Don't Show Again Yes, I would!

7 Prospek Kerja Jurusan Manajemen yang Wajib Kamu Tahu

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Pelajarwajo.com – Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Alasannya, jurusan ini menawarkan banyak peluang kerja di berbagai bidang dan sektor. Lulusan manajemen memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, produksi, dan lain-lain.

Mereka juga memiliki keterampilan dalam mengambil keputusan, berpikir analitis, berkomunikasi, dan berwirausaha.

Namun, apa saja sih prospek kerja jurusan manajemen yang menjanjikan? Apakah gaji lulusan manajemen cukup tinggi? Dan, di mana saja tempat kuliah jurusan manajemen yang berkualitas?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memberikan informasi terkini dan relevan. Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Prospek Kerja Ekonomi Manajemen, Apa yang Harus Anda Ketahui?

7 Prospek Kerja Jurusan Manajemen yang Menarik

Lulusan jurusan manajemen bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan atau lembaga, baik negeri maupun swasta. Mereka juga bisa mendirikan usaha sendiri atau menjadi konsultan. Berikut ini adalah tujuh prospek kerja jurusan manajemen yang menarik dan menjanjikan.

1. Pengusaha

Salah satu prospek kerja jurusan manajemen yang paling menarik adalah menjadi pengusaha. Lulusan manajemen memiliki jiwa wirausaha yang tinggi karena mereka belajar tentang manajerial dan bisnis. Mereka juga bisa mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Menjadi pengusaha tentu memiliki tantangan dan risiko tersendiri. Namun, jika berhasil, pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Beberapa contoh pengusaha sukses yang berasal dari jurusan manajemen adalah Chairul Tanjung, Sandiaga Uno, dan Nadiem Makarim.

2. BUMN

Bagi lulusan manajemen yang ingin bekerja di sektor publik, menjadi pegawai BUMN bisa menjadi pilihan. BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh negara untuk kepentingan masyarakat. BUMN memiliki banyak bidang usaha, seperti pertambangan, perbankan, farmasi, konstruksi, jasa, telekomunikasi, dan lain-lain.

Menjadi pegawai BUMN memiliki banyak keunggulan, seperti jenjang karier yang jelas, gaji dan tunjangan yang tinggi, asuransi, dan beasiswa. Selain itu, pegawai BUMN juga bisa berkontribusi untuk kemajuan negara dan kesejahteraan rakyat. Untuk bisa masuk ke BUMN, lulusan manajemen harus mengikuti seleksi yang ketat dan kompetitif.

3. Perusahaan Multinasional

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang memiliki cabang atau operasi di lebih dari satu negara. Perusahaan multinasional biasanya bergerak di bidang industri, perdagangan, atau jasa. Beberapa contoh perusahaan multinasional yang ada di Indonesia adalah Unilever, Nestle, Coca-Cola, dan Samsung.

Lulusan manajemen memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan multinasional karena mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan global. Mereka juga bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang beragam dan dinamis. Bekerja di perusahaan multinasional bisa memberikan pengalaman, jaringan, dan gaji yang menarik.

Baca juga: Menelusuri Kurikulum Manajemen: Pengertian, Komponen, dan Implementasi

4. Project Manager

Project manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menyelesaikan proyek tertentu dalam batas waktu, anggaran, dan kualitas yang ditentukan. Project manager harus bisa merencanakan, mengorganisir, mengkoordinasikan, dan mengendalikan sumber daya yang terlibat dalam proyek, seperti manusia, material, peralatan, dan informasi.

Lulusan manajemen cocok menjadi project manager karena mereka memiliki kemampuan manajemen yang baik. Mereka juga bisa berpikir analitis, kreatif, dan solutif dalam mengatasi masalah yang muncul dalam proyek. Project manager bisa bekerja di berbagai bidang, seperti konstruksi, teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

5. Konsultan

Konsultan adalah orang yang memberikan saran profesional atau ahli kepada klien dalam bidang tertentu. Konsultan biasanya bekerja secara independen atau bergabung dengan perusahaan konsultan. Konsultan harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam bidang yang mereka kuasai.

Lulusan manajemen bisa menjadi konsultan dalam bidang manajemen, bisnis, keuangan, pemasaran, SDM, atau lainnya. Mereka harus bisa membantu klien untuk menilai kebutuhan, mengembangkan strategi, membuat rencana, dan mengimplementasikan solusi.

Konsultan bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi tergantung dari kualitas dan kuantitas proyek yang mereka tangani.

6. Marketing Executive

Marketing executive adalah orang yang bertugas untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Marketing executive harus bisa menentukan target pasar, membuat strategi pemasaran, mengatur iklan, melakukan promosi, dan mengukur efektivitas pemasaran. Marketing executive juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan konsumen, mitra, dan media.

Lulusan manajemen bisa menjadi marketing executive karena mereka belajar tentang dunia pemasaran saat kuliah. Mereka juga memiliki keterampilan komunikasi, kreativitas, negosiasi, dan public speaking yang dibutuhkan oleh profesi ini. Marketing executive bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, baik produk maupun jasa.

7. Data Analyst

Data analyst adalah orang yang bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mendukung pengambilan keputusan. Data analyst harus bisa menggunakan berbagai metode dan alat untuk mengolah data, seperti statistik, matematika, program, dan visualisasi. Data analyst juga harus bisa menyajikan hasil analisis dengan jelas dan informatif.

Lulusan manajemen bisa menjadi data analyst karena mereka memiliki kemampuan berpikir analitis dan logis yang tinggi. Mereka juga memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang ini. Data analyst bisa bekerja di berbagai sektor, seperti bisnis, keuangan, pemerintahan, kesehatan, dan lain-lain.

Baca juga: Pilihan Jurusan Ekonomi Manajemen, Apa Saja Keuntungan dan Tantangannya?

Gaji Lulusan Manajemen

Gaji lulusan manajemen bisa bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan, perusahaan, lokasi, dan pengalaman. Namun, secara umum, lulusan manajemen bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi dibandingkan dengan lulusan jurusan lain. Berikut ini adalah perkiraan gaji lulusan manajemen untuk tujuh profesi yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Pengusaha: gaji tidak tetap, tergantung dari omzet dan laba usaha
  • BUMN: gaji berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan
  • Perusahaan Multinasional: gaji berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 20 juta per bulan
  • Project Manager: gaji berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta per bulan
  • Konsultan: gaji berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 50 juta per bulan
  • Marketing Executive: gaji berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan
  • Data Analyst: gaji berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 15 juta per bulan

Kesimpulan

Jurusan manajemen adalah jurusan yang menawarkan banyak prospek kerja yang menarik dan menjanjikan. Lulusan manajemen memiliki kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh berbagai bidang dan sektor. Lulusan manajemen juga bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi tergantung dari jenis pekerjaan, perusahaan, lokasi, dan pengalaman.

Namun, untuk bisa sukses di dunia kerja, lulusan manajemen harus memilih tempat kuliah jurusan manajemen yang berkualitas dan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Tempat kuliah jurusan manajemen yang berkualitas harus memiliki akreditasi yang baik, kurikulum yang terkini, fasilitas yang memadai, dosen yang kompeten, mahasiswa yang bermutu, dan alumni yang berkontribusi.

Demikian artikel berita terbaru tentang prospek kerja jurusan manajemen yang wajib kamu tahu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna bagi kamu yang ingin atau sedang kuliah jurusan manajemen. Terima kasih telah membaca!

Klik di sini untuk mendapatkan update berita terkini dari Pelajarwajo di Google News

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *