Don't Show Again Yes, I would!

25 Contoh Judul Skripsi Hukum Keluarga Islam

Pelajarwajo.com – Apakah Anda sedang mencari contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang menarik dan relevan? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan memberikan beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk penelitian Anda.

Selain itu, artikel ini juga akan memberikan beberapa tips untuk memilih judul skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Pengantar

Hukum keluarga Islam adalah salah satu cabang ilmu hukum yang mempelajari tentang aspek-aspek hukum yang berkaitan dengan kehidupan keluarga dalam Islam, seperti perkawinan, perceraian, nafkah, waris, dan lain-lain.

Hukum keluarga Islam memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan hukum keluarga lainnya, karena didasarkan pada sumber-sumber hukum Islam, seperti Al-Qur’an, Hadits, Ijma’, Qiyas, dan lain-lain.

Baca juga: 9 Contoh Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah

Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan di jurusan hukum keluarga Islam, Anda tentu dituntut untuk membuat skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan.

Skripsi adalah karya ilmiah yang berisi hasil penelitian Anda tentang suatu topik atau masalah hukum keluarga Islam yang Anda pilih. Skripsi harus ditulis dengan baik, sistematis, dan ilmiah, serta harus memenuhi kriteria akademik yang berlaku.

Salah satu hal yang paling penting dalam membuat skripsi adalah memilih judul skripsi yang tepat. Judul skripsi adalah pernyataan singkat yang menggambarkan topik atau masalah yang Anda teliti dalam skripsi Anda.

Judul skripsi harus menarik, relevan, dan spesifik, serta harus mencerminkan tujuan, metode, dan hasil penelitian Anda.

Memilih judul skripsi tidaklah mudah, karena Anda harus mempertimbangkan banyak hal, seperti minat, kemampuan, ketersediaan data, bimbingan dosen, dan lain-lain.

Jika Anda kesulitan menemukan judul skripsi yang sesuai dengan keinginan dan kondisi Anda, Anda bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, internet, atau artikel seperti ini.

Artikel ini akan memberikan beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang bisa Anda jadikan referensi untuk penelitian Anda.

Contoh-contoh judul skripsi ini dibagi menjadi beberapa kategori, seperti perkawinan, perceraian, nafkah, waris, dan lain-lain.

Anda bisa memilih salah satu judul skripsi yang paling menarik bagi Anda, atau Anda bisa mengembangkan atau memodifikasi judul skripsi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contoh Judul Skripsi Hukum Keluarga Islam

Perkawinan

Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan sejahtera.

Perkawinan dalam Islam memiliki syarat, rukun, dan akad yang harus dipenuhi, serta memiliki dampak hukum terhadap kedua belah pihak dan anak-anak yang lahir dari perkawinan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang berkaitan dengan perkawinan:

  1. Analisis Yuridis Terhadap Perkawinan Beda Agama dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam dan Hukum Positif di Indonesia
  2. Implementasi Pasal 40 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan terkait Kewajiban Suami Istri untuk Membina Rumah Tangga Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah
  3. Tinjauan Hukum Islam terhadap Perkawinan Siri di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  4. Studi Komparatif tentang Perkawinan Poligami dalam Hukum Keluarga Islam dan Hukum Adat Minangkabau
  5. Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam Mencegah Terjadinya Perkawinan Bawah Umur di KUA Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan

Perceraian

Perceraian adalah pemutusan ikatan perkawinan secara sah oleh hakim atau pejabat yang berwenang, karena adanya sebab-sebab yang menghalangi terus-menerusnya perkawinan.

Perceraian dalam Islam dapat terjadi karena talak, khuluk, fasakh, atau li’an. Perceraian memiliki dampak hukum terhadap kedua belah pihak dan anak-anak yang lahir dari perkawinan tersebut, seperti hak asuh, nafkah, iddah, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Contoh Judul Skripsi Sistem Informasi yang Menarik dan Bermanfaat

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang berkaitan dengan perceraian:

  1. Faktor-Faktor Penyebab Perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Selatan Tahun 2019-2020
  2. Perlindungan Hak-Hak Anak dalam Kasus Perceraian Orang Tua Menurut Hukum Keluarga Islam dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
  3. Peranan Mediasi dalam Menyelesaikan Sengketa Perceraian di Pengadilan Agama Bandung
  4. Analisis Putusan Pengadilan Agama Nomor 1234/Pdt.G/2020/PA.Bdg tentang Perceraian Akibat KDRT dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam dan Hukum Positif
  5. Pengaruh Perceraian terhadap Kesejahteraan Ekonomi Keluarga: Studi Kasus di Desa Cikarang Barat Kecamatan Cikarang Kabupaten Bekasi

Nafkah

Nafkah adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik berupa makanan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Nafkah dalam Islam merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh suami terhadap istri dan anak-anaknya, atau oleh orang tua terhadap anak-anaknya yang belum mampu mencari nafkah sendiri.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang berkaitan dengan nafkah:

  1. Tinjauan Hukum Islam terhadap Nafkah Istri yang Bekerja
  2. Implementasi Pasal 156 Kompilasi Hukum Islam tentang Nafkah Anak Hasil Zina
  3. Perbandingan Hukum Nafkah Istri dalam Madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i
  4. Penyelesaian Sengketa Nafkah Anak di Luar Perkawinan Melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS)
  5. Pengaruh Kondisi Pandemi Covid-19 terhadap Kewajiban Suami Memberikan Nafkah Istri dan Anak

Waris

Waris adalah hak yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menerima sebagian atau seluruh harta yang ditinggalkan oleh seseorang yang meninggal dunia.

Waris dalam Islam diatur berdasarkan ketentuan Al-Qur’an, Hadits, dan Ijma’, serta memperhatikan aspek-aspek seperti nasab, sabab, hajb, radd, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang berkaitan dengan waris:

  1. Analisis Yuridis Terhadap Waris Anak Angkat dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam dan Hukum Positif di Indonesia
  2. Perbandingan Sistem Waris Adat Bali dengan Sistem Waris Islam
  3. Implementasi Pasal 209 Kompilasi Hukum Islam tentang Waris Orang yang Meninggal Dunia Tanpa Meninggalkan Ahli Waris
  4. Studi Kasus tentang Pembagian Waris dalam Keluarga Poligami
  5. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Praktik Waris Online dalam Hukum Keluarga Islam

Baca juga: Inilah 20 Contoh Judul Skripsi Akuntansi yang Kreatif

Lain-Lain

Selain perkawinan, perceraian, nafkah, dan waris, ada juga topik-topik lain yang berkaitan dengan hukum keluarga Islam, seperti hukum kewarisan, hukum perwalian, hukum wasiat, hukum hibah, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang berkaitan dengan topik-topik lain tersebut:

  1. Tinjauan Hukum Islam terhadap Kewajiban Wali Nikah bagi Wanita yang Sudah Dewasa dan Berpendidikan
  2. Implementasi Pasal 49 Kompilasi Hukum Islam tentang Wasiat Wajibah bagi Ahli Waris yang Diharamkan Mewaris
  3. Studi Komparatif tentang Hukum Hibah dalam Hukum Keluarga Islam dan Hukum Adat Bugis
  4. Analisis Yuridis Terhadap Praktik Perwalian Anak di Bawah Umur dalam Kasus Perceraian Orang Tua
  5. Pengaruh Perubahan Status Perkawinan terhadap Hak dan Kewajiban dalam Hukum Kewarisan Islam

Penutup

Demikianlah beberapa contoh judul skripsi hukum keluarga Islam yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk penelitian Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menyelesaikan skripsi Anda dengan baik. Jika Anda masih bingung atau ragu dalam memilih judul skripsi, Anda bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing Anda atau teman-teman Anda yang sudah berpengalaman.

Selamat menulis skripsi dan semoga sukses!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *