Don't Show Again Yes, I would!

Peluang Masuk ke UPI Melalui Prodi yang Kurang Diminati 2024

Pelajarwajo.com – Anda ingin kuliah di UPI tapi tidak lolos SNMPTN atau SBMPTN? Jangan khawatir, masih ada jalur SNBP yang bisa Anda manfaatkan. Simak prodi-prodi yang kurang diminati di UPI dan tips untuk memilihnya.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang paling favorit di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. UPI memiliki berbagai prodi yang menarik dan berkualitas, mulai dari pendidikan, ilmu sosial, ilmu alam, hingga teknologi.

Namun, tidak semua prodi di UPI memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Ada beberapa prodi yang kurang diminati oleh calon mahasiswa, sehingga memiliki daya tampung yang lebih besar dan peluang masuk yang lebih tinggi.

Baca juga: UPN Jakarta Buka 885 Kursi untuk Penerimaan Mahasiswa Baru SNBP 2024

Prodi-prodi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin kuliah di UPI melalui jalur Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi (SNBP).

Apa itu SNBP?

SNBP adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN secara mandiri. SNBP berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

SNBP biasanya dilaksanakan setelah SNMPTN dan SBMPTN, sehingga menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang tidak lolos jalur tersebut. SNBP juga memiliki persyaratan dan mekanisme yang berbeda-beda, tergantung kebijakan PTN yang bersangkutan.

Salah satu PTN yang menyelenggarakan SNBP adalah UPI. UPI membuka SNBP untuk prodi-prodi yang masih memiliki sisa kuota setelah SNMPTN dan SBMPTN. SNBP UPI dilaksanakan dengan menggunakan nilai rapor dan nilai ujian nasional (UN) sebagai dasar seleksi.

Prodi yang Kurang Diminati di UPI

Berdasarkan data SNMPTN dan SBMPTN tahun 2023, ada beberapa prodi di UPI yang memiliki jumlah peminat yang rendah, sehingga memiliki sisa kuota yang cukup besar. Prodi-prodi ini antara lain:

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Prodi ini juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kajian bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.

Pada SNMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 1.057 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Pada SBMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 2.113 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Hal ini menunjukkan bahwa prodi ini memiliki tingkat persaingan yang rendah, sehingga menjadi pilihan yang potensial bagi Anda yang ingin masuk UPI melalui SNBP.

Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengajaran bahasa Inggris, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Prodi ini juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kajian bahasa, sastra, dan budaya Inggris.

Baca juga: Unila Siapkan 2.586 Kursi untuk Mahasiswa Baru Jalur SNBP dan SNBT 2024

Pada SNMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 1.211 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Pada SBMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 2.433 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Hal ini menunjukkan bahwa prodi ini memiliki tingkat persaingan yang rendah, sehingga menjadi pilihan yang potensial bagi Anda yang ingin masuk UPI melalui SNBP.

Pendidikan Matematika (S1)

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengajaran matematika, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Prodi ini juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kajian matematika, baik teori maupun aplikasi.

Pada SNMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 1.314 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Pada SBMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 2.711 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Hal ini menunjukkan bahwa prodi ini memiliki tingkat persaingan yang rendah, sehingga menjadi pilihan yang potensial bagi Anda yang ingin masuk UPI melalui SNBP.

Pendidikan Fisika (S1)

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengajaran fisika, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Prodi ini juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kajian fisika, baik teori maupun eksperimen.

Pada SNMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 1.024 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Pada SBMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 2.057 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Hal ini menunjukkan bahwa prodi ini memiliki tingkat persaingan yang rendah, sehingga menjadi pilihan yang potensial bagi Anda yang ingin masuk UPI melalui SNBP.

Pendidikan Kimia (S1)

Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengajaran kimia, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Prodi ini juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kajian kimia, baik teori maupun eksperimen.

Pada SNMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 1.056 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Pada SBMPTN 2023, prodi ini hanya diminati oleh 2.089 pendaftar, dengan daya tampung sebanyak 72 orang. Hal ini menunjukkan bahwa prodi ini memiliki tingkat persaingan yang rendah, sehingga menjadi pilihan yang potensial bagi Anda yang ingin masuk UPI melalui SNBP.

Tips Memilih Prodi yang Kurang Diminati di UPI

Meskipun prodi-prodi yang kurang diminati di UPI memiliki peluang masuk yang lebih besar, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilihnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Sesuaikan dengan minat dan bakat Anda. Jangan memilih prodi hanya karena peluang masuknya besar, tetapi juga karena Anda memiliki minat dan bakat di bidang tersebut. Hal ini penting untuk menjamin kepuasan dan kesuksesan Anda di masa depan.
  • Pelajari kurikulum dan prospek lulusan prodi yang Anda pilih. Anda bisa mengunjungi website resmi UPI atau prodi yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi tentang kurikulum, mata kuliah, fasilitas, dosen, prestasi, dan prospek lulusan prodi yang Anda pilih. Anda juga bisa menghubungi alumni atau mahasiswa prodi tersebut untuk mendapatkan testimoni dan pengalaman mereka.
  • Persiapkan diri Anda dengan baik. Meskipun prodi-prodi yang kurang diminati di UPI memiliki persaingan yang rendah, Anda tetap harus mempersiapkan diri Anda dengan baik untuk mengikuti SNBP. Anda harus memperhatikan nilai rapor dan nilai UN Anda, karena itu menjadi dasar seleksi SNBP. Anda juga harus memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis yang ditetapkan oleh UPI.

Demikian artikel yang saya tulis ulang untuk Anda. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih prodi yang tepat di UPI. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *