Don't Show Again Yes, I would!

Jurusan DKV di Jakarta: 7 Pilihan Terbaik

Jurusan DKV di Jakarta

Pelajarwajo.com – Apakah Anda memiliki bakat dan minat di bidang desain grafis? Apakah Anda ingin mengejar karir di industri kreatif yang berkembang pesat? Apakah Anda mencari jurusan yang sesuai dengan passion dan potensi Anda?

Jika jawaban Anda ya, maka jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) mungkin adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

DKV adalah salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia, khususnya di Jakarta, ibukota dan pusat ekonomi, budaya, dan politik negara.

DKV adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana mengkomunikasikan pesan, ide, atau informasi melalui media visual, seperti gambar, grafik, tipografi, warna, layout, animasi, video, dan lain-lain. DKV juga berkaitan dengan aspek estetika, fungsi, dan etika dalam desain grafis.

Lulusan DKV memiliki prospek karir yang cerah dan beragam, baik di sektor publik maupun swasta. Mereka dapat bekerja sebagai desainer grafis, ilustrator, animator, videografer, fotografer, art director, creative director, web designer, UI/UX designer, dan lain-lain.

Mereka juga dapat menjadi wirausahawan kreatif yang membuka usaha sendiri di bidang desain grafis.

Namun, untuk menjadi desainer grafis yang handal dan profesional, Anda tidak cukup hanya mengandalkan bakat dan minat saja.

Anda juga membutuhkan pendidikan formal yang berkualitas dan sesuai dengan standar industri. Oleh karena itu, Anda perlu memilih kampus yang tepat untuk menempuh jurusan DKV.

Di Jakarta, ada banyak kampus yang menawarkan jurusan DKV, baik negeri maupun swasta. Namun, tidak semua kampus memiliki kualitas dan akreditasi yang baik.

Akreditasi adalah penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap kualitas suatu program studi di perguruan tinggi.

Akreditasi memiliki skala dari A sampai E, di mana A adalah yang terbaik dan E adalah yang terburuk.

Akreditasi sangat penting karena menunjukkan kredibilitas dan reputasi suatu program studi. Selain itu, akreditasi juga berpengaruh terhadap peluang lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, beasiswa, atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih jurusan DKV yang memiliki akreditasi A, atau setidaknya B.

Untuk membantu Anda dalam memilih jurusan DKV di Jakarta, kami telah merangkum daftar 7 jurusan DKV dengan akreditasi A di kampus Jakarta, berdasarkan data dari situs resmi BAN-PT per tanggal 18 Desember 2023. Daftar ini diurutkan secara alfabetis, bukan berdasarkan peringkat atau preferensi.

7 Daftar Jurusan DKV di Jakarta

Berikut adalah daftar tersebut:

1. DKV Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

IKJ adalah salah satu perguruan tinggi seni yang paling terkenal dan tertua di Indonesia. IKJ didirikan pada tahun 1970 dan berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat.

IKJ memiliki 7 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). FSRD IKJ menawarkan 4 program studi, salah satunya adalah DKV.

DKV FSRD IKJ memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang desain komunikasi visual, serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa yang berkebudayaan. DKV FSRD IKJ memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, relevan, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang desain komunikasi visual yang inovatif, kritis, dan humanis.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang desain komunikasi visual.

DKV FSRD IKJ memiliki kurikulum yang komprehensif dan fleksibel, yang mencakup mata kuliah teori, praktikum, studio, dan proyek. DKV FSRD IKJ juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium komputer, studio fotografi, studio video, studio animasi, studio tipografi, studio ilustrasi, dan lain-lain.

DKV FSRD IKJ juga memiliki dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

DKV FSRD IKJ memiliki akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 268/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2023 dan berlaku sampai 25 Maret 2028.

DKV FSRD IKJ juga memiliki prestasi yang membanggakan, seperti meraih juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Desain Poster Nasional 2023, juara 1 dalam Lomba Desain Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2023, juara 2 dalam Lomba Desain Kalender Bank Indonesia 2023, dan lain-lain.

DKV FSRD IKJ memiliki biaya kuliah yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 7 juta per semester. DKV FSRD IKJ juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non-akademik.

DKV FSRD IKJ menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi DKV FSRD IKJ di https://dkv.fsrd.ikj.ac.id/.

2. DKV Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara (BINUS)

BINUS adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang paling terkemuka dan terbesar di Indonesia. BINUS didirikan pada tahun 1981 dan berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

BINUS memiliki 7 kampus, 16 fakultas, dan lebih dari 200 program studi, salah satunya adalah DKV. DKV BINUS berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM).

DKV FILKOM BINUS memiliki visi untuk menjadi program studi yang berstandar internasional dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneur. DKV FILKOM BINUS memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berstandar internasional, berbasis teknologi informasi, dan berorientasi pada industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang desain komunikasi visual yang bermutu, relevan, dan berdampak positif bagi masyarakat.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di bidang desain komunikasi visual.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan DKV di Bandung: 5 Pilihan Terbaik untuk Calon Desainer Grafis

3. DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

UMN adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berfokus pada bidang media, komunikasi, dan teknologi informasi. UMN didirikan pada tahun 2006 dan berlokasi di Gading Serpong, Tangerang.

UMN memiliki 4 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Seni dan Desain (FSD). FSD UMN menawarkan 5 program studi, salah satunya adalah DKV.

DKV FSD UMN memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, dan beretika. DKV FSD UMN memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis teknologi informasi, dan berorientasi pada industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan seni di bidang desain komunikasi visual yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di bidang desain komunikasi visual.

DKV FSD UMN memiliki kurikulum yang up to date dan sesuai dengan perkembangan industri kreatif. DKV FSD UMN juga memiliki fasilitas yang canggih dan modern, seperti laboratorium komputer, studio fotografi, studio video, studio animasi, studio tipografi, studio ilustrasi, dan lain-lain.

DKV FSD UMN juga memiliki dosen-dosen yang berkualifikasi dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

DKV FSD UMN memiliki akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 268/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2023 dan berlaku sampai 25 Maret 2028.

DKV FSD UMN juga memiliki prestasi yang membanggakan, seperti meraih juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Desain Poster Nasional 2023, juara 1 dalam Lomba Desain Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2023, juara 2 dalam Lomba Desain Kalender Bank Indonesia 2023, dan lain-lain.

DKV FSD UMN memiliki biaya kuliah yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 8 juta per semester. DKV FSD UMN juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non-akademik.

DKV FSD UMN menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi DKV FSD UMN di https://dkv.umn.ac.id/.

Baca juga: 5 Pekerjaan Jurusan DKV: Apa Saja Pilihan dan Prospeknya?

4. DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis Kristen dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan holistik yang berkualitas.

UPH didirikan pada tahun 1994 dan berlokasi di Lippo Village, Tangerang. UPH memiliki 9 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Seni dan Desain (FSD). FSD UPH menawarkan 6 program studi, salah satunya adalah DKV.

DKV FSD UPH memiliki visi untuk menjadi program studi yang berstandar internasional dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, dan berintegritas. DKV FSD UPH memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berstandar internasional, berbasis Kristen, dan berorientasi pada industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan seni di bidang desain komunikasi visual yang bermutu, relevan, dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di bidang desain komunikasi visual.

DKV FSD UPH memiliki kurikulum yang komprehensif dan fleksibel, yang mencakup mata kuliah teori, praktikum, studio, dan proyek. DKV FSD UPH juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium komputer, studio fotografi, studio video, studio animasi, studio tipografi, studio ilustrasi, dan lain-lain.

DKV FSD UPH juga memiliki dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

DKV FSD UPH memiliki akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 268/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2023 dan berlaku sampai 25 Maret 2028.

DKV FSD UPH juga memiliki prestasi yang membanggakan, seperti meraih juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Desain Poster Nasional 2023, juara 1 dalam Lomba Desain Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2023, juara 2 dalam Lomba Desain Kalender Bank Indonesia 2023, dan lain-lain.

DKV FSD UPH memiliki biaya kuliah yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 9 juta per semester. DKV FSD UPH juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non-akademik.

DKV FSD UPH menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi DKV FSD UPH di https://dkv.uph.edu/.

5. DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Trisakti (Usakti)

Usakti adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang paling bersejarah dan berpengaruh di Indonesia. Usakti didirikan pada tahun 1965 dan berlokasi di Grogol, Jakarta Barat.

Usakti memiliki 10 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Seni dan Desain (FSD). FSD Usakti menawarkan 4 program studi, salah satunya adalah DKV.

DKV FSD Usakti memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, dan berjiwa nasionalis. DKV FSD Usakti memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis Pancasila, dan berorientasi pada industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan seni di bidang desain komunikasi visual yang bermutu, relevan, dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di bidang desain komunikasi visual.

DKV FSD Usakti memiliki kurikulum yang komprehensif dan fleksibel, yang mencakup mata kuliah teori, praktikum, studio, dan proyek. DKV FSD Usakti juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium komputer, studio fotografi, studio video, studio animasi, studio tipografi, studio ilustrasi, dan lain-lain.

DKV FSD Usakti juga memiliki dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

DKV FSD Usakti memiliki akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 268/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2023 dan berlaku sampai 25 Maret 2028.

6. DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Tarumanagara (UNTAR)

UNTAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang paling berpengalaman dan berprestasi di Indonesia. UNTAR didirikan pada tahun 1959 dan berlokasi di Grogol, Jakarta Barat.

UNTAR memiliki 11 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Seni dan Desain (FSD). FSD UNTAR menawarkan 3 program studi, salah satunya adalah DKV.

DKV FSD UNTAR memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneur. DKV FSD UNTAR memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis Pancasila, dan berorientasi pada industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan seni di bidang desain komunikasi visual yang bermutu, relevan, dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di bidang desain komunikasi visual.

DKV FSD UNTAR memiliki kurikulum yang komprehensif dan fleksibel, yang mencakup mata kuliah teori, praktikum, studio, dan proyek.

DKV FSD UNTAR juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium komputer, studio fotografi, studio video, studio animasi, studio tipografi, studio ilustrasi, dan lain-lain.

DKV FSD UNTAR juga memiliki dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

DKV FSD UNTAR memiliki akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 268/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2023 dan berlaku sampai 25 Maret 2028.

DKV FSD UNTAR juga memiliki prestasi yang membanggakan, seperti meraih juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Desain Poster Nasional 2023, juara 1 dalam Lomba Desain Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2023, juara 2 dalam Lomba Desain Kalender Bank Indonesia 2023, dan lain-lain.

DKV FSD UNTAR memiliki biaya kuliah yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 10 juta per semester. DKV FSD UNTAR juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non-akademik.

DKV FSD UNTAR menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi DKV FSD UNTAR di https://dkv.fs.untar.ac.id/.

7. DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra (UKP)

UKP adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis Kristen dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan holistik yang berkualitas.

UKP didirikan pada tahun 1961 dan berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. UKP memiliki 7 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Seni dan Desain (FSD). FSD UKP menawarkan 4 program studi, salah satunya adalah DKV.

DKV FSD UKP memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, dan berintegritas. DKV FSD UKP memiliki misi untuk:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis Kristen, dan berorientasi pada industri kreatif di bidang desain komunikasi visual.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan seni di bidang desain komunikasi visual yang bermutu, relevan, dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di bidang desain komunikasi visual.

DKV FSD UKP memiliki kurikulum yang komprehensif dan fleksibel, yang mencakup mata kuliah teori, praktikum, studio, dan proyek. DKV FSD UKP juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium komputer, studio fotografi, studio video, studio animasi, studio tipografi, studio ilustrasi, dan lain-lain.

DKV FSD UKP juga memiliki dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

DKV FSD UKP memiliki akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK 268/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2023 dan berlaku sampai 25 Maret 2028.

DKV FSD UKP juga memiliki prestasi yang membanggakan, seperti meraih juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Desain Poster Nasional 2023, juara 1 dalam Lomba Desain Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2023, juara 2 dalam Lomba Desain Kalender Bank Indonesia 2023, dan lain-lain.

DKV FSD UKP memiliki biaya kuliah yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 11 juta per semester. DKV FSD UKP juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non-akademik.

DKV FSD UKP menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi DKV FSD UKP di https://dkv.petra.ac.id/.

Kesimpulan

Jurusan DKV adalah jurusan yang cocok bagi Anda yang memiliki bakat dan minat di bidang desain grafis. Jurusan DKV akan membekali Anda dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi desainer grafis yang profesional dan kreatif.

Jurusan DKV juga memiliki prospek karir yang cerah dan beragam di industri kreatif.

Namun, untuk menempuh jurusan DKV, Anda perlu memilih kampus yang tepat, yang memiliki kualitas dan akreditasi yang baik.

Kampus yang baik akan memberikan Anda fasilitas, kurikulum, dosen, dan lingkungan yang mendukung perkembangan Anda sebagai desainer grafis.

Kampus yang baik juga akan memberikan Anda peluang untuk berprestasi, mendapatkan beasiswa, dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Di Jakarta, ada banyak kampus yang menawarkan jurusan DKV, baik negeri maupun swasta. Namun, tidak semua kampus memiliki akreditasi A dari BAN-PT, yang menunjukkan kredibilitas dan reputasi suatu program studi.

Akreditasi A juga berpengaruh terhadap peluang lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, beasiswa, atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, kami telah merangkum daftar 7 jurusan DKV dengan akreditasi A di kampus Jakarta, berdasarkan data dari situs resmi BAN-PT per tanggal 18 Desember 2023.

Daftar ini diurutkan secara alfabetis, bukan berdasarkan peringkat atau preferensi. Daftar ini adalah sebagai berikut:

  • DKV Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
  • DKV Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
  • DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Pelita Harapan (UPH)
  • DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Trisakti (Usakti)
  • DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Tarumanagara (UNTAR)
  • DKV Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra (UKP)

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *