Don't Show Again Yes, I would!

Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: 5 Ide Usaha Online yang Menjanjikan

Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar

Pelajarwajo.com – Banyak pelajar yang ingin mencari penghasilan tambahan, tetapi tidak punya waktu atau modal yang cukup untuk berbisnis secara offline. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, jangan khawatir. Kamu bisa mencoba berbisnis online yang lebih fleksibel, praktis, dan murah. Bisnis online juga memiliki potensi pasar yang luas dan peluang keuntungan yang besar.

Namun, tidak semua bisnis online cocok untuk pelajar. Kamu harus memilih bisnis yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan ketersediaan waktu kamu. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan persaingan, permintaan, dan risiko yang ada di bisnis online yang kamu pilih.

Baca juga: Cara Membuat Usaha Kecil untuk Pelajar yang Sukses dan Menguntungkan 2023

Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: 5 Ide Usaha Online yang Menjanjikan

Untuk membantu kamu menemukan ide bisnis online yang tepat, berikut ini kami akan memberikan 5 rekomendasi bisnis untuk pelajar yang menjanjikan di tahun 2023. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: Menjadi Blogger

Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar yang pertama yaitu menjadi blogger. Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, yaitu sebuah situs web yang berisi tulisan atau konten tentang berbagai topik. Blog bisa menjadi media untuk berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman, atau opini kepada pembaca. Blog juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi blogger melalui iklan, endorsemen, atau kerjasama dengan pihak lain.

Menjadi blogger cocok untuk pelajar yang hobi menulis dan memiliki minat tertentu pada suatu bidang. Misalnya, kamu bisa membuat blog tentang pendidikan, kesehatan, teknologi, hobi, gaya hidup, atau apapun yang kamu sukai. Kamu bisa menulis konten blog sesuai dengan jadwal belajar kamu, asalkan konsisten dan berkualitas.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu modal laptop atau smartphone dan koneksi internet. Kamu bisa membuat blog gratis di platform seperti Blogger, WordPress, Medium, atau lainnya. Kamu juga bisa membeli domain dan hosting sendiri jika ingin membuat blog lebih profesional.

Baca juga: 100+ Pekerjaan Online untuk Pelajar SMA: Dijamin Cuan!

2. Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: Menjadi Reseller atau Dropshipper

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari produsen atau supplier dengan menambahkan margin keuntungan sendiri. Dropshipper adalah orang yang menjual produk dari supplier tanpa harus menyimpan stok barang sendiri. Dropshipper hanya perlu meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier, lalu supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembeli.

Menjadi reseller atau dropshipper cocok untuk pelajar yang ingin berbisnis tanpa harus membuat produk sendiri. Kamu bisa menjual berbagai macam produk, seperti pakaian, aksesoris, kosmetik, makanan, minuman, buku, atau lainnya. Kamu bisa mempromosikan produk kamu melalui media sosial, marketplace, atau website.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu modal untuk membeli produk dari supplier (jika reseller) atau biaya pendaftaran (jika dropshipper). Kamu juga perlu mencari supplier yang terpercaya dan berkualitas. Kamu bisa mencari supplier di situs-situs seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau lainnya.

Baca juga: Pekerjaan Online untuk Mahasiswa: 8 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

3. Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: Menjadi Penulis Artikel

Penulis artikel adalah orang yang menulis artikel untuk keperluan tertentu, seperti website, blog, majalah, koran, buku, atau lainnya. Penulis artikel biasanya dibayar per artikel atau per kata, tergantung pada kesepakatan dengan klien. Penulis artikel juga bisa mendapatkan royalti jika artikelnya diterbitkan di media cetak atau digital.

Menjadi penulis artikel cocok untuk pelajar yang memiliki kemampuan menulis yang baik dan mampu menyesuaikan gaya bahasa dengan tema dan tujuan artikel. Kamu bisa menulis artikel tentang berbagai topik sesuai dengan permintaan klien atau minat kamu sendiri. Kamu bisa menulis artikel di waktu luang kamu tanpa mengganggu aktivitas belajar.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu modal laptop atau smartphone dan koneksi internet. Kamu bisa mencari klien di situs-situs freelance seperti Sribulancer, Projects.co.id, Fastwork, atau lainnya. Kamu juga bisa membuat portofolio menulis kamu di blog atau media sosial untuk menarik perhatian klien.

4. Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: Menjadi Selebgram

Selebgram adalah orang yang terkenal di media sosial, khususnya Instagram, karena memiliki banyak followers dan engagement. Selebgram biasanya memposting konten yang menarik, informatif, inspiratif, atau menghibur tentang diri mereka sendiri atau hal-hal yang mereka sukai. Selebgram bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, endorsemen, atau kerjasama dengan brand.

Menjadi selebgram cocok untuk pelajar yang suka berbagi momen atau aktivitas mereka di media sosial dan memiliki daya tarik tersendiri. Kamu bisa memposting konten yang sesuai dengan passion atau hobi kamu, seperti fotografi, traveling, fashion, kuliner, musik, olahraga, atau lainnya. Kamu bisa memposting konten kapan saja dan dimana saja asalkan menarik dan relevan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu modal smartphone dan koneksi internet. Kamu juga perlu membuat akun Instagram yang menarik dan profesional. Kamu harus rajin memposting konten yang berkualitas dan berinteraksi dengan followers kamu. Kamu juga bisa menggunakan hashtag, tag, atau fitur lainnya untuk meningkatkan jangkauan akun kamu.

5. Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: Menjadi Youtuber

Youtuber adalah orang yang membuat dan mengunggah video di platform YouTube. Youtuber bisa membuat video tentang berbagai topik sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Youtuber bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, endorsemen, atau kerjasama dengan brand. Youtuber juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari merchandise, donasi, atau sponsor.

Menjadi youtuber cocok untuk pelajar yang suka membuat video dan memiliki bakat atau keterampilan tertentu. Kamu bisa membuat video tentang apapun yang kamu sukai, seperti edukasi, hiburan, tutorial, review, prank, challenge, vlog, atau lainnya. Kamu bisa membuat video di waktu luang kamu tanpa mengganggu aktivitas belajar.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu modal smartphone atau kamera dan koneksi internet. Kamu juga perlu membuat akun YouTube dan channel yang menarik dan profesional. Kamu harus rajin mengunggah video yang berkualitas dan berinteraksi dengan penonton kamu.

Kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur YouTube seperti live streaming, premiere, atau community untuk meningkatkan engagement channel kamu.

Itulah lima rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang menjanjikan. Bisnis online ini bisa kamu mulai dengan modal kecil dan tidak mengganggu waktu belajarmu. Yang penting, kamu harus memiliki niat yang kuat, semangat yang tinggi, dan konsistensi yang baik untuk menjalankan bisnis online ini. Semoga bermanfaat!

FAQ (Frequently Asked Question)

Apa bisnis yang cocok untuk pelajar?

Bisnis yang cocok untuk pelajar adalah bisnis yang tidak mengganggu waktu belajar, tidak memerlukan modal besar, dan sesuai dengan minat dan kemampuan pelajar. Beberapa contoh bisnis yang cocok untuk pelajar adalah:

  • Menjadi blogger atau Youtuber. Kamu bisa menyalurkan hobi dan bakat kamu dalam membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, endorsemen, atau kerjasama dengan berbagai pihak.
  • Menjadi reseller atau dropshipper. Kamu bisa menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang sendiri. Kamu hanya perlu mempromosikan produk tersebut melalui media sosial atau platform e-commerce dan meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier.
  • Menjual jasa penulis artikel. Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang baik dan luas wawasanmu, kamu bisa mencoba menjual jasa penulis artikel. Artikel adalah salah satu konten yang banyak dibutuhkan oleh berbagai website atau media online untuk meningkatkan trafik dan reputasi mereka.
  • Menjual desain grafis. Jika kamu memiliki bakat dan minat dalam bidang desain grafis, kamu bisa menjual jasa desain grafis secara online. Desain grafis bisa digunakan untuk membuat logo, poster, banner, brosur, kartu nama, atau produk-produk lainnya yang membutuhkan unsur visual.
  • Menjual kursus online. Jika kamu memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yang bisa kamu ajarkan kepada orang lain, kamu bisa menjual kursus online sebagai bisnis. Kursus online memungkinkan orang untuk belajar berbagai hal dengan mudah dan fleksibel melalui internet.

Usaha apa yang cocok untuk anak SMA?

Usaha yang cocok untuk anak SMA adalah usaha yang tidak mengganggu waktu belajar, tidak memerlukan modal besar, dan sesuai dengan minat dan kemampuan anak SMA. Beberapa contoh usaha yang cocok untuk anak SMA adalah:

  • Menjual makanan atau minuman ringan. Kamu bisa membuat atau membeli makanan atau minuman ringan yang disukai oleh banyak orang, seperti kue, roti, gorengan, es krim, jus, atau teh. Kamu bisa menjualnya di sekolah, di rumah, atau di tempat-tempat ramai lainnya.
  • Menjadi tutor online atau offline. Jika kamu memiliki nilai akademik yang baik dan mampu mengajar dengan baik, kamu bisa menjadi tutor online atau offline untuk mata pelajaran yang kamu kuasai. Kamu bisa mengajar teman sebaya, adik kelas, atau anak-anak SD.
  • Menjual barang bekas. Kamu bisa menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai dan memiliki nilai jual, seperti buku, pakaian, sepatu, tas, mainan, atau elektronik. Kamu bisa menjualnya melalui media sosial, platform e-commerce, atau pasar loak.
  • Menjadi fotografer atau videografer. Jika kamu memiliki kamera dan kemampuan mengambil gambar atau video yang bagus, kamu bisa menjadi fotografer atau videografer secara online atau offline. Kamu bisa menawarkan jasa kamu untuk acara-acara seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan, atau event lainnya.
  • Menjadi influencer media sosial. Jika kamu memiliki banyak followers dan engagement di media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook, kamu bisa menjadi influencer media sosial. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, endorsemen, atau kerjasama dengan berbagai brand.

Modal 500 ribu bisa buat usaha apa ya?

Modal 500 ribu bisa buat usaha apa ya? Modal 500 ribu sudah cukup untuk memulai usaha yang sederhana tapi menguntungkan. Beberapa contoh usaha yang bisa kamu buat dengan modal 500 ribu adalah:

  • Usaha laundry kiloan. Kamu bisa membuka usaha laundry kiloan di rumah dengan menggunakan mesin cuci dan setrika yang sudah ada. Kamu hanya perlu membeli deterjen, pewangi, plastik pembungkus, dan label nama. Kamu bisa menargetkan pelanggan dari lingkungan sekitar atau kost-kostan.
  • Usaha sablon kaos. Kamu bisa membuka usaha sablon kaos dengan menggunakan alat sablon manual yang bisa kamu beli dengan harga murah. Kamu juga perlu membeli kaos polos, tinta sablon, kertas transfer, dan alat-alat lainnya. Kamu bisa menawarkan jasa sablon kaos untuk berbagai keperluan, seperti komunitas, organisasi, atau event.
  • Usaha jual pulsa dan paket data. Kamu bisa membuka usaha jual pulsa dan paket data dengan menggunakan handphone dan aplikasi yang bisa kamu download secara gratis. Kamu hanya perlu mendaftar sebagai agen pulsa dan paket data di salah satu provider yang kamu pilih. Kamu bisa menjual pulsa dan paket data untuk berbagai operator dengan harga bersaing.
  • Usaha jasa pengetikan. Kamu bisa membuka usaha jasa pengetikan dengan menggunakan laptop dan printer yang sudah ada. Kamu hanya perlu membeli kertas, tinta, dan map. Kamu bisa menawarkan jasa pengetikan untuk berbagai dokumen, seperti skripsi, makalah, laporan, atau surat.
  • Usaha jual aksesoris handphone. Kamu bisa membuka usaha jual aksesoris handphone dengan membeli barang-barang dari supplier online atau offline. Kamu bisa menjual berbagai macam aksesoris handphone, seperti casing, tempered glass, earphone, charger, atau power bank.

5 Contoh Bisnis Online Apa yang Cocok untuk pemula?

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui internet dengan menggunakan media sosial, platform e-commerce, website, atau aplikasi. Bisnis online cocok untuk pemula karena tidak memerlukan modal besar, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, dan mudah diakses oleh banyak orang. Beberapa contoh bisnis online yang cocok untuk pemula adalah:

  • Bisnis afiliasi marketing. Bisnis afiliasi marketing adalah bisnis yang menghasilkan komisi dari setiap penjualan yang berasal dari referensi kamu. Kamu hanya perlu mendaftar sebagai afiliasi di salah satu platform afiliasi marketing yang tersedia di internet. Kemudian, kamu bisa mempromosikan produk-produk yang ada di platform tersebut melalui media sosial, blog, atau website kamu.
  • Bisnis dropshiping. Bisnis dropshiping adalah bisnis yang menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang sendiri. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menyediakan layanan dropshiping dan memilih produk-produk yang ingin kamu jual. Kemudian, kamu bisa mempromosikan produk-produk tersebut melalui media sosial atau platform e-commerce dan meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier.
  • Bisnis content creator. Bisnis content creator adalah bisnis yang membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Konten bisa berupa artikel, video, audio, gambar, atau animasi. Kamu bisa membuat konten sesuai dengan minat dan bakat kamu dan mengunggahnya di media sosial, platform e-learning, website, atau aplikasi. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, endorsemen, atau kerjasama dengan berbagai pihak.
  • Bisnis jasa online. Bisnis jasa online adalah bisnis yang menyediakan jasa-jasa yang bisa dilakukan secara online. Jasa bisa berupa penulisan artikel, desain grafis, terjemahan bahasa, pengembangan website, pengelolaan media sosial, atau konsultasi bisnis. Kamu bisa menawarkan jasa-jasa tersebut melalui media sosial atau platform freelance online.
  • Bisnis e-book. Bisnis e-book adalah bisnis yang membuat dan menjual buku digital yang bisa dibaca melalui gadget seperti laptop, tablet, atau smartphone. E-book bisa berupa novel, cerpen, puisi, komik, biografi, panduan, atau tutorial. Kamu bisa membuat e-book sesuai dengan keahlian atau pengetahuan kamu dan menjualnya melalui media sosial atau platform e-book online.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *