Don't Show Again Yes, I would!

Rekomendasi 3 Beasiswa Pemerintah untuk Mahasiswa Baru 2024 Jenjang S1-S3 yang Wajib Anda Tahu

Beasiswa Pemerintah

Pelajarwajo.com – Ingin melanjutkan studi ke jenjang S1, S2, atau S3 dengan beasiswa pemerintah? Simak rekomendasi 3 beasiswa pemerintah untuk mahasiswa baru 2024 yang menawarkan berbagai manfaat, mulai dari bantuan UKT hingga biaya hidup.

3 Beasiswa Pemerintah untuk Mahasiswa Baru 2024 Jenjang S1-S3 yang Wajib Anda Tahu

Beasiswa merupakan salah satu cara untuk meringankan beban biaya pendidikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa juga dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk berprestasi dan mengembangkan potensi diri.

Salah satu sumber beasiswa yang banyak diminati oleh mahasiswa adalah beasiswa pemerintah. Beasiswa pemerintah biasanya menawarkan berbagai manfaat, seperti bantuan uang kuliah tunggal (UKT), biaya hidup, biaya penelitian, hingga kesempatan untuk studi ke luar negeri.

Baca juga: 20 Universitas Terunggul di Indonesia Menurut Webometrics 2024

Namun, beasiswa pemerintah juga memiliki persyaratan dan proses seleksi yang ketat. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan diri sebaik mungkin jika ingin mendapatkan beasiswa pemerintah.

Untuk membantu Anda, kami telah merangkum 3 beasiswa pemerintah untuk mahasiswa baru 2024 jenjang S1-S3 yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi akademik dan non-akademik yang berasal dari keluarga kurang mampu. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Beasiswa Bidikmisi menawarkan bantuan UKT penuh selama masa studi, serta biaya hidup sebesar Rp 600.000 per bulan. Beasiswa ini dapat digunakan untuk studi di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2024 dengan nilai rata-rata rapor minimal 7,00 untuk semester 1-5.
  • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa.
  • Memiliki prestasi akademik atau non-akademik di tingkat sekolah, daerah, nasional, atau internasional.
  • Memilih program studi sesuai dengan minat dan bakat, serta mempertimbangkan daya tampung dan akreditasi perguruan tinggi.
  • Mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) atau seleksi mandiri perguruan tinggi negeri (SMPTN) atau seleksi mandiri perguruan tinggi swasta (SMPTS).
  • Mengisi formulir pendaftaran beasiswa Bidikmisi secara online melalui laman https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

Baca juga: Beasiswa Turkiye Burslari Scholarships 2024, Kesempatan Kuliah Gratis di Turkiye Tanpa LoA

2. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah beasiswa pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3 di dalam atau luar negeri. Beasiswa ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat berkontribusi bagi pembangunan nasional.

Beasiswa BPI menawarkan bantuan biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penelitian, biaya buku, biaya tesis/disertasi, biaya paspor dan visa, biaya tiket pesawat, dan biaya lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beasiswa ini dapat digunakan untuk studi di perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan beasiswa BPI, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia yang berusia maksimal 35 tahun untuk S2 dan 40 tahun untuk S3 pada saat pendaftaran.
  • Memiliki ijazah S1 untuk S2 atau ijazah S2 untuk S3 dari perguruan tinggi terakreditasi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk S2 dan 3,25 untuk S3.
  • Memiliki surat keterangan sehat dari dokter dan bebas dari narkoba.
  • Memiliki surat rekomendasi dari atasan atau dosen pembimbing atau pihak terkait.
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500 atau TOEFL iBT 61 atau IELTS 5,5 atau TOEIC 600 atau skor setara untuk S2 dan TOEFL ITP 550 atau TOEFL iBT 79 atau IELTS 6,5 atau TOEIC 750 atau skor setara untuk S3.
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa lain jika diperlukan oleh perguruan tinggi tujuan.
  • Memiliki proposal penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan dan kebutuhan pembangunan nasional.
  • Mengikuti seleksi administrasi, akademik, kesehatan, wawancara, dan lainnya yang ditentukan oleh pemerintah.
  • Mengisi formulir pendaftaran beasiswa BPI secara online melalui laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id/bpi/.

3. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) adalah beasiswa pemerintah yang diberikan kepada dosen perguruan tinggi negeri atau swasta yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S3 di dalam atau luar negeri. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen berkualifikasi doktor di Indonesia.

Beasiswa BUDI menawarkan bantuan biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penelitian, biaya buku, biaya disertasi, biaya paspor dan visa, biaya tiket pesawat, dan biaya lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beasiswa ini dapat digunakan untuk studi di perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: 3.662 Calon Mahasiswa UB Lolos SNBP 2024, Ini 20 Prodi yang Kurang Diminati

Untuk mendapatkan beasiswa BUDI, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia yang berusia maksimal 45 tahun pada saat pendaftaran.
  • Memiliki ijazah S2 dari perguruan tinggi terakreditasi dengan IPK minimal 3,25.
  • Memiliki surat keterangan sehat dari dokter dan bebas dari narkoba.
  • Memiliki surat rekomendasi dari atasan atau dosen pembimbing atau pihak terkait.
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 550 atau TOEFL iBT 79 atau IELTS 6,5 atau TOEIC 750 atau skor setara.
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa lain jika diperlukan oleh perguruan tinggi tujuan.
  • Memiliki proposal penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan dan kebutuhan pembangunan nasional.
  • Mengikuti seleksi administrasi, akademik, kesehatan, wawancara, dan lainnya yang ditentukan oleh pemerintah.
  • Mengisi formulir pendaftaran beasiswa BUDI secara online melalui laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id/budi/.

Demikianlah 3 beasiswa pemerintah untuk mahasiswa baru 2024 jenjang S1-S3 yang dapat Anda coba. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mewujudkan impian Anda melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjuang!

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *