Don't Show Again Yes, I would!

Samsung Galaxy A04: Smartphone Murah dengan Kamera 50 MP dan RAM Plus

ILUSTRASI/FOTO TANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM Samsung Indonesia

Pelajarwajo.comSamsung Galaxy A04. Samsung Galaxy A04 adalah salah satu smartphone terbaru dari Samsung yang dirilis pada Oktober 2022. Smartphone ini menawarkan spesifikasi yang cukup menarik dengan harga yang terjangkau. Apa saja keunggulan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A04? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Saldo Gopay: Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Uang dari Smartphone Anda

Samsung Galaxy A04: Desain dan Layar

Samsung Galaxy A04 memiliki desain yang sederhana namun elegan. Bagian belakangnya terbuat dari plastik glossy dengan tekstur yang halus dan nyaman digenggam. Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, hijau, dan tembaga. Di bagian belakang, terdapat kamera ganda dan lampu flash LED. Di bagian depan, terdapat layar berukuran 6,5 inci dengan notch berbentuk V di bagian atas.

Layar Samsung Galaxy A04 menggunakan panel PLS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan rasio aspek 20:9. Layar ini cukup luas dan nyaman untuk menonton video, bermain game, atau menjelajah internet.

Namun, kualitas gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam dan cerah, terutama jika dibandingkan dengan smartphone lain yang menggunakan panel AMOLED atau IPS LCD. Selain itu, layar Samsung Galaxy A04 juga tidak dilengkapi dengan fitur perlindungan seperti Gorilla Glass atau anti gores.

Baca juga: Aplikasi Play Play Penghasil Uang 2023: Apakah Aman dan Terpercaya?

Kinerja dan Penyimpanan

Samsung Galaxy A04 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35 yang dibuat dengan proses 12 nm. Chipset ini memiliki delapan inti CPU Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 2,3 GHz dan GPU PowerVR GE8320.

Untuk mendukung kinerjanya, smartphone ini dilengkapi dengan RAM 3 GB atau 4 GB, tergantung pada varian yang dipilih. Selain itu, Samsung Galaxy A04 juga memiliki fitur RAM Plus yang dapat menambah kapasitas RAM virtual hingga 4 GB lagi.

Dengan spesifikasi tersebut, Samsung Galaxy A04 mampu menjalankan aplikasi-aplikasi sehari-hari dengan lancar dan tanpa lag. Namun, untuk aplikasi atau game yang lebih berat, smartphone ini mungkin akan mengalami kesulitan dan penurunan performa.

Hal ini dikarenakan chipset MediaTek Helio P35 tidak terlalu kuat untuk menghandle grafis yang tinggi atau multitasking yang banyak. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat mengurangi kualitas grafis atau menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Untuk penyimpanan internal, Samsung Galaxy A04 memiliki dua pilihan, yaitu 32 GB atau 64 GB. Kapasitas ini cukup untuk menyimpan foto, video, musik, atau dokumen penting. Namun, jika pengguna merasa kurang, smartphone ini juga memiliki slot microSD yang dapat menampung kartu memori hingga 1 TB. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Baca juga: Aplikasi Hello Penghasil Uang di Tahun 2023

Kamera dan Baterai

Salah satu fitur unggulan dari Samsung Galaxy adalah kamera belakangnya yang memiliki resolusi 50 MP1. Kamera ini dapat mengambil foto dengan detail yang jelas dan warna yang akurat. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur autofocus dan depth sensor 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh atau latar belakang blur. Untuk merekam video, kamera Samsung Galaxy A04 dapat merekam dengan kualitas Full HD (1080p) pada 30 fps.

Untuk kamera depan, memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Kamera ini dapat digunakan untuk selfie atau video call dengan hasil yang cukup baik. Namun, kamera ini tidak memiliki fitur tambahan seperti flash atau beautify mode. Selain itu, kamera depan Samsung Galaxy A04 juga tidak dapat merekam video dengan kualitas tinggi.

Untuk daya tahan baterai, Samsung Galaxy A04 memiliki kapasitas 5000 mAh. Baterai ini dapat bertahan selama satu hari penuh dengan penggunaan normal, seperti telepon, SMS, browsing, atau streaming.

Namun, untuk penggunaan yang lebih intensif, seperti bermain game atau menonton video, baterai ini mungkin akan habis lebih cepat. Sayangnya, Samsung Galaxy A04 tidak mendukung fitur pengisian cepat atau fast charging. Untuk mengisi ulang baterai dari 0% hingga 100%, smartphone ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Fitur dan Harga

Samsung Galaxy A04 memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah fitur Dolby Atmos yang dapat memberikan suara yang lebih jernih dan menggelegar saat mendengarkan musik atau menonton video.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui pengaturan suara di smartphone. Selain itu, Samsung Galaxy A04 juga memiliki fitur One UI Core 4.1 yang merupakan antarmuka khusus dari Samsung yang berbasis Android 12. Fitur ini memberikan tampilan yang lebih simpel dan intuitif, serta beberapa fitur eksklusif dari Samsung.

Untuk harga, Samsung Galaxy A04 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sedangkan untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB, harga Samsung Galaxy A04 adalah Rp 1.999.000.

Harga ini terbilang cukup murah untuk smartphone dengan spesifikasi yang ditawarkan. Namun, jika dibandingkan dengan kompetitor lain di kelasnya, Samsung Galaxy A04 mungkin masih kalah dalam hal kualitas layar, kinerja, atau fitur pendukung.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A04 adalah smartphone yang cocok untuk pengguna yang mencari smartphone murah dengan kamera berkualitas tinggi. Dengan kamera belakang 50 MP dan fitur RAM Plus, smartphone ini dapat mengabadikan momen-momen berharga dengan detail yang jelas dan performa yang lancar.

Namun, smartphone ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti layar yang kurang tajam dan cerah, chipset yang kurang kuat, dan baterai yang tidak mendukung fast charging. Oleh karena itu, pengguna harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi mereka sebelum membeli smartphone ini.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *