Don't Show Again Yes, I would!

10 Tips Mengerjakan TOEFL dengan Cepat dan Tepat

Tips Mengerjakan TOEFL – Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 10 tips untuk mengerjakan tes TOEFL dengan cepat dan tepat. Dari tips mempersiapkan diri hingga cara menjawab pertanyaan, artikel ini akan membantu Anda sukses dalam tes TOEFL.

Apakah Anda ingin mengambil tes TOEFL dalam waktu dekat? Apakah Anda ingin mencari tips untuk mengerjakan TOEFL dengan cepat dan tepat? Jika ya, maka artikel ini adalah jawaban untuk Anda! Berikut ini adalah 10 tips ampuh yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan tes TOEFL dengan cepat dan tepat.

Tips Mengerjakan TOEFL dengan Cepat dan Tepat

Persiapkan Diri dengan Baik

Tips pertama untuk mengerjakan TOEFL dengan cepat dan tepat adalah mempersiapkan diri dengan baik. Persiapkan diri Anda dengan belajar secara konsisten, memperluas kosa kata bahasa Inggris, serta membaca dan mendengarkan materi bahasa Inggris secara teratur. Pastikan Anda juga beristirahat dengan cukup dan makan makanan yang sehat sebelum mengambil tes.

Kenali Format Tes

Sebelum mengambil tes, pastikan Anda telah mempelajari format tes TOEFL secara keseluruhan. Dengan mengetahui format tes, Anda dapat merencanakan strategi terbaik untuk mengerjakan setiap bagian tes.

Gunakan Strategi Skimming and Scanning

Untuk membantu Anda dalam mengerjakan tes TOEFL dengan cepat dan tepat, gunakan strategi skimming and scanning. Skimming dan scanning adalah teknik membaca yang dapat membantu Anda untuk menemukan informasi penting dengan cepat. Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat mempercepat waktu Anda dalam mengerjakan tes.

Jawab Pertanyaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Setelah memahami format tes, cobalah untuk menjawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda memperoleh poin dengan cepat dan menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan yang lebih sulit.

Gunakan Waktu Dengan Efektif

Gunakan waktu yang diberikan dengan efektif. Cobalah untuk tidak terlalu lama memikirkan satu pertanyaan dan jangan terjebak pada satu pertanyaan saja. Jika Anda menghadapi pertanyaan yang sulit, lewati pertanyaan tersebut dan kembali ke pertanyaan tersebut nanti.

Gunakan Contoh Secara Efektif

Pada beberapa bagian tes TOEFL, Anda diminta untuk memberikan contoh. Gunakan contoh-contoh yang relevan dan efektif untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ini akan membantu Anda untuk memperoleh poin yang lebih banyak.

Tulis Dengan Rapi

Pastikan tulisan Anda rapi dan mudah dibaca. Gunakan spasi yang cukup antara setiap kata dan pastikan tulisan Anda mudah dibaca oleh penguji.

Jangan Terlalu Fokus pada Kesalahan Grammar

Jangan terlalu fokus pada kesalahan grammar yang kecil. Fokus pada pemahaman secara keseluruhan dan cobalah untuk menjawab dengan cepat dan tepat

Tingkatkan Keterampilan Listening

Keterampilan listening sangat penting dalam tes TOEFL. Cobalah untuk meningkatkan keterampilan listening Anda dengan cara mendengarkan berbagai materi dalam bahasa Inggris, seperti film, podcast, atau berita dalam bahasa Inggris.

Gunakan Latihan TOEFL

Terakhir, gunakan latihan TOEFL secara teratur untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik. Latihan TOEFL akan membantu Anda memahami format tes dan memberikan pengalaman dalam mengerjakan tes sebenarnya.

Tips Mengerjakan TOEFL Listening dengan Efektif

TOEFL Listening adalah salah satu bagian dari tes TOEFL yang mengevaluasi kemampuan seseorang dalam memahami percakapan dalam bahasa Inggris. Bagian ini sering dianggap sulit oleh banyak peserta tes karena banyak aspek yang harus diperhatikan, seperti pengucapan, intonasi, dan aksen. Berikut ini Pelajarwajo akan memberikan tips mengerjakan TOEFL Listening dengan efektif agar kamu bisa mencapai skor yang diinginkan.

Kenali Format Listening TOEFL

Sebelum memulai mengerjakan tes TOEFL Listening, penting untuk memahami format yang digunakan dalam tes tersebut. Tes TOEFL Listening terdiri dari 4-6 bagian, setiap bagian memiliki 6-9 soal. Setiap bagian memiliki topik yang berbeda, seperti akademik atau umum. Kamu akan diberikan waktu 10-20 menit untuk mengerjakan setiap bagian. Setelah kamu menyelesaikan mengerjakan setiap bagian, kamu tidak akan dapat kembali ke bagian sebelumnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah: Pelajari Strategi Ampuhnya di Sini!

Tingkatkan Kemampuan Mendengar

Tips pertama untuk mengerjakan TOEFL Listening adalah meningkatkan kemampuan mendengar bahasa Inggris. Kamu dapat meningkatkan kemampuan mendengarmu dengan terus berlatih mendengarkan audio atau video dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk mendengarkan berbagai jenis audio atau video, seperti berita, podcast, lagu, atau film. Dengan mendengarkan lebih banyak bahasa Inggris, kamu akan lebih terbiasa dengan berbagai aksen dan intonasi yang berbeda.

Perhatikan Detail

Tips selanjutnya adalah perhatikan detail dari audio yang kamu dengarkan. Setiap soal dalam tes TOEFL Listening akan menuntut kamu untuk mendengarkan secara teliti dan mencari detail dalam percakapan. Perhatikan kata-kata kunci, seperti tanggal, nama, atau tempat, karena hal tersebut dapat membantu kamu menjawab soal yang berkaitan dengan detail.

 Latihan dengan Tes TOEFL Listening

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan tes TOEFL Listening adalah dengan latihan tes. Kamu dapat mencari tes TOEFL Listening gratis online dan mencoba mengerjakannya. Hal ini akan membantumu dalam memahami format tes dan memperbaiki strategi mengerjakan soal.

Buat Catatan

Tips terakhir adalah dengan membuat catatan selama kamu mendengarkan audio dalam tes TOEFL Listening. Catatlah detail yang penting dalam setiap percakapan, seperti topik, nama, tanggal, dan lainnya. Hal ini akan membantu kamu menjawab soal yang berkaitan dengan detail. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan catatan tersebut sebagai referensi ketika menjawab soal yang berkaitan dengan percakapan sebelumnya.

Jadi, tips mengerjakan TOEFL Listening membutuhkan kemampuan mendengar dan konsentrasi yang tinggi. Dengan mengikuti tips-tips yang telah kami jelaskan di atas, diharapkan kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan tes TOEFL Listening dan mencapai skor yang diinginkan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat mengerjakan tes TOEFL Listening dengan lebih efektif dan mencapai skor yang diinginkan. Terus berlatih dan jangan lupa untuk percaya pada diri sendiri!

Tips Mengerjakan TOEFL Reading

TOEFL Reading adalah salah satu bagian dari tes TOEFL yang penting untuk dihadapi, karena pada bagian ini akan diuji kemampuan membaca dan memahami bacaan dalam bahasa Inggris. Mengerjakan bagian TOEFL Reading bisa jadi cukup menantang, terutama jika kamu tidak terbiasa membaca teks dalam bahasa Inggris dengan cepat dan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips  mengerjakan TOEFL Reading.

Meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris

Sebelum memulai mengerjakan bagian TOEFL Reading, pastikan kamu sudah terbiasa membaca dalam bahasa Inggris secara rutin. Banyak membaca buku, artikel, dan berita dalam bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca, serta memperkaya kosakata dan memahami konsep-konsep yang terkait dalam bahasa Inggris.

Gunakan teknik scanning dan skimming

Tips mengerjakan toefl reading selanjutnya adalah Teknik scanning dan skimming. Teknik ini adalah teknik membaca yang dapat membantu kamu menghemat waktu saat membaca teks yang panjang. Teknik scanning dapat digunakan untuk mencari informasi spesifik dalam teks dengan cara melihat kata-kata kunci atau paragraf yang terkait dengan pertanyaan yang diberikan. Sementara teknik skimming dapat digunakan untuk membaca secara cepat untuk mencari gambaran umum dari teks.

Fokus pada ide utama dan detail penting

Dalam mengerjakan bagian TOEFL Reading, pastikan kamu fokus pada ide utama dari teks dan detail penting yang terkait. Hal ini dapat membantu kamu dalam menjawab pertanyaan dengan tepat, serta menghindari kebingungan dengan informasi yang kurang relevan.

Jangan terjebak dengan detail yang tidak penting

Meskipun detail-detail kecil dalam teks dapat memberikan informasi tambahan yang berguna, namun jangan terjebak dengan detail yang tidak penting. Hal ini dapat memakan waktu dan mengalihkan fokus dari ide utama dalam teks.

Latihan dengan tes simulasi

Latihan dengan tes simulasi dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk mengerjakan bagian TOEFL Reading. Dengan melakukan tes simulasi, kamu dapat mengukur kemampuan membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris, serta mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan kamu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

Jangan terlalu lama menyelesaikan satu soal

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan bagian TOEFL Reading cukup terbatas, sehingga jangan terlalu lama menyelesaikan satu soal. Jika kamu mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan, lewati soal tersebut dan kembali ke soal tersebut setelah menyelesaikan soal lainnya.

Perhatikan instruksi dengan baik

Pastikan kamu membaca instruksi dengan baik sebelum memulai mengerjakan bagian TOEFL Reading. Hal ini dapat membantu kamu memahami format dan jenis pertanyaan yang akan diberikan, serta meminimalkan kesalahan dalam menjawab pertanyaan.

Manajemen waktu

Manajemen waktu adalah kunci penting dalam mengerjakan bagian TOEFL Reading. Pastikan kamu memanfaatkan waktu yang diberikan secara efektif dan efisien. Usahakan untuk tidak terlalu lama menyelesaikan satu soal, sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan seluruh bagian Reading.

Jangan terlalu fokus pada satu topik

TOEFL Reading terdiri dari beberapa bacaan yang berbeda topik. Jangan terlalu fokus pada satu topik dan mengabaikan bacaan-bacaan yang lain. Pastikan kamu membaca dan memahami setiap bacaan dengan baik, serta menjawab pertanyaan yang diberikan dengan tepat.

Gunakan kamus secara efektif

Jika kamu mengalami kesulitan dengan kosakata atau istilah yang tidak familiar, kamu dapat menggunakan kamus untuk membantu memahami makna kata-kata tersebut. Namun, pastikan kamu menggunakan kamus secara efektif dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mencari arti kata-kata yang tidak penting.

Baca pertanyaan dengan seksama

Sebelum membaca teks, pastikan kamu membaca pertanyaan dengan seksama terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu kamu dalam fokus pada informasi yang relevan dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membaca teks.

Hindari multitasking

Hindari multitasking saat mengerjakan bagian TOEFL Reading. Fokuslah pada satu tugas saja yaitu membaca dan memahami teks, serta menjawab pertanyaan dengan tepat. Hindari melakukan aktivitas lain seperti chatting atau membuka media sosial saat mengerjakan tes.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat lebih percaya diri dan efektif dalam mengerjakan bagian TOEFL Reading. Ingatlah untuk selalu berlatih secara konsisten dan meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bahasa Inggris secara berkala.

Tips Mengerjakan TOEFL Structure

Salah satu bagian dari TOEFL adalah bagian Structure, yaitu tes tata bahasa Inggris. Dalam tes ini, Anda akan diberikan serangkaian pertanyaan tentang tata bahasa, seperti penggunaan kata kerja, kata sifat, konjungsi, preposisi, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengerjakan bagian Structure dalam tes TOEFL:

  1. Pelajari aturan tata bahasa
    Sebelum Anda mengambil tes TOEFL, pastikan Anda telah mempelajari aturan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris. Anda dapat membaca buku tata bahasa Inggris atau mengikuti kursus tata bahasa Inggris untuk memperkuat pemahaman Anda tentang tata bahasa Inggris.
  2. Lakukan praktek soal
    Setelah mempelajari aturan tata bahasa Inggris, lakukanlah praktek soal untuk memperkuat pemahaman Anda tentang tata bahasa Inggris. Anda dapat mencari soal-soal TOEFL online atau membeli buku soal TOEFL di toko buku terdekat.
  3. Fokus pada kata kunci
    Ketika membaca pertanyaan, fokuslah pada kata kunci seperti kata kerja, kata sifat, konjungsi, atau preposisi. Kata-kata ini akan membantu Anda untuk menentukan jawaban yang tepat.
  4. Hindari jawaban yang terlalu umum
    Beberapa pilihan jawaban dalam tes Structure TOEFL mungkin terlihat benar secara umum, tetapi mungkin tidak tepat dalam konteks pertanyaan. Jangan terjebak dengan jawaban yang terlalu umum, pastikan Anda memahami konteks pertanyaan sebelum memilih jawaban yang tepat.
  5. Perhatikan tata bahasa yang tidak lazim
    Pada tes Structure TOEFL, terkadang ada pertanyaan tentang tata bahasa yang tidak lazim atau tidak biasa. Contohnya adalah pertanyaan tentang penggunaan kata kerja modal atau penggunaan klausa yang salah. Pastikan Anda memperhatikan jenis pertanyaan ini dan memahami aturan tata bahasa yang terkait.
  6. Tingkatkan keterampilan membaca Anda
    Tes Structure TOEFL juga memerlukan keterampilan membaca yang baik. Pastikan Anda membaca setiap pertanyaan dengan cermat dan memahami konteksnya dengan baik. Hal ini akan membantu Anda menemukan jawaban yang tepat dengan mudah.
  7. Manfaatkan waktu yang ada dengan baik
    Tes Structure TOEFL memiliki waktu yang terbatas, jadi pastikan Anda memanfaatkan waktu yang ada dengan baik. Jangan terlalu lama berada pada satu pertanyaan, jika Anda merasa sulit, maka lanjutkan ke pertanyaan berikutnya dan kembali ke pertanyaan yang sulit jika masih ada waktu.
  8. Berlatih dengan waktu
    Terakhir, pastikan Anda berlatih dengan waktu untuk mengasah kemampuan Anda dalam mengerjakan tes Structure TOEFL dalam waktu yang terbatas.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda akan dapat memperkuat kemampuan Anda dalam mengerjakan tes Structure TOEFL. Namun, selain tips di atas, penting juga untuk menguasai kemampuan mendengarkan dan berbicara, karena ketiga kemampuan tersebut diuji dalam tes TOEFL secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk terus berlatih dan memperdalam kemampuan bahasa Inggris Anda. Anda dapat membaca buku-buku dalam bahasa Inggris, menonton film atau acara televisi dalam bahasa Inggris, serta berbicara dengan orang-orang yang fasih berbahasa Inggris untuk memperkuat kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris.

Terakhir, jangan lupa untuk mengatur jadwal tes TOEFL Anda dengan tepat dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum tes. Pastikan Anda memahami aturan dan format tes dengan baik serta mempersiapkan diri dengan matang, sehingga Anda dapat melakukan yang terbaik dalam tes TOEFL dan mencapai skor yang Anda inginkan.

Tips Mengerjakan TOEFL ITP

Berikut adalah beberapa tips mengerjakan TOEFL ITP:

  1. Kenali format tes: Sebelum memulai tes, pastikan Anda memahami format tes dan jenis pertanyaan yang akan muncul di dalamnya. Hal ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengoptimalkan waktu yang tersedia.
  2. Pelajari kosakata: TOEFL ITP seringkali meminta Anda untuk memahami dan menggunakan kosakata yang cukup sulit. Oleh karena itu, pastikan Anda mempelajari kosakata secara menyeluruh sebelum mengikuti tes.
  3. Tingkatkan kemampuan membaca: Sebagian besar pertanyaan pada TOEFL ITP terkait dengan membaca. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan membaca Anda dengan membaca buku atau artikel dalam bahasa Inggris.
  4. Praktikkan kemampuan mendengarkan: TOEFL ITP juga menguji kemampuan mendengarkan Anda. Oleh karena itu, praktikkan kemampuan mendengarkan Anda dengan mendengarkan rekaman atau podcast dalam bahasa Inggris.
  5. Buat catatan: Saat mengerjakan tes, pastikan Anda membuat catatan mengenai informasi penting yang diberikan dalam pertanyaan. Hal ini akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan dengan lebih baik.
  6. Kelola waktu dengan baik: TOEFL ITP memiliki batasan waktu yang ketat. Oleh karena itu, kelola waktu Anda dengan baik agar Anda dapat menjawab semua pertanyaan dalam waktu yang tersedia.
  7. Jangan fokus pada satu pertanyaan: Jika Anda kesulitan menjawab satu pertanyaan, jangan terlalu fokus pada pertanyaan tersebut. Sebaiknya, lewati dan lanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Anda bisa kembali ke pertanyaan tersebut nanti jika masih ada waktu.
  8. Jangan terlalu memikirkan kesalahan: Jangan terlalu memikirkan kesalahan yang mungkin Anda buat saat mengerjakan tes. Fokuslah pada pertanyaan berikutnya dan cobalah untuk menjawab dengan sebaik-baiknya.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk mengerjakan TOEFL ITP dengan lebih baik dan memperoleh skor yang lebih tinggi.

FAQs:

  1. Berapa lama waktu yang diberikan dalam tes TOEFL?
    Waktu yang diberikan dalam tes TOEFL adalah 4 jam.
  1. Apa saja bagian dalam tes TOEFL?
    Tes TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing.
  1. Apakah saya perlu mendaftar untuk mengambil tes TOEFL?
    Ya, Anda perlu mendaftar untuk mengambil tes TOEFL. Anda dapat mendaftar secara online melalui situs resmi TOEFL atau melalui lembaga tes TOEFL yang terdekat dengan Anda.

Kesimpulan:

Tes TOEFL dapat menjadi tes yang menantang bagi banyak orang. Namun, dengan persiapan yang baik dan tips ampuh yang disebutkan di atas, Anda dapat mengerjakan tes TOEFL dengan cepat dan tepat. Ingatlah untuk mempersiapkan diri dengan baik, mengenal format tes, menggunakan strategi membaca yang tepat, dan menggunakan waktu dengan efektif. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *