Don't Show Again Yes, I would!

Pilih yang Tepat: 10 Rekomendasi Laptop ASUS untuk Arsitek Kreatif!

seorang arsitek yang sedang menggambar sambil menggunakan laptop asus

Pelajarwajo.com – Anda seorang arsitek yang membutuhkan laptop yang dapat mendukung pekerjaan Anda? Anda mungkin sudah tahu bahwa laptop untuk arsitek harus memiliki spesifikasi yang tinggi dan mampu menjalankan berbagai software desain,

Seperti SketchUp, AutoCAD, Lumion, ArchiCAD, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu laptop merek apa yang paling cocok untuk arsitek?

Apa saja kriteria dan fitur yang harus Anda perhatikan saat memilih laptop untuk arsitek? Bagaimana cara mendapatkan laptop untuk arsitek dengan harga terbaik?

Dalam artikel ini, kami akan menjawab semua pertanyaan Anda dan memberikan beberapa rekomendasi laptop Asus untuk arsitek yang bisa Anda pertimbangkan. Mari kita mulai!

Mengapa Memilih Laptop Asus untuk Arsitek?

Asus adalah salah satu merek laptop yang sudah terkenal dengan kualitas dan performanya. Laptop Asus untuk arsitek memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Desain yang elegan dan profesional. Laptop Asus untuk arsitek memiliki desain yang menarik, ringan, dan nyaman digunakan. Beberapa laptop Asus juga dilengkapi dengan fitur seperti keyboard backlit, touchpad presisi, dan layar nanoedge yang memaksimalkan ruang layar.
  • Prosesor yang kuat dan stabil. Laptop Asus untuk arsitek menggunakan prosesor Intel atau AMD terbaru yang mampu menjalankan berbagai software desain dengan lancar dan tanpa lag. Prosesor ini juga stabil, sehingga Anda tidak perlu khawatir laptop Anda hang atau overheat saat bekerja.
  • Memori dan penyimpanan yang besar dan cepat. Laptop Asus untuk arsitek memiliki memori dan penyimpanan yang cukup untuk menampung semua data dan file Anda. Anda juga dapat memilih laptop Asus dengan SSD (solid state drive) yang lebih cepat dan awet daripada HDD (hard disk drive).
  • Grafis yang berkualitas dan mendukung rendering 3D. Laptop Asus untuk arsitek memiliki grafis yang bagus, baik itu grafis terintegrasi maupun grafis diskrit. Grafis ini memungkinkan Anda untuk membuat desain 2D dan 3D dengan detail dan realistis. Anda juga dapat melakukan rendering 3D dengan cepat dan mulus dengan laptop Asus untuk arsitek.
  • Konektivitas yang lengkap dan andal. Laptop Asus untuk arsitek memiliki konektivitas yang lengkap, seperti Wi-Fi, Bluetooth, USB, HDMI, audio jack, dan lain-lain. Anda juga dapat menghubungkan laptop Anda dengan perangkat lain, seperti smartphone, printer, atau proyektor. Laptop Asus juga memiliki konektivitas yang andal, sehingga Anda dapat bekerja online tanpa gangguan.

Apa Saja Kriteria dan Fitur yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Laptop Asus untuk Arsitek?

Saat memilih laptop Asus untuk arsitek, ada beberapa kriteria dan fitur yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Ukuran dan berat. Ukuran dan berat laptop Asus untuk arsitek tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Jika Anda sering bepergian atau bekerja di luar ruangan, Anda mungkin lebih suka laptop yang kecil dan ringan, seperti ultrabook atau chromebook.
  • Prosesor. Prosesor adalah otak dari laptop Anda, yang menentukan seberapa cepat dan stabil laptop Anda dapat menjalankan software desain. Prosesor laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan prosesor Intel atau AMD, dengan berbagai generasi dan seri. Secara umum, semakin baru dan tinggi generasi dan seri prosesor, semakin baik performa dan efisiensi daya prosesor.
  • Memori. Memori adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan laptop Anda untuk menjalankan software desain. Memori laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan memori DDR (double data rate), dengan berbagai generasi dan kapasitas. Secara umum, semakin baru dan besar generasi dan kapasitas memori, semakin baik performa dan kecepatan memori.
  • Penyimpanan. Penyimpanan adalah tempat penyimpanan permanen yang digunakan laptop Anda untuk menyimpan data dan file. Penyimpanan laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan HDD (hard disk drive) atau SSD (solid state drive), dengan berbagai kapasitas dan kecepatan.
  • Grafis. Grafis adalah komponen yang menghasilkan gambar dan video pada layar laptop Anda. Grafis laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan grafis terintegrasi atau grafis diskrit, dengan berbagai merek dan model.
  • Layar. Layar adalah komponen yang menampilkan gambar dan video dari grafis laptop Anda. Layar laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan layar LED (light-emitting diode) atau OLED (organic light-emitting diode), dengan berbagai ukuran, resolusi, dan refresh rate.
  • Baterai. Baterai adalah komponen yang menyediakan daya untuk laptop Anda. Baterai laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan baterai Li-ion (lithium-ion) atau Li-poly (lithium-polymer), dengan berbagai kapasitas dan daya tahan.
  • Konektivitas. Konektivitas adalah kemampuan laptop Anda untuk terhubung dengan internet, perangkat lain, atau aksesori. Konektivitas laptop Asus untuk arsitek biasanya menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, USB, HDMI, audio jack, dan lain-lain. Anda harus memperhatikan jenis, jumlah, dan kecepatan konektivitas, yang mempengaruhi kompatibilitas dan kualitas konektivitas. Jenis adalah bentuk atau standar konektivitas, seperti Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, USB-C, HDMI 2.0, atau audio jack 3.5 mm.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Arsitektur Terbaik 2022

Apa Saja Rekomendasi Laptop Asus untuk Arsitek?

Setelah mengetahui kriteria dan fitur yang harus diperhatikan saat memilih laptop Asus untuk arsitek, Anda mungkin bertanya-tanya laptop Asus mana yang paling cocok untuk Anda.

Untuk membantu Anda, kami telah merangkum beberapa rekomendasi laptop Asus untuk arsitek, berdasarkan kategori dan anggaran. Berikut adalah rekomendasi kami:

Laptop Asus untuk Arsitek dengan Anggaran Rendah (Di Bawah 15 Juta Rupiah)

Jika Anda memiliki anggaran rendah, Anda dapat memilih laptop Asus untuk arsitek yang memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup untuk menjalankan software desain yang tidak terlalu berat.

Beberapa laptop Asus untuk arsitek dengan anggaran rendah yang bisa Anda pertimbangkan adalah:

Asus VivoBook 15 X512JP.

Laptop ini memiliki desain yang ringan dan ramping, dengan berat hanya 1,7 kg dan ketebalan hanya 19,9 mm. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i5-1035G1 generasi ke-10, dengan 4 core, 6 MB cache, dan clock speed hingga 3,6 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 8 GB DDR4, penyimpanan 512 GB SSD, dan grafis NVIDIA GeForce MX330 dengan memori 2 GB. Laptop ini memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 px) dan refresh rate 60 Hz.

Laptop ini memiliki baterai 37 Wh yang dapat bertahan hingga 6 jam. Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 5, Bluetooth 4.2, 1 port USB-C, 1 port USB 3.2, 2 port USB 2.0, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 10 juta rupiah.

Asus VivoBook Flip 14 TM420IA.

Laptop ini memiliki desain yang fleksibel dan ergonomis, dengan fitur layar sentuh yang dapat diputar hingga 360 derajat.

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 4500U generasi ke-4, dengan 6 core, 8 MB cache, dan clock speed hingga 4 GHz. Laptop ini juga memiliki memori 8 GB DDR4, penyimpanan 512 GB SSD, dan grafis AMD Radeon Graphics.

Laptop ini memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 px) dan refresh rate 60 Hz. Laptop ini memiliki baterai 42 Wh yang dapat bertahan hingga 10 jam.

Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 5, Bluetooth 4.2, 1 port USB-C, 1 port USB 3.2, 1 port USB 2.0, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 11 juta rupiah.

Asus ZenBook 14 UM431DA.

Laptop ini memiliki desain yang mewah dan premium, dengan bodi yang terbuat dari logam dan warna yang elegan. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 3500U generasi ke-3, dengan 4 core, 6 MB cache, dan clock speed hingga 3,7 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 8 GB DDR4, penyimpanan 512 GB SSD, dan grafis AMD Radeon Vega 8. Laptop ini memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 px) dan refresh rate 60 Hz. Laptop ini memiliki baterai 47 Wh yang dapat bertahan hingga 12 jam.

Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 5, Bluetooth 4.2, 1 port USB-C, 1 port USB 3.1, 1 port USB 2.0, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 12 juta rupiah.

Baca juga: Pilih Laptop Terbaik! 9 Rekomendasi Laptop ASUS untuk Programmer Hebat

Laptop Asus untuk Arsitek dengan Anggaran Menengah (15-25 Juta Rupiah)

Jika Anda memiliki anggaran menengah, Anda dapat memilih laptop Asus untuk arsitek yang memiliki fitur dan spesifikasi yang baik untuk menjalankan software desain yang cukup berat.

Beberapa laptop Asus untuk arsitek dengan anggaran menengah yang bisa Anda pertimbangkan adalah:

Asus ZenBook 15 UX534FTC.

Laptop ini memiliki desain yang elegan dan profesional, dengan fitur touchpad numerik yang dapat digunakan sebagai kalkulator atau numpad.

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7-10510U generasi ke-10, dengan 4 core, 8 MB cache, dan clock speed hingga 4,9 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 16 GB DDR4, penyimpanan 512 GB SSD, dan grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 Max-Q dengan memori 4 GB.

Laptop ini memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160 px) dan refresh rate 60 Hz. Laptop ini memiliki baterai 71 Wh yang dapat bertahan hingga 14 jam.

Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, 1 port USB-C, 1 port USB 3.1, 1 port USB 2.0, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 23 juta rupiah.

Asus VivoBook S14 S433FL.

Laptop ini memiliki desain yang modern dan stylish, dengan warna yang cerah dan keyboard backlit. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7-10510U generasi ke-10, dengan 4 core, 8 MB cache, dan clock speed hingga 4,9 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 8 GB DDR4, penyimpanan 512 GB SSD, dan grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan memori 2 GB. Laptop ini memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 px) dan refresh rate 60 Hz.

Laptop ini memiliki baterai 50 Wh yang dapat bertahan hingga 8 jam. Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, 1 port USB-C, 1 port USB 3.1, 2 port USB 2.0, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 16 juta rupiah.

Asus TUF Gaming A15 FA506IV.

Laptop ini memiliki desain yang sporty dan powerful, dengan fitur keyboard RGB, speaker DTS:X Ultra, dan pendingin canggih. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 4800H generasi ke-4, dengan 8 core, 12 MB cache, dan clock speed hingga 4,2 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 16 GB DDR4, penyimpanan 1 TB SSD, dan grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 dengan memori 6 GB.

Laptop ini memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 px) dan refresh rate 144 Hz. Laptop ini memiliki baterai 90 Wh yang dapat bertahan hingga 12 jam.

Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 5, Bluetooth 5.0, 2 port USB-C, 2 port USB 3.2, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 22 juta rupiah.

Baca juga: Laptop Terbaik untuk Arsitek: Panduang Lengkap 2023

Laptop Asus untuk Arsitek dengan Anggaran Tinggi (Di Atas 25 Juta Rupiah)

Jika Anda memiliki anggaran tinggi, Anda dapat memilih laptop Asus untuk arsitek yang memiliki fitur dan spesifikasi yang sangat baik untuk menjalankan software desain yang sangat berat.

Beberapa laptop Asus untuk arsitek dengan anggaran tinggi yang bisa Anda pertimbangkan adalah:

Asus ZenBook Pro Duo UX581GV.

Laptop ini memiliki desain yang inovatif dan canggih, dengan fitur layar utama dan layar sekunder yang dapat digunakan secara bersamaan. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i9-9980HK generasi ke-9, dengan 8 core, 16 MB cache, dan clock speed hingga 5 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 32 GB DDR4, penyimpanan 1 TB SSD, dan grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 dengan memori 6 GB.

Laptop ini memiliki layar utama 15,6 inci dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160 px) dan refresh rate 60 Hz, dan layar sekunder 14 inci dengan resolusi 4K UHD (3840 x 1100 px) dan refresh rate 60 Hz.

Laptop ini memiliki baterai 71 Wh yang dapat bertahan hingga 4 jam. Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, 2 port USB-C, 1 port USB 3.1, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 50 juta rupiah.

Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550LXS.

Laptop ini memiliki desain yang agresif dan powerful, dengan fitur layar utama dan layar sekunder yang dapat digunakan secara bersamaan.

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i9-10980HK generasi ke-10, dengan 8 core, 16 MB cache, dan clock speed hingga 5,3 GHz. Laptop ini juga memiliki memori 32 GB DDR4, penyimpanan 2 TB SSD, dan grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 Super dengan memori 8 GB.

Laptop ini memiliki layar utama 15,6 inci dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160 px) dan refresh rate 60 Hz, dan layar sekunder 14,1 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 px) dan refresh rate 60 Hz.

Laptop ini memiliki baterai 90 Wh yang dapat bertahan hingga 6 jam. Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, 2 port USB-C, 2 port USB 3.2, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 70 juta rupiah.

Asus ProArt StudioBook Pro 17 W700G3T.

Laptop ini memiliki desain yang profesional dan produktif, dengan fitur layar validasi warna, touchpad numerik, dan stylus pen. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Xeon E-2276M generasi ke-9, dengan 6 core, 12 MB cache, dan clock speed hingga 4,7 GHz.

Laptop ini juga memiliki memori 64 GB DDR4, penyimpanan 2 TB SSD, dan grafis NVIDIA Quadro RTX 3000 dengan memori 6 GB.

Laptop ini memiliki layar 17 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1200 px) dan refresh rate 60 Hz. Laptop ini memiliki baterai 57 Wh yang dapat bertahan hingga 7 jam.

Laptop ini memiliki konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, 2 port USB-C, 3 port USB 3.1, 1 port HDMI, 1 port audio jack, dan 1 slot microSD. Harga laptop ini adalah sekitar 60 juta rupiah.

Kesimpulan

Laptop Asus untuk arsitek adalah laptop yang memiliki fitur dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda sebagai arsitek.

Anda harus memperhatikan beberapa kriteria dan fitur yang penting, seperti prosesor, memori, penyimpanan, grafis, layar, baterai, dan konektivitas.

Anda juga dapat memilih laptop Asus untuk arsitek berdasarkan kategori dan anggaran Anda, seperti laptop Asus untuk arsitek dengan anggaran rendah, menengah, atau tinggi.

Kami telah memberikan beberapa rekomendasi laptop Asus untuk arsitek yang bisa Anda pertimbangkan, tetapi Anda juga dapat mencari laptop Asus lain yang lebih sesuai dengan preferensi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan laptop Asus untuk arsitek dengan harga terbaik dengan membandingkan harga dari berbagai sumber, memperhatikan waktu dan musim pembelian, dan memanfaatkan kartu kredit atau cicilan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menemukan laptop Asus untuk arsitek yang tepat.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *