Don't Show Again Yes, I would!

10 Sumber Belajar Online Gratis untuk Siswa SMA

Sumber Belajar Online Gratis untuk Siswa SMA

pelajarwajo.com – Apakah Anda seorang siswa SMA yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda di berbagai bidang? Apakah Anda mencari sumber belajar online yang berkualitas, mudah diakses, dan gratis? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Kami telah mengumpulkan 10 sumber belajar online gratis untuk siswa SMA yang dapat membantu Anda belajar apa pun mulai dari matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa, sejarah, geografi, seni, musik, hingga kewirausahaan.

Sumber belajar online ini tidak hanya menyediakan materi pelajaran, tetapi juga video, kuis, latihan, simulasi, proyek, dan sertifikat yang dapat meningkatkan pengalaman belajar Anda.

10 Sumber Belajar Online Gratis untuk Siswa SMA

Berikut adalah 10 sumber belajar online gratis untuk siswa SMA yang kami rekomendasikan:

1. Khan Academy

Khan Academy adalah salah satu sumber belajar online gratis yang paling populer dan terpercaya di dunia. Khan Academy menawarkan ribuan kursus, video, dan latihan interaktif yang mencakup berbagai mata pelajaran, mulai dari matematika, sains, ekonomi, komputer, hingga keterampilan pribadi.

Baca juga: 4 Cara Berpikir Kritis Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu!

Anda dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan tingkat Anda sendiri, dan melacak kemajuan Anda dengan menggunakan dasbor yang ramah pengguna. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas belajar global yang terdiri dari jutaan siswa, guru, orang tua, dan mentor.

Khan Academy adalah sumber belajar online gratis yang cocok untuk semua usia dan tingkat pendidikan, termasuk siswa SMA.

2. Coursera

Coursera adalah platform belajar online yang menawarkan akses ke ribuan kursus, sertifikat, dan gelar online dari universitas dan organisasi terkemuka di dunia. Anda dapat belajar berbagai topik, mulai dari sains data, bisnis, kesehatan, hingga seni dan humaniora.

Anda dapat belajar kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan perangkat Anda, dan mendapatkan umpan balik dari instruktur dan sesama peserta. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang dapat ditampilkan di LinkedIn atau portofolio Anda.

Coursera menawarkan sebagian besar kursusnya secara gratis, tetapi Anda juga dapat membayar biaya kecil untuk mendapatkan fitur tambahan seperti sertifikat, bantuan keuangan, atau akses khusus.

3. edX

edX adalah platform belajar online nirlaba yang didirikan oleh Harvard dan MIT. edX menawarkan akses ke lebih dari 3000 kursus online dari lebih dari 160 institusi pendidikan terkemuka di dunia. Anda dapat belajar berbagai bidang, mulai dari sains, teknologi, teknik, matematika, hingga bahasa, sastra, filsafat, dan budaya.

Baca juga: Cara Daftar PIP 2024 untuk Siswa SMA dan SMK, Dapatkan Bantuan Rp 1,8 Juta

Anda dapat belajar dengan menggunakan video berkualitas tinggi, kuis, diskusi, dan tugas yang dirancang oleh para ahli. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang dapat meningkatkan kredensial Anda. edX menawarkan sebagian besar kursusnya secara gratis, tetapi Anda juga dapat membayar biaya kecil untuk mendapatkan sertifikat yang diverifikasi.

4. Udemy

Udemy adalah pasar belajar online yang menawarkan lebih dari 150.000 kursus online dalam berbagai kategori, mulai dari pengembangan, bisnis, desain, pemasaran, fotografi, musik, hingga gaya hidup. Anda dapat belajar dari instruktur yang berpengalaman dan berpengetahuan luas, dan mendapatkan umpan balik dari komunitas yang bersemangat.

Anda dapat belajar kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan perangkat Anda, dan mengakses kursus Anda seumur hidup. Udemy menawarkan sebagian besar kursusnya dengan harga terjangkau, tetapi Anda juga dapat menemukan kursus gratis yang berkualitas.

5. YouTube

YouTube adalah platform berbagi video online terbesar di dunia yang menawarkan jutaan video yang mencakup hampir semua topik yang dapat Anda bayangkan. Anda dapat belajar dari video yang dibuat oleh para ahli, pendidik, selebriti, influencer, atau siapa pun yang memiliki sesuatu untuk dibagikan.

Anda dapat menonton video sesuai dengan minat dan preferensi Anda, dan berinteraksi dengan pembuat dan penonton lainnya. Anda juga dapat membuat saluran Anda sendiri dan mengunggah video Anda sendiri. YouTube adalah sumber belajar online gratis yang dapat memberi Anda hiburan, inspirasi, dan edukasi.

6. TED-Ed

TED-Ed adalah inisiatif pendidikan dari TED, organisasi nirlaba yang terkenal dengan acara dan video TED Talks yang menampilkan ide-ide yang layak disebarkan. TED-Ed menawarkan ratusan video animasi pendek yang menjelaskan berbagai konsep, fenomena, dan cerita yang menarik dan informatif.

Anda dapat belajar dari video yang dibuat oleh para ahli, pendidik, dan animator, dan menjawab kuis, diskusi, dan tugas yang terkait. Anda juga dapat membuat pelajaran Anda sendiri dengan menggunakan video dari YouTube atau sumber lainnya. TED-Ed adalah sumber belajar online gratis yang dapat memperluas wawasan dan pengetahuan Anda.

7. Duolingo

Duolingo adalah platform belajar bahasa online yang menawarkan lebih dari 30 bahasa yang dapat Anda pelajari dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Anda dapat belajar dengan menggunakan latihan yang disesuaikan dengan tingkat dan tujuan Anda, dan mendapatkan umpan balik segera dan motivasi dari sistem poin dan hadiah.

Anda juga dapat bergabung dengan klub bahasa dan berkompetisi dengan teman dan pengguna lainnya. Duolingo adalah sumber belajar online gratis yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara Anda dalam bahasa yang Anda inginkan.

Baca juga: Jurusan IPA SMA Bisa Jadi Apa Saja? Ini 8 Prospek Karir untuk Anda!

8. Codecademy

Codecademy adalah platform belajar pemrograman online yang menawarkan lebih dari 20 bahasa pemrograman dan teknologi web yang dapat Anda pelajari dengan cara yang interaktif dan praktis.

Anda dapat belajar dengan menggunakan editor kode, terminal, dan konsol yang disediakan oleh platform, dan mendapatkan umpan balik dan petunjuk dari sistem pembelajaran adaptif. Anda juga dapat mengikuti jalur pembelajaran yang dirancang untuk tujuan tertentu, seperti pengembangan web, analisis data, atau ilmu komputer.

Codecademy adalah sumber belajar online gratis yang dapat membantu Anda menguasai keterampilan pemrograman yang dibutuhkan oleh industri.

9. Skillshare

Skillshare adalah komunitas belajar online yang menawarkan ribuan kelas online dalam berbagai kategori, mulai dari desain, fotografi, bisnis, seni, kerajinan, hingga kesejahteraan. Anda dapat belajar dari para ahli, kreator, dan pengusaha yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka, dan menerapkan apa yang Anda pelajari dalam proyek kelas yang nyata.

Anda juga dapat berbagi karya dan umpan balik Anda dengan komunitas yang mendukung dan kreatif. Skillshare menawarkan sebagian besar kelasnya secara gratis, tetapi Anda juga dapat berlangganan keanggotaan premium untuk mendapatkan akses tak terbatas ke semua kelas.

10. FutureLearn

FutureLearn adalah platform belajar online yang menawarkan ratusan kursus online dari universitas dan organisasi terkemuka di dunia. Anda dapat belajar berbagai topik, mulai dari kesehatan, hingga pendidikan, hukum, sejarah, hingga lingkungan.

Anda dapat belajar dengan menggunakan artikel, video, audio, dan kuis yang menarik dan mendalam, dan berpartisipasi dalam diskusi dan tugas yang menantang. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat atau kredit akademik yang dapat meningkatkan karier atau studi Anda.

FutureLearn menawarkan sebagian besar kursusnya secara gratis, tetapi Anda juga dapat membayar biaya kecil untuk mendapatkan akses tak terbatas, sertifikat, atau kredit.

Kesimpulan

Belajar online adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda di era digital ini. Anda dapat belajar apa pun yang Anda inginkan, kapan saja dan di mana saja, dengan menggunakan sumber belajar online yang berkualitas, mudah diakses, dan gratis.

Kami telah memberikan 10 sumber belajar online gratis untuk siswa SMA yang dapat membantu Anda belajar berbagai bidang, mulai dari akademik, kreatif, hingga profesional. Kami harap Anda dapat memanfaatkan sumber belajar online ini dan mencapai tujuan belajar Anda.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *