Don't Show Again Yes, I would!

Lenovo Tab P11 Pro Vs iPad Pro, Perbandingan Mendalam

Lenovo Tab P11 Pro

Pelajarwajo.com – Tablet adalah salah satu perangkat yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, bermain, atau bersantai. Tablet memiliki keunggulan dibandingkan laptop atau smartphone, seperti ukuran yang lebih besar, bobot yang lebih ringan, dan baterai yang lebih tahan lama.

Namun, tidak semua tablet memiliki kualitas yang sama. Ada beberapa tablet yang menawarkan fitur dan spesifikasi yang lebih unggul dari tablet lainnya. Dua tablet yang termasuk dalam kategori ini adalah Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro.

Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro adalah tablet premium yang dirancang untuk kebutuhan produktivitas dan hiburan tingkat tinggi. Kedua tablet ini memiliki desain yang elegan, performa yang tangguh, layar yang berkualitas, dan aksesori yang fungsional.

Namun, mana yang lebih baik antara Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro? Apa saja perbedaan dan persamaan antara kedua tablet ini? Bagaimana cara memilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda?

Lenovo Tab P11 Pro Vs iPad Pro

Dalam artikel ini, pelajarwajo akan membahas perbandingan mendalam antara Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro, dengan melihat berbagai aspek, seperti desain, spesifikasi, fitur, harga, dan lainnya. Dan juga akan memberikan beberapa tips dan saran untuk membantu Anda memutuskan tablet mana yang lebih cocok untuk Anda.

Desain

Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro memiliki desain yang cukup mirip, dengan bingkai yang tipis dan bodi yang ramping. Kedua tablet ini juga memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah untuk dibawa dan digunakan di mana saja.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki dimensi 264.3 x 171.4 x 6.9 mm dan berat 485 gram, sedangkan iPad Pro memiliki dimensi 280.6 x 214.9 x 6.4 mm dan berat 641 gram (versi 12.9 inci) atau 247.6 x 178.5 x 5.9 mm dan berat 471 gram (versi 11 inci).

Lenovo Tab P11 Pro memiliki warna abu-abu, sedangkan iPad Pro memiliki warna abu-abu gelap atau perak. Kedua tablet ini juga memiliki kamera belakang dan kamera depan, yang dapat digunakan untuk mengambil foto, video, atau melakukan video call.

Baca juga: Perbandingan Lenovo Tab 4 8 Plus dengan Tablet Lainnya di Pasar Indonesia

Layar

Layar adalah salah satu aspek yang paling penting dalam tablet, karena dapat mempengaruhi pengalaman penggunaan, terutama untuk menonton video, bermain game, atau menggambar. Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro memiliki layar yang berkualitas tinggi, dengan resolusi yang tinggi, warna yang cerah, dan kontras yang tajam.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki layar sentuh berukuran 11.5 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel, yang dapat menampilkan gambar dengan kualitas yang tajam dan detail. Layar ini juga mendukung HDR10 dan Dolby Vision, yang dapat meningkatkan kualitas gambar, terutama untuk konten yang memiliki rentang dinamis yang tinggi.

iPad Pro memiliki layar sentuh berukuran 12.9 inci atau 11 inci dengan resolusi 2732 x 2048 piksel atau 2388 x 1668 piksel, yang dapat menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih tajam dan detail dari Lenovo Tab P11 Pro.

Layar ini juga mendukung ProMotion, True Tone, dan P3 Wide Color, yang dapat meningkatkan kecepatan refresh rate, penyesuaian warna, dan rentang warna dari layar.

Aksesori

Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro juga memiliki aksesori yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna, seperti keyboard, pen, dan stand cover. Aksesori ini dapat dihubungkan dengan tablet dengan menggunakan konektor magnetik atau nirkabel, sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki keyboard yang dapat menempel pada tablet dengan menggunakan konektor pogo pin, yang dapat membuat pengguna mengetik dengan lebih cepat dan nyaman. Keyboard ini juga memiliki lampu latar dan touchpad, yang dapat memudahkan pengguna mengontrol tablet tanpa menggunakan layar sentuh.

iPad Pro memiliki keyboard yang disebut Smart Keyboard Folio, yang dapat menempel pada tablet dengan menggunakan konektor Smart Connector, yang dapat membuat pengguna mengetik dengan lebih cepat dan nyaman. Keyboard ini juga dapat menopang tablet pada dua sudut yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan posisi pengguna.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki pen yang dapat digunakan untuk menggambar, menulis, atau mengedit dokumen pada tablet dengan lebih presisi dan akurat. Pen ini juga memiliki tombol yang dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur Google Assistant, yang dapat membantu pengguna mencari informasi atau melakukan perintah suara.

Baca juga: Lenovo Tab M10, Solusi Produktivitas untuk Pekerja Remote

iPad Pro memiliki pen yang disebut Apple Pencil, yang dapat digunakan untuk menggambar, menulis, atau mengedit dokumen pada tablet dengan lebih presisi dan akurat. Pen ini juga memiliki fitur yang dapat mengubah tekanan dan kemiringan menjadi efek yang berbeda, seperti ketebalan garis atau bayangan.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki stand cover yang dapat digunakan untuk menopang tablet pada sudut yang diinginkan, baik secara horizontal maupun vertikal. Stand cover ini juga dapat melindungi tablet dari debu, goresan, atau benturan.

iPad Pro memiliki stand cover yang disebut Smart Cover, yang dapat digunakan untuk menopang tablet pada sudut yang diinginkan, hanya secara horizontal. Smart Cover ini juga dapat melindungi tablet dari debu, goresan, atau benturan.

Spesifikasi

Spesifikasi adalah salah satu aspek yang paling penting dalam tablet, karena dapat mempengaruhi performa, kecepatan, dan daya tahan tablet. Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, dengan prosesor, memori, penyimpanan, baterai, dan sistem operasi yang unggul.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 730G, yang dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Prosesor ini juga hemat energi, sehingga dapat membuat baterai tablet ini tahan lama.

iPad Pro memiliki prosesor Apple M1, yang merupakan prosesor terbaru dan tercepat dari Apple, yang dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih lancar dan cepat dari Lenovo Tab P11 Pro. Prosesor ini juga hemat energi, sehingga dapat membuat baterai tablet ini tahan lama.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki memori RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB, yang dapat menampung banyak data dan file. Pengguna juga dapat menambahkan kartu microSD hingga 1 TB jika membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

iPad Pro memiliki memori RAM 8 GB atau 16 GB dan penyimpanan internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, atau 2 TB, yang dapat menampung lebih banyak data dan file dari Lenovo Tab P11 Pro. Namun, pengguna tidak dapat menambahkan kartu microSD pada tablet ini, sehingga harus memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki baterai berkapasitas 8600 mAh, yang dapat bertahan hingga 15 jam untuk penggunaan normal, atau 8 jam untuk penggunaan intensif. Tablet ini juga mendukung pengisian daya cepat, yang dapat mengisi daya tablet ini dari 0% hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Baca juga: Berkreasi dengan Lenovo Tab M8, Tablet Canggih untuk Semua!

iPad Pro memiliki baterai berkapasitas 9720 mAh (versi 12.9 inci) atau 7538 mAh (versi 11 inci), yang dapat bertahan hingga 10 jam untuk penggunaan normal, atau 5 jam untuk penggunaan intensif. Tablet ini juga mendukung pengisian daya cepat, yang dapat mengisi daya tablet ini dari 0% hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki sistem operasi Android 10, yang dapat memberikan pengalaman penggunaan yang intuitif dan fleksibel. Pengguna dapat mengakses berbagai fitur dan aplikasi yang dapat membantu produktivitas dan hiburan, seperti Google Classroom, Zoom, Microsoft Office, Netflix, Spotify, dan lainnya.

Fitur

Fitur adalah salah satu aspek yang dapat membedakan tablet dari tablet lainnya, karena dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan kesenangan bagi pengguna. Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro memiliki fitur yang cukup beragam, dengan beberapa fitur yang sama dan beberapa fitur yang berbeda.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki fitur pemindai sidik jari dan pemindai wajah, yang dapat digunakan untuk membuka kunci tablet dengan cepat dan aman, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau pola. Fitur pemindai sidik jari terletak pada tombol daya, yang dapat disentuh dengan jari. Fitur pemindai wajah terletak pada kamera depan, yang dapat mengenali wajah pengguna dengan menggunakan teknologi inframerah.

iPad Pro juga memiliki fitur pemindai wajah, yang disebut Face ID, yang dapat digunakan untuk membuka kunci tablet dengan cepat dan aman, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau pola. Fitur ini terletak pada kamera depan, yang dapat mengenali wajah pengguna dengan menggunakan teknologi TrueDepth.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki fitur Time of Flight (ToF), yang dapat digunakan untuk mengaburkan latar belakang pengguna saat melakukan video call, sehingga dapat fokus pada subjek utama. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menggunakan aplikasi bawaan Lenovo, seperti Lenovo Meeting.

Harga

Harga adalah salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian tablet, karena dapat menunjukkan kualitas, fitur, dan spesifikasi yang ditawarkan oleh tablet. Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro memiliki harga yang cukup berbeda, dengan iPad Pro yang lebih mahal dari Lenovo Tab P11 Pro.

Lenovo Tab P11 Pro memiliki harga Rp 9.999.000, yang sudah termasuk keyboard, pen, dan stand cover. Tablet ini dapat dibeli di situs resmi Lenovo atau toko online terpercaya yang menjual tablet ini.

iPad Pro memiliki harga mulai dari Rp 14.999.000 (versi 12.9 inci) atau Rp 11.999.000 (versi 11 inci), yang belum termasuk keyboard, pen, dan stand cover. Tablet ini dapat dibeli di situs resmi Apple atau toko online terpercaya yang menjual tablet ini.

Kesimpulan

Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro adalah tablet premium yang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari tablet yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, bermain, atau bersantai. Kedua tablet ini memiliki desain yang elegan, performa yang tangguh, layar yang berkualitas, dan aksesori yang fungsional.

Namun, kedua tablet ini juga memiliki perbedaan dan persamaan yang dapat mempengaruhi keputusan Anda. Lenovo Tab P11 Pro memiliki keunggulan dalam hal harga, memori, penyimpanan, dan fitur pemindai sidik jari. iPad Pro memiliki keunggulan dalam hal prosesor, resolusi, kecepatan refresh rate, dan fitur Face ID.

Jadi, mana yang lebih baik antara Lenovo Tab P11 Pro dan iPad Pro? Jawabannya tergantung pada kebutuhan, preferensi, dan anggaran Anda. Jika Anda mencari tablet yang lebih terjangkau, lebih fleksibel, dan lebih mudah untuk menambahkan ruang penyimpanan, maka Lenovo Tab P11 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Jika Anda mencari tablet yang lebih cepat, lebih tajam, dan lebih kompatibel dengan perangkat Apple lainnya, maka iPad Pro bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *