Don't Show Again Yes, I would!

20 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

20 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja – Masih bingung ingin masuk jurusan apa? Yuk, simak beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan menjanjikan untuk masa yang akan datang. Memilih jurusan kuliah tentu mempertimbangkan prospek kerja, baik di perusahaan, industri, atau organisasi internasional.

20 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Berikut adalah 20 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja:

1. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika adalah salah satu yang paling diminati. Lulusan dari jurusan ini sering kali bekerja sebagai programmer atau developer, yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor, termasuk perusahaan, industri, pemerintahan, dan startup. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang ini semakin meningkat.

2. Teknik Elektro

Prospek kerja lulusan teknik elektro sangat luas, mulai dari bekerja di perusahaan pembangkit listrik, peralatan listrik, mobil listrik, hingga konsultan listrik. Bureau of Labor Statistics memproyeksikan bahwa pekerjaan sebagai electrical dan electronics engineer akan tumbuh 7% dari tahun 2022 hingga 2030, dengan sekitar 22.700 lowongan kerja setiap tahunnya.

3. Teknik Mesin

Teknik mesin adalah jurusan yang mempelajari desain, manufaktur, analisis, dan pemeliharaan mesin. Dengan penggunaan mesin yang semakin banyak, prospek kerja di bidang ini sangat menjanjikan. Lulusan teknik mesin dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk industri manufaktur, otomotif, dan robotik.

4. Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil sangat penting untuk pembangunan infrastruktur seperti gedung pencakar langit, jembatan, dan jalan tol. Lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan hidup masyarakat.

5. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Jurusan ini termasuk yang memiliki gaji tertinggi di dunia. Meskipun langka dan jarang diketahui, lulusan teknik perminyakan dan pertambangan memiliki prospek kerja yang sangat baik, terutama di daerah kaya akan minyak dan gas.

Baca juga: 20 Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik di Indonesia 2024

6. Teknik Kimia

Prospek kerja untuk lulusan teknik kimia sangat menjanjikan. Mereka dapat bekerja di pabrik pengelolaan proses kimia atau industri yang memproses kimia, seperti industri gas, obat-obatan, dan makanan.

7. Ekonomi

Jurusan ekonomi sangat diminati karena seluruh sektor bisnis berhubungan dengan ekonomi. Lulusan ekonomi memiliki kesempatan kerja di berbagai bidang seperti operasional, pemasaran, dan sumber daya manusia.

8. Kedokteran

Profesi dokter selalu dibutuhkan. Meskipun untuk masuk jurusan kedokteran sangat sulit dan mahal, namun prospek kerja dan gaji yang ditawarkan sangat menjanjikan.

9. Fisioterapi

Jurusan fisioterapi mungkin kurang dilirik, namun prospek kerja untuk lulusan ini sangat baik, terutama di rumah sakit yang membutuhkan tenaga fisioterapi handal.

10. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi sangat relevan di era digital. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja di industri kreatif yang berkembang pesat, seperti media dan periklanan.

11. Sastra Inggris

Jurusan sastra Inggris memiliki prospek kerja yang baik di industri pariwisata, pendidikan, dan bisnis internasional. Lulusan bisa bekerja sebagai penerjemah, tenaga pendidik, atau di kedutaan luar negeri.

12. Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan yang memerlukan ahli hukum. Lulusan jurusan ini memiliki kesempatan kerja di firma hukum nasional maupun internasional.

13. Ilmu Perpustakaan

Lulusan jurusan ilmu perpustakaan tidak hanya bekerja sebagai pustakawan, tetapi juga sebagai document controller atau sekretaris yang mengelola perpustakaan dan arsip.

14. Psikologi

Lulusan psikologi memiliki prospek kerja yang luas, mulai dari psikolog klinis, konselor, hingga konsultan perusahaan di bidang psikologi industri.

15. Kehutanan

Jurusan kehutanan menawarkan peluang kerja yang luas, termasuk di instansi BUMN, konservasi nasional, dan lembaga penelitian. Lulusan jurusan ini dapat berkontribusi dalam misi penyelamatan hutan Indonesia.

16. Astronomi

Jurusan astronomi mungkin kurang diminati, namun lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di lembaga penelitian dan antariksa seperti BMKG, observatorium, dan NASA.

17. Filsafat

Lulusan jurusan filsafat memiliki kemampuan berpikir logis dan penalaran yang baik, yang sangat dibutuhkan di berbagai instansi dan perusahaan. Banyak ahli politik berlatar belakang filsafat karena kemampuan argumennya yang mendalam.

18. Seni Peran

Jurusan seni peran menawarkan peluang besar di industri hiburan, termasuk sebagai aktor, talent iklan, dan pekerja seni lainnya. Meskipun kurang diminati, prospek kerja di bidang ini sangat menjanjikan.

19. Teknik Perkapalan

Jurusan teknik perkapalan sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sistem transportasi laut, produksi kapal, dan navigasi kapal. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai instansi nasional maupun internasional.

20. Manajemen Transportasi

Jurusan manajemen transportasi mempelajari berbagai aspek transportasi, termasuk biaya operasional, tarif, dan bahan bakar. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan seiring meningkatnya penggunaan transportasi.

Itulah 20 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang bisa jadi bahan referensimu untuk berkuliah nantinya. Memilih jurusan yang tepat dapat membuka peluang karier yang menjanjikan dan mengantarkanmu ke masa depan yang cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *