Don't Show Again Yes, I would!

7 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

7 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pelajarwajo.com – Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli. Strategi pembelajaran adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia pendidikan, terutama oleh para guru dan siswa.

Namun, apakah Anda tahu apa sebenarnya pengertian strategi pembelajaran itu? Mengapa strategi pembelajaran itu penting? Dan bagaimana para ahli mendefinisikannya? Artikel ini akan membahas tentang hal-hal tersebut secara lengkap dan mudah dipahami.

Apa Itu Strategi Pembelajaran?

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana atau cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran mencakup berbagai aspek, seperti pendekatan, model, metode, teknik, media, dan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Tujuan strategi pembelajaran adalah untuk membantu guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan minat siswa.

Selain itu, strategi pembelajaran juga bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk belajar secara mandiri, kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Mengapa Strategi Pembelajaran Penting?

Strategi pembelajaran adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dan hasil belajar. Strategi pembelajaran yang tepat dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa.

Strategi pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan prestasi belajar siswa.

Sebaliknya, strategi pembelajaran yang salah dapat membuat pembelajaran menjadi membosankan, tidak relevan, dan menyulitkan bagi siswa. Strategi pembelajaran yang tidak sesuai dapat menurunkan minat, konsentrasi, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Strategi pembelajaran yang tidak efektif juga dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan, kebingungan, dan kegagalan dalam belajar.

Oleh karena itu, strategi pembelajaran adalah hal yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh para guru. Guru harus mampu memilih, mengadaptasi, dan mengombinasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi, dan situasi pembelajaran.

Guru juga harus mampu menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik, kebutuhan, dan minat siswa.

Baca juga:

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berbagai ahli pembelajaran telah memberikan definisi tentang strategi pembelajaran dari perspektif yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli, beserta nama, tahun, dan sumbernya.

  • Kemp (1995) mendefinisikan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
  • Kozma (2007) mengartikan bahwa strategi pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
  • Sanjaya, Wina (2007) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru-siswa dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar. Sehingga strategi menunjuk kepada karakteristik abstrak rentetan perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar-mengajar.
  • Reigeluth, Bunderson dan Meril (1980) mengemukakan bahwa strategi mengorganisasikan isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan dan mensistesi fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berkaitan.
  • Frelberg dan Driscoll (1992) menyatakan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah adalah strategi yang menempatkan siswa dalam situasi masalah yang nyata atau realistis, dan meminta mereka untuk mencari solusi dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki atau yang mereka pelajari.
  • Gerlach dan Ely (1980) menegaskan bahwa strategi pembelajaran inquiry adalah strategi yang mengajak siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan melalui proses penyelidikan, pengamatan, percobaan, dan refleksi.
  • Dick dan Carey (1990) mengungkapkan bahwa strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir adalah strategi yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir secara logis, kritis, kreatif, dan analitis.

Kesimpulan

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana atau cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Strategi pembelajaran mencakup berbagai aspek, seperti pendekatan, model, metode, teknik, media, dan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Strategi pembelajaran adalah hal yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh para guru. Strategi pembelajaran yang tepat dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa.

Strategi pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan prestasi belajar siswa.

Berbagai ahli pembelajaran telah memberikan definisi tentang strategi pembelajaran dari perspektif yang berbeda-beda. Guru dapat mempelajari dan membandingkan definisi-definisi tersebut untuk memperkaya pemahaman dan wawasan mereka tentang strategi pembelajaran.

Guru juga dapat menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan minat siswa.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh pembaca terkait dengan topik artikel.

Apa perbedaan antara strategi, metode, dan teknik pembelajaran?

Strategi pembelajaran adalah rencana atau cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Metode pembelajaran adalah prosedur atau langkah-langkah yang digunakan oleh guru untuk melaksanakan strategi pembelajaran.

Teknik pembelajaran adalah tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh guru atau siswa untuk mendukung metode pembelajaran.

Apa contoh strategi pembelajaran yang populer digunakan?

Beberapa contoh strategi pembelajaran yang populer digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran inquiry, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran berbasis proyek, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, dan strategi pembelajaran blended learning.

Bagaimana cara memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan situasi pembelajaran?

Untuk memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan situasi pembelajaran, guru harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis materi pembelajaran, tingkat kesulitan materi pembelajaran, waktu yang tersedia, jumlah siswa, fasilitas dan sumber belajar yang ada, dan karakteristik, kebutuhan, dan minat siswa.

Apa tantangan dan hambatan dalam menerapkan strategi pembelajaran?

Beberapa tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru tentang strategi pembelajaran, kurangnya dukungan dan bimbingan dari pihak sekolah atau lembaga pendidikan, kurangnya motivasi dan kesiapan siswa untuk belajar dengan strategi pembelajaran tertentu, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung strategi pembelajaran, dan kurangnya evaluasi dan umpan balik tentang efektivitas strategi pembelajaran.

Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran?

Untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai alat dan teknik, seperti tes, kuis, tugas, portofolio, observasi, wawancara, angket, jurnal, rubrik, dan lain-lain.

Guru harus menentukan kriteria dan indikator keberhasilan strategi pembelajaran, mengumpulkan data dan bukti tentang proses dan hasil belajar siswa, menganalisis dan menafsirkan data dan bukti tersebut, dan memberikan umpan balik dan saran perbaikan kepada siswa dan diri sendiri.

Sumber referensi:
1. pelajaran.co.id
2. mandandi.com
3. zonareferensi.com
4. etheses.iainkediri.ac.id
5. repository.radenfatah.ac.id
6. matapendidikan.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *