25 Jurusan Sepi Peminat di UNHAS 2022 Terbaru

jurusan sepi peminat di unhas 2022

Jurusan sepi peminat di Unhas 2022 – Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, dan pemilihan jurusan di sekolah tinggi merupakan salah satu keputusan penting yang harus ditentukan oleh setiap siswa. Namun, di Universitas Hasanuddin (UNHAS) terdapat beberapa jurusan yang mengalami kesulitan dalam menarik minat pendaftar.

Dalam blog ini akan dibahas tentang masalah rendahnya jumlah mahasiswa di beberapa jurusan di UNHAS alias jurusan sepi peminat di UNHAS 2022 dan solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Kami berharap bahwa melalui blog ini, akan dapat memberikan informasi yang berguna bagi siswa yang akan memilih jurusan di UNHAS dan juga bagi pihak universitas dalam meningkatkan minat pendaftar di jurusan-jurusan yang sepi peminat.

Pengantar Jurusan Sepi Peminat di UNHAS 2022

Menurut data terbaru, beberapa jurusan seperti Matematika, Fisika, dan Kimia mengalami kesulitan dalam menarik minat pendaftar. Hal ini menyebabkan kurangnya siswa yang mendaftar di jurusan tersebut, dan juga menyebabkan kurangnya dana yang tersedia untuk pengembangan jurusan tersebut.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Jurusan Sepi Peminat di UNHAS 2022

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya minat pendaftar di jurusan tersebut. Salah satu faktor utama adalah kurangnya informasi yang tersedia tentang jurusan tersebut. Siswa seringkali kurang mengetahui tentang prospek kerja dan kesempatan yang tersedia setelah lulus dari jurusan tersebut. Selain itu, siswa juga sering kali kurang mengetahui tentang kurikulum dan program pembelajaran yang tersedia di jurusan tersebut.

Faktor lain yang mempengaruhi rendahnya jumlah mahasiswa di beberapa jurusan di UNHAS adalah kurangnya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan finansial. Beberapa siswa mungkin tidak dapat mendaftar di jurusan tertentu karena keterbatasan finansial, sehingga kurangnya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan finansial dapat menjadi faktor yang mempengaruhi rendahnya jumlah mahasiswa di beberapa jurusan di UNHAS.

Secara keseluruhan, rendahnya jumlah mahasiswa di beberapa jurusan di UNHAS disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk kurangnya informasi, pemasaran dan promosi yang kurang efektif, dan kurangnya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan finansial.

Upaya yang dilakukan oleh universitas untuk mengatasi masalah ini harus mencakup peningkatan informasi, promosi yang lebih efektif, dan kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan finansial.

Kurangnya minat pendaftar di jurusan tersebut juga memiliki dampak negatif pada universitas dan masyarakat. Kurangnya siswa yang mendaftar di jurusan tersebut menyebabkan kurangnya dana yang tersedia untuk pengembangan jurusan tersebut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kualitas pembelajaran yang rendah.

Selain itu, kurangnya lulusan dari jurusan tersebut juga dapat mempengaruhi persediaan tenaga kerja di bidang terkait.

Jurusan Sepi Peminat di UNHAS 2022 SAINTEK

Teknik Kelautan
Jurusan sepi peminat di Unhas 2022 yang pertama adalah Teknik Kelautan. Peminat S-1 Teknik Kelautan Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 100 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Teknik Kelautan UNHAS tahun 2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 156 pendaftar saja.

Program studi Teknik Kelautan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 2282/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di UNM Makassar

Budidaya Perairan
Yang kedua jurusan sepi peminat di Unhas 2022 yaitu Budidaya Perairan. Peminat S-1 Budidaya Perairan Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 132 pendaftar.

Lantas, peminat S-1 Budidaya Perairan UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 187 pendaftar saja.

Program studi Budidaya Perairan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 1155/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015.

Matematika
Peminat S-1 Matematika UNHAS melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 251 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Matematika Universitas Hasanuddin tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 273 pendaftar saja.

Program studi Matematika UNHAS ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.

Manajemen Sumberdaya Perairan
Peminat S-1 Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 174 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Manajemen Sumberdaya Perairan UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 172 pendaftar saja.

Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 3933/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019.

Fisika
Selanjutnya, jurusan sepi peminat di Unhas 2022 ada Fisika. Peminat S-1 Fisika UNHAS melalui jalur masuk SNMPTN diminati sebanyak 97 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Fisika Universitas Hasanuddin tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 78 pendaftar saja.

Program studi Fisika ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 394/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018.

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di UNPAD

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Peminat S-1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan UNHAS melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 157 pendaftar saja.

Sedangkan peminat S-1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 170 pendaftar saja.

Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 1197/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015.

Kedokteran Hewan
Peminat S-1 Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 186 pendaftar.

Lalu, peminat S-1 Kedokteran Hewan UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 354 pendaftar saja.

Program studi Kedokteran Hewan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B dari BAN PT berdasarkan SK nomor 0039/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2020.

Teknik Sistem Perkapalan
Kemudian, jurusan sepi peminat di unhas 2022 selanjutnya Teknik Sistem Perkapalan. Peminat S-1 Teknik Sistem Perkapalan UNHAS melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 90 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Teknik Sistem Perkapalan UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 94 pendaftar saja.

Program studi Teknik Sistem Perkapalan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 3330/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020.

Teknik Perkapalan
Peminat S-1 Teknik Perkapalan UNHAS melalui jalur SNMPTN diminati sebanyak 127 pendaftar.

Di sisi lain, peminat S-1 Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 202 pendaftar saja.

Program studi Teknik Perkapalan ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari Badana Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan SK nomor 1645/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017.

Kimia
Peminat S-1 Kimia Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN diminati sebanyak 227 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Kimia UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 255 pendaftar saja.

Program studi Kimia ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 510/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018.

Geofisika
Peminat S-1 Geofisika Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 140 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Geofisika UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 122 pendaftar saja.

Program studi Geofisika ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 1533/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018.

Jurusan Sepi Peminat di UNHAS 2022 Soshum

Sastra Daerah/Bugis Makassar
Peminat S-1 Sastra Daerah Bugis UNHAS melalui jalur SNMPTN diminati sebanyak 30 pendaftar.

Lalu, peminat S-1 Sastra Daerah Bugis Universitas Hasanuddin tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 58 pendaftar saja.

Program studi Sastra Daerah Bugis Makassar ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK nomor 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.

Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Peminat S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 32 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 55 pendaftar saja.

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di UNESA 2022

Program studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “Baik” dari BAN PT berdasarkan SK nomor 4644/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/VIII/2020.

Sastra Prancis / Barat Roman
Peminat S-1 Sastra Prancis UNHAS melalui jalur SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 25 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Sastra Prancis tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 65 pendaftar saja.

Program studi Sastra Prancis ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK nomor 1716/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016.

Sastra Asia Barat/Arab
Peminat S-1 Sastra Arab Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 152 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Sastra Arab UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 209 pendaftar saja.

Program studi Sastra Arab ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A berdasarkan SK nomor 1183/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018.

Sastra Jepang
Peminat S-1 Sastra Jepang UNHAS melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 81 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Sastra Jepang Universitas Hasanuddin tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 192 pendaftar saja.

Program studi Sastra Jepang ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 2152/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018.

Ilmu Sejarah
Peminat S-1 Ilmu Sejarah Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan diminati sebanyak 77 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Ilmu Sejarah UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 133 pendaftar saja.

Program studi Ilmu Sejarah ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 1866/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Sastra Indonesia
Peminat S-1 Sastra Indonesia Universitas Hasanuddin melalui jalur SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 162 pendaftar.

Sedangkan peminat S-1 Sastra Indonesia UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 305 pendaftar saja.

Program studi Sastra Indonesia ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 2981/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.

Arkeologi
Peminat S-1 Arkeologi UNHAS melalui jalur SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 47 pendaftar.

Lantas, peminat S-1 Arkeologi Universitas Hasanuddin tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 143 pendaftar saja.

Program studi Arkeologi ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 2072/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016.

Ilmu Politik
Peminat S-1 Ilmu Politik Universitas Hasanuddin melalui jalur masuk SNMPTN diminati sebanyak 165 pendaftar saja.

Di samping itu, peminat S-1 Ilmu Politik UNHAS tahun2020 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 383 pendaftar saja.

Program studi Ilmu Politik ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT berdasarkan SK nomor 2084/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018.

Demikian informasi tentang jurusan sepi peminat di UNHAS 2022 (Universitas Hasanuddin) yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar.

Data tersebut bisa saja berubah setiap tahun, karena banyaknya pendaftar yang mengambil jurusan sepi peminat di UNHAS 2022.

Solusi untuk Mengatasi Jurusan Sepi Peminat di UNHAS 2022

Untuk mengatasi masalah ini, universitas harus melakukan upaya untuk meningkatkan informasi yang tersedia tentang jurusan tersebut. Universitas dapat melakukan promosi dan pemasaran yang lebih efektif untuk jurusan tersebut, serta menyediakan program-program yang menarik dan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Selain itu, universitas juga dapat menyediakan beasiswa dan bantuan finansial untuk siswa yang mendaftar di jurusan tersebut.

Solusi yang memungkinkan

  • Peningkatan upaya pemasaran dan periklanan untuk jurusan yang kurang terdaftar
  • Peningkatan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa di jurusan yang kurang terdaftar
  • Pengenalan program atau mata kuliah baru di jurusan yang kurang diminati agar lebih menarik bagi mahasiswa
  • Penyediaan pelatihan dan sertifikasi yang berkaitan dengan jurusan yang kurang diminati agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar kerja
  • Kerja sama dengan perusahaan atau industri yang berhubungan dengan jurusan yang kurang diminati untuk meningkatkan prospek kerja bagi lulusannya
  • Penyediaan kesempatan magang atau kerja sama dengan perusahaan untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa di jurusan yang kurang diminati
  • Penyelenggaraan seminar dan workshop yang berkaitan dengan jurusan yang kurang diminati untuk meningkatkan minat siswa dan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang prospek kerja dan kesempatan yang tersedia.
Pelajar Wajo

About Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

View all posts by Pelajar Wajo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *