Don't Show Again Yes, I would!

3 Cara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power

Cara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power

Pelajarwajo.comCara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power. Apakah tombol power HP Redmi A3 Anda rusak atau tidak berfungsi? Jangan khawatir, Anda masih bisa menghidupkan layar HP Anda tanpa tombol power. Simak artikel ini untuk mengetahui cara-cara mudah dan praktis untuk melakukannya.

HP Redmi A3 adalah salah satu produk unggulan dari Xiaomi yang memiliki spesifikasi dan fitur yang menarik. Salah satu fitur yang berguna adalah Always On Display yang memungkinkan Anda melihat notifikasi, jam, dan tanggal tanpa harus menghidupkan layar HP. Namun, fitur ini tidak selalu aktif dan Anda tetap perlu menekan tombol power untuk mengaktifkan layar HP.

Sayangnya, tombol power HP Redmi A3 bisa rusak atau tidak berfungsi karena berbagai alasan, seperti terjatuh, terkena air, atau aus. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin merasa kesulitan untuk menghidupkan layar HP Anda. Apakah Anda harus mengganti tombol power atau membawa HP Anda ke service center? Belum tentu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power. Artikel ini akan membahas cara-cara tersebut secara lengkap dan terperinci.

Cara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power, yaitu:

1. Menggunakan Sensor Sidik Jari

Cara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power

Salah satu cara termudah untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power adalah dengan menggunakan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang HP. Anda hanya perlu menempelkan jari Anda yang sudah terdaftar di sensor sidik jari dan layar HP akan menyala secara otomatis. Cara ini sangat praktis dan cepat, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • HP Anda harus dalam keadaan hidup, tidak mati total atau low battery.
  • HP Anda harus sudah terkunci, tidak dalam keadaan terbuka atau sedang digunakan.
  • HP Anda harus sudah mengaktifkan fitur Unlock with fingerprint di Settings > Lock screen & password > Manage fingerprints.

Jika syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power dengan sensor sidik jari:

  • Pegang HP Anda dengan nyaman dan pastikan jari Anda bersih dan kering.
  • Tempelkan jari Anda yang sudah terdaftar di sensor sidik jari yang berada di bagian belakang HP, tepat di bawah kamera.
  • Tunggu sampai HP Anda mengenali sidik jari Anda dan layar HP akan menyala.
  • Jika layar HP tidak menyala, coba ulangi langkah di atas dengan jari yang berbeda atau bersihkan sensor sidik jari dengan kain lembut.

2. Menggunakan Kabel USB

Cara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power adalah dengan menggunakan kabel USB yang terhubung ke charger, laptop, atau PC. Cara ini bisa berguna jika HP Anda dalam keadaan mati total atau low battery dan perlu diisi daya.

Cara ini juga bisa membantu Anda jika HP Anda dalam keadaan hidup tapi layar tidak mau menyala. Cara ini memanfaatkan fitur Wake lock screen for notifications yang akan menghidupkan layar HP saat ada notifikasi masuk, termasuk notifikasi pengisian daya. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu di Settings > Lock screen & password > Wake lock screen for notifications.

Jika fitur tersebut sudah diaktifkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power dengan kabel USB:

  • Siapkan kabel USB yang kompatibel dengan HP Redmi A3 dan sambungkan salah satu ujungnya ke charger, laptop, atau PC.
  • Sambungkan ujung lainnya ke port USB HP Redmi A3 yang berada di bagian bawah HP.
  • Tunggu sampai HP Anda mendeteksi pengisian daya dan layar HP akan menyala dengan menampilkan notifikasi pengisian daya.
  • Jika layar HP tidak menyala, coba cabut dan sambungkan kembali kabel USB atau ganti sumber pengisian daya yang berbeda.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh dari Google Play Store. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu Anda menghidupkan layar HP tanpa tombol power, seperti Gravity Screen, Proximity Actions, WaveUp, dan lain-lain.

Aplikasi-aplikasi ini biasanya memanfaatkan sensor-sensor yang ada di HP Anda, seperti sensor gravitasi, sensor kedekatan, sensor gerak, dan lain-lain. Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, kami akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi Gravity Screen untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power. Aplikasi ini memanfaatkan sensor gravitasi untuk mendeteksi posisi dan gerakan HP Anda.

Aplikasi ini akan menghidupkan layar HP saat Anda mengangkat atau menggerakkan HP Anda dan mematikan layar HP saat Anda meletakkan atau membalikkan HP Anda. Aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang bisa Anda sesuaikan, seperti Smart Lock, Pocket Sensor, Table Sensor, dan lain-lain.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Gravity Screen dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut dan berikan izin yang diperlukan, seperti izin aksesibilitas, izin penggunaan baterai, dan lain-lain.
  • Aktifkan fitur Turn Screen On by Motion dengan menekan tombol di sebelah kanan.
  • Sesuaikan pengaturan yang Anda inginkan, seperti sensitivitas, durasi, dan lain-lain.
  • Tutup aplikasi dan coba gerakkan HP Anda untuk menghidupkan layar HP.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang [Cara Hidupkan Layar HP Redmi A3 Tanpa Tombol Power] yang kami buat untuk Anda. Kami harap artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda yang mengalami masalah dengan tombol power HP Redmi A3. Kami juga berharap artikel ini bisa membantu Anda menghemat biaya dan waktu untuk mengganti tombol power atau membawa HP Anda ke service center.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghidupkan layar HP Redmi A3 tanpa tombol power, yaitu:

  • Menggunakan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang HP.
  • Menggunakan kabel USB yang terhubung ke charger, laptop, atau PC.
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh dari Google Play Store.

Anda bisa memilih cara yang paling mudah dan praktis bagi Anda. Namun, jika cara-cara tersebut tidak berhasil atau Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti tombol power atau membawa HP Anda ke service center yang resmi dan terpercaya.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Pelajarwajo.com

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *