Don't Show Again Yes, I would!

Aplikasi Edit Background Foto Online: Apa, Mengapa, dan Bagaimana

sebuah gambar illustrasi apalikasi edit foto background foto online

Pelajarwajo.com – Foto adalah salah satu media yang sering digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari hobi, bisnis, hingga administrasi. Namun, tidak semua foto yang kita ambil memiliki kualitas yang baik, terutama dari segi latar belakang.

Latar belakang foto bisa mempengaruhi kesan, estetika, dan pesan yang ingin disampaikan oleh foto tersebut. Oleh karena itu, terkadang kita perlu mengedit latar belakang foto agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita.

Namun, mengedit latar belakang foto tidaklah mudah, terutama jika kita tidak memiliki keterampilan dan peralatan yang memadai. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan aplikasi edit background foto online yang bisa membantu kita mengubah latar belakang foto dengan mudah, cepat, dan gratis.

Apa itu aplikasi edit background foto online? Mengapa kita perlu aplikasi edit background foto online? Dan bagaimana cara menggunakan aplikasi edit background foto online? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Edit Background Foto Online?

Definisi dan Fungsi Aplikasi Edit Background Foto

Aplikasi edit background foto online adalah sebuah alat atau layanan yang bisa digunakan untuk mengganti, menghapus, atau menambahkan latar belakang pada foto secara online. Aplikasi edit background foto online biasanya berbasis web, sehingga kita tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apapun di perangkat kita.

Kita hanya perlu mengakses situs web aplikasi edit background foto online, mengunggah foto yang ingin kita edit, dan memilih latar belakang yang kita inginkan.

Fungsi aplikasi edit background foto online adalah untuk memperbaiki, mempercantik, atau memodifikasi latar belakang foto sesuai dengan keinginan kita. Misalnya, kita bisa mengganti latar belakang foto yang buram, berantakan, atau tidak sesuai dengan tema dengan latar belakang yang lebih jelas, rapi, atau relevan.

Kita juga bisa menghapus latar belakang foto yang mengganggu, seperti orang, objek, atau bayangan yang tidak diinginkan. Atau, kita bisa menambahkan latar belakang foto yang lebih menarik, seperti warna, pola, tekstur, gambar, atau efek tertentu.

Jenis-jenis Aplikasi Edit Background Foto

Ada banyak jenis aplikasi edit background foto online yang tersedia di internet, dengan fitur, kualitas, dan kemudahan yang berbeda-beda. Secara umum, kita bisa membedakan aplikasi edit background foto online menjadi dua jenis, yaitu:

  • Aplikasi edit background foto online manual. Aplikasi edit background foto online manual adalah aplikasi yang membutuhkan intervensi pengguna untuk mengedit latar belakang foto. Pengguna harus menandai atau memilih area latar belakang yang ingin diubah, lalu memilih latar belakang baru yang diinginkan. Aplikasi edit background foto online manual biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan fleksibel, tetapi juga membutuhkan keterampilan dan waktu yang lebih banyak. Contoh aplikasi edit background foto online manual adalah Canva dan Pixlr.
  • Aplikasi edit background foto online otomatis. Aplikasi edit background foto online otomatis adalah aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengedit latar belakang foto secara otomatis. Pengguna hanya perlu mengunggah foto yang ingin diubah, lalu aplikasi akan secara otomatis mendeteksi dan menghapus latar belakang foto. Pengguna kemudian bisa memilih latar belakang baru yang tersedia di aplikasi, atau mengunggah latar belakang sendiri. Aplikasi edit background foto online otomatis biasanya memiliki fitur yang lebih sederhana dan terbatas, tetapi juga lebih cepat dan mudah digunakan. Contoh aplikasi edit background foto online otomatis adalah Fotor dan Remove.bg.

Mengapa Anda Perlu Aplikasi Edit Background Foto

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Edit Background Foto

Menggunakan aplikasi edit background foto online memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Praktis. Kita tidak perlu memiliki kamera, komputer, atau software yang canggih untuk mengedit latar belakang foto. Kita hanya perlu memiliki perangkat yang terhubung dengan internet, seperti smartphone, tablet, atau laptop, dan mengakses aplikasi edit background foto online yang kita inginkan.
  • Gratis. Kebanyakan aplikasi edit background foto online tidak memungut biaya apapun untuk penggunaannya. Kita bisa mengedit latar belakang foto sebanyak yang kita mau tanpa harus membayar. Namun, ada juga beberapa aplikasi yang menawarkan fitur premium yang membutuhkan langganan atau pembayaran tertentu.
  • Mudah. Kita tidak perlu memiliki keterampilan khusus untuk mengedit latar belakang foto. Kita hanya perlu mengikuti instruksi atau langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi edit background foto online. Beberapa aplikasi bahkan bisa mengedit latar belakang foto secara otomatis dengan bantuan AI.
  • Kreatif. Kita bisa bereksperimen dengan berbagai pilihan latar belakang yang tersedia di aplikasi edit background foto online. Kita bisa mencoba warna, pola, tekstur, gambar, atau efek yang berbeda-beda untuk membuat foto kita lebih menarik, unik, atau sesuai dengan tema yang kita inginkan.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi Edit Background Foto 

Meskipun memiliki banyak keuntungan, menggunakan aplikasi edit background foto online juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Terbatas. Kita tidak bisa mengedit latar belakang foto secara bebas dan detail seperti menggunakan software profesional. Kita harus mengikuti fitur, kualitas, dan kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi edit background foto online. Beberapa aplikasi mungkin memiliki pilihan latar belakang yang sedikit, resolusi yang rendah, atau hasil yang kurang akurat.
  • Bergantung. Kita harus terhubung dengan internet untuk bisa menggunakan aplikasi edit background foto online. Jika koneksi internet kita lambat, terputus, atau tidak stabil, maka kita tidak bisa mengedit latar belakang foto dengan lancar. Selain itu, kita juga harus mempercayakan foto kita kepada aplikasi edit background foto online, yang mungkin memiliki risiko keamanan atau privasi.
  • Tidak Asli. Kita mungkin kehilangan keaslian atau orisinalitas foto kita jika kita mengedit latar belakang foto secara berlebihan. Kita mungkin juga melanggar hak cipta atau etika jika kita menggunakan latar belakang foto yang bukan milik kita, atau mengklaim foto yang sudah diedit sebagai karya kita sendiri.

Baca juga:

 

 

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Edit Background Foto?

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Edit Background Foto

Cara menggunakan aplikasi edit background foto online mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis dan fitur aplikasi yang kita gunakan. Namun, secara umum, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih aplikasi edit background foto online yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita. Kita bisa menc
  • Lanjutkan mengunggah foto yang ingin kita edit ke aplikasi edit background foto. Kita bisa memilih foto dari galeri perangkat kita, atau mengambil foto langsung dari kamera perangkat kita. Pastikan foto yang kita pilih memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan ukuran yang ditentukan oleh aplikasi edit background foto online.
  • Tunggu hingga aplikasi edit background foto online memproses foto kita. Jika kita menggunakan aplikasi edit background foto online manual, kita harus menandai atau memilih area latar belakang yang ingin kita ubah. Jika kita menggunakan aplikasi edit background foto online otomatis, kita tidak perlu melakukan apapun, karena aplikasi akan secara otomatis menghapus latar belakang foto kita.
  • Pilih latar belakang baru yang kita inginkan dari pilihan yang tersedia di aplikasi edit background foto online. Kita bisa memilih warna, pola, tekstur, gambar, atau efek yang berbeda-beda. Kita juga bisa mengunggah latar belakang sendiri dari galeri perangkat kita, atau dari situs web lain. Pastikan latar belakang yang kita pilih cocok dengan foto kita, baik dari segi warna, ukuran, maupun tema.
  • Sesuaikan latar belakang baru dengan foto kita. Kita bisa melakukan beberapa penyesuaian, seperti memotong, memutar, menggeser, memperbesar, memperkecil, atau menambahkan transparansi pada latar belakang baru. Kita juga bisa melakukan beberapa perbaikan, seperti menghaluskan, menajamkan, menambahkan bayangan, atau menambahkan bingkai pada foto kita. Pastikan latar belakang baru terlihat alami dan rapi dengan foto kita.
  • Simpan atau unduh foto yang sudah kita edit. Kita bisa menyimpan foto yang sudah kita edit ke galeri perangkat kita, atau mengunduhnya ke komputer atau media penyimpanan lain. Kita juga bisa membagikan foto yang sudah kita edit ke media sosial, email, atau aplikasi lain. Pastikan kita memberikan kredit atau sumber yang jelas jika kita menggunakan latar belakang yang bukan milik kita, atau jika kita ingin menggunakan foto yang sudah kita edit untuk keperluan komersial.

Rekomendasi Aplikasi Edit Background Foto Online Terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi edit background foto online terbaik yang bisa kita coba:

Fotor

Foto adalah aplikasi edit background online otomatis yang bisa menghapus latar belakang foto dengan cepat dan mudah. Kita hanya perlu mengunggah foto yang ingin kita edit, lalu Fotor akan secara otomatis menghapus latar belakang foto dalam hitungan detik.

Kita bisa memilih latar belakang baru dari koleksi Fotor, atau mengunggah latar belakang sendiri. Fotor juga memiliki fitur lain, seperti kolase, desain, stiker, teks, dan filter. Fotor gratis untuk digunakan, tetapi memiliki fitur premium yang membutuhkan langganan.

Remove.bg

Remove.bg adalah aplikasi edit background online otomatis yang bisa menghapus latar belakang foto dengan akurat dan berkualitas. Kita hanya perlu mengunggah foto yang ingin kita edit, lalu Remove.bg akan secara otomatis menghapus latar belakang foto dengan menggunakan AI.

Kita bisa memilih latar belakang baru dari koleksi Remove.bg, atau mengunggah latar belakang sendiri. Remove.bg juga memiliki fitur lain, seperti pemotongan, penyesuaian, dan penambahan logo. Remove.bg gratis untuk digunakan, tetapi memiliki batasan jumlah dan ukuran foto yang bisa diedit.

Canva

Canva adalah aplikasi edit background online manual yang bisa mengganti latar belakang foto dengan kreatif dan profesional. Kita harus menandai atau memilih area latar belakang yang ingin kita ganti, lalu memilih latar belakang baru yang kita inginkan.

Kita bisa memilih latar belakang dari koleksi Canva, atau mengunggah latar belakang sendiri. Canva juga memiliki fitur lain, seperti template, grafik, ikon, font, dan animasi. Canva gratis untuk digunakan, tetapi memiliki fitur premium yang membutuhkan langganan.

Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit background online manual yang bisa menghapus, mengganti, atau menambahkan latar belakang foto dengan detail dan fleksibel. Kita harus menandai atau memilih area latar belakang yang ingin kita ubah, lalu memilih latar belakang baru yang kita inginkan.

Kita bisa memilih latar belakang dari koleksi Pixlr, atau mengunggah latar belakang sendiri. Pixlr juga memiliki fitur lain, seperti alat gambar, efek, penyesuaian, dan lapisan. Pixlr gratis untuk digunakan, tetapi memiliki iklan yang mungkin mengganggu.

Kesimpulan

Aplikasi edit background foto adalah sebuah alat atau layanan yang bisa digunakan untuk mengedit latar belakang foto secara online. Aplikasi edit background foto memiliki beberapa keuntungan, seperti praktis, gratis, mudah, dan kreatif.

Namun, aplikasi edit background foto online juga memiliki beberapa kekurangan, seperti terbatas, bergantung, dan tidak asli. Cara menggunakan aplikasi edit background foto online adalah dengan mengunggah foto yang ingin kita edit, memilih latar belakang baru yang kita inginkan, dan menyimpan atau membagikan foto yang sudah kita edit.

Beberapa rekomendasi aplikasi edit background foto online terbaik adalah Fotor, Remove.bg, Canva, dan Pixlr.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *