Don't Show Again Yes, I would!

5 Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi – Panduan Lengkap

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi

Pelajarwajo.comCara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi. Shadow atau bayangan pada layar HP Xiaomi merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone. Shadow ini biasanya muncul sebagai sisa-sisa gambar yang tidak hilang meskipun layar sudah berubah.

Shadow ini bisa mengganggu kenyamanan dan estetika penggunaan HP Xiaomi.

Shadow pada layar HP Xiaomi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan aplikasi atau game yang menampilkan gambar statis dalam waktu lama, penggunaan layar dengan kecerahan tinggi, kerusakan fisik pada layar, penggunaan charger yang tidak sesuai, atau overheat pada HP.

Shadow pada layar HP Xiaomi juga bisa berbeda-beda tergantung jenis layar yang digunakan. Ada dua jenis layar yang umum digunakan oleh HP Xiaomi, yaitu OLED/AMOLED dan IPS LCD.

Shadow pada layar OLED/AMOLED disebut dengan burn in, sedangkan shadow pada layar IPS LCD disebut dengan TIP (Transient Image Persistence).

Untuk mengatasi masalah shadow pada layar HP Xiaomi, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu shadow, apa penyebabnya, dan apa dampaknya bagi HP Xiaomi Anda.

Dengan begitu, Anda bisa memilih cara yang paling tepat dan efektif untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi Anda.

Apa Itu Shadow Pada Layar?

Shadow pada layar adalah fenomena di mana gambar atau teks yang sebelumnya ditampilkan di layar tidak hilang sepenuhnya, melainkan masih meninggalkan jejak berupa bayangan yang samar-samar. Shadow ini biasanya terlihat ketika layar menampilkan warna gelap atau hitam.

Shadow pada layar bisa terjadi karena layar mengalami retensi gambar, yaitu ketika gambar atau teks yang ditampilkan di layar terlalu lama sehingga menyebabkan perubahan pada kristal atau LED yang ada di dalam layar. Perubahan ini bisa bersifat sementara atau permanen, tergantung pada jenis layar dan tingkat keparahan shadow.

Apa Penyebab Shadow Pada Layar HP Xiaomi?

Shadow pada layar HP Xiaomi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Penggunaan aplikasi atau game yang menampilkan gambar atau teks statis dalam waktu lama, seperti jam, status bar, tombol navigasi, logo, atau ikon. Gambar atau teks ini bisa membekas di layar dan menyebabkan shadow jika tidak diganti atau dimatikan secara berkala.
  • Penggunaan layar dengan kecerahan tinggi, terutama pada lingkungan yang gelap. Kecerahan tinggi bisa membuat layar mengeluarkan cahaya yang berlebihan dan menyebabkan overheat pada layar. Overheat ini bisa merusak kristal atau LED yang ada di layar dan menyebabkan shadow.
  • Kerusakan fisik pada layar, seperti tergores, terjatuh, terbentur, atau terkena air. Kerusakan fisik ini bisa mengganggu kinerja layar dan menyebabkan shadow. Kerusakan fisik ini biasanya sulit untuk diperbaiki dan membutuhkan penggantian layar baru.
  • Penggunaan charger yang tidak sesuai, seperti charger bukan bawaan HP Xiaomi, charger palsu, atau charger rusak. Charger yang tidak sesuai bisa menyebabkan aliran dan tegangan listrik yang tidak stabil dan berbahaya bagi HP Xiaomi. Charger yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan overheat pada HP Xiaomi dan layar, yang bisa menyebabkan shadow.
  • Overheat pada HP Xiaomi, yang bisa disebabkan oleh penggunaan HP Xiaomi secara berlebihan, penggunaan aplikasi atau game yang berat, penggunaan HP Xiaomi di lingkungan yang panas, atau penggunaan casing yang tidak sesuai. Overheat pada HP Xiaomi bisa membuat suhu HP Xiaomi dan layar meningkat dan menyebabkan shadow.

Apa Dampak Shadow Pada Layar HP Xiaomi?

Shadow pada layar HP Xiaomi bisa memberikan dampak negatif bagi penggunaan HP Xiaomi, antara lain:

  • Mengganggu kenyamanan dan estetika penggunaan HP Xiaomi. Shadow pada layar HP Xiaomi bisa membuat tampilan layar HP Xiaomi menjadi kurang jelas, buram, atau kusam. Shadow ini juga bisa mengurangi keindahan dan kejernihan warna yang ditampilkan oleh layar HP Xiaomi.
  • Mengurangi performa dan kualitas layar HP Xiaomi. Shadow pada layar HP Xiaomi bisa membuat layar HP Xiaomi menjadi kurang responsif, lambat, atau macet. Shadow ini juga bisa membuat layar HP Xiaomi menjadi lebih mudah rusak atau mati.
  • Mengurangi umur dan nilai jual HP Xiaomi. Shadow pada layar HP Xiaomi bisa membuat HP Xiaomi menjadi lebih cepat tua atau usang. Shadow ini juga bisa membuat HP Xiaomi menjadi kurang diminati atau dihargai oleh pembeli.

Baca juga: Hp Xiaomi Terbaik dan Murah, 6 Rekomendasi dan Harga Terbaru

5 Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi

Untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi, ada beberapa cara yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Matikan dan Dinginkan Perangkat

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi adalah dengan mematikan dan mendinginkan perangkat. Cara ini bisa membantu menghilangkan shadow yang disebabkan oleh overheat pada layar atau HP Xiaomi.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Tekan dan tahan tombol power pada HP Xiaomi Anda sampai muncul pilihan untuk mematikan perangkat.
  • Pilih opsi “Matikan” atau “Power Off” dan tunggu sampai HP Xiaomi Anda benar-benar mati.
  • Lepaskan charger, kartu SIM, kartu memori, atau aksesoris lain yang terhubung dengan HP Xiaomi Anda.
  • Lepaskan casing atau pelindung layar yang menutupi HP Xiaomi Anda.
  • Tempatkan HP Xiaomi Anda di tempat yang sejuk dan kering, seperti di bawah kipas angin, di dekat jendela, atau di dalam lemari es (jangan lupa masukkan ke dalam kantong plastik yang kedap udara).
  • Biarkan HP Xiaomi Anda dingin selama beberapa jam atau semalaman.

2. Gunakan Aplikasi Pixel Fixer

Cara kedua yang bisa Anda coba untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi Pixel Fixer. Aplikasi ini bisa membantu menghilangkan shadow yang disebabkan oleh retensi gambar pada layar IPS LCD.

Aplikasi Pixel Fixer bekerja dengan menampilkan gambar pixel acak yang berubah-ubah secara cepat dan menyegarkan layar HP Xiaomi Anda.

Aplikasi ini bisa membantu mengembalikan kristal yang ada di layar ke kondisi normal dan menghilangkan jejak gambar yang menyebabkan shadow.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Download dan instal aplikasi Pixel Fixer dari Google Play Store atau dari tautan berikut: Pixel Fixer.
  • Buka aplikasi Pixel Fixer dan klik centang yang ada di pojok kanan bawah untuk mulai menampilkan gambar pixel acak dan menyegarkan layar.
  • Biarkan aplikasi Pixel Fixer berjalan selama beberapa menit atau jam, tergantung pada tingkat keparahan shadow pada layar HP Xiaomi Anda.
  • Jika shadow sudah hilang atau berkurang, klik tombol back atau home untuk keluar dari aplikasi Pixel Fixer.

3. Ganti Layar

Cara ketiga yang bisa Anda coba untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi adalah dengan mengganti layar. Cara ini bisa membantu menghilangkan shadow yang disebabkan oleh kerusakan fisik pada layar atau burn in pada layar OLED/AMOLED.

Cara ini cukup sulit dan berisiko untuk dilakukan, karena Anda harus membongkar HP Xiaomi Anda dan mengganti layar dengan layar baru yang sesuai. Anda juga harus berhati-hati agar tidak merusak komponen lain yang ada di dalam HP Xiaomi Anda.

Cara ini juga cukup mahal untuk dilakukan, karena Anda harus membeli layar baru yang asli dan berkualitas. Anda juga harus membayar biaya jasa jika Anda menggunakan bantuan teknisi profesional untuk mengganti layar.

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan shadow yang permanen atau parah, namun tidak disarankan untuk dilakukan jika shadow masih ringan atau sementara.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Cari layar baru yang sesuai dengan tipe dan model HP Xiaomi Anda. Pastikan layar baru yang Anda beli adalah layar asli dan berkualitas, bukan layar palsu atau abal-abal.
  • Buka HP Xiaomi Anda dengan menggunakan alat-alat yang tepat, seperti obeng, pinset, pengait, atau alat pembuka khusus. Anda bisa melihat tutorial cara membongkar HP Xiaomi Anda di internet atau YouTube.
  • Lepaskan layar lama yang rusak dengan hati-hati, dan pasang layar baru yang Anda beli. Pastikan Anda menghubungkan kabel-kabel dan komponen-komponen yang ada di layar dengan benar dan rapi.
  • Tutup kembali HP Xiaomi Anda dengan cara yang sama seperti saat Anda membukanya. Pastikan Anda tidak meninggalkan sisa-sisa alat atau debu di dalam HP Xiaomi Anda.
  • Nyalakan HP Xiaomi Anda dan cek apakah layar sudah bekerja dengan normal dan tidak ada shadow lagi.

Baca juga: HP Xiaomi Kamera Terbaik, 7 Rekomendasi dan Harga Terbaru

4. Reset Pabrik

Cara keempat yang bisa Anda coba untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi adalah dengan melakukan reset pabrik. Cara ini bisa membantu menghilangkan shadow yang disebabkan oleh masalah software atau sistem operasi pada HP Xiaomi.

Cara ini bekerja dengan mengembalikan HP Xiaomi Anda ke kondisi awal seperti saat pertama kali Anda beli. Cara ini bisa menghapus semua data, aplikasi, pengaturan, dan cache yang ada di HP Xiaomi Anda, dan menginstal ulang sistem operasi yang bersih dan baru.

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan shadow yang ringan atau sementara, namun tidak disarankan untuk dilakukan jika shadow sudah permanen atau parah.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Backup semua data penting yang ada di HP Xiaomi Anda, seperti foto, video, musik, kontak, pesan, atau dokumen. Anda bisa menggunakan aplikasi Mi Cloud, Google Drive, atau media penyimpanan eksternal untuk menyimpan data Anda.
  • Matikan HP Xiaomi Anda dan masuk ke mode recovery. Anda bisa melakukannya dengan menekan dan menahan tombol power dan volume atas secara bersamaan sampai muncul logo Mi atau Poco.
  • Gunakan tombol volume untuk memilih opsi “Wipe data” atau “Factory reset” dan tekan tombol power untuk mengonfirmasi. Tunggu sampai proses reset selesai dan HP Xiaomi Anda akan restart secara otomatis.
  • Ikuti langkah-langkah yang muncul di layar untuk menyelesaikan pengaturan awal HP Xiaomi Anda. Cek apakah layar sudah bekerja dengan normal dan tidak ada shadow lagi.

5. Gunakan Layanan Resmi

Cara kelima yang bisa Anda coba untuk menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi adalah dengan menggunakan layanan resmi dari Xiaomi. Cara ini bisa membantu menghilangkan shadow yang disebabkan oleh kerusakan fisik pada layar atau burn in pada layar OLED/AMOLED.

Cara ini bekerja dengan membawa HP Xiaomi Anda ke pusat layanan resmi Xiaomi yang terdekat dengan lokasi Anda. Di sana, Anda bisa mendapatkan bantuan dari teknisi profesional yang akan mendiagnosa dan memperbaiki masalah shadow pada layar HP Xiaomi Anda.

Cara ini cukup aman dan terjamin untuk dilakukan, karena Anda akan mendapatkan layanan yang berkualitas dan bergaransi dari Xiaomi. Anda juga bisa mendapatkan layanan gratis atau diskon jika HP Xiaomi Anda masih dalam masa garansi.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Cari alamat dan nomor telepon pusat layanan resmi Xiaomi yang terdekat dengan lokasi Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi situs web resmi Xiaomi atau menghubungi layanan pelanggan Xiaomi.
  • Hubungi pusat layanan resmi Xiaomi yang Anda pilih dan buat janji untuk membawa HP Xiaomi Anda. Pastikan Anda membawa nota pembelian, kartu garansi, dan aksesoris asli HP Xiaomi Anda.
  • Bawa HP Xiaomi Anda ke pusat layanan resmi Xiaomi dan serahkan kepada teknisi yang bertugas. Jelaskan masalah shadow yang Anda alami dan tunjukkan bukti garansi jika ada.
  • Tunggu sampai teknisi selesai memperbaiki HP Xiaomi Anda dan mengembalikannya kepada Anda. Cek apakah layar sudah bekerja dengan normal dan tidak ada shadow lagi.

Kesimpulan

Shadow atau bayangan pada layar HP Xiaomi merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone.

Shadow ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan aplikasi atau game yang menampilkan gambar statis dalam waktu lama, penggunaan layar dengan kecerahan tinggi, kerusakan fisik pada layar, penggunaan charger yang tidak sesuai, atau overheat pada HP.

Shadow pada layar HP Xiaomi juga bisa berbeda-beda tergantung jenis layar yang digunakan. Ada dua jenis layar yang umum digunakan oleh HP Xiaomi, yaitu OLED/AMOLED dan IPS LCD. Shadow pada layar OLED/AMOLED disebut dengan burn in, sedangkan shadow pada layar IPS LCD disebut dengan TIP.

Untuk mengatasi masalah shadow pada layar HP Xiaomi, ada beberapa cara yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Matikan dan dinginkan perangkat
  • Gunakan aplikasi Pixel Fixer
  • Ganti layar
  • Reset pabrik
  • Gunakan layanan resmi

Berikut adalah daftar cara menghilangkan shadow pada layar HP Xiaomi yang bisa Anda pilih:

  • Matikan dan dinginkan perangkat
  • Gunakan aplikasi Pixel Fixer
  • Ganti layar
  • Reset pabrik
  • Gunakan layanan resmi

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *