Don't Show Again Yes, I would!

4 Cara Reset HP Infinix: Solusi Atasi Bootloop, Lupa Pola, dan Error

Cara Reset HP Infinix

Pelajarwajo.com – Cara reset HP Infinix adalah salah satu hal yang perlu Anda ketahui jika Anda memiliki smartphone merek ini. Pasalnya, smartphone Infinix bisa mengalami berbagai masalah, seperti bootloop, lupa pola, error, lemot, atau bahkan mati total.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Anda bisa mencoba melakukan reset HP Infinix ke pengaturan pabrik.

Reset HP Infinix adalah proses yang mengembalikan smartphone ke kondisi awal saat pertama kali dibeli. Dengan melakukan reset, Anda bisa menghapus semua data, aplikasi, game, foto, video, dan file lainnya yang tersimpan di memori internal smartphone.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan semua faktor yang bisa menyebabkan masalah pada smartphone.

Namun, sebelum Anda melakukan reset HP Infinix, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Backup data penting. Karena reset akan menghapus semua data di memori internal, Anda harus membackup data penting yang Anda miliki, seperti kontak, pesan, foto, video, dokumen, dan lainnya. Anda bisa membackup data ke memori eksternal, komputer, atau cloud storage.
  • Catat akun Google. Karena reset akan menghapus semua akun yang terhubung dengan smartphone, Anda harus mencatat akun Google yang Anda gunakan untuk login ke smartphone. Hal ini penting untuk menghindari masalah FRP (Factory Reset Protection) yang bisa menghalangi Anda untuk mengakses smartphone setelah reset.
  • Cas baterai. Karena reset adalah proses yang cukup lama dan membutuhkan daya yang cukup besar, Anda harus memastikan baterai smartphone Anda terisi minimal 50%. Hal ini untuk mencegah smartphone mati saat proses reset berlangsung, yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem.

Jika Anda sudah memperhatikan hal-hal di atas, maka Anda bisa melanjutkan untuk melakukan reset HP Infinix. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, yaitu:

Cara Reset HP Infinix Melalui Pengaturan

Cara reset HP Infinix yang pertama adalah melalui menu pengaturan. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan praktis, karena Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan pada HP Infinix Anda.
  • Pilih menu Cadangkan & Setel Ulang, kemudian pilih Reset Data Pabrik.
  • Pilih Setel Ulang Ponsel, kemudian pilih Hapus Semua.
  • Tunggu proses reset berlangsung hingga selesai.
  • Selesai.

Cara Reset HP Infinix Melalui Recovery Mode

Cara reset HP Infinix yang kedua adalah melalui recovery mode. Cara ini adalah cara yang lebih lengkap dan menyeluruh, karena Anda bisa menghapus semua data dan cache yang tersimpan di smartphone. Cara ini juga bisa Anda coba jika smartphone Anda tidak bisa masuk ke menu pengaturan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan HP Infinix Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Lepaskan tombol Power ketika muncul logo Infinix, dan lepaskan tombol Volume Atas ketika muncul gambar XOS dengan tulisan “no command”.
  • Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Atas lagi untuk masuk ke recovery mode.
  • Gunakan tombol Volume untuk memilih opsi Wipe Data/Factory Reset, dan tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Pilih opsi Yes, dan tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Tunggu proses reset berlangsung hingga selesai.
  • Pilih opsi Reboot System Now, dan tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Baca juga: Apakah HP Infinix Itu Bagus? Ini Dia Jawabannya!

Cara Reset HP Infinix Melalui Factory Mode

Cara reset HP Infinix yang ketiga adalah melalui factory mode. Cara ini adalah cara yang jarang diketahui oleh banyak orang, karena Anda harus memasukkan kode rahasia untuk mengaksesnya. Cara ini juga bisa Anda coba jika smartphone Anda tidak bisa masuk ke recovery mode.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan HP Infinix Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Lepaskan tombol Power ketika muncul logo Infinix, dan lepaskan tombol Volume Bawah ketika muncul menu factory mode.
  • Gunakan tombol Volume untuk memilih opsi Clear eMMC, dan tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Tunggu proses reset berlangsung hingga selesai.
  • Selesai.

Baca juga: HP Infinix 1 Jutaan: 5 Rekomendasi Terbaik 2023

Cara Reset HP Infinix Melalui Kode Dial

Cara reset HP Infinix yang keempat adalah melalui kode dial. Cara ini adalah cara yang paling simpel dan cepat, karena Anda hanya perlu memasukkan kode rahasia di menu panggilan. Cara ini juga bisa Anda coba jika smartphone Anda masih bisa mengakses menu panggilan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Panggilan pada HP Infinix Anda.
  • Masukkan kode ##7780##, dan tekan tombol Panggil.
  • Pilih opsi Setel Ulang Ponsel, dan tekan tombol Hapus Semua.
  • Tunggu proses reset berlangsung hingga selesai.
  • Selesai.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara reset HP Infinix yang bisa Anda coba untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone Anda. Dengan melakukan reset, Anda bisa mengembalikan smartphone ke kondisi awal saat pertama kali dibeli.

Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan reset, yaitu backup data penting, catat akun Google, dan cas baterai.

Reset HP Infinix adalah solusi yang efektif untuk mengatasi masalah seperti bootloop, lupa pola, error, lemot, atau mati total. Namun, Anda juga harus mengetahui penyebab masalah tersebut, agar tidak terulang lagi di masa depan.

Beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan masalah pada smartphone adalah:

  • Virus atau malware. Virus atau malware bisa masuk ke smartphone melalui aplikasi yang tidak resmi, file yang didownload dari internet, atau flashdisk yang terinfeksi. Virus atau malware bisa merusak sistem atau data pada smartphone, dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Anda harus menghindari menginstal aplikasi yang tidak resmi, mendownload file dari sumber yang tidak terpercaya, atau menggunakan flashdisk yang tidak aman. Anda juga harus menggunakan antivirus yang terpercaya untuk melindungi smartphone Anda dari virus atau malware.
  • Aplikasi bermasalah. Aplikasi yang bermasalah bisa menyebabkan smartphone menjadi error, lemot, atau restart sendiri. Aplikasi yang bermasalah bisa disebabkan oleh bug, kompatibilitas, atau kualitas yang buruk. Anda harus menghindari menginstal aplikasi yang tidak diperlukan, tidak kompatibel, atau memiliki rating yang rendah. Anda juga harus mengupdate aplikasi secara rutin untuk mengatasi bug atau masalah yang ada.
  • Memori penuh. Memori yang penuh bisa menyebabkan smartphone menjadi lemot, hang, atau tidak responsif. Memori yang penuh bisa disebabkan oleh banyaknya data, aplikasi, game, foto, video, atau file lainnya yang tersimpan di memori internal smartphone. Anda harus menghapus data, aplikasi, game, foto, video, atau file lainnya yang tidak penting atau jarang digunakan. Anda juga bisa memindahkan data ke memori eksternal, komputer, atau cloud storage untuk mengosongkan memori internal smartphone.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara reset HP Infinix:

Apa bedanya reset HP Infinix melalui pengaturan, recovery mode, factory mode, dan kode dial?

Reset HP Infinix melalui pengaturan, recovery mode, factory mode, dan kode dial adalah cara yang berbeda untuk melakukan hal yang sama, yaitu mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Perbedaannya terletak pada cara mengakses menu reset, dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Reset melalui pengaturan adalah cara yang paling mudah dan praktis, karena Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di menu pengaturan. Reset melalui recovery mode adalah cara yang lebih lengkap dan menyeluruh, karena Anda bisa menghapus semua

data, aplikasi, game, foto, video, atau file lainnya yang tersimpan di memori internal smartphone. Reset melalui factory mode adalah cara yang jarang diketahui oleh banyak orang, karena Anda harus memasukkan kode rahasia untuk mengaksesnya. Reset melalui kode dial adalah cara yang paling simpel dan cepat, karena Anda hanya perlu memasukkan kode rahasia di menu panggilan.

Apa dampak reset HP Infinix bagi smartphone?

Reset HP Infinix memiliki dampak positif dan negatif bagi smartphone. Dampak positifnya adalah smartphone bisa kembali ke kondisi awal saat pertama kali dibeli, yang bisa mengatasi berbagai masalah yang ada.

Dampak negatifnya adalah smartphone akan kehilangan semua data, aplikasi, game, foto, video, dan file lainnya yang tersimpan di memori internal. Oleh karena itu, Anda harus membackup data penting sebelum melakukan reset.

Apa yang harus dilakukan setelah reset HP Infinix?

Setelah reset HP Infinix, Anda harus melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Aktifkan smartphone dan ikuti langkah-langkah awal yang muncul di layar, seperti memilih bahasa, zona waktu, jaringan, dan akun Google.
  • Kembalikan data yang sudah Anda backup sebelumnya, seperti kontak, pesan, foto, video, dokumen, dan lainnya. Anda bisa mengembalikan data dari memori eksternal, komputer, atau cloud storage.
  • Instal ulang aplikasi, game, atau file yang Anda butuhkan atau inginkan. Anda bisa menginstal ulang dari Google Play Store, atau dari sumber lain yang terpercaya.
  • Sesuaikan pengaturan smartphone sesuai dengan preferensi Anda, seperti wallpaper, nada dering, tema, mode hemat baterai, dan lainnya.
  • Apa yang harus dihindari setelah reset HP Infinix?

Setelah reset HP Infinix, Anda harus menghindari beberapa hal, yaitu:

  • Menginstal aplikasi, game, atau file yang tidak resmi, tidak kompatibel, atau memiliki rating yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan smartphone menjadi error, lemot, atau restart sendiri.
  • Mendownload file dari internet yang tidak terpercaya, atau menggunakan flashdisk yang tidak aman. Hal ini bisa menyebabkan smartphone terinfeksi virus atau malware, yang bisa merusak sistem atau data pada smartphone.
  • Mengisi memori internal smartphone hingga penuh. Hal ini bisa menyebabkan smartphone menjadi lemot, hang, atau tidak responsif.

Apa yang harus dilakukan jika reset HP Infinix gagal atau tidak berhasil?

Jika reset HP Infinix gagal atau tidak berhasil, Anda bisa mencoba beberapa hal, yaitu:

  • Ulangi proses reset dengan cara yang berbeda. Jika Anda sudah mencoba reset melalui pengaturan, coba reset melalui recovery mode, factory mode, atau kode dial. Jika Anda sudah mencoba reset melalui recovery mode, coba reset melalui pengaturan, factory mode, atau kode dial. Dan seterusnya.
  • Cek kondisi baterai smartphone. Pastikan baterai smartphone terisi minimal 50% sebelum melakukan reset. Jika baterai smartphone habis saat proses reset berlangsung, cas terlebih dahulu hingga penuh, kemudian ulangi proses reset.
  • Bawa smartphone ke service center resmi Infinix. Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan ada kerusakan pada hardware atau software smartphone. Anda bisa membawa smartphone ke service center resmi Infinix untuk diperbaiki oleh teknisi yang ahli.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *