Don't Show Again Yes, I would!

5 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

pelajarwajo.com – Apakah Anda pernah mengalami laptop layar hitam? Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaikinya. Simak artikel ini untuk mengetahui cara memperbaiki laptop layar hitam dengan mudah dan cepat.

Laptop layar hitam adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kerusakan hardware, software, driver, atau virus.

Laptop layar hitam bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang bekerja atau belajar dengan laptop Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

5 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Berikut adalah beberapa cara memperbaiki laptop layar hitam yang bisa Anda coba:

1. Periksa Kabel dan Baterai Laptop

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kabel dan baterai laptop Anda. Pastikan kabel power dan adaptor laptop Anda terhubung dengan baik dan tidak rusak. Jika kabel atau adaptor Anda rusak, ganti dengan yang baru.

Baca juga8 Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

Selain itu, periksa juga baterai laptop Anda. Jika baterai Anda lemah atau habis, cas terlebih dahulu sampai penuh. Kemudian, nyalakan laptop Anda dan lihat apakah layar masih hitam atau tidak.

2. Tekan Tombol Power Selama Beberapa Detik

Jika langkah pertama tidak berhasil, Anda bisa mencoba langkah kedua ini. Tekan tombol power laptop Anda selama beberapa detik, sekitar 10-15 detik, sampai laptop Anda mati total. Kemudian, lepaskan tombol power dan tunggu beberapa saat.

Setelah itu, tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop Anda. Langkah ini bisa membantu mengatasi masalah laptop layar hitam yang disebabkan oleh kesalahan sistem atau software.

3. Masuk ke Safe Mode

Safe mode adalah mode operasi yang memungkinkan Anda menjalankan laptop Anda dengan fungsi dasar dan minimal. Dengan masuk ke safe mode, Anda bisa memeriksa apakah masalah laptop layar hitam Anda disebabkan oleh driver, software, atau virus yang bermasalah.

Cara masuk ke safe mode berbeda-beda tergantung pada sistem operasi laptop Anda. Berikut adalah beberapa contoh cara masuk ke safe mode untuk beberapa sistem operasi:

  • Windows 10: Tekan tombol power laptop Anda selama beberapa detik sampai laptop Anda mati total. Kemudian, tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop Anda. Saat muncul logo Windows, tekan dan tahan tombol shift dan pilih restart. Pada menu pilihan, pilih troubleshoot, advanced options, startup settings, dan restart. Setelah laptop Anda restart, tekan tombol F4 untuk masuk ke safe mode.
  • Windows 8: Tekan tombol power laptop Anda selama beberapa detik sampai laptop Anda mati total. Kemudian, tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop Anda. Saat muncul logo Windows, tekan dan tahan tombol shift dan pilih restart. Pada menu pilihan, pilih troubleshoot, advanced options, windows startup settings, dan restart. Setelah laptop Anda restart, tekan tombol F4 untuk masuk ke safe mode.
  • Windows 7: Tekan tombol power laptop Anda selama beberapa detik sampai laptop Anda mati total. Kemudian, tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop Anda. Saat muncul logo Windows, tekan tombol F8 secara berulang-ulang sampai muncul menu advanced boot options. Pilih safe mode dan tekan enter.
  • Mac OS: Tekan tombol power laptop Anda untuk menyalakan laptop Anda. Segera setelah Anda mendengar suara startup, tekan dan tahan tombol shift sampai muncul logo Apple. Lepaskan tombol shift setelah muncul logo Apple.

Setelah Anda masuk ke safe mode, Anda bisa memeriksa dan memperbaiki driver, software, atau virus yang bermasalah. Anda bisa menghapus atau menginstal ulang driver, software, atau virus yang mencurigakan.

Baca juga: Laptop Gaming Murah Terbaik Februari 2024, Harga Mulai 6 Jutaan

Anda juga bisa melakukan scan antivirus atau malware untuk membersihkan laptop Anda dari ancaman. Setelah Anda selesai, restart laptop Anda dan lihat apakah layar masih hitam atau tidak.

4. Reset BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yaitu sebuah program yang mengatur komunikasi antara hardware dan software pada laptop Anda. BIOS juga bertanggung jawab untuk menjalankan proses booting laptop Anda.

Jika BIOS Anda bermasalah, bisa menyebabkan laptop Anda layar hitam. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba mereset BIOS Anda ke pengaturan default. Cara mereset BIOS berbeda-beda tergantung pada merek dan model laptop Anda. Berikut adalah beberapa contoh cara mereset BIOS untuk beberapa merek dan model laptop:

  • Dell: Tekan tombol power laptop Anda untuk menyalakan laptop Anda. Segera setelah Anda mendengar suara startup, tekan tombol F2 secara berulang-ulang sampai muncul menu BIOS. Pada menu BIOS, pilih load defaults atau load setup defaults dan tekan enter. Kemudian, pilih save and exit atau exit saving changes dan tekan enter.
  • HP: Tekan tombol power laptop Anda untuk menyalakan laptop Anda. Segera setelah Anda mendengar suara startup, tekan tombol F10 secara berulang-ulang sampai muncul menu BIOS. Pada menu BIOS, pilih load defaults atau load setup defaults dan tekan enter. Kemudian, pilih save and exit atau exit saving changes dan tekan enter.
  • Lenovo: Tekan tombol power laptop Anda untuk menyalakan laptop Anda. Segera setelah Anda mendengar suara startup, tekan tombol F1 atau F2 secara berulang-ulang sampai muncul menu BIOS. Pada menu BIOS, pilih load defaults atau load setup defaults dan tekan enter. Kemudian, pilih save and exit atau exit saving changes dan tekan enter.

Setelah Anda mereset BIOS Anda, laptop Anda akan restart secara otomatis. Lihat apakah layar masih hitam atau tidak.

5. Hubungi Layanan Servis Laptop

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalah laptop layar hitam Anda disebabkan oleh kerusakan hardware, seperti layar, motherboard, atau kartu grafis. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus membawa laptop Anda ke layanan servis laptop yang terpercaya.

Layanan servis laptop akan melakukan pemeriksaan dan perbaikan hardware laptop Anda dengan biaya tertentu. Pastikan Anda memilih layanan servis laptop yang berkualitas dan profesional, agar laptop Anda bisa kembali normal dan tidak mengalami masalah lain.

Akhir kata

Laptop layar hitam adalah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kerusakan hardware, software, driver, atau virus. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa cara memperbaiki laptop layar hitam yang telah kami jelaskan di atas.

Namun, jika cara-cara tersebut tidak berhasil, Anda harus membawa laptop Anda ke layanan servis laptop yang terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah laptop layar hitam Anda. Terima kasih telah membaca.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *