Don't Show Again Yes, I would!

Selamat Lulus PPDB! Ini Dia Hal-Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Sekolah!

Pelajarwajo.com – Selamat, Kamu telah berhasil lulus PPDB dan menjadi bagian dari sekolah impianmu! Tentunya kamu sudah tidak sabar untuk memulai petualangan baru sebagai siswa baru di sekolah barumu, kan? Tapi, sebelum hari pertama tiba, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Apa saja itu? Yuk, ikuti tips-tips berikut ini agar kamu bisa mengawali perjalananmu di sekolah dengan mulus dan menyenangkan.

Selamat Lulus PPDB! Ini Dia Hal-Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Sekolah!

Persiapkan Perlengkapan Sekolah

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah lulus PPDB adalah memeriksa apakah kamu sudah memiliki perlengkapan sekolah yang komplit. Kamu harus memastikan kamu punya tas yang cukup besar dan ergonomis untuk menampung buku dan perlengkapan lainnya.

Kamu juga harus menyiapkan buku tulis, pensil, penghapus, penggaris, dan alat tulis lainnya yang kamu butuhkan. Jika ada, kamu juga bisa membeli perlengkapan tambahan seperti binder, kalkulator, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan buku materi yang bisa membantu kamu belajar di sekolah, terutama jika kamu ingin masuk ke tim olimpiade sains di sekolah! Buku Jenius Olimpiade Sains atau JOS adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Buku JOS berisi materi-materi pelajaran yang sesuai dengan silabus OSN resmi dari pemerintah. JOS juga dilengkapi dengan contoh-contoh soal, soal-soal latihan yang mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan pembahasan soal dengan konsep yang mudah dipahami. Yuk, segera dapatkan buku JOS di marketplace POSI Store di Shopee , Tokopedia , Siplah Blibli, dan Lazada, atau klik ini untuk dapatkan promo spesial!

Kenali Lingkungan Sekolah

Saat kamu memilih sekolah tujuanmu saat PPDB, pasti kamu sudah membayangkan seperti apa lingkungan sekolah yang akan kamu hadapi selama tiga tahun ke depan, bukan? Nah, sekarang saatnya kamu mengenal lebih dalam tentang lingkungan sekolahmu.

Carilah informasi tentang lokasi kelas-kelas yang akan kamu gunakan, kantin, perpustakaan, dan fasilitas-fasilitas penting lainnya. Jika memungkinkan, datanglah ke sekolahmu sebelum hari pertama untuk melihat-lihat suasana kelas dan sekolah. Hal ini akan membantu kamu beradaptasi lebih cepat dan tidak bingung saat mencari tempat di sekolah.

Perhatikan Jadwal dan Tugas

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah jadwal pelajaran dan tugas-tugas yang akan kamu kerjakan. Dapatkanlah jadwal pelajaranmu dan buatlah catatan atau planner untuk membantu kamu mengatur waktu dan mengingat tugas-tugas yang harus kamu selesaikan.

Buatlah daftar tugas dengan tanggal pengumpulan sehingga kamu tidak akan ketinggalan deadline. Dengan memperhatikan jadwal dan tugas dengan baik, kamu akan lebih siap menghadapi setiap harimu di sekolah.

Kenalan dengan Teman Sekelas

Salah satu hal yang seru dari sekolah baru adalah bisa bertemu dengan teman-teman baru. Sebagai sesama pejuang sekolah, baik itu lulus jalur PPDB, zonasi, maupun prestasi, tentunya kamu akan merasakan rasa kebersamaan karena punya pengalaman yang sama.

Manfaatkanlah waktu sebelum masuk sekolah untuk mengenal lebih dekat teman-teman sekelasmu. Kamu bisa mencoba menghubungi mereka melalui grup chat jika sudah ada, atau saling berkenalan secara langsung saat hari pertama. Jangan ragu untuk menyapa dan berbincang dengan mereka, karena mereka bisa menjadi teman belajar, teman bermain, bahkan teman hidupmu!

Tetap Semangat dan Berprestasi

Hal terakhir yang harus kamu siapkan sebelum masuk sekolah adalah semangat dan motivasi untuk berprestasi. Kamu sudah berhasil lulus PPDB dan masuk ke sekolah impianmu, tapi itu bukan akhir dari perjuanganmu. Kamu masih harus berusaha keras untuk menunjukkan kemampuanmu di sekolah, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Tetaplah belajar dengan giat, ikutlah kegiatan ekstrakurikuler yang kamu minati, dan jangan lupa untuk bersenang-senang juga. Ingatlah bahwa sekolah adalah tempat untuk mengembangkan potensi dan bakatmu, bukan hanya untuk mendapatkan nilai.

Itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum masuk sekolah setelah lulus PPDB. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan membuat kamu lebih percaya diri untuk menghadapi hari-hari di sekolah. Selamat bersekolah

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *