Don't Show Again Yes, I would!

8 Rekomendasi Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik di Indonesia

Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik di Indonesia

Pelajarwajo.com – Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik. Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh anak muda yang berbakat dan berminat di bidang seni dan kreatif.

Jurusan DKV mengajarkan bagaimana membuat karya seni yang informatif, komunikatif, dan efektif dengan menggunakan berbagai media, seperti media cetak, media elektronik, media luar ruang, media dua dimensi, media tiga dimensi, dan media bergerak.

Jurusan DKV tidak hanya menuntut kemampuan menggambar, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, analitis, dan inovatif. Jurusan DKV juga membutuhkan pengetahuan tentang teori desain, sejarah seni, budaya, komunikasi, teknologi, dan bisnis. Jurusan DKV membuka banyak peluang karir di bidang kreatif, seperti desainer grafis, desainer web, desainer multimedia, animator, fotografer, videografer, ilustrator, pengiklan, dan lain-lain.

Namun, untuk menjadi seorang desainer komunikasi visual yang handal, tidak cukup hanya dengan memiliki bakat dan minat saja. Anda juga perlu mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri kreatif. Oleh karena itu, Anda perlu memilih universitas yang tepat untuk menempuh jurusan DKV.

Di Indonesia, ada banyak universitas yang menawarkan jurusan DKV, baik negeri maupun swasta. Namun, tidak semua universitas memiliki kualitas dan reputasi yang baik.

Untuk membantu Anda memilih universitas yang terbaik untuk jurusan DKV, kami telah merangkum 8 rekomendasi universitas dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia berdasarkan hasil pencarian web yang kami lakukan dengan menggunakan alat internal kami.

Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik di Indonesia

Berikut adalah daftar 8 universitas tersebut:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB adalah salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. ITB memiliki Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang menaungi jurusan DKV. Jurusan DKV ITB berdiri sejak tahun 1984 dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses di bidang kreatif.

Jurusan DKV ITB memiliki tiga jalur minat, yaitu komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia. Jurusan DKV ITB juga memiliki kurikulum yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, seperti augmented reality, virtual reality, interactive digital storytelling, dan artificial intelligence.

Jurusan DKV ITB juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium multimedia.

Untuk masuk jurusan DKV ITB, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian keterampilan, dan wawancara. Ujian keterampilan meliputi menggambar still life, suasana, dan kreativitas. Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

2. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

IKJ adalah salah satu universitas negeri yang berfokus pada bidang seni dan kreatif yang berlokasi di Jakarta. IKJ memiliki jurusan DKV yang berada di bawah Fakultas Seni Media Rekam. Jurusan DKV IKJ merupakan salah satu jurusan DKV tertua dan terpionir di Indonesia.

Jurusan DKV IKJ telah berdiri sejak tahun 1971 dan telah melahirkan banyak seniman dan desainer terkenal di Indonesia.

Jurusan DKV IKJ memiliki empat konsentrasi, yaitu komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, multimedia, dan animasi. Jurusan DKV IKJ juga memiliki kurikulum yang menggabungkan teori dan praktik desain dengan pengetahuan tentang seni, budaya, dan komunikasi.

Jurusan DKJ IKJ juga memiliki fasilitas yang memadai, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium animasi.

Untuk masuk jurusan DKV IKJ, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian praktik, dan wawancara. Ujian praktik meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas. Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

3. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta adalah salah satu universitas negeri yang berfokus pada bidang seni dan kreatif yang berlokasi di Yogyakarta. ISI Yogyakarta memiliki jurusan DKV yang berada di bawah Fakultas Seni Rupa.

Jurusan DKV ISI Yogyakarta lahir dari pusat pendidikan seni rupa tertua di Indonesia, yaitu ASRI Yogyakarta. Jurusan DKV ISI Yogyakarta telah berdiri sejak tahun 1950 dan telah melahirkan banyak seniman dan desainer besar di Indonesia.

Jurusan DKV ISI Yogyakarta memiliki dua konsentrasi, yaitu desain grafis dan desain media interaktif. Jurusan DKV ISI Yogyakarta juga memiliki kurikulum yang mengintegrasikan teori dan praktik desain dengan pengetahuan tentang seni, budaya, dan komunikasi.

Jurusan DKV ISI Yogyakarta juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium multimedia.

Untuk masuk jurusan DKV ISI Yogyakarta, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian praktik, dan wawancara. Ujian praktik meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas.

Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

4. Universitas Indonesia (UI)

UI adalah salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. UI memiliki jurusan DKV yang berada di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Jurusan DKV UI merupakan salah satu jurusan DKV terbaru di Indonesia. Jurusan DKV UI baru berdiri sejak tahun 2015 dan telah menarik banyak minat dari calon mahasiswa yang berbakat dan berminat di bidang desain.

Jurusan DKV UI memiliki dua konsentrasi, yaitu desain grafis dan desain interaktif. Jurusan DKV UI juga memiliki kurikulum yang mengadaptasi kurikulum internasional, seperti dari Royal College of Art, London dan Rhode Island School of Design, USA. Jurusan DKV UI juga memiliki fasilitas yang canggih dan modern,

seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium interaktif.

Untuk masuk jurusan DKV UI, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian keterampilan, dan wawancara. Ujian keterampilan meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas.

Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

Baca juga:

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

BINUS adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Jakarta. BINUS memiliki jurusan DKV yang berada di bawah School of Design. Jurusan DKV BINUS merupakan salah satu jurusan DKV terpopuler di Indonesia.

Jurusan DKV BINUS telah berdiri sejak tahun 1996 dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses di bidang kreatif.

Jurusan DKV BINUS memiliki empat konsentrasi, yaitu desain grafis, desain interaktif, desain video, dan desain animasi. Jurusan DKV BINUS juga memiliki kurikulum yang mengacu pada standar internasional, seperti dari International Council of Design dan International Society of Typographic Designers.

Jurusan DKV BINUS juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium animasi.

Untuk masuk jurusan DKV BINUS, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian keterampilan, dan wawancara. Ujian keterampilan meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas.

Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

6. Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Tangerang, Banten. UPH memiliki jurusan DKV yang berada di bawah Fakultas Seni dan Desain. Jurusan DKV UPH merupakan salah satu jurusan DKV terfavorit di Indonesia. Jurusan DKV UPH telah berdiri sejak tahun 1994 dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses di bidang kreatif.

Jurusan DKV UPH memiliki tiga konsentrasi, yaitu desain grafis, desain interaktif, dan desain media baru. Jurusan DKV UPH juga memiliki kurikulum yang mengikuti perkembangan industri kreatif, seperti desain sosial, desain inklusif, desain lingkungan, dan desain partisipatif.

Jurusan DKV UPH juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium media baru.

Untuk masuk jurusan DKV UPH, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian keterampilan, dan wawancara. Ujian keterampilan meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas. Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

7. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

UK Petra adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. UK Petra memiliki jurusan DKV yang berada di bawah Fakultas Seni dan Desain. Jurusan DKV UK Petra merupakan salah satu jurusan DKV tertua dan terbaik di Indonesia.

Jurusan DKV UK Petra telah berdiri sejak tahun 1986 dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses di bidang kreatif.

Jurusan DKV UK Petra memiliki dua konsentrasi, yaitu desain grafis dan desain interaktif. Jurusan DKV UK Petra juga memiliki kurikulum yang mengintegrasikan teori dan praktik desain dengan pengetahuan tentang seni, budaya, dan komunikasi.

Jurusan DKV UK Petra juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium interaktif.

Untuk masuk jurusan DKV UK Petra, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian keterampilan, dan wawancara. Ujian keterampilan meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas. Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

8. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

UMN adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Tangerang, Banten. UMN memiliki jurusan DKV yang berada di bawah Fakultas Seni dan Desain. Jurusan DKV UMN merupakan salah satu jurusan DKV termodern dan terinovatif di Indonesia.

Jurusan DKV UMN telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses di bidang kreatif.

Jurusan DKV UMN memiliki empat konsentrasi, yaitu desain grafis, desain interaktif, desain video, dan desain animasi. Jurusan DKV UMN juga memiliki kurikulum yang mengacu pada standar internasional, seperti dari Adobe Certified Associate dan Autodesk Certified Professional.

Jurusan DKV UMN juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti studio desain, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium video, dan laboratorium animasi.

Untuk masuk jurusan DKV UMN, Anda harus mengikuti ujian masuk yang terdiri dari ujian tertulis, ujian keterampilan, dan wawancara. Ujian keterampilan meliputi menggambar objek, menggambar manusia, dan menggambar kreativitas. Anda juga harus bebas dari buta warna dan memiliki portofolio karya seni yang menunjukkan bakat dan minat Anda di bidang desain.

Itulah 8 rekomendasi universitas dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan Anda di bidang desain. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda.

Kesimpulan

Jurusan DKV adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh anak muda yang berbakat dan berminat di bidang seni dan kreatif. Jurusan DKV mengajarkan bagaimana membuat karya seni yang informatif, komunikatif, dan efektif dengan menggunakan berbagai media.

Jurusan DKV membuka banyak peluang karir di bidang kreatif, seperti desainer grafis, desainer web, desainer multimedia, animator, fotografer, videografer, ilustrator, pengiklan, dan lain-lain.

Namun, untuk menjadi seorang desain desainer komunikasi visual yang handal, tidak cukup hanya dengan memiliki bakat dan minat saja. Anda juga perlu mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri kreatif. Oleh karena itu, Anda perlu memilih universitas yang tepat untuk menempuh jurusan DKV.

Di Indonesia, ada banyak universitas yang menawarkan jurusan DKV, baik negeri maupun swasta. Namun, tidak semua universitas memiliki kualitas dan reputasi yang baik.

Dalam artikel ini, kami telah merangkum 8 rekomendasi universitas dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia berdasarkan hasil pencarian web yang kami lakukan dengan menggunakan alat internal kami. Kami juga telah memberikan informasi tentang konsentrasi, kurikulum, fasilitas, dan cara masuk jurusan DKV di setiap universitas.

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda untuk melanjutkan pendidikan Anda di bidang desain.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tinggalkan komentar di bawah artikel ini. Kami akan senang mendengar pendapat Anda.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *