Don't Show Again Yes, I would!

WhatsApp Rilis Fitur Passkey: Cara Kerja, Keunggulan, dan Cara Mengaktifkannya

WhatsApp Rilis Fitur Passkey: Cara Kerja, Keunggulan, dan Cara Mengaktifkannya

Pelajarwajo.comFitur Passkey. WhatsApp, aplikasi perpesanan instan terpopuler di dunia, baru saja merilis fitur passkey untuk pengguna Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk login ke akun WhatsApp tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Cukup dengan menggunakan sidik jari, wajah, atau PIN yang sudah terdaftar di perangkat, pengguna bisa mengakses akun WhatsApp dengan lebih cepat dan aman.

Fitur passkey merupakan salah satu inovasi terbaru dari WhatsApp, yang sebelumnya juga telah meluncurkan fitur multi-perangkat, pesan sekali lihat, dan chat lock. Fitur ini juga sejalan dengan tren teknologi login yang semakin berkembang, seperti yang sudah diterapkan oleh Google, TikTok, dan beberapa layanan internet lainnya.

Lalu, bagaimana cara kerja, keunggulan, dan cara mengaktifkan fitur passkey ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Samsung A54 5G: Smartphone Canggih dengan Harga Terjangkau

Apa itu Passkey?

Passkey adalah teknologi login yang menggunakan dua kunci, yaitu kunci privat dan kunci publik, yang disimpan di perangkat pengguna. Kunci privat hanya bisa diakses oleh pemilik akun dan perangkat, sedangkan kunci publik digunakan untuk mengautentikasi akun dengan layanan yang mendukung passkey.

Dengan passkey, pengguna tidak perlu mengingat atau menulis kata sandi yang rumit dan berbeda-beda untuk setiap akun. Pengguna juga tidak perlu khawatir lupa kata sandi atau kehilangan akses akun karena ponsel hilang atau rusak. Selain itu, passkey juga bisa mencegah percobaan phishing atau pencurian identitas yang sering memanfaatkan kode verifikasi SMS.

Bagaimana Cara Kerja Passkey?

Passkey bekerja dengan cara menghubungkan akun WhatsApp dengan sistem keamanan perangkat pengguna, seperti sidik jari, wajah, atau PIN. Ketika pengguna ingin login ke akun WhatsApp di perangkat baru, pengguna cukup memindai sidik jari atau wajah, atau memasukkan PIN yang sudah digunakan untuk mengunci layar perangkat.

Passkey akan mengirimkan kunci publik ke server WhatsApp untuk memverifikasi identitas pengguna. Server WhatsApp kemudian akan mengirimkan kunci privat ke perangkat pengguna untuk membuka kunci akun. Proses ini berlangsung secara otomatis dan cepat tanpa memerlukan intervensi pengguna.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE: Smartphone Impian dengan Harga Terjangkau

Apa Keunggulan Passkey?

Passkey memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode login konvensional, yaitu:

  • Lebih cepat dan praktis. Pengguna tidak perlu menunggu SMS atau email yang berisi kode verifikasi untuk login ke akun WhatsApp. Pengguna juga tidak perlu memasukkan kata sandi yang panjang dan sulit diingat. Cukup dengan satu sentuhan atau tatapan saja, pengguna bisa langsung masuk ke akun WhatsApp.
  • Lebih aman dan terlindungi. Passkey menggunakan kriptografi asimetris yang membuat kunci privat tidak bisa dipalsukan atau dicuri oleh pihak lain. Passkey juga tidak bisa ditulis atau dibagikan dengan orang lain. Jika ponsel hilang atau dicuri, pengguna masih bisa login ke akun WhatsApp di perangkat lain asalkan sudah memiliki cadangan passkey.
  • Lebih fleksibel dan kompatibel. Passkey mendukung berbagai macam sistem keamanan perangkat, baik itu sidik jari, wajah, iris mata, pola, PIN, atau password. Pengguna bisa memilih sistem keamanan yang paling sesuai dengan preferensi dan kenyamanan mereka. Passkey juga kompatibel dengan fitur multi-perangkat WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan akun WhatsApp di hingga empat perangkat sekaligus.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Passkey?

Untuk mengaktifkan passkey di WhatsApp Android, pengguna harus memastikan bahwa aplikasi WhatsApp sudah diperbarui ke versi terbaru. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android
  • Ketuk ikon menu titik tiga di sudut kanan atas lalu pilih Setelan
  • Setelah itu masuk menu Akun dan pilih opsi Kunci sandi atau passkey
  • Tekan tombol ‘Buat kunci sandi’
  • WhatsApp akan menampilkan jendela pop-up yang mengatakan passkey akan dibuat untuk akun Anda, setelah itu ketuk ‘Lanjutkan’
  • Anda akan diberi opsi untuk menghubungkan screen lock ponsel sehingga WhatsApp bisa menggunakan PIN atau password yang sudah dipasang untuk lock screen sebagai metode login
  • Setelah itu Anda akan diminta untuk membuat passkey menggunakan PIN atau sidik jari
  • Passkey berhasil dibuat, tapi WhatsApp memberikan opsi untuk mencabut passkey yang sudah diatur.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Smartphone Terbaru dari Apple

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Passkey?

Meskipun passkey memiliki banyak kelebihan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan fitur ini, yaitu:

  • Passkey adalah fitur opsional. Pengguna WhatsApp bisa memilih untuk mengaktifkan atau tidak fitur ini sesuai dengan keinginan mereka. Pengguna juga bisa kembali ke metode login konvensional dengan mematikan fitur passkey di menu Setelan.
  • Passkey tidak menggantikan verifikasi dua langkah. Passkey hanya berlaku untuk login ke akun WhatsApp di perangkat baru, sedangkan verifikasi dua langkah masih berlaku untuk login ke akun WhatsApp di perangkat lama. Verifikasi dua langkah juga tetap diperlukan untuk melakukan verifikasi ulang akun WhatsApp sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.
  • Passkey harus dicadangkan secara berkala. Jika pengguna tidak memiliki cadangan passkey, pengguna tidak bisa login ke akun WhatsApp di perangkat lain jika ponsel hilang atau rusak. Untuk membuat cadangan passkey, pengguna bisa menggunakan Google Drive atau media penyimpanan lainnya yang aman dan terpercaya.

Apa Tanggapan Pengguna tentang Passkey?

Fitur passkey mendapat tanggapan positif dari sebagian besar pengguna WhatsApp Android. Banyak pengguna yang merasa fitur ini sangat membantu dan memudahkan mereka dalam mengakses akun WhatsApp. Beberapa pengguna juga mengapresiasi inovasi dan kreativitas WhatsApp dalam mengembangkan fitur-fitur baru yang bermanfaat.

Namun, ada juga sebagian pengguna yang mengalami kendala atau kesulitan saat menggunakan fitur passkey. Beberapa pengguna melaporkan bahwa fitur ini belum tersedia di perangkat mereka meskipun sudah memperbarui aplikasi WhatsApp. Beberapa pengguna lain mengeluh bahwa fitur ini membuat proses login menjadi lebih rumit dan ribet.

Bagaimana Prospek Passkey di Masa Depan?

Passkey merupakan salah satu teknologi login yang memiliki prospek cerah di masa depan. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, kebutuhan akan sistem keamanan yang lebih canggih dan andal juga semakin meningkat. Passkey menawarkan solusi yang efisien dan efektif untuk menjaga privasi dan keamanan akun pengguna.

Passkey juga memiliki potensi untuk diterapkan di berbagai layanan internet lainnya, seperti media sosial, e-commerce, perbankan, dan lain-lain. Dengan passkey, pengguna bisa mengelola akun-akun mereka dengan lebih mudah dan nyaman tanpa perlu khawatir lupa kata sandi atau menjadi korban penipuan online.

Kesimpulan

WhatsApp rilis fitur passkey untuk Android sebagai salah satu inovasi terbaru dalam bidang teknologi login. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk login ke akun WhatsApp tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode verifikasi SMS. Cukup dengan menggunakan sidik jari, wajah, atau PIN yang sudah terdaftar di perangkat, pengguna bisa mengakses akun WhatsApp dengan lebih cepat dan aman.

Fitur passkey memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih cepat dan praktis, lebih aman dan terlindungi, serta lebih fleksibel dan kompatibel. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh WhatsApp.

Namun, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan fitur passkey, seperti passkey adalah fitur opsional, passkey tidak menggantikan verifikasi dua langkah, dan passkey harus dicadangkan secara berkala. Pengguna juga harus tetap waspada terhadap ancaman keamanan online yang bisa saja terjadi meskipun sudah menggunakan fitur passkey.

Demikian ulasan lengkap tentang fitur passkey WhatsApp untuk Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang teknologi login terkini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tentang fitur passkey, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *