Don't Show Again Yes, I would!

5 Daftar Jurusan Favorit di ITERA Jalur SNMPTN 2023

Daftar Jurusan Favorit di ITERA – Institut Teknologi Sumatera merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai program studi unggulan dalam bidang teknologi dan bisnis. Banyak mahasiswa yang bingung dalam memilih jurusan karena banyak pilihan yang tersedia. Oleh karena itu, dalam blog ini kami akan membahas mengenai jurusan favorit di Institut Teknologi Sumatera.

Latar belakang penulisan blog ini adalah untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru atau calon mahasiswa mengenai jurusan favorit yang ada di Institut Teknologi Sumatera. Dengan informasi ini, diharapkan mahasiswa dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Tujuan dari penulisan blog ini adalah untuk memberikan pandangan dan rekomendasi bagi mahasiswa baru mengenai pemilihan jurusan favorit di Institut Teknologi Sumatera. Kami berharap informasi yang disajikan dalam blog ini dapat membantu mahasiswa dalam membuat keputusan yang tepat dalam memilih jurusan.

Profil ITERA (Institut Teknologi Sumatera)

ITERA atau Institut Teknologi Sumatera didirikan pada tahun 2014 tepatnya tanggal 06 Oktober 2014 dengan diresmikan langsung oleh Presiden RI ke 5 yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Peresmian ITERA ini didasarkan pada Peraturan Presiden nomor 124 Tahun 2014 tentang pendirian Institut Teknologi Sumatera.

Diballik berdirinya ITERA, terdapat Visi Misi yang diembannya, yaitu :

  1. Visi : Menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkat kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekiltarnya.
  2. Misi : Berkontribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia melalui keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan.

Program studi yang ditawarkan di Institut Teknologi Sumatera meliputi Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ekonomi, dan bisnis lainnya. Setiap program studi memiliki kurikulum yang mencakup teori dan praktik, serta magang yang membantu mahasiswa dalam memperoleh pengalaman kerja sebelum lulus.

Dengan fasilitas dan sumber daya yang memadai, Institut Teknologi Sumatera memastikan bahwa mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Institut ini juga memiliki banyak kerjasama dengan perusahaan dan institusi lokal maupun internasional yang membantu mahasiswa dalam memperoleh pengalaman dan membuka peluang kerja.

5 Daftar Jurusan Favorit di ITERA (Institut Teknologi Sumatera)

Berikut adalah beberapa jurusan favorit di Institut Teknologi Sumatera yang sering dikenal dengan minat dan bakat mahasiswa:

  1. Teknik Informatika: Jurusan ini mempelajari tentang teknologi informasi dan pengembangan sistem. Mahasiswa akan mempelajari tentang pemrograman, jaringan komputer, dan teknologi terkini dalam bidang informatika.
  2. Sistem Informasi: Jurusan ini memfokuskan pada pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dalam perusahaan dan organisasi. Mahasiswa akan mempelajari tentang database, sistem informasi manajemen, dan analisis data.
  3. Teknik Elektro: Jurusan ini mempelajari tentang elektronika, kontrol, dan sistem listrik. Mahasiswa akan mempelajari tentang pemodelan dan pemrograman sistem listrik, teknik pengendalian, dan teknik pengukuran.
  4. Ekonomi: Jurusan ini memfokuskan pada studi tentang perekonomian, bisnis, dan keuangan. Mahasiswa akan mempelajari tentang teori ekonomi, analisis ekonomi, dan pengembangan bisnis.
  5. Teknik Industri: Jurusan ini mempelajari tentang perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen bisnis, dan pengembangan produk. Mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen operasi, perencanaan produksi, dan teknik pemodelan.

Kami sangat menyarankan mahasiswa baru untuk memperhatikan minat dan bakat mereka saat memilih jurusan. Hal ini penting agar mereka dapat memperoleh pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik setelah lulus.

Akreditasi ITERA

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Baru status akreditasi bisa dikatakan belum semaksimal PTN yang telah lama berdiri, namun saat ini di usia yang cukup muda ITERA telah mendapatkan pengakuan dari badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Status akreditasi ITERA sendiri telah berada di akreditasi Baik. Tentu hal ini menjadi kabar baik mengingat umur institusi yang baru namun telah mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan.

Jurusan di ITERA dan Akreditasinya

Saat ini telah ada setidaknya 35 jurusan di ITERA untuk jenjang pendidikan Sarjana (S1), sedangkan untuk jenjang pendidikan Magister dan Doktoral masih belum tersedia. Secara keseluruhan jurusan di ITERA telah mendapatkan status akreditasi dari BAN-PT, dan diyakini dalam beberapa tahun mendatang akan banyak jurusan yang memiliki akreditasi A.

Dalam pelaksanaanya, setiap program studi dibagi kedalam 3 jurusan dengna fokus yang berbeda, namun kalian bisa memilih dari sekian banyak jurusan yang sesuai dengan minat bakat kalian.

Daftar jurusan di ITERA dan Status Skreditasinya :

Jurusan Sains

Program Studi :

  1. Fisika (S1 – Akreditasi B)
  2. Matematika (S1 – Akreditasi C)
  3. Biologi (S1 – Akreditasi C)
  4. Kimia (S1 – Akreditasi B)
  5. Farmasi (S1 – Akreditasi C)
  6. Atmosfer dan Keplanetan (S1 – Akreditasi Baik)
  7. Sains Aktuaria (S1 – Akreditasi Baik)
  8. Lingkungan Kelautan (S1 – Akreditasi Baik)
  9. Sains Data (S1 – Akreditasi n/a)

Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan

Program Studi :

  1. Teknik Geomatika (S1 – Akreditasi B)
  2. Perencanaan Wilayah dan Kota (S1 – Akreditasi B)
  3. Teknik Sipil (S1 – Akreditasi B)
  4. Arsitektur (S1 – Akreditasi C)
  5. Teknik Lingkungan (S1 – Akreditasi C)
  6. Teknik Kelautan (S1 – Akreditasi Baik)
  7. Desain Komunikasi Visual (S1 – Akreditasi Baik)
  8. Arsitektur Lanskap (S1 – Akreditasi Baik)
  9. Teknik Perkeretaapian (S1 – Akreditasi n/a)

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri

Program Studi :

  1. Teknik Elektro (S1 – Akreditasi B)
  2. Teknik Geofisika (S1 – Akreditasi B)
  3. Teknik Informatika (S1 – Akreditasi C)
  4. Teknik Geologi (S1 – Akreditasi C)
  5. Teknik Mesin (S1 – Akreditasi C)
  6. Teknik Industri (S1 – Akreditasi C)
  7. Teknik Kimia (S1 – Akreditasi B)
  8. Teknik Fisika (S1 – Akreditasi Baik)
  9. Teknik Biosistem (S1 – Akreditasi Baik)
  10. Teknologi Industri Pertanian (S1 – Akreditasi Baik)
  11. Teknologi Pangan (S1 – Akreditasi Baik)
  12. Teknik Sistem Energi (S1 – Akreditasi Baik)
  13. Teknik Pertambangan (S1 – Akreditasi Baik)
  14. Teknik Material (S1 – Akreditasi Baik)
  15. Teknik Telekomunikasi (S1 – Akreditasi Baik)
  16. Rekayasa Kehutanan (S1 – Akreditasi Baik)
  17. Teknik Biomedik (S1 – Akreditasi n/a)

5 Jurusan Favorit di ITERA Pada SNMPTN

ini, lima program studi dengan jumlah pendaftar terbanyak yaitu:

1. Jurusan Favorit Itrea: Prodi Farmasi sebanyak 344 pendaftar
2. Jurusan Favorit Itera: Teknik Informatika (164)
3.  Jurusan Favorit Itera: Teknik Pertambangan (126)
4.  Jurusan Favorit Itera: Teknik Sipil (100)
5.  Jurusan Favorit Itera: Teknik Biomedis (73)

Baca juga 10 Jurusan Favorit di UNHAS

Kriteria Pemilihan Jurusan Favorit di ITERA

Berikut adalah beberapa kriteria yang perlu diperhatikan saat memilih jurusan favorit di Institut Teknologi Sumatera:

  1. Minat dan Bakat: Minat dan bakat merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan saat memilih jurusan. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat akan membuat mahasiswa nyaman dan merasa bahagia saat menjalani studi.
  2. Prospek Karir: Mahasiswa juga perlu mempertimbangkan prospek karir setelah lulus dari jurusan tersebut. Memilih jurusan yang memiliki prospek karir yang baik akan membantu mahasiswa dalam mempersiapkan masa depan.
  3. Kurikulum: Kurikulum yang ditawarkan oleh jurusan juga merupakan faktor penting dalam pemilihan jurusan. Mahasiswa perlu memastikan bahwa kurikulum yang ditawarkan sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta memiliki kualitas yang baik.
  4. Fasilitas dan Sumber Daya: Fasilitas dan sumber daya yang tersedia di jurusan juga harus dipertimbangkan. Mahasiswa perlu memastikan bahwa jurusan memiliki fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk membantu mereka dalam menjalani studi.
  5. Reputasi Jurusan: Reputasi jurusan juga merupakan faktor penting dalam pemilihan jurusan. Memilih jurusan yang memiliki reputasi baik akan membantu mahasiswa dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas dan membuka peluang kerja yang baik setelah lulus.

Dengan memperhatikan kriteria-kriteria di atas, mahasiswa akan dapat memilih jurusan favorit yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta memiliki prospek karir dan pendidikan yang baik.

Kesimpulan

Institut Teknologi Sumatera memiliki beragam jurusan yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Dalam memilih jurusan, mahasiswa perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti minat dan bakat, prospek karir, kurikulum, fasilitas dan sumber daya, serta reputasi jurusan.

Dengan memperhatikan kriteria pemilihan jurusan yang tepat, mahasiswa dapat memastikan bahwa mereka memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta memiliki prospek karir dan pendidikan yang baik.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk melakukan riset dan mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk memilih jurusan favorit di Institut Teknologi Sumatera. Dengan demikian, mereka akan dapat memastikan bahwa mereka memilih jurusan yang tepat dan dapat membantu mereka dalam mencapai masa depan yang sukses.

Saran

Untuk memastikan bahwa pemilihan jurusan favorit yang dilakukan oleh mahasiswa benar-benar tepat, berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan:

  1. Konsultasi dengan orang tua dan pengajar: Mahasiswa dapat mengkonsultasikan pilihan jurusan dengan orang tua dan pengajar. Mereka akan dapat memberikan saran yang berguna dan membantu mahasiswa dalam membuat keputusan.
  2. Kemampuan dan hasil tes: Mahasiswa perlu memperhatikan kemampuan dan hasil tes mereka sebelum memilih jurusan. Ini akan membantu mereka dalam memastikan bahwa mereka memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan bakat mereka.
  3. Mengunjungi acara informasi jurusan: Mahasiswa juga dapat mengunjungi acara informasi jurusan untuk mengetahui lebih banyak tentang jurusan yang dipilih. Ini akan membantu mereka dalam memastikan bahwa mereka memilih jurusan yang tepat.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, mahasiswa akan dapat memastikan bahwa pemilihan jurusan favorit yang dilakukan oleh mereka benar-benar tepat dan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Demikianlah artikel mengenai jurusan favorit di Institut Teknologi Sumatera. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang akan memilih jurusan di Institut Teknologi Sumatera.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *