengan data yang relevan, atau Anda tidak memiliki cukup pembaca, kutipan, atau tampilan dari peneliti lain. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menambahkan publikasi Anda ke profil Mendeley Anda, menghubungkan publikasi Anda dengan data yang terkait dengan Mendeley Data, atau meningkatkan visibilitas dan kredibilitas publikasi Anda dengan berbagi dan berkolaborasi dengan peneliti lain.

Kesimpulan

Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi yang sangat berguna dan andal untuk peneliti. Dengan Mendeley, Anda dapat menyimpan, mengorganisir, dan mengutip referensi dari berbagai sumber, membaca dan mengedit file PDF, mencari literatur yang relevan, berkolaborasi dengan peneliti lain, dan melihat statistik dampak penelitian Anda.

Mendeley juga memiliki fitur-fitur canggih, seperti pembaca PDF, pencarian literatur, kolaborasi online, dan statistik dampak. Mendeley dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi penelitian Anda.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *