Don't Show Again Yes, I would!

6 Daftar Aplikasi Belajar Public Speaking yang Bisa Kamu Coba

Pelajarwajo.com – Public speaking adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja, baik untuk keperluan akademik, profesional, maupun pribadi. Namun, tidak semua orang merasa nyaman dan percaya diri ketika harus berbicara di depan banyak orang. Apakah kamu salah satunya?

Jika ya, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan public speaking kamu, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi belajar public speaking. Aplikasi ini bisa membantu kamu berlatih, mendapatkan feedback, dan memperbaiki kelemahan kamu dalam berbicara di depan umum.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan daftar aplikasi belajar public speaking yang bisa kamu coba. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda, tetapi semuanya bertujuan untuk membuat kamu lebih mahir dan percaya diri dalam public speaking. Mari kita lihat daftarnya!

6 Daftar Aplikasi Belajar Public Speaking

Berikut adalah enam aplikasi belajar public speaking yang bisa kamu coba:

1. Orai

Orai adalah aplikasi belajar public speaking yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan feedback dan saran kepada penggunanya. Aplikasi ini bisa mengukur berbagai aspek public speaking, seperti kejelasan, kecepatan, volume, intonasi, dan penggunaan kata-kata pengisi (filler words).

Orai juga memiliki fitur-fitur menarik, seperti:

  • Speech Coach: Fitur ini memberikan latihan-latihan public speaking yang disesuaikan dengan tujuan dan tingkat kemampuan kamu. Kamu bisa memilih topik, durasi, dan jenis pidato yang kamu inginkan, lalu berlatih dengan aplikasi ini. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan feedback dan saran untuk memperbaiki pidato kamu.
  • Daily Streaks: Fitur ini memberikan tantangan harian yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan public speaking kamu secara konsisten. Kamu bisa mendapatkan poin dan medali jika kamu berhasil menyelesaikan tantangan tersebut.
  • Speech Library: Fitur ini memberikan akses ke berbagai contoh pidato yang inspiratif dan berkualitas dari berbagai tokoh terkenal, seperti Steve Jobs, Martin Luther King Jr., dan Barack Obama. Kamu bisa belajar dari pidato-pidato ini dan meniru gaya berbicara mereka.

Orai adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan feedback yang objektif dan akurat dari AI. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store, tetapi kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur premium.

2. Ummo

Ummo adalah aplikasi belajar public speaking yang juga menggunakan AI untuk memberikan feedback dan saran kepada penggunanya. Aplikasi ini bisa mengukur berbagai aspek public speaking, seperti kejelasan, kecepatan, volume, intonasi, dan penggunaan kata-kata pengisi (filler words).

Ummo juga memiliki fitur-fitur menarik, seperti:

  • Customizable Settings: Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Kamu bisa memilih aspek-aspek public speaking yang ingin kamu ukur, mengatur tingkat kesulitan, dan memilih kata-kata pengisi yang ingin kamu hindari.
  • Live Transcription: Fitur ini memberikan transkripsi teks dari pidato kamu secara langsung. Kamu bisa melihat apa yang kamu katakan dan bagaimana kamu mengatakannya, serta mendapatkan feedback dan saran dari aplikasi ini.
  • Speech History: Fitur ini menyimpan riwayat pidato kamu yang pernah kamu lakukan dengan aplikasi ini. Kamu bisa melihat perkembangan dan kemajuan kamu dalam public speaking, serta membandingkan pidato-pidato kamu yang berbeda.

Ummo adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin menyesuaikan pengalaman belajar public speaking kamu dengan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di App Store, tetapi kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur premium.

3. VirtualSpeech

VirtualSpeech adalah aplikasi belajar public speaking yang menggunakan teknologi virtual reality (VR) untuk memberikan pengalaman yang realistis dan imersif kepada penggunanya. Aplikasi ini bisa membuat kamu merasa seolah-olah berbicara di depan audiens yang nyata, dengan berbagai situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

VirtualSpeech juga memiliki fitur-fitur menarik, seperti:

  • VR Scenarios: Fitur ini memberikan berbagai skenario public speaking yang bisa kamu pilih, seperti presentasi bisnis, wawancara kerja, pidato pernikahan, dan lain-lain. Kamu bisa memilih skenario yang sesuai dengan tujuan dan konteks kamu, lalu berlatih dengan aplikasi ini. Kamu akan merasakan suasana dan tantangan yang nyata, seperti gangguan suara, pertanyaan audiens, dan waktu yang terbatas.
  • Speech Analysis: Fitur ini memberikan analisis dan feedback dari pidato kamu yang berdasarkan pada berbagai aspek public speaking, seperti kejelasan, kecepatan, volume, intonasi, dan penggunaan kata-kata pengisi (filler words). Kamu juga bisa mendapatkan saran dan tips untuk memperbaiki pidato kamu.
  • Courses and Videos: Fitur ini memberikan akses ke berbagai kursus dan video yang berkaitan dengan public speaking, seperti cara membuat outline, cara menggunakan bahasa tubuh, cara mengatasi rasa gugup, dan lain-lain. Kamu bisa belajar dari materi-materi ini dan menerapkannya dalam latihan kamu.

VirtualSpeech adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi public speaking yang nyata dan menantang. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store, tetapi kamu membutuhkan perangkat VR yang kompatibel untuk menggunakannya.

4. Speak

Speak adalah aplikasi belajar public speaking yang menggunakan teknologi speech recognition untuk memberikan feedback dan saran kepada penggunanya. Aplikasi ini bisa mengenali dan mengevaluasi berbagai aspek public speaking, seperti kejelasan, kecepatan, volume, intonasi, dan penggunaan kata-kata pengisi (filler words).

Speak juga memiliki fitur-fitur menarik, seperti:

  • Practice Mode: Fitur ini memberikan latihan-latihan public speaking yang beragam dan menarik, seperti storytelling, impromptu, debate, dan lain-lain. Kamu bisa memilih latihan yang sesuai dengan tujuan dan tingkat kemampuan kamu, lalu berlatih dengan aplikasi ini. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan feedback dan saran untuk memperbaiki pidato kamu.
  • Challenge Mode: Fitur ini memberikan tantangan-tantangan public speaking yang menantang dan seru, seperti trivia, tongue twister, word game, dan lain-lain. Kamu bisa menguji kemampuan public speaking kamu dengan cara yang menyenangkan dan kompetitif, serta mendapatkan poin dan peringkat jika kamu berhasil menyelesaikan tantangan tersebut.
  • Community Mode: Fitur ini memberikan akses ke komunitas public speaking yang aktif dan ramah, yang terdiri dari pengguna aplikasi ini dari seluruh dunia. Kamu bisa berbagi pengalaman, tips, dan saran dengan pengguna lain, serta mendapatkan feedback dan dukungan dari mereka.

Speak adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin berlatih public speaking dengan cara yang variatif dan menyenangkan. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store, tetapi kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur premium.

5. LikeSo

LikeSo adalah aplikasi belajar public speaking yang menggunakan teknologi speech recognition untuk memberikan feedback dan saran kepada penggunanya. Aplikasi ini bisa mengenali dan mengevaluasi berbagai aspek public speaking, seperti kejelasan, kecepatan, volume, intonasi, dan penggunaan kata-kata pengisi (filler words).

LikeSo juga memiliki fitur-fitur menarik, seperti:

  • TalkAbout Mode: Fitur ini memberikan topik-topik public speaking yang menarik dan relevan, seperti hobi, karier, pendidikan, dan lain-lain. Kamu bisa memilih topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan kamu, lalu berlatih dengan aplikasi ini. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan feedback dan saran untuk memperbaiki pidato kamu.
  • FreeStyle Mode: Fitur ini memberikan kebebasan kepada kamu untuk berlatih public speaking dengan topik apapun yang kamu inginkan. Kamu bisa menentukan sendiri topik, durasi, dan jenis pidato yang kamu inginkan, lalu berlatih dengan aplikasi ini. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan feedback dan saran untuk memperbaiki pidato kamu.
  • Word Challenge Mode: Fitur ini memberikan tantangan public speaking yang berfokus pada penggunaan kata-kata pengisi (filler words). Kamu akan diminta untuk berbicara tanpa menggunakan kata-kata pengisi, seperti “um”, “uh”, “like”, “so”, dan lain-lain. Kamu bisa melihat seberapa sering kamu menggunakan kata-kata pengisi, serta mendapatkan saran untuk menguranginya.

LikeSo adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin berlatih public speaking dengan topik-topik yang menarik dan relevan. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di App Store, tetapi kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur premium.

6. Toastmaster

Toastmaster adalah aplikasi belajar public speaking yang menggunakan teknologi speech recognition untuk memberikan feedback dan saran kepada penggunanya. Aplikasi ini bisa mengenali dan mengevaluasi berbagai aspek public speaking, seperti kejelasan, kecepatan, volume, intonasi, dan penggunaan kata-kata pengisi (filler words).

Toastmaster juga memiliki fitur-fitur menarik, seperti:

  • Speech Timer: Fitur ini memberikan timer yang bisa kamu gunakan untuk mengatur durasi pidato kamu. Kamu bisa memilih durasi yang sesuai dengan tujuan dan konteks kamu, lalu berlatih dengan aplikasi ini. Kamu akan mendapatkan notifikasi suara dan warna jika kamu melebihi atau kurang dari durasi yang ditentukan.
  • Speech Recorder: Fitur ini memberikan perekam yang bisa kamu gunakan untuk merekam pidato kamu. Kamu bisa mendengarkan kembali pidato kamu, serta mendapatkan feedback dan saran dari aplikasi ini. Kamu juga bisa menyimpan dan membagikan pidato kamu dengan orang lain.
  • Speech Evaluator: Fitur ini memberikan evaluator yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi pidato orang lain. Kamu bisa memberikan feedback dan saran yang konstruktif dan bermanfaat kepada orang lain, serta mendapatkan poin dan penghargaan jika kamu melakukannya dengan baik.

Toastmaster adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin berlatih public speaking dengan timer, perekam, dan evaluator. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store, tetapi kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur premium.

Baca juga:

Akhir Kata

Public speaking adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja, tetapi tidak semua orang merasa nyaman dan percaya diri ketika harus berbicara di depan banyak orang. Untuk itu, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar public speaking untuk membantu kamu berlatih, mendapatkan feedback, dan memperbaiki kelemahan kamu dalam berbicara di depan umum.

Dalam artikel ini, saya telah memberikan daftar aplikasi belajar public speaking yang bisa kamu coba, yaitu Orai, Ummo, VirtualSpeech, Speak, LikeSo, dan Toastmaster. Keenam aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda, tetapi semuanya bertujuan untuk membuat kamu lebih mahir dan percaya diri dalam public speaking. Kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu, lalu mulai berlatih dengan aplikasi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan public speaking kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *