Don't Show Again Yes, I would!

10 Universitas untuk Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia

Pelajarwajo.com – Apakah kamu memiliki minat dan bakat di bidang manajemen? Apakah kamu ingin belajar dari para ahli manajemen terkemuka di dunia? Apakah kamu ingin memiliki karir yang sukses dan beragam di berbagai industri? Jika jawaban kamu adalah ya, maka kamu harus mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan manajemen di universitas-universitas terbaik di dunia.

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling populer dan diminati oleh mahasiswa dari berbagai negara. Hal ini karena jurusan manajemen memberikan pengetahuan dan keterampilan yang sangat berguna dan relevan untuk mengelola bisnis dan organisasi di era global yang kompetitif dan dinamis.

Lulusan jurusan manajemen juga memiliki prospek kerja yang cerah dan menjanjikan, karena mereka dapat bekerja di berbagai sektor, mulai dari perbankan, konsultan, pemasaran, hingga kewirausahaan.

Namun, tidak semua universitas memiliki kualitas dan reputasi yang sama dalam bidang manajemen. Ada beberapa universitas yang unggul dan terkenal karena memiliki program manajemen yang berkualitas tinggi, fasilitas yang lengkap, dosen yang kompeten, dan alumni yang berhasil.

Universitas-universitas ini juga mendapatkan peringkat tinggi di berbagai ranking universitas dunia, seperti QS World University Rankings by Subject.

Baca juga: Prospek Kerja Ekonomi Manajemen, Apa yang Harus Anda Ketahui?

Jadi, universitas mana saja yang termasuk dalam daftar 10 universitas terbaik di dunia untuk jurusan manajemen?

10 Universitas untuk Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia

Berikut adalah ulasan singkat tentang masing-masing universitas, beserta biaya kuliah dan persyaratan masuknya.

Universitas untuk Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia
Universitas untuk Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia

1. HEC Paris

HEC Paris adalah salah satu sekolah bisnis paling prestisius di Eropa dan dunia. Sekolah ini didirikan pada tahun 1881 dan terletak di Jouy-en-Josas, sekitar 20 km dari Paris. HEC Paris menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di HEC Paris mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen inovasi, dan manajemen internasional.

HEC Paris memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Sekolah ini mendapatkan akreditasi dari tiga lembaga internasional, yaitu AACSB, EQUIS, dan AMBA. Sekolah ini juga menduduki peringkat pertama di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, sekolah ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Prancis maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di HEC Paris adalah sekitar EUR12.900 per tahun, sedangkan untuk program magister manajemen adalah sekitar EUR36.500 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di HEC Paris adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan baccalauréat Prancis, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di HEC Paris adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 690 atau GRE minimal 160, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Baca juga: Menelusuri Kurikulum Manajemen: Pengertian, Komponen, dan Implementasi

2. London Business School

London Business School (LBS) adalah salah satu sekolah bisnis terkemuka di Inggris dan dunia. Sekolah ini didirikan pada tahun 1964 dan terletak di Regent’s Park, London. LBS menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di LBS mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen global.

LBS memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Sekolah ini mendapatkan akreditasi dari tiga lembaga internasional, yaitu AACSB, EQUIS, dan AMBA. Sekolah ini juga menduduki peringkat kedua di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, sekolah ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Inggris maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di LBS adalah sekitar GBP9.250 per tahun untuk warga negara Inggris dan Uni Eropa, dan sekitar GBP24.600 per tahun untuk warga negara non-Uni Eropa. Biaya kuliah untuk program magister manajemen di LBS adalah sekitar GBP34.800 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di LBS adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan A-level Inggris, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di LBS adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 600 atau GRE minimal 155, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

3. MIT Sloan School of Management

MIT Sloan School of Management adalah salah satu sekolah bisnis terkemuka di Amerika Serikat dan dunia. Sekolah ini adalah bagian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), salah satu universitas terbaik dunia di bidang sains dan teknologi. Sekolah ini didirikan pada tahun 1914 dan terletak di Cambridge, Massachusetts.

MIT Sloan menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di MIT Sloan mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen inovasi, dan manajemen kewirausahaan.

MIT Sloan memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Sekolah ini mendapatkan akreditasi dari AACSB. Sekolah ini juga menduduki peringkat ketiga di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, sekolah ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Amerika Serikat maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di MIT Sloan adalah sekitar USD53.450 per tahun, sedangkan untuk program magister manajemen adalah sekitar USD77.168 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di MIT Sloan adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan high school diploma Amerika Serikat, memiliki nilai SAT minimal 1500 atau ACT minimal 34, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di MIT Sloan adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 720 atau GRE minimal 162, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Baca juga: Pilihan Jurusan Ekonomi Manajemen, Apa Saja Keuntungan dan Tantangannya?

4. University of Oxford

University of Oxford adalah salah satu universitas tertua dan terbaik di dunia. Universitas ini didirikan sejak abad ke-11 dan terletak di Oxford, Inggris. University of Oxford menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di University of Oxford mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen sosial.

University of Oxford memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari EQUIS dan AMBA. Universitas ini juga menduduki peringkat keempat di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Inggris maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Baca juga: Jurusan Ekonomi Syariah: Buka Peluang Karir Tanpa Batas!

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di University of Oxford adalah sekitar GBP9.250 per tahun untuk warga negara Inggris dan Uni Eropa, dan sekitar GBP27.285 per tahun untuk warga negara non-Uni Eropa. Biaya kuliah untuk program magister manajemen di University of Oxford adalah sekitar GBP36.000 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di University of Oxford adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan A-level Inggris, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 110 atau IELTS minimal 7.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di University of Oxford adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 650 atau GRE minimal 160, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 110 atau IELTS minimal 7.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

5. University of Cambridge

University of Cambridge adalah salah satu universitas tertua dan terbaik di dunia. Universitas ini didirikan pada tahun 1209 dan terletak di Cambridge, Inggris. University of Cambridge menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di University of Cambridge mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen lingkungan.

University of Cambridge memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari EQUIS dan AMBA. Universitas ini juga menduduki peringkat kelima di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Inggris maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di University of Cambridge adalah sekitar GBP9.250 per tahun untuk warga negara Inggris dan Uni Eropa, dan sekitar GBP23.958 per tahun untuk warga negara non-Uni Eropa. Biaya kuliah untuk program magister manajemen di University of Cambridge adalah sekitar GBP32.000 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di University of Cambridge adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan A-level Inggris, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 110 atau IELTS minimal 7.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di University of Cambridge adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 680 atau GRE minimal 165, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 110 atau IELTS minimal 7.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

6. Bocconi University

Bocconi University adalah salah satu universitas terkemuka di Italia dan Eropa di bidang bisnis dan manajemen. Universitas ini didirikan pada tahun 1902 dan terletak di Milan, Italia. Bocconi University menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di Bocconi University mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen publik.

Bocconi University memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari EQUIS, AMBA, dan AACSB. Universitas ini juga menduduki peringkat keenam di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Italia maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di Bocconi University adalah sekitar EUR12.000 per tahun, sedangkan untuk program magister manajemen adalah sekitar EUR14.000 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di Bocconi University adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan diploma di scuola secondaria superiore Italia, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di Bocconi University adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 600 atau GRE minimal 155, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

7. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania adalah salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Universitas ini adalah bagian dari Ivy League, kelompok universitas-universitas elit di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1740 dan terletak di Philadelphia, Pennsylvania.

University of Pennsylvania menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di University of Pennsylvania mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen sosial.

University of Pennsylvania memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari AACSB. Universitas ini juga menduduki peringkat ketujuh di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Amerika Serikat maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di University of Pennsylvania adalah sekitar USD59.550 per tahun, sedangkan untuk program magister manajemen adalah sekitar USD81.378 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di University of Pennsylvania adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan high school diploma Amerika Serikat, memiliki nilai SAT minimal 1500 atau ACT minimal 34, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

8. University of Cambridge

University of Cambridge adalah salah satu universitas tertua dan terbaik di dunia. Universitas ini didirikan pada tahun 1209 dan terletak di Cambridge, Inggris. University of Cambridge menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di University of Cambridge mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen lingkungan.

University of Cambridge memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari EQUIS dan AMBA. Universitas ini juga menduduki peringkat kelima di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Inggris maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di University of Cambridge adalah sekitar GBP9.250 per tahun untuk warga negara Inggris dan Uni Eropa, dan sekitar GBP23.958 per tahun untuk warga negara non-Uni Eropa. Biaya kuliah untuk program magister manajemen di University of Cambridge adalah sekitar GBP32.000 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di University of Cambridge adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan A-level Inggris, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 110 atau IELTS minimal 7.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di University of Cambridge adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 680 atau GRE minimal 165, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 110 atau IELTS minimal 7.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

9. University of California, Berkeley

University of California, Berkeley (UC Berkeley) adalah salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Universitas ini adalah bagian dari University of California, sistem universitas publik terbesar di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1868 dan terletak di Berkeley, California.

UC Berkeley menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di UC Berkeley mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen sosial.

UC Berkeley memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari AACSB. Universitas ini juga menduduki peringkat kedelapan di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Amerika Serikat maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di UC Berkeley adalah sekitar USD14.312 per tahun untuk warga negara Amerika Serikat dan sekitar USD44.066 per tahun untuk warga negara asing. Biaya kuliah untuk program magister manajemen di UC Berkeley adalah sekitar USD64.652 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di UC Berkeley adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan high school diploma Amerika Serikat, memiliki nilai SAT minimal 1400 atau ACT minimal 31, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.5, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di UC Berkeley adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 700 atau GRE minimal 165, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 90 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Baca juga: Jurusan Ekonomi Bisnis: Apa Saja Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya?

10. University of Michigan

University of Michigan adalah salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Universitas ini adalah bagian dari Big Ten Conference, asosiasi universitas-universitas riset terkemuka di Amerika Serikat.

Universitas ini didirikan pada tahun 1817 dan terletak di Ann Arbor, Michigan. University of Michigan menawarkan berbagai program manajemen, baik untuk jenjang sarjana, magister, doktor, maupun executive education.

Program manajemen di University of Michigan mencakup bidang-bidang seperti manajemen umum, manajemen strategis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen kewirausahaan, dan manajemen publik.

University of Michigan memiliki reputasi yang sangat baik di dunia bisnis dan akademik. Universitas ini mendapatkan akreditasi dari AACSB. Universitas ini juga menduduki peringkat kesembilan di dunia untuk jurusan manajemen menurut QS World University Rankings by Subject 2023.

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan besar, baik di Amerika Serikat maupun di luar negeri, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Biaya kuliah untuk program sarjana manajemen di University of Michigan adalah sekitar USD15.948 per tahun untuk warga negara Amerika Serikat dan sekitar USD52.266 per tahun untuk warga negara asing. Biaya kuliah untuk program magister manajemen di University of Michigan adalah sekitar USD68.646 per tahun.

Persyaratan masuk untuk program sarjana manajemen di University of Michigan adalah memiliki ijazah SMA yang setara dengan high school diploma Amerika Serikat, memiliki nilai SAT minimal 1400 atau ACT minimal 31, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Persyaratan masuk untuk program magister manajemen di University of Michigan adalah memiliki gelar sarjana dari bidang apapun, memiliki nilai GMAT minimal 720 atau GRE minimal 162, memiliki nilai TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7, dan lulus tes masuk yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara.

Penutup

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling populer dan diminati oleh mahasiswa dari berbagai negara. Jurusan manajemen memberikan pengetahuan dan keterampilan yang sangat berguna dan relevan untuk mengelola bisnis dan organisasi di era global yang kompetitif dan dinamis.

Lulusan jurusan manajemen juga memiliki prospek kerja yang cerah dan menjanjikan, karena mereka dapat bekerja di berbagai sektor, mulai dari perbankan, konsultan, pemasaran, hingga kewirausahaan.

Namun, tidak semua universitas memiliki kualitas dan reputasi yang sama dalam bidang manajemen. Ada beberapa universitas yang unggul dan terkenal karena memiliki program manajemen yang berkualitas tinggi, fasilitas yang lengkap, dosen yang kompeten, dan alumni yang berhasil.

Universitas-universitas ini juga mendapatkan peringkat tinggi di berbagai ranking universitas dunia, seperti QS World University Rankings by Subject.

Kami berharap artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih universitas yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang universitas-universitas ini, kamu dapat mengunjungi situs web resmi mereka atau menghubungi konsultan pendidikan kami di SUN Education.

Klik di sini untuk mendapatkan update berita terkini dari Pelajarwajo di Google News

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *