Don't Show Again Yes, I would!

8 Rekomendasi Game Farm Terbaik, Seru, dan Menantang

Rekomendasi Game Farm Terbaik, Seru, dan Menantang

Pelajarwajo.comGame farm terbaik. Ingin bermain game farm terbaik? Simak ulasan tentang 8 rekomendasi game farm terbaik sepanjang masa yang bisa anda mainkan di berbagai platform.

Game farm atau game pertanian adalah salah satu genre game yang populer di kalangan para gamer. Game farm menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan relaks, sekaligus mengasah kreativitas dan strategi. Dalam game farm, kita bisa menanam berbagai macam tanaman, memelihara hewan ternak, membangun fasilitas, berinteraksi dengan karakter lain, dan masih banyak lagi.

Namun, dengan begitu banyaknya game farm yang tersedia di pasaran, mungkin kita bingung memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan selera kita. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas 8 game farm terbaik yang bisa kita mainkan di berbagai platform, mulai dari PC, konsol, hingga smartphone. Mari kita simak ulasannya!

Game Farm Terbaik: 8 Pilihan yang Seru dan Menantang

Berikut dibawah ini delapan game farm terbaik y ang seru dan menantang:

1. Stardew Valley

Stardew Valley adalah game farm yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Game ini dibuat oleh seorang developer indie bernama Eric Barone atau ConcernedApe. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 untuk PC, dan kemudian diadaptasi ke berbagai platform lain, seperti PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, iOS, Android, dan Linux.

Dalam Stardew Valley, kita akan berperan sebagai seorang pekerja kantoran yang bosan dengan hidupnya di kota besar. Kita kemudian mewarisi sebuah lahan pertanian milik kakek kita di sebuah desa bernama Stardew Valley. Di sana, kita harus menghidupkan kembali lahan pertanian yang sudah lama terbengkalai, sekaligus menjalin hubungan dengan penduduk desa.

Game ini memiliki gameplay yang sangat luas dan variatif. Kita bisa menanam berbagai macam tanaman sesuai dengan musimnya, memelihara hewan ternak seperti sapi, ayam, domba, dan kambing, membuat produk olahan seperti keju, mayones, anggur, dan madu, memancing ikan di sungai atau laut, menjelajahi gua yang penuh dengan monster dan harta karun, mengikuti festival-festival desa yang unik dan menarik, menikah dengan salah satu dari 12 karakter yang bisa dipacari, dan masih banyak lagi.

2. Harvest Moon: Friends of Mineral Town

Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah game farm klasik yang dirilis pada tahun 2003 untuk Game Boy Advance. Game ini merupakan remake dari Harvest Moon: Back to Nature yang dirilis pada tahun 1999 untuk PlayStation. Game ini juga memiliki versi remake terbaru yang dirilis pada tahun 2020 untuk Nintendo Switch dengan judul Story of Seasons: Friends of Mineral Town.

game farm terbaik

Dalam Harvest Moon: Friends of Mineral Town, kita akan berperan sebagai seorang pemuda atau pemudi (tergantung pilihan kita) yang mewarisi sebuah lahan pertanian di sebuah desa bernama Mineral Town. Di sana, kita harus mengurus lahan pertanian kita sebaik mungkin, sekaligus berinteraksi dengan penduduk desa yang ramah dan unik.

Game ini memiliki gameplay yang sederhana namun menantang. Kita harus mengatur waktu kita dengan baik untuk melakukan berbagai aktivitas pertanian, seperti menanam tanaman, memelihara hewan ternak, menyiram tanaman, memberi makan hewan ternak, memanen hasil pertanian, menjualnya ke supermarket atau pedagang keliling, membeli bibit atau peralatan baru, dan lain-lain. Kita juga harus memperhatikan stamina kita agar tidak kelelahan atau sakit.

Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah game farm yang bisa membuat kita merasakan kehidupan desa yang damai dan harmonis. Game ini memiliki grafis yang lucu dan cerah, karakter-karakter yang menarik dan berkesan, serta gameplay yang seru dan menghibur.

Game ini juga memiliki banyak rahasia dan fitur tersembunyi yang bisa kita temukan dengan cara-cara tertentu, sehingga kita tidak akan mudah bosan bermain game ini.

Baca juga: 11 Game Santai Android yang Bisa Membuat Kamu Lupa Waktu

3. Farming Simulator 19

Farming Simulator 19 adalah game farm yang dirilis pada tahun 2018 untuk PC, PlayStation 4, Xbox One, dan Google Stadia. Game ini merupakan bagian dari seri Farming Simulator yang dimulai pada tahun 2008. Game ini dikembangkan oleh Giants Software dan diterbitkan oleh Focus Home Interactive.

Dalam Farming Simulator 19, kita akan berperan sebagai seorang petani profesional yang harus mengelola sebuah lahan pertanian secara realistis dan detail. Kita bisa memilih salah satu dari tiga peta yang tersedia, yaitu Ravenport (Amerika Serikat), Felsbrunn (Eropa), dan Estancia Lapacho (Amerika Selatan).

Kita juga bisa memilih mode permainan yang kita inginkan, yaitu Career (bermain sendiri), Multiplayer (bermain bersama pemain lain secara online), atau Sandbox (bermain bebas tanpa batasan).

Game ini memiliki gameplay yang sangat luas dan kompleks. Kita bisa menanam lebih dari 10 jenis tanaman, seperti gandum, jagung, kedelai, kapas, dan tebu. Kita juga bisa memelihara lebih dari 10 jenis hewan ternak, seperti sapi, ayam, domba, kuda, dan anjing.

Kita juga bisa membeli lebih dari 300 jenis kendaraan dan peralatan pertanian dari merek-merek terkenal, seperti John Deere, Case IH, New Holland, Challenger, Fendt, Massey Ferguson, Valtra, Krone, Deutz-Fahr, dan lain-lain.

4. Animal Crossing: New Horizons

Animal Crossing: New Horizons adalah game farm yang dirilis pada tahun 2020 untuk Nintendo Switch. Game ini merupakan bagian dari seri Animal Crossing yang dimulai pada tahun 2001. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo.

Dalam Animal Crossing: New Horizons, kita akan berperan sebagai seorang penghuni pulau tropis yang harus membangun sebuah komunitas bersama dengan karakter-karakter binatang yang lucu dan menggemaskan. Kita bisa memilih salah satu dari empat pilihan pulau yang tersedia di awal game, dan menyesuaikan penampilan karakter kita dengan memilih jenis kelamin, warna kulit, warna rambut, mata, hidung, mulut, pakaian, topi, dan aksesori lainnya.

game farm terbaik

Game ini memiliki gameplay yang sangat bebas dan kreatif. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas di pulau kita, seperti menanam pohon buah, bunga, dan sayuran, memancing ikan, menangkap serangga, menggali fosil, mengumpulkan kerang, membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan alami, membeli dan menjual barang-barang di toko-toko pulau, menghias rumah dan pulau kita sesuai dengan selera kita, dan lain-lain.

Kita juga bisa berinteraksi dengan karakter-karakter binatang yang memiliki kepribadian dan gaya bicara yang berbeda-beda. Kita bisa memberi mereka hadiah, mengobrol dengan mereka, mengundang mereka ke rumah atau pulau kita, mengikuti event-event spesial yang berkaitan dengan musim atau hari raya tertentu, menikah dengan salah satu dari mereka (hanya dalam modifikasi), dan bahkan memiliki anak (juga hanya dalam modifikasi).

5. My Time at Portia

My Time at Portia adalah game farm yang dirilis pada tahun 2019 untuk PC, PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch. Game ini dikembangkan oleh Pathea Games dan diterbitkan oleh Team17.

Dalam My Time at Portia, kita akan berperan sebagai seorang pengrajin (builder) yang baru saja mewarisi sebuah bengkel di sebuah kota bernama Portia. Di sana, kita harus membangun reputasi kita sebagai pengrajin terbaik di kota dengan menyelesaikan berbagai proyek-proyek pembangunan untuk penduduk kota atau organisasi-organisasi tertentu. Kita juga harus menjalin hubungan dengan penduduk kota yang memiliki latar belakang dan cerita masing-masing.

Game ini memiliki gameplay yang sangat kaya dan variatif. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas di kota Portia atau di luar kota, seperti menambang mineral atau relik-relik kuno di gua-gua atau reruntuhan-reruntuhan teknologi masa lalu, memotong kayu atau mengumpulkan bahan-bahan alami di hutan-hutan atau padang-padang rumput, memelihara hewan ternak seperti sapi susu atau domba wol di peternakan kita sendiri atau di peternakan orang lain (dengan izin tentunya).

Memancing ikan di sungai atau laut (atau kolam renang), membuat makanan atau minuman dari bahan-bahan yang kita dapatkan atau beli di toko-toko kota (atau dari vending machine), membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan yang kita buat sendiri di bengkel kita (atau dari mesin-mesin canggih), membeli atau menjual barang-barang di pasar kota (atau lelang online), mengikuti kompetisi-kompetisi olahraga atau budaya yang diadakan di kota (atau di arena pertarungan), menikah dengan salah satu dari 28 karakter yang bisa dipacari (14 laki-laki dan 14 perempuan), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Game Santai PC: 8 Pilihan Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Anda

6. Slime Rancher

Slime Rancher adalah game farm yang dirilis pada tahun 2017 untuk PC, PlayStation 4, Xbox One, dan macOS. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Monomi Park.

Dalam Slime Rancher, kita akan berperan sebagai seorang peternak slime bernama Beatrix LeBeau yang baru saja pindah ke sebuah planet jauh bernama Far, Far Range. Di sana, kita harus mengurus sebuah peternakan slime dengan menangkap, memelihara, dan menjual slime-slime yang lucu dan menggemaskan.

Game ini memiliki gameplay yang sangat menyenangkan dan menggemaskan. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas di planet Far, Far Range, seperti menangkap slime-slime dari berbagai jenis dan warna di alam liar dengan menggunakan alat penembak slime (slime vac), memelihara slime-slime di kandang-kandang khusus dengan memberi mereka makanan favorit mereka (seperti buah-buahan, sayuran, daging, atau slime lainnya),

Mengumpulkan plort-plort (produk olahan slime) dari slime-slime yang sudah kenyang dan menjualnya di pasar plort (plort market) dengan harga yang bervariasi sesuai dengan permintaan pasar, membeli atau membuat upgrade-upgrade untuk alat penembak slime, kandang-kandang slime, atau peternakan slime kita secara keseluruhan (seperti jetpack, tangki air, pagar listrik, taman bunga, kolam ikan, api unggun, dll),

Menjelajahi planet Far, Far Range yang luas dan indah dengan menggunakan jetpack atau kendaraan off-road (atau terbang dengan slime), mengikuti misi-misi dari karakter-karakter lain melalui surat-surat elektronik (atau hologram), menemukan rahasia-rahasia tersembunyi di planet Far, Far Range (seperti slime raksasa, pulau terapung, portal antar dimensi, dll), dan masih banyak lagi.

7. Rune Factory 4 Special

Rune Factory 4 Special adalah game farm yang dirilis pada tahun 2020 untuk Nintendo Switch. Game ini merupakan versi remake dari Rune Factory 4 yang dirilis pada tahun 2012 untuk Nintendo 3DS. Game ini dikembangkan oleh Neverland Co., Ltd. dan diterbitkan oleh Marvelous Inc.

Dalam Rune Factory 4 Special, kita akan berperan sebagai seorang pangeran atau putri (tergantung pilihan kita) yang baru saja tiba di sebuah kota bernama Selphia. Kita kemudian ditugaskan oleh naga pelindung kota bernama Ventuswill untuk mengurus kota tersebut sebagai penguasa sementara.

game farm terbaik

Di sana, kita harus mengurus lahan pertanian kita, menjelajahi dungeon-dungeon yang berbahaya, serta berinteraksi dengan penduduk kota yang memiliki kehidupan dan cerita masing-masing.

Game ini memiliki gameplay yang sangat seru dan menantang. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas di kota Selphia atau di luar kota, seperti menanam tanaman, memelihara monster-monster yang bisa kita tangkap di dungeon-dungeon sebagai hewan ternak atau teman bertarung, membuat makanan atau obat-obatan dari bahan-bahan yang kita dapatkan atau beli di toko-toko kota,

Membuat senjata atau peralatan pertanian dari bahan-bahan yang kita buat sendiri di bengkel kita, membeli atau menjual barang-barang di pasar kota atau lelang online, mengikuti event-event kota yang bervariasi dan unik, menikah dengan salah satu dari 12 karakter yang bisa dipacari (6 laki-laki dan 6 perempuan), dan bahkan memiliki anak.

8. Story of Seasons: Pioneers of Olive Town

Story of Seasons: Pioneers of Olive Town adalah game farm terbaru yang dirilis pada tahun 2021 untuk Nintendo Switch. Game ini merupakan bagian dari seri Story of Seasons (dulunya Harvest Moon) yang dimulai pada tahun 1996. Game ini dikembangkan oleh Marvelous Inc. dan diterbitkan oleh XSEED Games.

Dalam Story of Seasons: Pioneers of Olive Town, kita akan berperan sebagai seorang pemuda atau pemudi (tergantung pilihan kita) yang bercita-cita menjadi seorang petani. Kita kemudian mewarisi sebuah lahan pertanian milik kakek kita di sebuah kota kecil bernama Olive Town.

Di sana, kita harus menghidupkan kembali lahan pertanian yang sudah lama terlantar, sekaligus membantu perkembangan kota dengan berkontribusi dalam berbagai proyek-proyek pembangunan.

Game ini memiliki gameplay yang sangat luas dan fleksibel. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas di lahan pertanian kita atau di kota Olive Town, seperti menanam tanaman, memelihara hewan ternak, membuat produk olahan, memancing ikan, menggali mineral, mengumpulkan bahan-bahan alami,

Membuat kerajinan tangan, membeli dan menjual barang-barang, mengikuti festival-festival kota, menikah dengan salah satu dari 10 karakter yang bisa dipacari (5 laki-laki dan 5 perempuan), dan bahkan memiliki anak.

Baca juga: 10 Game Penghasil Uang Paypal yang Wajib Anda Coba

Kesimpulan

Game farm adalah salah satu genre game yang populer dan digemari oleh banyak orang. Game farm menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan relaks, sekaligus mengasah kreativitas dan strategi. Dari sekian banyak game farm yang tersedia di pasaran, kami telah memilih 8 game farm terbaik yang bisa anda mainkan di berbagai platform. Game-game tersebut adalah:

  • Stardew Valley
  • Harvest Moon: Friends of Mineral Town
  • Farming Simulator 19
  • Animal Crossing: New Horizons
  • My Time at Portia
  • Slime Rancher
  • Rune Factory 4 Special
  • Story of Seasons: Pioneers of Olive Town

Semua game tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing pemain. Kami harap artikel ini bisa membantu anda dalam memilih game farm terbaik yang cocok untuk anda. Selamat bermain!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *