Don't Show Again Yes, I would!

6 Jurusan Sepi Peminat Untidar: Apa Saja dan Mengapa?

Universitas Tidar (UNTIDAR)

Pelajarwajo.com – Universitas Tidar (Untidar) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah. Untidar memiliki 8 fakultas dan 29 program studi, yang menawarkan berbagai bidang ilmu dan keahlian. Namun, tidak semua jurusan di Untidar memiliki peminat yang tinggi.

Ada beberapa jurusan yang sepi peminat, baik di jalur SBMPTN maupun jalur mandiri. Apa saja jurusan-jurusan tersebut dan mengapa mereka kurang diminati oleh calon mahasiswa? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Jurusan Sepi Peminat UNTIDAR di Jalur SBMPTN

SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang berbasis ujian tertulis. SBMPTN merupakan jalur yang paling kompetitif, karena hanya menerima sekitar 20% dari total pendaftar.

Untuk bisa lolos SBMPTN, calon mahasiswa harus memiliki nilai yang tinggi dan bersaing dengan ribuan peserta lainnya. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan yang populer dan memiliki prospek kerja yang baik, seperti kedokteran, teknik, hukum, ekonomi, dan sebagainya.

Namun, ada juga beberapa jurusan di Untidar yang sepi peminat di jalur SBMPTN, yaitu:

1. Ilmu Keolahragaan

Ilmu keolahragaan adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan olahraga, seperti anatomi, fisiologi, biomekanika, psikologi, dan sebagainya. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan jasmani, pelatihan olahraga, manajemen olahraga, dan kesehatan olahraga.

Jurusan ini sepi peminat di jalur SBMPTN, karena banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan ini kurang menjanjikan dan memiliki lapangan kerja yang terbatas. Padahal, jurusan ini memiliki potensi yang besar, mengingat olahraga adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai guru, pelatih, manajer, konsultan, peneliti, atau pengusaha di bidang olahraga.

2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia adalah jurusan yang mempelajari tentang bahasa dan sastra Indonesia, baik secara teori maupun praktik. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pengajaran, penelitian, dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia.

Jurusan ini sepi peminat di jalur SBMPTN, karena banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan ini kurang menarik dan memiliki prospek kerja yang rendah. Padahal, jurusan ini memiliki peran yang penting, mengingat bahasa dan sastra Indonesia adalah identitas dan warisan budaya bangsa.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai guru, dosen, penulis, editor, penerjemah, atau pegawai negeri sipil di bidang bahasa dan sastra Indonesia.

3. Pendidikan Matematika

Pendidikan matematika adalah jurusan yang mempelajari tentang matematika, baik secara murni maupun terapan, serta cara mengajarkannya. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan matematika.

Jurusan ini sepi peminat di jalur SBMPTN, karena banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan ini sulit dan membosankan. Padahal, jurusan ini memiliki tantangan dan keindahan tersendiri, mengingat matematika adalah salah satu ilmu dasar yang mendasari berbagai bidang lainnya.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai guru, dosen, peneliti, analis, atau programmer di bidang matematika.

Baca juga:

Jurusan Sepi Peminat UNTIDAR di Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang berbasis ujian mandiri atau portofolio. Jalur mandiri merupakan jalur yang lebih fleksibel, karena bisa menerima lebih banyak pendaftar dan memiliki kriteria yang berbeda-beda.

Untuk bisa lolos jalur mandiri, calon mahasiswa harus memiliki nilai yang cukup dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, seperti seni, desain, musik, dan sebagainya.

Namun, ada juga beberapa jurusan di Untidar yang sepi peminat di jalur mandiri, yaitu:

4. Pendidikan Sejarah

Pendidikan sejarah adalah jurusan yang mempelajari tentang sejarah, baik secara lokal, nasional, maupun global, serta cara mengajarkannya. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan sejarah.

Jurusan ini sepi peminat di jalur mandiri, karena banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan ini kurang relevan dan memiliki prospek kerja yang suram. Padahal, jurusan ini memiliki nilai yang penting, mengingat sejarah adalah sumber ilmu dan inspirasi bagi generasi masa depan.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai guru, dosen, peneliti, kurator, atau jurnalis di bidang sejarah.

5. Pendidikan Fisika

Pendidikan fisika adalah jurusan yang mempelajari tentang fisika, baik secara murni maupun terapan, serta cara mengajarkannya. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan fisika.

Jurusan ini sepi peminat di jalur mandiri, karena banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan ini rumit dan monoton. Padahal, jurusan ini memiliki keunikan dan keajaiban tersendiri, mengingat fisika adalah salah satu ilmu dasar yang menjelaskan fenomena alam dan teknologi.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai guru, dosen, peneliti, insinyur, atau ilmuwan di bidang fisika.

6. Pendidikan Kimia

Pendidikan kimia adalah jurusan yang mempelajari tentang kimia, baik secara murni maupun terapan, serta cara mengajarkannya. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan kimia.

Jurusan ini sepi peminat di jalur mandiri, karena banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan ini kompleks dan membahayakan. Padahal, jurusan ini memiliki keberagaman dan kebermanfaatan tersendiri, mengingat kimia adalah salah satu ilmu dasar yang berkaitan dengan struktur dan reaksi zat.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai guru, dosen, peneliti, kimiawan, atau farmasis di bidang kimia.

Mengapa Jurusan Sepi Peminat?

Setelah mengetahui apa saja jurusan yang sepi peminat di Untidar, kita mungkin bertanya-tanya, mengapa jurusan-jurusan tersebut kurang diminati oleh calon mahasiswa? Ada beberapa faktor yang bisa menjelaskan fenomena ini, yaitu:

Kurangnya Informasi dan Promosi

Salah satu faktor yang menyebabkan jurusan sepi peminat adalah kurangnya informasi dan promosi tentang jurusan tersebut. Banyak calon mahasiswa yang tidak mengetahui apa saja jurusan yang ada di Untidar, apa saja kurikulum dan fasilitasnya, apa saja prospek dan peluang kerjanya, dan apa saja testimoni dan prestasinya.

Akibatnya, mereka cenderung memilih jurusan yang sudah terkenal dan banyak diminati, tanpa mempertimbangkan minat dan potensi mereka sendiri. Oleh karena itu, Untidar perlu meningkatkan informasi dan promosi tentang jurusan-jurusan yang sepi peminat, baik melalui media sosial, website, brosur, seminar, pameran, atau kunjungan ke sekolah-sekolah.

Kurangnya Minat dan Bakat

Faktor lain yang menyebabkan jurusan sepi peminat adalah kurangnya minat dan bakat dari calon mahasiswa. Banyak calon mahasiswa yang tidak tertarik atau tidak memiliki bakat di bidang-bidang yang ditawarkan oleh jurusan-jurusan tersebut.

Misalnya, mereka tidak suka atau tidak pandai dalam olahraga, bahasa, matematika, sejarah, fisika, atau kimia. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pengalaman, pengetahuan, atau motivasi mereka dalam bidang-bidang tersebut.

Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mengenali dan mengembangkan minat dan bakat mereka sejak dini, baik melalui bimbingan, konseling, tes, atau kegiatan ekstrakurikuler.

Kurangnya Dukungan dan Dorongan

Faktor selanjutnya yang menyebabkan jurusan sepi peminat adalah kurangnya dukungan dan dorongan dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, guru, teman, atau saudara.

Banyak calon mahasiswa yang mendapat tekanan atau pengaruh dari orang-orang terdekat mereka untuk memilih jurusan yang dianggap lebih prestisius, populer, atau menguntungkan, tanpa memperhatikan keinginan dan kemampuan mereka sendiri.

Hal ini bisa membuat mereka merasa tidak percaya diri, tidak bahagia, atau tidak bersemangat dalam menempuh pendidikan di jurusan yang mereka pilih.

Oleh karena itu, orang-orang terdekat perlu memberikan dukungan dan dorongan kepada calon mahasiswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta menghargai dan mengapresiasi pilihan mereka.

Kesimpulan

Jurusan sepi peminat di Untidar adalah jurusan-jurusan yang memiliki jumlah pendaftar yang rendah, baik di jalur SBMPTN maupun jalur mandiri. Jurusan-jurusan tersebut adalah ilmu keolahragaan, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan matematika, pendidikan sejarah, pendidikan fisika, dan pendidikan kimia.

Jurusan-jurusan tersebut sepi peminat karena beberapa faktor, seperti kurangnya informasi dan promosi, kurangnya minat dan bakat, dan kurangnya dukungan dan dorongan. Jurusan-jurusan tersebut sebenarnya memiliki potensi dan keunggulan tersendiri, yang bisa memberikan manfaat dan peluang bagi lulusannya.

Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mempertimbangkan jurusan-jurusan tersebut sebagai pilihan mereka, sesuai dengan minat dan bakat mereka.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang jurusan sepi peminat di Untidar, beserta jawabannya.

Q: Apakah jurusan sepi peminat berarti jurusan jelek atau tidak berkualitas?

A: Tentu tidak. Jurusan sepi peminat tidak berarti jurusan jelek atau tidak berkualitas. Jurusan sepi peminat hanya berarti jurusan yang kurang diminati oleh calon mahasiswa, karena berbagai alasan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jurusan sepi peminat tetap memiliki kualitas yang baik, baik dari segi kurikulum, fasilitas, dosen, maupun lulusannya. Jurusan sepi peminat juga tetap memiliki akreditasi yang baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Q: Apakah jurusan sepi peminat berarti jurusan sulit atau tidak menyenangkan?

A: Tidak juga. Jurusan sepi peminat tidak berarti jurusan sulit atau tidak menyenangkan. Jurusan sepi peminat hanya berarti jurusan yang kurang sesuai dengan minat atau bakat dari calon mahasiswa, karena berbagai faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jurusan sepi peminat tetap memiliki tantangan dan keindahan tersendiri, yang bisa membuat mahasiswa belajar dengan antusias dan bahagia. Jurusan sepi peminat juga tetap memiliki kegiatan dan komunitas yang menarik dan menyenangkan, baik di dalam maupun di luar kampus.

Q: Apakah jurusan sepi peminat berarti jurusan tidak memiliki prospek atau peluang kerja?

A: Sama sekali tidak. Jurusan sepi peminat tidak berarti jurusan tidak memiliki prospek atau peluang kerja. Jurusan sepi peminat hanya berarti jurusan yang kurang dikenal atau diminati oleh pasar kerja, karena berbagai hal yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jurusan sepi peminat tetap memiliki prospek dan peluang kerja yang luas dan menjanjikan, baik di sektor publik maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri. Jurusan sepi peminat juga tetap memiliki kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan dan dihargai oleh dunia kerja.

Q: Bagaimana cara memilih jurusan yang sepi peminat di Untidar?

A: Cara memilih jurusan yang sepi peminat di Untidar adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan-jurusan yang sepi peminat di Untidar, baik melalui media sosial, website, brosur, seminar, pameran, atau kunjungan ke kampus.
  • Mengetahui dan mengembangkan minat dan bakat sendiri, baik melalui bimbingan, konseling, tes, atau kegiatan ekstrakurikuler.
  • Mendapatkan dukungan dan dorongan dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, guru, teman, atau saudara, untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat sendiri, serta menghargai dan mengapresiasi pilihan sendiri.
  • Mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti jalur seleksi yang diinginkan, baik jalur SBMPTN maupun jalur mandiri, dengan belajar, berlatih, dan berdoa.

Q: Apa saja tips dan saran untuk mahasiswa jurusan sepi peminat di Untidar?

A: Tips dan saran untuk mahasiswa jurusan sepi peminat di Untidar adalah sebagai berikut:

  • Bangga dan percaya diri dengan jurusan yang dipilih, karena jurusan tersebut memiliki potensi dan keunggulan tersendiri, yang bisa memberikan manfaat dan peluang bagi diri sendiri dan orang lain.
  • Belajar dengan giat dan serius, karena jurusan tersebut memiliki tantangan dan keindahan tersendiri, yang bisa membuat diri sendiri lebih pintar dan berkembang.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan dan komunitas yang ada di jurusan tersebut, baik di dalam maupun di luar kampus, karena jurusan tersebut memiliki kegiatan dan komunitas yang menarik dan menyenangkan, yang bisa membuat diri sendiri lebih aktif dan bersosialisasi.
  • Menjalin hubungan baik dengan dosen, teman, dan alumni jurusan tersebut, karena jurusan tersebut memiliki dosen, teman, dan alumni yang berkualitas dan berpengalaman, yang bisa memberikan bimbingan, dukungan, dan inspirasi bagi diri sendiri.
  • Mencari dan memanfaatkan informasi dan peluang yang ada di jurusan tersebut, baik di bidang akademik, penelitian, pengabdian, atau karier, karena jurusan tersebut memiliki informasi dan peluang yang luas dan menjanjikan, yang bisa memberikan pengalaman dan prestasi bagi diri sendiri.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *