Don't Show Again Yes, I would!

Hari Santri Nasional 2023: Mengenal Sejarah, Tema, dan Peran Santri dalam Membangun Negeri

Hari Santri Nasional 2023

Pelajarwajo.comHari Santri Nasional 2023. Hari Santri Nasional merupakan peringatan tahunan yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Peringatan ini ditujukan untuk mengapresiasi peran dan kontribusi santri dalam sejarah dan pembangunan Indonesia.

Santri adalah sebutan bagi para pelajar atau penghuni pesantren, yaitu lembaga pendidikan Islam yang berbasis asrama. Pesantren sendiri merupakan ciri khas dari tradisi keilmuan Islam di Indonesia, yang telah berdiri sejak abad ke-15.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang sejarah, tema, dan peran santri dalam membangun negeri. Selain itu, kita juga akan mengetahui beberapa kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan Hari Santri Nasional 2023.

Baca juga: Tanggal 20 Oktober 2023: Hari Apa Saja yang Diperingati di Dunia?

Sejarah Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional pertama kali ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan ini didasarkan pada tiga pertimbangan, yaitu:

  • Menghargai jasa para ulama dan santri yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan Islam dalam membentuk karakter bangsa.
  • Mendorong peran aktif santri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan ekonomi.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional karena bertepatan dengan tanggal keluarnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari pada tahun 1945. Resolusi Jihad adalah sebuah fatwa yang mengajak para ulama dan santri untuk berperang melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Resolusi Jihad ini dianggap sebagai salah satu tonggak penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

Tema Hari Santri Nasional 2023

Setiap tahunnya, Hari Santri Nasional mengusung tema yang berbeda-beda. Tema ini biasanya mencerminkan semangat dan aspirasi santri dalam menghadapi tantangan zaman. Tema Hari Santri Nasional 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Tema ini memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri Nasional tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. Di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

Santri adalah penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka. Dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, para santri memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan.

Peran Santri dalam Membangun Negeri

Santri memiliki peran yang sangat besar dalam membangun negeri. Sejak masa kolonial hingga kini, santri telah memberikan kontribusi yang nyata dalam berbagai bidang, seperti politik, sosial, budaya, ekonomi, hukum, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain.

Beberapa contoh peran santri dalam membangun negeri adalah:

  • Berperan sebagai agen perubahan sosial yang mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah kemasyarakatan dengan menggunakan pendekatan keagamaan yang moderat, toleran, dan inklusif.
  • Berperan sebagai agen pembangunan ekonomi yang mampu mengembangkan potensi sumber daya lokal dengan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang berkeadilan, beretika, dan berkelanjutan.
  • Berperan sebagai agen pelestarian lingkungan yang mampu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban manusia terhadap alam dengan menggunakan konsep-konsep ekologi Islam yang harmonis, seimbang, dan bertanggung jawab.
  • Berperan sebagai agen pendidikan yang mampu menghasilkan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif.

Baca juga: Cara Menyusun Pidato Persuasif tentang Pendidikan yang Efektif dan Menarik

Kegiatan Hari Santri Nasional 2023

Untuk memeriahkan Hari Santri Nasional 2023, berbagai kegiatan telah disiapkan oleh pemerintah, organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan Hari Santri Nasional 2023 adalah:

  • Apel Hari Santri Nasional 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB yang terpusat di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur dengan Inspektur Apel Hari Santri oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan disiarkan langsung melalui kanal media sosial Kementerian Agama.
  • Peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang dapat dilakukan melalui kegiatan zikir, shalawat, munajat, doa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan tema.
  • Sosialisasi tema, logo, dan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang dilaksanakan melalui website, media sosial, dan spanduk, baliho, atau standing banner.
  • Penyanyian Mars Hari Santri Nasional 2023 yang merupakan lagu resmi peringatan Hari Santri Nasional yang diciptakan oleh KH Asep Saepudin Jahar. Lirik dan link download lagu ini dapat dilihat di sini.
  • Penggunaan Twibbon Hari Santri Nasional 2023 yang merupakan gambar atau logo peringatan Hari Santri Nasional yang dapat dipasang pada foto profil media sosial. Twibbon ini dapat diunduh secara gratis di sini.
  • Pelaksanaan lomba-lomba yang berkaitan dengan tema peringatan Hari Santri Nasional 2023, seperti lomba menulis esai, puisi, cerpen, artikel, poster, video, fotografi, dan lain-lain. Lomba-lomba ini dapat diikuti oleh santri maupun masyarakat umum.

Pesan dan Harapan Hari Santri Nasional 2023

Hari Santri Nasional 2023 merupakan momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa para santri dalam sejarah dan pembangunan Indonesia. Selain itu, peringatan ini juga merupakan ajang untuk mengapresiasi peran dan kontribusi santri dalam berbagai bidang kehidupan.

Pesan dan harapan yang ingin disampaikan dalam peringatan Hari Santri Nasional 2023 adalah:

  • Mengajak seluruh santri untuk terus menjalankan jihad intelektual dengan giat belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan minat dan bakat mereka.
  • Mengajak seluruh santri untuk terus berkontribusi dalam membangun negeri dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang mereka miliki untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.
  • Mengajak seluruh santri untuk terus menjaga nilai-nilai Islam yang moderat, toleran, dan inklusif dalam berinteraksi dengan sesama manusia maupun alam.
  • Mengajak seluruh santri untuk terus menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia dalam hal akhlak, karakter, dan prestasi.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Hari Santri Nasional 2023: Mengenal Sejarah, Tema, dan Peran Santri dalam Membangun Negeri. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Selamat Hari Santri Nasional 2023!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *