Don't Show Again Yes, I would!

Review Terkini HP Infinix Hot 12 Play: Kenali Keunggulannya!

Review Terkini HP Infinix Hot 12 Play: Kenali Keunggulannya!

Pelajarwajo.com – Ingin memiliki HP gaming yang terjangkau namun tetap berkualitas? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan HP Infinix Hot 12 Play sebagai pilihan. HP ini merupakan salah satu seri terbaru dari Infinix yang dirilis pada Mei 2022.

HP ini menawarkan sejumlah fitur dan spesifikasi yang menarik, seperti layar 90Hz, baterai 6000mAh, chipset Unisoc T610, dan kamera 13MP.

Namun, apakah HP ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda? Apa saja kelebihan dan kekurangan HP ini? Bagaimana performa dan kualitasnya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami akan memberikan review terkini HP Infinix Hot 12 Play secara lengkap dan objektif.

Review Terkini HP Infinix Hot 12 Play

Review terkini Hp Infinix Hot 12 Play. Simak ulasan kami berikut ini.

Desain dan Tampilan

HP Infinix Hot 12 Play memiliki desain yang menarik dan modern. HP ini memiliki dimensi 171 x 78 x 8.9 mm dan berat 209 gram. HP ini terbuat dari material plastik polikarbonat dengan garis-garis pada panel belakangnya.

HP ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Racing Black, Horizon Blue, Daylight Green, dan Champagne Gold.

Pada bagian depan, HP ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6.82 inci dengan resolusi 720 x 1612 piksel dan rasio aspek 20:9. Layar ini memiliki refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz, yang membuatnya responsif dan mulus saat digunakan untuk bermain game atau menonton video.

Layar ini juga memiliki kamera selfie berbentuk punch hole di pojok kiri atas dengan resolusi 8MP.

Pada bagian belakang, HP ini memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang vertikal di pojok kiri atas. Modul ini menampung tiga buah kamera, yaitu kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP.

Di samping modul kamera, terdapat juga quad LED flash untuk membantu pencahayaan. Di tengah panel belakang, terdapat sensor sidik jari yang mudah dijangkau.

Pada bagian samping, HP ini memiliki tombol power dan volume di sisi kanan, serta slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri. Pada bagian bawah, HP ini memiliki port USB Type-C, port audio 3.5mm, dan lubang speaker.

Secara keseluruhan, HP ini memiliki desain yang cukup elegan dan ergonomis untuk kelas harganya.

Performa dan Baterai

HP Infinix Hot 12 Play ditenagai oleh chipset Unisoc T610, yang merupakan chipset entry level yang dibuat dengan fabrikasi 12nm. Chipset ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari dua core Cortex-A75 1.8GHz dan enam core Cortex-A55 1.8GHz.

Chipset ini juga memiliki GPU Mali-G52 MP2 yang mampu menghandle grafis dengan cukup baik.

Untuk mendukung performanya, HP ini juga dilengkapi dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB atau 128GB. Selain itu, HP ini juga memiliki fitur Extended RAM yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan memori internal sebagai RAM tambahan hingga 3GB.

Fitur ini berguna untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat tanpa lag atau macet.

Untuk sistem operasinya, HP ini menggunakan Android 11 dengan antarmuka XOS 10.6. Antarmuka ini menawarkan sejumlah fitur dan personalisasi yang menarik, seperti Beez, Xvoca, XArena, Smart Scene, dan DTS Sound. Antarmuka ini juga cukup ringan dan tidak terlalu banyak bloatware.

Untuk daya tahan baterainya, HP ini memiliki baterai Li-Po berkapasitas 6000mAh yang mampu bertahan hingga 2 hari pemakaian normal. Baterai ini juga mendukung pengisian daya 10W melalui port USB Type-C.

Sayangnya, HP ini tidak memiliki fitur fast charging atau reverse charging yang bisa mempercepat proses pengisian atau berbagi daya dengan perangkat lain.

Baca juga: 

Kamera dan Multimedia

HP Infinix Hot 12 Play memiliki kamera belakang yang terdiri dari tiga buah kamera, yaitu kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Kamera ini memiliki fitur seperti AI, HDR, panorama, dan beauty mode. Kamera ini juga mampu merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera belakang ini cukup baik untuk kelas harganya. Foto yang diambil di kondisi cahaya yang baik memiliki warna yang cerah dan detail yang cukup tajam.

Namun, foto yang diambil di kondisi cahaya yang kurang baik atau malam hari cenderung memiliki noise dan detail yang buram. Kamera makro dan depth juga tidak terlalu impresif dan hanya bisa digunakan untuk efek bokeh atau close up.

Untuk kamera depan, HP ini memiliki kamera selfie beresolusi 8MP yang juga memiliki fitur seperti AI, HDR, panorama, dan beauty mode. Kamera ini juga mampu merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera depan ini juga cukup baik untuk kelas harganya. Foto yang diambil memiliki warna yang natural dan detail yang cukup jelas. Namun, foto yang diambil di kondisi cahaya yang kurang baik juga cenderung memiliki noise dan detail yang buram.

Untuk multimedia, HP ini memiliki layar yang luas dan berkualitas yang cocok untuk menonton video atau bermain game. Layar ini juga memiliki refresh rate 90Hz yang membuatnya mulus dan responsif.

HP ini juga memiliki speaker yang cukup lantang dan jernih, serta mendukung DTS Sound yang bisa meningkatkan kualitas suara. HP ini juga memiliki port audio 3.5mm yang bisa digunakan untuk menghubungkan earphone atau headphone.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah membahas spesifikasi dan fitur HP Infinix Hot 12 Play, sekarang kami akan merangkum kelebihan dan kekurangan HP ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan HP Infinix Hot 12 Play.

Kelebihan

  • Desain yang menarik dan modern
  • Layar yang luas dan berkualitas dengan refresh rate 90Hz
  • Chipset yang cukup kencang untuk kelas harganya
  • Memori internal yang besar dan bisa dijadikan RAM tambahan
  • Baterai yang besar dan tahan lama
  • Kamera yang cukup baik di kondisi cahaya yang baik
  • Speaker yang lantang dan jernih dengan DTS Sound
  • Port USB Type-C dan audio 3.5mm

Kekurangan

  • Material bodi yang terbuat dari plastik
  • Tidak memiliki fitur fast charging atau reverse charging
  • Kamera yang kurang baik di kondisi cahaya yang kurang baik
  • Kamera makro dan depth yang kurang impresif
  • Kamera depan yang hanya beresolusi 8MP

Kesimpulan

HP Infinix Hot 12 Play adalah HP gaming yang terjangkau namun tetap berkualitas. HP ini menawarkan sejumlah fitur dan spesifikasi yang menarik, seperti layar 90Hz, baterai 6000mAh, chipset Unisoc T610, dan kamera 13MP.

HP ini cocok untuk Anda yang suka bermain game atau menonton video di HP. HP ini juga memiliki desain yang menarik dan modern, serta memori internal yang besar dan bisa dijadikan RAM tambahan.

Namun, HP ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti material bodi yang terbuat dari plastik, tidak memiliki fitur fast charging atau reverse charging, kamera yang kurang baik di kondisi cahaya yang kurang baik, kamera makro dan depth yang kurang impresif, dan kamera depan yang hanya beresolusi 8MP.

HP ini mungkin tidak cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas kamera atau pengisian daya yang cepat.

Demikian review terkini HP Infinix Hot 12. Semoga bermanfaat

FAQ

  • Q: Berapa harga HP Infinix Hot 12 Play?
  • A: Harga HP Infinix Hot 12 Play adalah Rp 1.999.000 untuk varian RAM 4GB dan memori internal 64GB, dan Rp 2.199.000 untuk varian RAM 4GB dan memori internal 128GB.
  • Q: Apa saja fitur unggulan HP Infinix Hot 12 Play?
  • A: Fitur unggulan HP Infinix Hot 12 Play adalah layar 90Hz, baterai 6000mAh, chipset Unisoc T610, dan kamera 13MP.
  • Q: Apa saja kekurangan HP Infinix Hot 12 Play?
  • A: Kekurangan HP Infinix Hot 12 Play adalah material bodi yang terbuat dari plastik, tidak memiliki fitur fast charging atau reverse charging, kamera yang kurang baik di kondisi cahaya yang kurang baik, kamera makro dan depth yang kurang impresif, dan kamera depan yang hanya beresolusi 8MP.
  • Q: Bagaimana cara mengaktifkan fitur Extended RAM di HP Infinix Hot 12 Play?
  • A: Cara mengaktifkan fitur Extended RAM di HP Infinix Hot 12 Play adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Sistem, lalu pilih Extended RAM, lalu geser tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.
  • Q: Apakah HP Infinix Hot 12 Play mendukung dual SIM dan microSD?
  • A: Ya, HP Infinix Hot 12 Play mendukung dual SIM dan microSD. HP ini memiliki slot kartu SIM dan microSD yang terpisah di sisi kiri bodinya. HP ini juga mendukung jaringan 4G LTE di kedua kartu SIM.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *