Don't Show Again Yes, I would!

iPhone 11 Kelebihan dan Kekurangan

iPhone 11 Kelebihan dan Kekurangan

Pelajarwajo.com – iPhone 11 adalah salah satu produk unggulan Apple yang diluncurkan pada tahun 2019. Smartphone ini menawarkan berbagai fitur menarik dan canggih yang membuatnya menjadi pilihan favorit banyak pengguna. Namun, apakah Anda tahu bahwa iPhone 11 juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya?

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan iPhone 11, serta alasan mengapa Anda harus membelinya sekarang. Kami juga akan memberikan beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan pengalaman Anda menggunakan iPhone 11. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga: iPhone 15 Pro Max: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Smartphone Terbaru dari Apple

iPhone 11 Kelebihan dan Kekurangan

Pertama tama kita bahas dulu kelebihan iphone 11. Berikut adalah beberapa kelbihan iPhone 11

Kelebihan iPhone 11

iPhone 11 memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu smartphone terbaik di pasaran saat ini. Berikut adalah beberapa kelebihan iPhone 11 yang perlu Anda ketahui:

  • Desain yang elegan dan ergonomis. iPhone 11 memiliki desain yang simpel dan minimalis, dengan bingkai aluminium dan belakang kaca. Smartphone ini juga memiliki ukuran yang pas di tangan, dengan dimensi 150,9 x 75,7 x 8,3 mm dan berat 194 gram. iPhone 11 tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu hitam, putih, merah, kuning, hijau, dan ungu.
  • Layar yang luas dan berkualitas. iPhone 11 memiliki layar LCD IPS berukuran 6,1 inci dengan resolusi 828 x 1792 piksel. Layar ini mendukung teknologi True Tone, yang menyesuaikan warna layar dengan cahaya sekitar, dan Haptic Touch, yang memberikan respons getaran saat Anda menekan layar. Layar iPhone 11 juga dilindungi oleh kaca anti gores dan lapisan oleophobic, yang mencegah sidik jari dan noda.
  • Kamera yang canggih dan memukau. iPhone 11 memiliki kamera belakang ganda, masing-masing beresolusi 12 MP. Kamera utama memiliki aperture f/1.8, sedangkan kamera ultra wide memiliki aperture f/2.4. Kedua kamera ini mendukung fitur seperti optical image stabilization, phase detection autofocus, quad-LED flash, HDR, panorama, dan mode malam. iPhone 11 juga dapat merekam video 4K hingga 60 fps, serta slow motion dan time lapse. Kamera depan iPhone 11 juga beresolusi 12 MP, dengan aperture f/2.2. Kamera ini mendukung fitur seperti Face ID, animoji, memoji, portrait mode, dan HDR. Kamera ini juga dapat merekam video 4K hingga 60 fps, serta slow motion dan time lapse.
  • Performa yang tangguh dan andal. iPhone 11 ditenagai oleh chipset Apple A13 Bionic, yang merupakan salah satu chipset tercepat dan tercanggih di dunia. Chipset ini memiliki enam inti CPU, empat inti GPU, dan delapan inti Neural Engine, yang mampu melakukan proses komputasi dan pembelajaran mesin dengan cepat dan efisien. iPhone 11 juga dilengkapi dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, 128 GB, atau 256 GB. iPhone 11 menjalankan sistem operasi iOS 13, yang menawarkan antarmuka yang intuitif dan fitur yang bermanfaat, seperti dark mode, swipe keyboard, dan Siri.
  • Baterai yang tahan lama dan hemat energi. iPhone 11 memiliki baterai berkapasitas 3110 mAh, yang dapat bertahan hingga 17 jam untuk pemakaian normal, atau hingga 65 jam untuk pemutaran musik. Baterai ini juga mendukung pengisian cepat 18 W, yang dapat mengisi daya hingga 50% dalam 30 menit. Selain itu, baterai ini juga mendukung pengisian nirkabel Qi, yang memudahkan Anda untuk mengisi daya tanpa kabel.
  • Fitur lain yang menarik dan berguna. iPhone 11 memiliki beberapa fitur lain yang menambah daya tariknya.

Baca juga: 6 Game Penghasil Uang di iPhone yang Wajib Kamu Coba

Kekurangan iPhone 11

Meskipun iPhone 11 memiliki banyak kelebihan, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin mengganggu sebagian pengguna. Berikut adalah beberapa kekurangan iPhone 11 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga yang cukup mahal. iPhone 11 memiliki harga yang cukup mahal, terutama untuk pasar Indonesia. Harga iPhone 11 di Indonesia berkisar antara Rp 12 juta hingga Rp 15 juta, tergantung dari kapasitas memori yang Anda pilih. Harga ini tentu saja tidak terjangkau bagi sebagian besar orang, terutama jika dibandingkan dengan smartphone Android yang menawarkan spesifikasi yang setara atau bahkan lebih tinggi dengan harga yang lebih murah.
  • Layar yang kurang tajam. iPhone 11 memiliki layar yang kurang tajam, jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki layar OLED atau AMOLED. Layar iPhone 11 hanya memiliki kerapatan piksel 326 ppi, yang berarti teks dan gambar yang ditampilkan tidak terlalu halus dan jelas. Layar iPhone 11 juga memiliki notch atau poni di bagian atas, yang mungkin mengganggu sebagian pengguna yang lebih menyukai layar penuh tanpa gangguan.
  • Kamera yang kurang fleksibel. iPhone 11 memiliki kamera yang kurang fleksibel, jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki kamera telefoto atau periskop. Kamera iPhone 11 hanya memiliki kamera utama dan ultra wide, yang berarti Anda tidak dapat melakukan zoom optik atau digital dengan baik. Anda juga tidak dapat mengambil foto makro atau bokeh dengan kamera iPhone 11, karena tidak ada fitur seperti itu.
  • Performa yang kurang optimal. iPhone 11 memiliki performa yang kurang optimal, jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki chipset Snapdragon atau Exynos. Chipset Apple A13 Bionic memang cepat dan canggih, tetapi juga boros energi dan panas. Hal ini dapat menyebabkan iPhone 11 menjadi cepat panas dan boros baterai, terutama jika Anda menggunakan aplikasi atau game yang berat. Selain itu, chipset Apple A13 Bionic juga tidak mendukung jaringan 5G, yang merupakan teknologi terbaru dan tercepat untuk internet.
  • Baterai yang kurang besar. iPhone 11 memiliki baterai yang kurang besar, jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki baterai 4000 mAh atau lebih. Baterai iPhone 11 hanya berkapasitas 3110 mAh, yang berarti Anda harus sering mengisi daya jika Anda menggunakan smartphone ini secara intensif. Meskipun iPhone 11 mendukung pengisian cepat dan nirkabel, tetapi Anda harus membeli adaptor dan kabel yang sesuai secara terpisah.

Mengapa Anda Harus Membeli iPhone 11 Sekarang?

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan iPhone 11, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Anda harus membeli smartphone ini sekarang atau tidak. Jawabannya adalah, tergantung dari kebutuhan dan preferensi Anda. Namun, kami memiliki beberapa alasan mengapa Anda harus membeli iPhone 11 sekarang, yaitu:

  • Harga yang lebih terjangkau. iPhone 11 memiliki harga yang lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan iPhone 12, yang merupakan generasi terbaru dari iPhone. Harga iPhone 12 di Indonesia berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 20 juta, tergantung dari kapasitas memori yang Anda pilih. Harga ini tentu saja lebih mahal daripada iPhone 11, yang hanya berkisar antara Rp 12 juta hingga Rp 15 juta. Jika Anda ingin memiliki smartphone Apple yang berkualitas dengan harga yang lebih murah, maka iPhone 11 adalah pilihan yang tepat untuk Anda.
  • Fitur yang masih relevan. iPhone 11 memiliki fitur yang masih relevan, jika dibandingkan dengan iPhone 12, yang memiliki fitur yang lebih baru dan lebih canggih. Meskipun iPhone 12 memiliki beberapa keunggulan, seperti layar OLED, kamera telefoto, dan jaringan 5G, tetapi fitur-fitur ini mungkin tidak terlalu penting atau berguna bagi sebagian besar pengguna. Layar OLED mungkin lebih tajam dan kontras, tetapi juga lebih boros baterai dan rentan terhadap burn-in. Kamera telefoto mungkin lebih fleksibel, tetapi juga lebih besar dan berat. Jaringan 5G mungkin lebih cepat, tetapi juga lebih mahal dan belum tersedia di semua wilayah. Jadi, fitur-fitur iPhone 11 mungkin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.
  • Ketersediaan yang lebih mudah. iPhone 11 memiliki ketersediaan yang lebih mudah, jika dibandingkan dengan iPhone 12, yang merupakan produk baru dan masih langka. iPhone 12 baru saja diluncurkan pada Oktober 2020, dan masih sulit untuk didapatkan di Indonesia. Anda mungkin harus menunggu beberapa bulan atau bahkan tahun untuk mendapatkan iPhone 12 dengan harga yang wajar. Sementara itu, iPhone 11 sudah tersedia di Indonesia sejak September 2019, dan sudah banyak dijual di berbagai toko online dan offline. Anda dapat dengan mudah membeli iPhone 11 kapan saja dan di mana saja, tanpa harus mengantre atau menawar.

Tips dan Trik untuk Mengoptimalkan Pengalaman Anda Menggunakan iPhone 11

Setelah membeli iPhone 11, Anda tentu ingin mengoptimalkan pengalaman Anda menggunakan smartphone ini. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba untuk membuat iPhone 11 Anda lebih baik dan lebih berguna:

  • Gunakan mode hemat daya. Mode hemat daya adalah fitur yang dapat membantu Anda menghemat baterai iPhone 11 Anda, dengan mengurangi kecerahan layar, menghentikan pembaruan latar belakang, dan menonaktifkan beberapa fitur lainnya. Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya dengan masuk ke Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Daya, atau dengan menggeser layar dari kanan ke kiri dan mengetuk ikon baterai. Mode hemat daya akan otomatis dimatikan saat baterai Anda mencapai 80%, atau Anda dapat mematikannya secara manual kapan saja.
  • Gunakan mode malam. Mode malam adalah fitur yang dapat membantu Anda mengambil foto yang lebih baik di kondisi cahaya yang rendah, dengan menggunakan kamera belakang iPhone 11 Anda. Mode malam akan otomatis diaktifkan saat iPhone 11 mendeteksi cahaya yang kurang, atau Anda dapat mengaktifkannya secara manual dengan masuk ke Kamera > Foto > Ikon Bulan. Mode malam akan menyesuaikan waktu pencahayaan dan ISO secara otomatis, atau Anda dapat mengaturnya secara manual dengan menggeser slider di bagian bawah layar. Mode malam akan menghasilkan foto yang lebih terang dan lebih detail, tanpa menggunakan flash.
  • Gunakan memoji. Memoji adalah fitur yang dapat membantu Anda membuat avatar animasi yang mirip dengan wajah Anda, dengan menggunakan kamera depan iPhone 11 Anda. Anda dapat membuat memoji dengan masuk ke Pesan > Ikon Monyet > Ikon Plus. Anda dapat menyesuaikan bentuk wajah, warna kulit, rambut, mata, hidung, mulut, dan aksesori memoji Anda sesuai dengan selera Anda. Anda dapat menggunakan memoji untuk mengirim pesan, panggilan video, atau stiker yang lebih ekspresif dan menyenangkan.
  • Gunakan Haptic Touch. Haptic Touch adalah fitur yang dapat membantu Anda mengakses menu atau fungsi tambahan dengan menekan layar iPhone 11 Anda dengan sedikit lebih keras. Anda dapat menggunakan Haptic Touch pada berbagai aplikasi dan ikon, seperti Kamera, Kontrol Pusat, Notifikasi, Safari, dan lainnya. Haptic Touch akan memberikan respons getaran dan visual yang menarik dan berguna.

Kesimpulan

iPhone 11 adalah smartphone yang memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Kelebihan iPhone 11 antara lain adalah desain yang elegan dan ergonomis, layar yang luas dan berkualitas, kamera yang canggih dan memukau,

Performa yang tangguh dan andal, baterai yang tahan lama dan hemat energi, dan fitur lain yang menarik dan berguna. Kekurangan iPhone 11 antara lain adalah harga yang cukup mahal, layar yang kurang tajam, kamera yang kurang fleksibel, performa yang kurang optimal, baterai yang kurang besar, dan fitur lain yang kurang atau tidak ada.

Jika Anda ingin memiliki smartphone Apple yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau, fitur yang masih relevan, dan ketersediaan yang lebih mudah, maka iPhone 11 adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Namun, jika Anda ingin memiliki smartphone yang lebih baru dan lebih canggih, dengan layar OLED, kamera telefoto, dan jaringan 5G, maka Anda mungkin harus menunggu iPhone 12 atau generasi selanjutnya.

Untuk mengoptimalkan pengalaman Anda menggunakan iPhone 11, Anda dapat mencoba beberapa tips dan trik yang kami berikan, seperti menggunakan mode hemat daya, mode malam, memoji, dan Haptic Touch. Dengan begitu, Anda dapat menikmati fitur-fitur iPhone 11 dengan lebih maksimal dan menyenangkan.

Baca juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang iOS yang Terbukti Membayar dan Aman

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *