Don't Show Again Yes, I would!

Bukan Khayalan! Laptop Gaming 5 Jutaan Bisa Bikin Kamu Jadi Pro Gamer!

Laptop Gaming 5 Jutaan Bisa Bikin Kamu Jadi Pro Gamer!

Pelajarwajo.com – Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang pro gamer yang bisa menghasilkan uang dari bermain game? Atau mungkin kamu hanya ingin menikmati game favoritmu dengan kualitas grafis dan performa yang memuaskan? Jika iya, maka kamu pasti membutuhkan sebuah laptop gaming yang mumpuni.

Namun, banyak orang yang mengira bahwa laptop gaming itu harus mahal dan tidak terjangkau. Padahal, sebenarnya ada banyak pilihan laptop gaming 5 jutaan yang bisa kamu dapatkan di pasaran.

Laptop gaming 5 jutaan bukan berarti kualitasnya jelek atau tidak bisa memainkan game berat. Dengan spesifikasi yang tepat, laptop gaming 5 jutaan bisa menjadi senjata andalanmu untuk menjadi pro gamer.

Tentu saja, laptop gaming 5 jutaan tidak bisa disamakan dengan laptop gaming premium yang harganya puluhan juta. Ada beberapa kompromi yang harus kamu lakukan, seperti ukuran layar, kapasitas penyimpanan, atau daya tahan baterai.

Namun, hal-hal tersebut tidak akan mengurangi keseruan bermain game di laptop gaming 5 jutaan.

Lalu, bagaimana cara memilih laptop gaming 5 jutaan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu? Apa saja faktor-faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming 5 jutaan? Dan apa saja rekomendasi laptop gaming 5 jutaan terbaik yang bisa kamu beli di tahun 2023 ini?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Faktor-Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Gaming 5 Jutaan

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop gaming 5 jutaan, ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan saat memilih laptop gaming 5 jutaan:

Prosesor

Prosesor adalah otak dari laptop gaming. Prosesor yang baik akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan, termasuk kecepatan, multitasking, dan kemampuan menjalankan game berat. Untuk laptop gaming 5 jutaan, kamu bisa memilih prosesor dari AMD atau Intel.

Prosesor AMD biasanya lebih murah dan lebih hemat daya, namun memiliki performa yang tidak kalah dengan prosesor Intel. Prosesor AMD juga memiliki grafis terintegrasi yang lebih baik, yaitu AMD Radeon.

Beberapa contoh prosesor AMD yang cocok untuk laptop gaming 5 jutaan adalah AMD Ryzen 3, AMD Athlon Gold, atau AMD A9.

Prosesor Intel biasanya lebih mahal dan lebih boros daya, namun memiliki performa yang lebih tinggi dan lebih stabil. Prosesor Intel juga memiliki grafis terintegrasi yang cukup baik, yaitu Intel HD Graphics atau Intel Iris.

Beberapa contoh prosesor Intel yang cocok untuk laptop gaming 5 jutaan adalah Intel Core i3, Intel Pentium Gold, atau Intel Celeron.

Memori RAM

Memori RAM adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh laptop untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game. Memori RAM yang besar akan membuat laptop lebih responsif dan lancar dalam multitasking. Untuk laptop gaming 5 jutaan, kamu bisa memilih memori RAM minimal 4 GB.

Memori RAM 4 GB sudah cukup untuk menjalankan game-game ringan atau sedang, seperti Dota 2, Valorant, atau GTA V. Namun, jika kamu ingin menjalankan game-game berat atau terbaru, seperti Cyberpunk 2077, Assassin’s Creed Valhalla, atau Call of Duty: Warzone, kamu mungkin perlu memori RAM 8 GB atau lebih.

Selain ukuran, kamu juga harus memperhatikan jenis dan kecepatan memori RAM. Jenis memori RAM yang umum digunakan adalah DDR3 atau DDR4. DDR4 adalah jenis memori RAM yang lebih baru dan lebih cepat dari DDR3. Kecepatan memori RAM diukur dengan satuan MHz. Semakin tinggi MHz, semakin cepat memori RAM.

Kartu Grafis

Kartu grafis adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar di layar laptop. Kartu grafis yang baik akan membuat game terlihat lebih detail, mulus, dan realistis. Untuk laptop gaming 5 jutaan, kamu bisa memilih kartu grafis terintegrasi atau diskrit.

Kartu grafis terintegrasi adalah kartu grafis yang sudah terpasang di dalam prosesor. Kartu grafis terintegrasi biasanya lebih murah, lebih hemat daya, dan lebih ringan, namun memiliki performa yang lebih rendah dari kartu grafis diskrit.

Kartu grafis terintegrasi cocok untuk game-game ringan atau sedang, seperti CS:GO, League of Legends, atau Minecraft.

Kartu grafis diskrit adalah kartu grafis yang terpisah dari prosesor. Kartu grafis diskrit biasanya lebih mahal, lebih boros daya, dan lebih berat, namun memiliki performa yang lebih tinggi dari kartu grafis terintegrasi.

Kartu grafis diskrit cocok untuk game-game berat atau terbaru, seperti PUBG, Fortnite, atau Apex Legends.

Penyimpanan

Penyimpanan adalah tempat menyimpan data, aplikasi, dan game di laptop. Penyimpanan yang besar akan membuat kamu bisa menyimpan lebih banyak game dan data di laptop. Untuk laptop gaming 5 jutaan, kamu bisa memilih penyimpanan HDD atau SSD.

HDD adalah jenis penyimpanan yang menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan data. HDD biasanya lebih murah, lebih besar, dan lebih tahan lama, namun memiliki kecepatan yang lebih lambat dari SSD.

HDD cocok untuk menyimpan data yang tidak sering digunakan, seperti foto, video, atau dokumen.

SSD adalah jenis penyimpanan yang menggunakan chip memori untuk menyimpan data. SSD biasanya lebih mahal, lebih kecil, dan lebih rentan rusak, namun memiliki kecepatan yang lebih cepat dari HDD.

SSD cocok untuk menyimpan data yang sering digunakan, seperti sistem operasi, aplikasi, atau game.

Layar

Layar adalah komponen yang menampilkan gambar dari laptop. Layar yang baik akan membuat game terlihat lebih jelas, tajam, dan indah. Untuk laptop gaming 5 jutaan, kamu bisa memilih layar dengan ukuran, resolusi, dan refresh rate yang sesuai.

Ukuran layar adalah ukuran diagonal dari layar laptop. Ukuran layar yang umum digunakan adalah 14 inci atau 15,6 inci. Ukuran layar yang lebih besar akan membuat game terlihat lebih luas, namun juga membuat laptop lebih berat dan lebih boros daya.

Ukuran layar yang lebih kecil akan membuat game terlihat lebih terbatas, namun juga membuat laptop lebih ringan dan lebih hemat daya.

Resolusi layar adalah jumlah piksel yang ada di layar laptop. Resolusi layar yang umum digunakan adalah HD (1366 x 768 piksel) atau Full HD (1920 x 1080 piksel). Resolusi layar yang lebih tinggi akan membuat game terlihat lebih detail, namun juga membutuhkan kartu grafis yang lebih kuat.

Resolusi layar yang lebih rendah akan membuat game terlihat lebih kasar, namun juga membutuhkan kartu grafis yang lebih rendah.

Refresh rate layar adalah jumlah gambar yang ditampilkan di layar laptop per detik. Refresh rate layar yang umum digunakan adalah 60 Hz atau 120 Hz. Refresh rate layar yang lebih tinggi akan membuat game terlihat lebih mulus, namun juga membutuhkan prosesor dan kartu grafis yang lebih kuat.

Refresh rate layar yang lebih rendah akan membuat game terlihat lebih patah-patah, namun juga membutuhkan prosesor dan kartu grafis yang lebih rendah.

Baca juga: 

Rekomendasi Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik di Tahun 2023

Setelah mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan saat membeli laptop gaming 5 jutaan, sekarang saatnya untuk melihat beberapa rekomendasi laptop gaming 5 jutaan terbaik yang bisa kamu beli di tahun 2023 ini. Berikut adalah 10 laptop gaming 5 jutaan terbaik yang kami pilih berdasarkan spesifikasi, performa, dan harga:

Lenovo IdeaPad Slim 3

Lenovo IdeaPad Slim 3 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor AMD Ryzen 3 3250U dengan grafis AMD Radeon. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 12 GB, serta penyimpanan SSD 128 GB yang bisa di-upgrade hingga 512 GB.

Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD dengan refresh rate 60 Hz.

Lenovo IdeaPad Slim 3 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan desain tipis, ringan, dan elegan. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,6 kg dan ketebalan hanya 19,9 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker Dolby Audio, dan baterai yang tahan hingga 7,5 jam.

Lenovo IdeaPad Slim 3 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,2 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Lenovo Indonesia.

Acer Aspire 3

Acer Aspire 3 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor Intel Core i3-1005G1 dengan grafis Intel UHD Graphics. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 12 GB, serta penyimpanan HDD 1 TB yang bisa di-upgrade dengan SSD.

Laptop ini juga memiliki layar 15,6 inci HD dengan refresh rate 60 Hz.

Acer Aspire 3 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Laptop ini bisa menyimpan banyak game dan data tanpa khawatir kehabisan ruang.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker Acer TrueHarmony, dan baterai yang tahan hingga 8 jam.

Acer Aspire 3 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,4 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Acer Indonesia.

Asus VivoBook 14

Asus VivoBook 14 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor AMD Athlon Gold 3150U dengan grafis AMD Radeon. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 12 GB, serta penyimpanan SSD 256 GB yang bisa di-upgrade hingga 1 TB.

Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD dengan refresh rate 60 Hz.

Asus VivoBook 14 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan performa yang cukup baik dan desain yang menarik. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,4 kg dan ketebalan hanya 19,9 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker SonicMaster, dan baterai yang tahan hingga 6 jam.

Asus VivoBook 14 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,5 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Asus Indonesia.

HP 14s

HP 14s adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor Intel Pentium Gold 6405U dengan grafis Intel UHD Graphics. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 16 GB, serta penyimpanan SSD 256 GB yang bisa di-upgrade hingga 1 TB. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci HD dengan refresh rate 60 Hz.

HP 14s adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan kualitas yang terjamin dan desain yang simpel. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan hanya 17,9 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker HP Audio Boost, dan baterai yang tahan hingga 9 jam.

HP 14s bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,6 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari HP Indonesia.

Dell Inspiron 15 3000

Dell Inspiron 15 3000 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor Intel Celeron N4020 dengan grafis Intel UHD Graphics 600. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 8 GB, serta penyimpanan HDD 1 TB yang bisa di-upgrade dengan SSD.

Laptop ini juga memiliki layar 15,6 inci HD dengan refresh rate 60 Hz.

Dell Inspiron 15 3000 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan merek yang terkenal dan desain yang klasik. Laptop ini memiliki bobot 1,9 kg dan ketebalan 19,9 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker Waves MaxxAudio Pro, dan baterai yang tahan hingga 6 jam.

Dell Inspiron 15 3000 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,7 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Dell Indonesia.

Acer Swift 1

Acer Swift 1 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor Intel Celeron N4120 dengan grafis Intel UHD Graphics 600. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 8 GB, serta penyimpanan SSD 256 GB yang bisa di-upgrade hingga 1 TB.

Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD dengan refresh rate 60 Hz.

Acer Swift 1 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan desain yang mewah dan fitur yang canggih. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,3 kg dan ketebalan hanya 14,95 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker Acer TrueHarmony, dan baterai yang tahan hingga 16 jam.

Acer Swift 1 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,8 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Acer Indonesia.

Asus E410

Asus E410 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor Intel Pentium Silver N5030 dengan grafis Intel UHD Graphics 605. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 8 GB, serta penyimpanan SSD 256 GB yang bisa di-upgrade hingga 1 TB.

Laptop ini juga memiliki layar 14 inci Full HD dengan refresh rate 60 Hz.

Asus E410 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan desain yang unik dan fitur yang inovatif. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,3 kg dan ketebalan hanya 18,4 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker SonicMaster, dan baterai yang tahan hingga 12 jam.

Asus E410 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,9 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Asus Indonesia.

Lenovo IdeaPad S145

Lenovo IdeaPad S145 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor AMD A9-9425 dengan grafis AMD Radeon R5. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 12 GB, serta penyimpanan HDD 1 TB yang bisa di-upgrade dengan SSD.

Laptop ini juga memiliki layar 15,6 inci HD dengan refresh rate 60 Hz.

Lenovo IdeaPad S145 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan performa yang cukup baik dan desain yang simpel. Laptop ini memiliki bobot 1,85 kg dan ketebalan 19,9 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker Dolby Audio, dan baterai yang tahan hingga 5,5 jam.

Lenovo IdeaPad S145 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,1 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Lenovo Indonesia.

HP 15s

HP 15s adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor Intel Core i3-1005G1 dengan grafis Intel UHD Graphics. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 16 GB, serta penyimpanan SSD 256 GB yang bisa di-upgrade hingga 1 TB.

Laptop ini juga memiliki layar 15,6 inci HD dengan refresh rate 60 Hz.

HP 15s adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan kualitas yang terjamin dan desain yang elegan. Laptop ini memiliki bobot 1,7 kg dan ketebalan 17,9 mm. Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker HP Audio Boost, dan baterai yang tahan hingga 10 jam.

HP 15s bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,3 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari HP Indonesia.

Dell Vostro 14 3000

Dell Vostro 14 3000 adalah laptop gaming 5 jutaan yang mengusung prosesor AMD Ryzen 3 3250U dengan grafis AMD Radeon Vega 3. Laptop ini memiliki memori RAM 4 GB DDR4 yang bisa di-upgrade hingga 16 GB, serta penyimpanan HDD 1 TB yang bisa di-upgrade dengan SSD. Laptop ini juga memiliki layar 14 inci HD dengan refresh rate 60 Hz.

Dell Vostro 14 3000 adalah laptop gaming 5 jutaan yang cocok untuk kamu yang mencari laptop dengan merek yang terkenal dan desain yang profesional. Laptop ini memiliki bobot 1,66 kg dan ketebalan 19,9 mm.

Laptop ini juga memiliki fitur seperti webcam HD, speaker Waves MaxxAudio Pro, dan baterai yang tahan hingga 6 jam.

Dell Vostro 14 3000 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 5,2 juta di berbagai toko online. Laptop ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun dari Dell Indonesia.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi laptop gaming 5 jutaan terbaik yang bisa kamu beli di tahun 2023 ini. Laptop gaming 5 jutaan bukan berarti kualitasnya jelek atau tidak bisa memainkan game berat. Dengan spesifikasi yang tepat, laptop gaming 5 jutaan bisa menjadi senjata andalanmu untuk menjadi pro gamer.

Namun, sebelum membeli laptop gaming 5 jutaan, kamu harus memperhatikan beberapa faktor, seperti prosesor, memori RAM, kartu grafis, penyimpanan, dan layar. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi performa, grafis, dan keseruan bermain game di laptop gaming 5 jutaan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari laptop gaming 5 jutaan. Selamat berbelanja dan selamat bermain game!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *