Don't Show Again Yes, I would!

10 Contoh Judul Skripsi Sistem Informasi yang Menarik dan Bermanfaat

Contoh Judul Skripsi Sistem Informasi yang Menarik dan Bermanfaat

Pelajarwajo.com – Sistem informasi adalah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis, organisasi, dan masyarakat. Sistem informasi mencakup aspek teknis, sosial, dan manajerial dari pengembangan, implementasi, dan pengelolaan sistem informasi.

Sistem informasi juga berhubungan dengan bidang lain seperti ilmu komputer, manajemen, akuntansi, dan hukum.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa sistem informasi adalah menentukan judul skripsi yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan mereka. Judul skripsi harus menunjukkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan konsep, teori, dan metode sistem informasi dalam menyelesaikan masalah nyata.

Judul skripsi juga harus menarik perhatian pembimbing, penguji, dan pembaca lainnya.

Untuk membantu Anda menemukan inspirasi, kami telah mengumpulkan 10 contoh judul skripsi sistem informasi yang menarik dan bermanfaat. Kami juga akan memberikan penjelasan singkat tentang latar belakang, tujuan, manfaat, dan metode penelitian dari masing-masing judul skripsi.

Baca juga: Cara Menyusun Latar Belakang Skripsi yang Baik dan Benar

Tips Memilih Judul Skripsi Sistem Informasi

Sebelum memilih judul skripsi, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Minat dan kemampuanmu. Pilihlah judul yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jika kamu tidak tertarik dengan topik tersebut, maka kamu akan kesulitan untuk mengerjakan skripsinya.
  • Realitas dunia kerja. Pilihlah judul yang memiliki relevansi dengan dunia kerja. Hal ini akan membuat skripsimu lebih bermanfaat dan mudah untuk diterapkan.
  • Prospek penelitian. Pilihlah judul yang memiliki prospek penelitian yang baik. Artinya, topik tersebut masih terbuka untuk dikaji dan dikembangkan.

10 Daftar Contoh Judul Skripsi Sistem Informasi

Kami harap contoh-contoh ini dapat membantu Anda menemukan judul skripsi yang sesuai dengan Anda.

1. Sistem Informasi Manajemen Penjualan Berbasis Web pada Toko Online XYZ

Latar belakang: Toko online XYZ adalah salah satu toko online yang menjual berbagai macam produk, mulai dari pakaian, aksesoris, elektronik, hingga buku. Toko online XYZ memiliki banyak pelanggan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Namun, toko online XYZ masih menggunakan sistem informasi manajemen penjualan yang manual dan tidak efisien. Sistem informasi tersebut tidak dapat menangani jumlah transaksi yang besar, tidak dapat memberikan informasi yang akurat dan cepat, dan tidak dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber.

2. Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Potensi Wisata di Kabupaten ABC

Latar belakang: Kabupaten ABC adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang besar. Kabupaten ABC memiliki berbagai macam objek wisata, seperti pantai, gunung, danau, air terjun, hutan, dan sejarah.

Namun, potensi wisata di kabupaten ABC belum termanfaatkan secara optimal, karena kurangnya informasi yang tersedia bagi masyarakat, pemerintah, dan pengusaha. Informasi yang ada masih bersifat statis, tidak lengkap, tidak akurat, dan tidak mudah diakses.

3. Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile pada Sekolah Menengah Atas DEF

Latar belakang: Sekolah Menengah Atas DEF adalah salah satu sekolah menengah atas yang berada di kota GHI. Sekolah ini memiliki banyak siswa, guru, dan staf yang terlibat dalam proses akademik, seperti pendaftaran, pembelajaran, penilaian, dan lulusan.

Namun, sekolah ini masih menggunakan sistem informasi akademik yang konvensional dan tidak efektif. Sistem informasi tersebut tidak dapat memberikan informasi yang cepat, mudah, dan fleksibel kepada siswa, guru, dan staf. Sistem informasi tersebut juga tidak dapat mendukung proses akademik yang berbasis online, seperti e-learning, e-assessment, dan e-portfolio.

Baca juga: Cara Mencari Jurnal untuk Skripsi Menggunakan Bing AI

4. Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Blockchain pada Perusahaan Jasa KLM

Latar belakang: Perusahaan jasa KLM adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang konsultasi, audit, dan akuntansi. Perusahaan ini memiliki banyak pegawai yang tersebar di berbagai cabang di Indonesia dan luar negeri. Namun, perusahaan ini masih menggunakan sistem informasi kepegawaian yang tradisional dan tidak aman.

Sistem informasi tersebut tidak dapat menjamin keabsahan, keakuratan, dan keamanan data kepegawaian, seperti data pribadi, data gaji, data absensi, data prestasi, dan data sertifikat. Sistem informasi tersebut juga rentan terhadap manipulasi, penipuan, dan korupsi.

5. Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Berbasis Internet of Things pada Puskesmas NOP

Latar belakang: Puskesmas NOP adalah salah satu puskesmas yang berada di desa QRS. Puskesmas ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, seperti pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi.

Namun, puskesmas ini masih menghadapi berbagai kendala dalam proses pelayanan kesehatan masyarakat, seperti keterbatasan sumber daya manusia, sarana, dan prasarana, keterlambatan dan ketidakakuratan dalam pengumpulan dan pengolahan data kesehatan, serta kesulitan dalam pemantauan dan evaluasi kondisi kesehatan masyarakat.

6. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Augmented Reality pada Universitas TUV

Latar belakang: Universitas TUV adalah salah satu universitas yang memiliki perpustakaan yang besar dan lengkap. Perpustakaan ini memiliki banyak koleksi buku, jurnal, majalah, dan media digital yang berasal dari berbagai bidang ilmu dan sumber.

Namun, perpustakaan ini masih menghadapi berbagai masalah dalam proses pelayanan perpustakaan, seperti kesulitan dalam mencari, menemukan, dan mengakses koleksi perpustakaan, kurangnya informasi dan interaksi yang menarik dan menyenangkan bagi pengguna perpustakaan, serta kurangnya fasilitas dan sarana yang mendukung proses pelayanan perpustakaan.

7. Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Berbasis Artificial Intelligence pada Kota WXY

Latar belakang: Kota WXY adalah salah satu kota metropolitan yang memiliki populasi dan aktivitas yang tinggi. Kota ini menghasilkan banyak sampah yang berasal dari berbagai sumber, seperti rumah tangga, industri, perdagangan, dan fasilitas umum.

Namun, kota ini masih menghadapi berbagai masalah dalam proses pengelolaan sampah, seperti kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat, kurangnya infrastruktur dan teknologi, kurangnya regulasi dan kebijakan, serta kurangnya koordinasi dan kolaborasi antara pihak terkait.

Baca juga: Cara Menulis Dapus dari Skripsi dengan Mudah Bagi Mahasiswa

8. Sistem Informasi Pemilihan Umum Berbasis E-Voting pada Kabupaten ZAB

Latar belakang: Kabupaten ZAB adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki jumlah pemilih yang besar dan beragam. Kabupaten ini sering mengadakan pemilihan umum untuk memilih kepala daerah, anggota legislatif, dan presiden.

Namun, kabupaten ini masih menggunakan sistem informasi pemilihan umum yang manual dan tidak efektif. Sistem informasi tersebut tidak dapat menjamin kejujuran, keadilan, dan keamanan dalam proses pemilihan umum, seperti pendaftaran, pencoblosan, penghitungan, dan pengumuman hasil. Sistem informasi tersebut juga rentan terhadap kesalahan, kecurangan, dan konflik.

9. Sistem Informasi Rekomendasi Buku Berbasis Collaborative Filtering pada Toko Buku CDE

Latar belakang: Toko buku CDE adalah salah satu toko buku online yang menyediakan berbagai jenis buku, seperti novel, komik, biografi, dan ensiklopedia. Toko buku ini memiliki banyak pelanggan yang memiliki preferensi dan selera yang berbeda-beda.

Namun, toko buku ini masih menghadapi berbagai masalah dalam proses pemasaran dan penjualan buku, seperti kesulitan dalam menawarkan buku yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan, kurangnya loyalitas dan retensi pelanggan, serta kurangnya peningkatan penjualan dan keuntungan.

10. Sistem Informasi Prediksi Cuaca Berbasis Machine Learning pada Stasiun Meteorologi FGH

Latar belakang: Stasiun meteorologi FGH adalah salah satu stasiun meteorologi yang berada di provinsi IJK. Stasiun ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengamati, menganalisis, dan memprediksi cuaca dan iklim di wilayahnya.

Namun, stasiun ini masih menghadapi berbagai masalah dalam proses prediksi cuaca, seperti keterbatasan data dan sumber daya, keterlambatan dan ketidakakuratan dalam prediksi cuaca, serta kesulitan dalam menyampaikan informasi cuaca kepada masyarakat.

Tips Menulis Skripsi Sistem Informasi

Berikut adalah beberapa tips menulis skripsi sistem informasi:

  • Buatlah proposal penelitian yang matang. Proposal penelitian adalah rencana penelitian yang akan kamu lakukan. Oleh karena itu, penting untuk membuat proposal penelitian yang matang agar penelitianmu berjalan sesuai rencana.
  • Lakukan penelitian dengan baik. Penelitian adalah bagian terpenting dari skripsi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian dengan baik agar penelitianmu menghasilkan data yang valid.
  • Analisis data dengan benar. Data yang kamu kumpulkan harus dianalisis dengan benar agar kamu dapat menarik kesimpulan yang akurat.
  • Tulislah laporan penelitian dengan baik. Laporan penelitian adalah hasil dari penelitianmu. Oleh karena itu, penting untuk menulis laporan penelitian dengan baik agar penelitianmu dapat dipahami oleh orang lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh judul skripsi sistem informasi dan tips memilih serta menulis skripsi sistem informasi. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memilih judul skripsi dan menulis skripsi sistem informasi.

FAQ

Berikut adalah beberapa FAQ unik terkait judul skripsi sistem informasi:

  • Apakah judul skripsi sistem informasi harus menggunakan bahasa Inggris?

Tidak. Judul skripsi sistem informasi bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Namun, jika kamu ingin menerbitkan hasil penelitianmu di jurnal internasional, maka judul skripsimu sebaiknya menggunakan bahasa Inggris.

  • Berapa banyak kata yang harus ada dalam judul skripsi sistem informasi?

Tidak ada aturan pasti terkait jumlah kata yang harus ada dalam judul skripsi sistem informasi. Namun, sebaiknya judul skripsi tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Judul yang terlalu panjang akan sulit diingat, sedangkan judul yang terlalu pendek akan kurang informatif.

  • Apakah judul skripsi sistem informasi harus menggunakan kata kerja?

Tidak. Judul skripsi sistem informasi bisa menggunakan kata kerja, kata benda, atau kombinasi keduanya. Namun, sebaiknya judul skripsi menggunakan kata kerja yang aktif agar lebih menarik perhatian pembaca.

Baca juga: Cara Membuat Proposal Skripsi yang Menarik dan Meyakinkan

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *