Don't Show Again Yes, I would!

Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran, Apa Saja Bedanya?

Pelajarwajo.comPerbedaan Metode dan Model Pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, kita sering mendengar istilah model pembelajaran dan metode pembelajaran. Namun, apakah kita tahu apa arti dan perbedaan dari kedua istilah tersebut? Apakah model dan metode pembelajaran itu sama atau berbeda?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur.

Pengertian Model dan Metode Pembelajaran

Model pembelajaran adalah konsep yang digunakan sebagai pedoman atau rujukan dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran. Model pembelajaran mengandung kerangka kerja atau framework yang berisi prinsip-prinsip, tujuan, langkah-langkah, dan evaluasi pembelajaran.

Model pembelajaran bersifat konseptual dan umum, sehingga dapat diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan situasi dan kondisi pembelajaran.

Metode pembelajaran adalah cara atau teknik yang dipilih dan diterapkan oleh guru untuk menyampaikan materi dan membimbing siswa dalam mempelajari materi tersebut. Metode pembelajaran bersifat praktis dan spesifik, sehingga harus sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik siswa.

Metode pembelajaran menentukan bagaimana interaksi antara guru, siswa, dan materi berlangsung dalam proses pembelajaran.

Baca juga: Apa itu Metode Pembelajaran? Pengertian, Jenis, dan Macamnya

Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran

Dari pengertian di atas, kita dapat melihat bahwa model dan metode pembelajaran memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaan tersebut antara lain adalah:

  • Model pembelajaran lebih luas dan kompleks daripada metode pembelajaran. Model pembelajaran mencakup berbagai aspek dalam proses pembelajaran, sedangkan metode pembelajaran hanya salah satu aspek dari model pembelajaran.
  • Model pembelajaran lebih fleksibel dan dinamis daripada metode pembelajaran. Model pembelajaran dapat disesuaikan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan situasi pembelajaran, sedangkan metode pembelajaran lebih kaku dan baku dalam penerapannya.
  • Model pembelajaran lebih berorientasi pada hasil daripada metode pembelajaran. Model pembelajaran menekankan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan, sedangkan metode pembelajaran menekankan pada proses pembelajaran yang dilakukan.

Contoh Model dan Metode Pembelajaran

Untuk memperjelas perbedaan antara model dan metode pembelajaran, berikut adalah beberapa contoh dari masing-masing istilah tersebut:

Contoh model pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran discovery learning, dan model pembelajaran project based learning.

Contoh metode pembelajaran adalah metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode eksperimen, dan metode role play.

FAQ Mengenai Perbedaan Model dan Metode Pembelajaran

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai perbedaan model dan metode pembelajaran, beserta jawabannya:

1. Apakah model pembelajaran lebih penting daripada metode pembelajaran?

Jawab: Tidak ada yang lebih penting daripada yang lain. Model dan metode pembelajaran sama-sama penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran memberikan gambaran umum tentang bagaimana pembelajaran berlangsung, sedangkan metode pembelajaran memberikan langkah-langkah konkret dalam melaksanakan pembelajaran. Keduanya harus saling mendukung dan sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik siswa.

2. Apakah model pembelajaran harus selalu menggunakan metode pembelajaran tertentu?

Jawab: Tidak selalu. Model pembelajaran dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran, asalkan metode tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip dan tujuan dari model pembelajaran tersebut. Misalnya, model pembelajaran kooperatif dapat menggunakan metode diskusi, metode tanya jawab, metode role play, atau metode lain yang dapat meningkatkan kerjasama antar siswa.

3. Apakah metode pembelajaran dapat digunakan tanpa model pembelajaran?

Jawab: Tidak disarankan. Metode pembelajaran sebaiknya digunakan dalam kerangka model pembelajaran, agar proses pembelajaran menjadi lebih terarah dan terorganisir. Jika metode pembelajaran digunakan tanpa model pembelajaran, maka proses pembelajaran dapat menjadi acak dan tidak sistematis, sehingga dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi pembelajaran.

Baca juga: 16 Metode Belajar Bahasa Italia dengan Mudah

Kesimpulan

Model pembelajaran dan metode pembelajaran adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia pendidikan. Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dalam pengertian, cakupan, fleksibilitas, dan orientasinya.

Model pembelajaran adalah konsep yang berfungsi sebagai pedoman dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara atau teknik yang dipilih dan diterapkan oleh guru untuk menyampaikan materi dan membimbing siswa dalam mempelajari materi tersebut.

Keduanya harus saling mendukung dan sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik siswa.

Kata Penutup

Demikianlah artikel yang saya tulis ulang dengan judul “perbedaan metode dan model pembelajaran“. Saya berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan model dan metode pembelajaran.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *