Don't Show Again Yes, I would!

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro: Ponsel Pintar dengan AI di Pusatnya

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Pelajarwajo.comGoogle Pixel 8. Google baru saja meluncurkan ponsel terbarunya, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, yang dirancang dengan kecerdasan buatan (AI) di pusatnya. Kedua ponsel ini menawarkan fitur-fitur canggih yang belum pernah ada sebelumnya, semua didukung oleh chip Google Tensor G3 yang dibuat khusus oleh Google.

Selain itu, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga akan mendapatkan tujuh tahun pembaruan perangkat lunak, termasuk pembaruan OS Android, pembaruan keamanan, dan Feature Drops secara berkala. Dalam artikel ini, kami akan membahas spesifikasi, fitur, harga, dan ketersediaan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro di Indonesia. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 11: Spesifikasi, Harga, dan Ulasan Terbaru 2023

Spesifikasi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, terutama pada ukuran layar, resolusi kamera, kapasitas baterai, dan fitur-fitur tambahan. Berikut adalah tabel perbandingan spesifikasi kedua ponsel ini:

SpesifikasiPixel 8Pixel 8 Pro
LayarOLED 6,4 inci (1080 x 2400 piksel)OLED LTPO 6,7 inci (1440 x 3120 piksel)
Refresh rate90 HzVariabel hingga 120 Hz
ChipsetGoogle Tensor G3Google Tensor G3
RAM6 GB12 GB
Memori internal128 GB atau 256 GB128 GB atau 256 GB
Kamera belakangUtama: 50 MP (f/1.9) Ultra-wide: 12 MP (f/2.2) Telefoto: N/AUtama: 50 MP (f/1.9) Ultra-wide: 12 MP (f/2.2) Telefoto: 48 MP (f/3.5) Periskopik: Ya
Kamera depan12 MP (f/2.0)12 MP (f/2.0)
Baterai4614 mAh Pengisian cepat: Ya Pengisian nirkabel: Ya Pengisian balik: Ya5000 mAh Pengisian cepat: Ya Pengisian nirkabel: Ya Pengisian balik: Ya
Sistem operasiAndroid 13 Raisin CookieAndroid 13 Raisin Cookie
Fitur lainnyaSensor sidik jari di belakang IP68 Stereo speaker NFC Bluetooth 5.2 Wi-Fi 6E Sub-6 GHz mmWave Dual SIM (nano-SIM dan eSIM) Port USB-C Tidak ada jack audio Tidak ada slot microSD Tidak ada face unlock Tidak ada dukungan S Pen Tidak ada dukungan wireless DeX Tidak ada dukungan MSTSensor sidik jari di bawah layar IP68 Stereo speaker NFC Bluetooth 5.2 Wi-Fi 6E Sub-6 GHz mmWave Dual SIM (nano-SIM dan eSIM) Port USB-C Tidak ada jack audio Tidak ada slot microSD Face unlock Dukungan S Pen Dukungan wireless DeX Dukungan MST

Fitur Unggulan Google Pixel 8 dan Pixel

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki beberapa fitur unggulan yang membedakannya dari ponsel lain di pasaran. Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang bisa Anda nikmati dari ponsel pintar buatan Google ini:

Baca juga: Samsung Galaxy A04: Smartphone Murah dengan Kamera 50 MP dan RAM Plus

Chip Google Tensor G3

Chip Google Tensor G3 adalah chip pertama yang dibuat oleh Google sendiri untuk ponselnya. Chip ini dirancang dengan AI di pusatnya, sehingga mampu memberikan performa yang luar biasa untuk fitur-fitur foto dan video, serta cara-cara pintar yang bisa membantu Anda sepanjang hari.

Chip ini juga memiliki kemampuan pemrosesan bahasa alami yang canggih, sehingga bisa memahami konteks percakapan Anda dengan lebih baik. Selain itu, chip ini juga memiliki keamanan yang tinggi, karena dilengkapi dengan Titan M2, sebuah chip keamanan khusus yang melindungi data pribadi Anda.

Kamera Terbaik dari Pixel

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki kamera terbaik yang pernah ada di ponsel Pixel. Kamera utama keduanya memiliki sensor 50 MP yang besar, yang bisa menangkap lebih banyak cahaya dan detail.

Kamera ultra-wide keduanya memiliki sudut pandang yang luas, sehingga bisa memotret lebih banyak pemandangan. Kamera telefoto Pixel 8 Pro memiliki zoom optik 4x dan zoom digital hingga 20x, yang bisa mengambil foto jarak jauh dengan jelas. Kamera periskopik Pixel 8 Pro juga bisa mengambil foto makro dengan jarak fokus minimal 10 cm.

Fitur-fitur kamera Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga didukung oleh AI, yang bisa memberikan hasil yang menakjubkan. Misalnya, fitur Magic Eraser, yang bisa menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto dengan sekali ketuk.

Fitur Face Unblur, yang bisa memperbaiki foto wajah yang kabur akibat gerakan. Fitur Motion Mode, yang bisa membuat foto aksi dengan latar belakang buram. Fitur Portrait Light, yang bisa menyesuaikan pencahayaan wajah dengan natural. Fitur Night Sight, yang bisa mengambil foto malam hari dengan cerah dan jelas.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Saldo Gopay: Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Uang dari Smartphone Anda

Layar Cemerlang dan Responsif

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki layar OLED yang cemerlang dan responsif, yang bisa menampilkan warna-warna yang hidup dan tajam. Layar Pixel 8 Pro memiliki refresh rate variabel hingga 120 Hz, yang bisa menyesuaikan kecepatan layar sesuai dengan konten yang ditampilkan.

Hal ini bisa membuat pengalaman menonton video, bermain game, atau menjelajah web menjadi lebih lancar dan hemat baterai. Layar Pixel 8 Pro juga mendukung S Pen, sebuah stylus pintar yang bisa digunakan untuk menulis, menggambar, atau mengontrol ponsel dengan mudah.

Baterai Tahan Lama dan Pengisian Cepat

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki baterai yang tahan lama dan pengisian cepat, yang bisa memberikan daya untuk aktivitas Anda sepanjang hari. Baterai Pixel 8 berkapasitas 4614 mAh, sedangkan baterai Pixel 8 Pro berkapasitas 5000 mAh.

Kedua ponsel ini mendukung pengisian cepat hingga 30 W dengan kabel USB-C, atau hingga 23 W dengan pengisi daya nirkabel Pixel Stand. Kedua ponsel ini juga mendukung pengisian balik, yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain seperti Pixel Buds Pro atau Pixel Watch 2.

Fitur Lainnya

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga memiliki fitur-fitur lainnya yang bisa membuat pengalaman Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Misalnya, fitur Google Assistant, yang bisa membantu Anda melakukan berbagai hal dengan suara atau gestur. Fitur Google Translate, yang bisa menerjemahkan teks, suara, atau gambar dalam berbagai bahasa. Fitur Google Lens, yang bisa mengenali objek, teks, atau kode QR dari kamera atau galeri. Fitur Google Photos, yang bisa menyimpan foto dan video Anda secara gratis dan tanpa batas di cloud.

Harga dan Ketersediaan Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro sudah mulai dijual di beberapa negara sejak tanggal 19 Oktober 2023. Harga Pixel 8 adalah $699 untuk versi 128 GB dan $799 untuk versi 256 GB. Harga Pixel 8 Pro adalah $899 untuk versi 128 GB dan $999 untuk versi 256 GB.

Untuk pasar Indonesia, belum ada informasi resmi tentang harga dan ketersediaan Pixel 8 dan Pixel

Pixel 8 Pro. Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kemungkinan besar ponsel-ponsel ini akan masuk ke Indonesia melalui jalur impor atau distributor resmi Google beberapa bulan setelah peluncuran globalnya.

Keunggulan Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki beberapa keunggulan yang bisa membuat Anda tertarik untuk memilikinya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari ponsel pintar buatan Google ini:

Performa AI yang Luar Biasa

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki performa AI yang luar biasa, berkat chip Google Tensor G3 yang dibuat khusus oleh Google. Chip ini bisa memberikan pengalaman yang cepat, lancar, dan pintar untuk berbagai fitur dan aplikasi di ponsel Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan fitur Live Caption untuk menampilkan teks dari suara yang sedang diputar di ponsel Anda, baik itu video, podcast, atau panggilan telepon. Anda juga bisa menggunakan fitur Live Translate untuk menerjemahkan suara atau teks secara langsung di ponsel Anda, bahkan tanpa koneksi internet.

Selain itu, chip Google Tensor G3 juga bisa memberikan keamanan yang tinggi untuk data pribadi Anda. Chip ini dilengkapi dengan Titan M2, sebuah chip keamanan khusus yang melindungi data pribadi Anda dari serangan peretas. Chip ini juga bisa mengenkripsi data Anda secara otomatis, sehingga hanya Anda yang bisa mengaksesnya. Chip ini juga bisa mengenali wajah atau sidik jari Anda dengan cepat dan akurat, sehingga Anda bisa membuka kunci ponsel Anda dengan mudah.

Desain Elegan dan Ergonomis

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki desain yang elegan dan ergonomis, yang bisa membuat Anda nyaman memegang dan menggunakan ponsel ini. Kedua ponsel ini memiliki bodi yang terbuat dari aluminium dan kaca, dengan warna-warna yang menarik. Pixel 8 tersedia dalam tiga pilihan warna: Stormy Black (hitam), Sorta Sage (hijau), dan Mostly White (putih). Pixel 8 Pro tersedia dalam dua pilihan warna: Cloudy White (putih) dan Stormy Black (hitam) .

Kedua ponsel ini juga memiliki desain yang ramping dan ringan, dengan ketebalan hanya 7,9 mm untuk Pixel 8 dan 8,1 mm untuk Pixel 8 Pro. Berat Pixel 8 adalah 181 gram, sedangkan berat Pixel 8 Pro adalah 207 gram . Kedua ponsel ini juga memiliki sertifikat IP68, yang berarti tahan air dan debu .

Layanan Google yang Lengkap dan Gratis

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki layanan Google yang lengkap dan gratis, yang bisa memberikan kemudahan dan manfaat bagi penggunanya. Misalnya, Anda bisa mendapatkan penyimpanan foto dan video tanpa batas di Google Photos secara gratis.

Anda juga bisa mendapatkan akses ke Google One, sebuah layanan penyimpanan cloud yang memberikan ruang penyimpanan hingga 15 GB secara gratis. Anda juga bisa mendapatkan akses ke YouTube Premium, sebuah layanan berlangganan yang memberikan konten bebas iklan, musik latar belakang, dan unduhan offline di YouTube secara gratis selama tiga bulan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan layanan Google lainnya yang berguna dan bermanfaat bagi aktivitas Anda sehari-hari. Misalnya, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk mendapatkan navigasi dan informasi lalu lintas secara real-time.

Anda juga bisa menggunakan Google Pay untuk melakukan pembayaran digital dengan mudah dan aman. Anda juga bisa menggunakan Google Assistant untuk melakukan berbagai hal dengan suara atau gestur.

Kesimpulan

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro adalah ponsel pintar terbaru dari Google yang dirancang dengan AI di pusatnya. Kedua ponsel ini menawarkan fitur-fitur canggih yang belum pernah ada sebelumnya, semua didukung oleh chip Google Tensor G3 yang dibuat khusus oleh Google. Selain itu, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga akan mendapatkan tujuh tahun pembaruan perangkat lunak, termasuk pembaruan OS Android, pembaruan keamanan, dan Feature Drops secara berkala.

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, terutama pada ukuran layar, resolusi kamera, kapasitas baterai, dan fitur-fitur tambahan. Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga memiliki beberapa fitur unggulan yang membedakannya dari ponsel lain di pasaran, seperti kamera terbaik dari Pixel, layar cemerlang dan responsif, baterai tahan lama dan pengisian cepat, dan fitur lainnya yang didukung oleh AI.

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro sudah mulai dijual di beberapa negara sejak tanggal 19 Oktober 2023. Harga Pixel 8 adalah $699 untuk versi 128 GB dan $799 untuk versi 256 GB. Harga Pixel 8 Pro adalah $899 untuk versi 128 GB dan $999 untuk versi 256 GB.

Untuk pasar Indonesia, belum ada informasi resmi tentang harga dan ketersediaan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Namun, kemungkinan besar ponsel-ponsel ini akan masuk ke Indonesia melalui jalur impor atau distributor resmi Google beberapa bulan setelah peluncuran globalnya.

Jika Anda tertarik untuk membeli Pixel 8 atau Pixel 8 Pro, Anda bisa mengunjungi situs web Google Store untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Atau, Anda bisa menunggu sampai ponsel-ponsel ini tersedia di toko-toko online atau offline di Indonesia.

Demikian artikel yang saya buat tentang Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ponsel pintar buatan Google ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *