Don't Show Again Yes, I would!

Laptop Kecil Untuk Mahasiswa Terbaik di Tahun 2024

Laptop Kecil Untuk Mahasiswa Terbaik di Tahun 2024

Pelajarwajo.com – Anda sedang mencari laptop kecil yang cocok untuk kegiatan kuliah? Simak rekomendasi 10 laptop kecil untuk mahasiswa terbaik di tahun 2024 berikut ini. Dapatkan informasi lengkap tentang spesifikasi, harga, dan kelebihan masing-masing laptop.

Laptop adalah salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Laptop tidak hanya berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain seperti hiburan, komunikasi, dan belajar online. Namun, tidak semua laptop cocok untuk digunakan oleh mahasiswa.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih laptop, seperti ukuran, bobot, performa, daya tahan baterai, dan harga.

Salah satu jenis laptop yang banyak diminati oleh mahasiswa adalah laptop kecil. Laptop kecil memiliki ukuran layar yang tidak terlalu besar, biasanya antara 11-14 inci. Keunggulan laptop kecil adalah mudah dibawa-bawa, ringan, dan hemat baterai.

Selain itu, laptop kecil juga sudah memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk menjalankan berbagai aplikasi dan program yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

Namun, laptop kecil juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kapasitas penyimpanan yang terbatas, kualitas layar yang kurang tajam, dan keyboard yang sempit. Oleh karena itu, Anda harus memilih laptop kecil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Baca juga: 4 Tips Memilih Jasa Rental Laptop untuk Kebutuhan Kuliah

Laptop Kecil Untuk Mahasiswa Terbaik di Tahun 2024

Untuk membantu Anda, kami telah merangkum beberapa rekomendasi laptop kecil untuk mahasiswa terbaik di tahun 2024. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Apple MacBook Air M1 (2020)

Apple MacBook Air M1 (2020) adalah laptop kecil yang sangat populer di kalangan mahasiswa. Laptop ini memiliki desain yang elegan, tipis, dan ringan, dengan bobot hanya 1,29 kg. Laptop ini juga dilengkapi dengan prosesor Apple M1 yang sangat powerful dan hemat energi.

Prosesor ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan cepat dan lancar, baik yang berbasis MacOS maupun Windows. Selain itu, laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, yaitu hingga 18 jam.

Laptop ini memiliki layar berukuran 13,3 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel. Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat. Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang responsif, dan touch ID yang memudahkan Anda untuk membuka kunci laptop.

Laptop ini juga memiliki kamera FaceTime HD, speaker stereo, dan mikrofon tiga arah yang mendukung kegiatan video call. Laptop ini memiliki kapasitas penyimpanan 256 GB atau 512 GB, dan RAM 8 GB atau 16 GB.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mengutamakan performa, desain, dan daya tahan baterai. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis MacOS atau Windows. Namun, laptop ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 17 jutaan.

Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya dua port USB-C Thunderbolt 3 dan satu port audio jack 3,5 mm. Anda mungkin perlu menggunakan adaptor tambahan untuk menghubungkan laptop ini dengan perangkat lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi Laptop HP Terbaik untuk Dibeli di 2023

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 13,3 inci
  • Resolusi layar: 2560 x 1600 piksel
  • Tipe prosesor: Apple M1
  • RAM: 8 GB atau 16 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 256 GB atau 512 GB
  • Kartu grafis: Apple GPU 7-core atau 8-core
  • OS: MacOS Big Sur
  • Bobot: 1,29 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 18 jam
  • Harga: sekitar Rp 17 jutaan

2. ASUS VivoBook 14 A416MAO-FHD426

ASUS VivoBook 14 A416MAO-FHD426 adalah laptop kecil yang menawarkan keseimbangan antara performa, desain, dan harga. Laptop ini memiliki desain yang simpel, kompak, dan ringan, dengan bobot hanya 1,4 kg.

Laptop ini juga memiliki layar NanoEdge berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Layar ini memiliki bezel yang tipis, sehingga memberikan pengalaman visual yang luas dan imersif. Laptop ini juga memiliki keyboard yang ergonomis, touchpad yang presisi, dan fingerprint reader yang praktis.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4020 yang cukup handal untuk menjalankan berbagai tugas ringan hingga menengah, seperti browsing, streaming, editing, dan gaming. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB.

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel UHD Graphics 600 yang mampu menghasilkan grafis yang cukup baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 10 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang berkualitas dengan harga terjangkau. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 jutaan.

Namun, laptop ini memiliki performa yang kurang optimal untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat. Laptop ini juga memiliki kualitas suara yang kurang memuaskan, sehingga Anda mungkin perlu menggunakan speaker atau headphone tambahan.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 14 inci
  • Resolusi layar: 1920 x 1080 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Celeron N4020
  • RAM: 4 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 256 GB
  • Kartu grafis: Intel UHD Graphics 600
  • OS: Windows 10 Home
  • Bobot: 1,4 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 10 jam
  • Harga: sekitar Rp 4 jutaan

3. Lenovo IdeaPad Slim 3i

Lenovo IdeaPad Slim 3i adalah laptop kecil yang memiliki desain yang elegan, tipis, dan ringan, dengan bobot hanya 1,6 kg. Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel. Layar ini memiliki kualitas gambar yang cukup baik, meskipun tidak sebagus layar Full HD.

Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang responsif, dan webcam yang dilengkapi dengan privacy shutter yang dapat menutup kamera saat tidak digunakan.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-1005G1 yang mampu menjalankan berbagai tugas ringan hingga menengah dengan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Baca juga: Laptop Gaming Asus dengan AMD Ryzen Terbaru, Apa Saja Keunggulannya?

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel UHD Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang cukup baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 9 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang elegan dan performa yang cukup baik. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 jutaan.

Namun, laptop ini memiliki resolusi layar yang kurang tinggi, sehingga mungkin kurang cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas visual. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya dua port USB 3.1, satu port USB 2.0, satu port HDMI, dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 14 inci
  • Resolusi layar: 1366 x 768 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Core i3-1005G1
  • RAM: 4 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 512 GB

4. Acer Swift 3 SF314-42

Acer Swift 3 SF314-42 adalah laptop kecil yang memiliki desain yang modern, tipis, dan ringan, dengan bobot hanya 1,2 kg. Laptop ini memiliki layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat.

Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang presisi, dan fingerprint reader yang praktis.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 4500U yang sangat powerful dan hemat energi. Prosesor ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan cepat dan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Laptop ini juga memiliki kartu grafis AMD Radeon Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang sangat baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, yaitu hingga 12 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang modern dan performa yang sangat baik. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi atau game berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 9 jutaan.

Namun, laptop ini memiliki kualitas suara yang kurang memuaskan, sehingga Anda mungkin perlu menggunakan speaker atau headphone tambahan. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya satu port USB-C, satu port USB 3.2, satu port USB 2.0, satu port HDMI, dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 14 inci
  • Resolusi layar: 1920 x 1080 piksel
  • Tipe prosesor: AMD Ryzen 5 4500U
  • RAM: 8 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 512 GB
  • Kartu grafis: AMD Radeon Graphics
  • OS: Windows 10 Home
  • Bobot: 1,2 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 12 jam
  • Harga: sekitar Rp 9 jutaan

5. HP Pavilion x360 14-dw1033TU

HP Pavilion x360 14-dw1033TU adalah laptop kecil yang memiliki desain yang fleksibel, elegan, dan ringan, dengan bobot hanya 1,61 kg. Laptop ini memiliki layar sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.

Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat. Laptop ini juga memiliki fitur 360 derajat yang memungkinkan Anda untuk mengubah posisi layar sesuai dengan kebutuhan Anda, baik sebagai laptop, tablet, tenda, atau stand. Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang responsif, dan fingerprint reader yang praktis.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-1115G4 yang cukup handal untuk menjalankan berbagai tugas ringan hingga menengah dengan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB.

Baca juga: 11 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Akuntansi 2023

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel UHD Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang cukup baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 9 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang fleksibel dan elegan. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 8 jutaan.

Namun, laptop ini memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, sehingga Anda mungkin perlu menggunakan hard disk eksternal atau cloud storage untuk menyimpan data Anda. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya satu port USB-C, dua port USB 3.1, satu port HDMI, dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 14 inci
  • Resolusi layar: 1920 x 1080 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Core i3-1115G4
  • RAM: 8 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 256 GB
  • Kartu grafis: Intel UHD Graphics
  • OS: Windows 10 Home
  • Bobot: 1,61 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 9 jam
  • Harga: sekitar Rp 8 jutaan

6. Dell Inspiron 14 5406 2-in-1

Dell Inspiron 14 5406 2-in-1 adalah laptop kecil yang memiliki desain yang fleksibel, elegan, dan ringan, dengan bobot hanya 1,72 kg. Laptop ini memiliki layar sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.

Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat. Laptop ini juga memiliki fitur 360 derajat yang memungkinkan Anda untuk mengubah posisi layar sesuai dengan kebutuhan Anda, baik sebagai laptop, tablet, tenda, atau stand.

Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang responsif, dan fingerprint reader yang praktis.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1135G7 yang sangat powerful dan hemat energi. Prosesor ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan cepat dan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel Iris Xe Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang sangat baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 8 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang fleksibel dan elegan. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi atau game berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 jutaan.

Namun, laptop ini memiliki bobot yang agak berat, sehingga mungkin kurang nyaman untuk dibawa-bawa. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya satu port USB-C, dua port USB 3.2, satu port HDMI, dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 14 inci
  • Resolusi layar: 1920 x 1080 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Core i5-1135G7
  • RAM: 8 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 512 GB
  • Kartu grafis: Intel Iris Xe Graphics
  • OS: Windows 10 Home
  • Bobot: 1,72 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 8 jam
  • Harga: sekitar Rp 11 jutaan

7. Xiaomi Mi Notebook Air 12.5

Xiaomi Mi Notebook Air 12.5 adalah laptop kecil yang memiliki desain yang simpel, tipis, dan ringan, dengan bobot hanya 1,07 kg. Laptop ini memiliki layar IPS berukuran 12,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat.

Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang presisi, dan webcam yang tersembunyi di bawah tombol Fn.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core m3-8100Y yang cukup handal untuk menjalankan berbagai tugas ringan hingga menengah dengan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Elektro

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel UHD Graphics 615 yang dapat menghasilkan grafis yang cukup baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 8 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang simpel dan ringan. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 7 jutaan.

Baik, saya akan melanjutkan menulis ulasan tentang laptop kecil untuk mahasiswa. Berikut adalah lanjutan dari tulisan saya:

8. ASUS Chromebook Flip C436

ASUS Chromebook Flip C436 adalah laptop kecil yang memiliki desain yang fleksibel, elegan, dan ringan, dengan bobot hanya 1,1 kg. Laptop ini memiliki layar sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.

Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat. Laptop ini juga memiliki fitur 360 derajat yang memungkinkan Anda untuk mengubah posisi layar sesuai dengan kebutuhan Anda, baik sebagai laptop, tablet, tenda, atau stand. Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang presisi, dan fingerprint reader yang praktis.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-10110U yang cukup handal untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis web dengan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 128 GB.

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel UHD Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang cukup baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 10 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang fleksibel dan elegan. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis Chrome OS. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 10 jutaan.

Namun, laptop ini memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, sehingga Anda mungkin perlu menggunakan cloud storage untuk menyimpan data Anda. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya dua port USB-C, satu port microSD, dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 14 inci
  • Resolusi layar: 1920 x 1080 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Core i3-10110U
  • RAM: 8 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 128 GB
  • Kartu grafis: Intel UHD Graphics
  • OS: Chrome OS
  • Bobot: 1,1 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 10 jam
  • Harga: sekitar Rp 10 jutaan

9. Lenovo ThinkPad X1 Nano

Lenovo ThinkPad X1 Nano adalah laptop kecil yang memiliki desain yang premium, tipis, dan ringan, dengan bobot hanya 0,9 kg. Laptop ini memiliki layar IPS berukuran 13 inci dengan resolusi 2K 2160 x 1350 piksel. Layar ini memiliki kualitas gambar yang sangat tajam, cerah, dan akurat.

Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang responsif, dan fingerprint reader yang praktis. Laptop ini juga memiliki kamera IR yang mendukung fitur Windows Hello yang memudahkan Anda untuk membuka kunci laptop dengan wajah Anda.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1160G7 yang sangat powerful dan hemat energi. Prosesor ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan cepat dan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 16 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel Iris Xe Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang sangat baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, yaitu hingga 17 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang premium dan performa yang sangat baik. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi atau game berbasis Windows 10.

Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 25 jutaan. Namun, laptop ini memiliki harga yang sangat mahal, sehingga mungkin tidak cocok untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya dua port USB-C Thunderbolt 4 dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 13 inci
  • Resolusi layar: 2160 x 1350 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Core i7-1160G7
  • RAM: 16 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 512 GB
  • Kartu grafis: Intel Iris Xe Graphics
  • OS: Windows 10 Pro
  • Bobot: 0,9 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 17 jam
  • Harga: sekitar Rp 25 jutaan

10. Microsoft Surface Laptop Go

Microsoft Surface Laptop Go adalah laptop kecil yang memiliki desain yang minimalis, elegan, dan ringan, dengan bobot hanya 1,11 kg. Laptop ini memiliki layar sentuh berukuran 12,4 inci dengan resolusi 1536 x 1024 piksel.

Layar ini memiliki kualitas gambar yang cukup baik, meskipun tidak sebagus layar Full HD. Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman, touchpad yang presisi, dan fingerprint reader yang praktis.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1035G1 yang cukup handal untuk menjalankan berbagai tugas ringan hingga menengah dengan lancar. Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB atau 8 GB dan kapasitas penyimpanan 64 GB, 128 GB, atau 256 GB.

Laptop ini juga memiliki kartu grafis Intel UHD Graphics yang dapat menghasilkan grafis yang cukup baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu hingga 13 jam.

Laptop ini cocok untuk Anda yang mencari laptop kecil yang memiliki desain yang minimalis dan elegan. Laptop ini juga cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi berbasis Windows 10. Laptop ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7 jutaan hingga Rp 12 jutaan, tergantung dari spesifikasi yang Anda pilih.

Namun, laptop ini memiliki resolusi layar yang kurang tinggi, sehingga mungkin kurang cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas visual. Laptop ini juga memiliki port yang terbatas, yaitu hanya satu port USB-C, satu port USB-A, satu port Surface Connect, dan satu port audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 12,4 inci
  • Resolusi layar: 1536 x 1024 piksel
  • Tipe prosesor: Intel Core i5-1035G1
  • RAM: 4 GB atau 8 GB
  • Kapasitas penyimpanan: 64 GB, 128 GB, atau 256 GB
  • Kartu grafis: Intel UHD Graphics
  • OS: Windows 10 Home
  • Bobot: 1,11 kg
  • Daya tahan baterai: hingga 13 jam
  • Harga: mulai dari Rp 7 jutaan hingga Rp 12 jutaan

Demikianlah ulasan tentang 10 rekomendasi laptop kecil untuk mahasiswa terbaik di tahun 2024. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari laptop kecil yang cocok untuk kegiatan kuliah. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *