Don't Show Again Yes, I would!

Bisnis Pelajar Modal 10K: 5 Ide Menarik yang Bisa Kamu Coba

Ide Bisnis Pelajar Modal 10K

Pelajarwajo.com – Banyak pelajar yang ingin memiliki penghasilan sendiri, tetapi terkendala oleh modal yang terbatas. Padahal, modal bukanlah segalanya dalam berbisnis. Kamu bisa memanfaatkan kreativitas, kemampuan, dan teknologi untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Bahkan, ada beberapa ide bisnis pelajar modal 10K yang bisa kamu coba sekarang juga.

Bisnis pelajar modal 10K adalah bisnis yang bisa dijalankan oleh pelajar dengan modal awal hanya 10 ribu rupiah atau kurang. Bisnis ini cocok untuk kamu yang ingin belajar berwirausaha sejak dini, tanpa harus mengganggu kegiatan belajar. Selain itu, bisnis ini juga bisa memberikan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang berguna untuk masa depan.

Baca juga: Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar: 5 Ide Usaha Online yang Menjanjikan

Bisnis Pelajar Modal 10K: 5 Ide Menarik yang Bisa Kamu Coba

Dalam artikel ini, pelajarwajo akan memberikan 5 ide bisnis pelajar modal 10K yang mudah dan menguntungkan. Pelajarwajo juga akan memberikan tips dan trik untuk menjalankan bisnis ini dengan sukses. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1.Bisnis Pelajar Modal 10K: Jualan Pulsa

Pulsa adalah kebutuhan pokok bagi banyak orang, terutama di era digital seperti sekarang ini. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual pulsa kepada teman-teman, keluarga, atau orang lain yang membutuhkan. Kamu tidak perlu memiliki stok pulsa fisik, cukup menggunakan aplikasi penyedia jasa PPOB (Payment Point Online Bank) seperti Payfazz, Kasir Pintar, atau Buku Warung.

Dengan aplikasi PPOB, kamu bisa berjualan pulsa dengan modal awal hanya 10 ribu rupiah. Kamu cukup mengisi saldo di aplikasi tersebut, lalu membeli pulsa sesuai permintaan pembeli. Kamu bisa mengambil keuntungan sekitar 1.500 sampai 2.000 rupiah per transaksi. Jika kamu berhasil menjual 100 pulsa per bulan, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar 150 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Tips dan trik untuk menjalankan bisnis jualan pulsa adalah sebagai berikut:

  • Promosikan bisnis kamu melalui media sosial, grup WhatsApp, atau mulut ke mulut.
  • Berikan pelayanan yang ramah, cepat, dan profesional kepada pembeli.
  • Selalu update harga pulsa terbaru dan berikan informasi yang jelas kepada pembeli.
  • Manfaatkan fitur-fitur lain di aplikasi PPOB seperti membayar tagihan listrik, saldo E-money, transfer uang antar bank, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat Usaha Kecil untuk Pelajar yang Sukses dan Menguntungkan 2023

2. Bisnis Pelajar Modal 10K: Content Creator

Jika kamu memiliki bakat dan minat dalam membuat konten kreatif, maka kamu bisa menjadi content creator. Content creator adalah seseorang yang membuat konten menarik dan bermanfaat untuk ditampilkan di media online seperti blog, YouTube, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Dengan menjadi content creator, kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus menghasilkan uang dari internet.

Untuk menjadi content creator, kamu tidak perlu modal besar. Kamu cukup memiliki perangkat seperti handphone atau laptop, koneksi internet, kemampuan public speaking, dan ide-ide konten yang unik. Kamu bisa membuat konten sesuai dengan passion atau minat kamu, misalnya edukasi, kuliner, hiburan, atau produk tertentu.

Tips dan trik untuk menjalankan bisnis content creator adalah sebagai berikut:

  • Tentukan niche atau tema spesifik yang ingin kamu bahas di konten kamu.
  • Buat konten yang informatif, inspiratif, atau menghibur agar menarik perhatian penonton.
  • Optimalkan SEO (Search Engine Optimization) agar konten kamu mudah ditemukan di mesin pencari.
  • Monetisasi konten kamu dengan cara bergabung dengan program iklan seperti Google Adsense atau bekerja sama dengan brand tertentu.

3. Bisnis Pelajar Modal 10K: Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan dalam mendesain grafis menggunakan software seperti Photoshop, Corel Draw, atau Canva, maka kamu bisa membuka jasa desain grafis. Jasa desain grafis adalah jasa yang menyediakan layanan pembuatan desain grafis sesuai dengan kebutuhan klien. Beberapa contoh desain grafis yang bisa kamu buat adalah logo, poster, banner, kartu nama, undangan, dan lain-lain.

Untuk membuka jasa desain grafis, kamu tidak perlu modal besar. Kamu cukup memiliki perangkat seperti laptop atau tablet, software desain grafis, dan koneksi internet. Kamu bisa menawarkan jasa kamu melalui media sosial, website, atau marketplace seperti Fiverr, Sribu, atau Projects.co.id.

Tips dan trik untuk menjalankan bisnis jasa desain grafis adalah sebagai berikut:

  • Buat portofolio yang menampilkan hasil desain kamu yang terbaik dan sesuai dengan niche kamu.
  • Tentukan harga yang sesuai dengan kualitas dan tingkat kesulitan desain yang kamu buat.
  • Komunikasikan dengan baik kebutuhan dan harapan klien sebelum memulai proyek.
  • Berikan revisi jika diperlukan dan kirimkan hasil desain dalam format yang sesuai dengan permintaan klien.

4. Bisnis Pelajar Modal 10K: Jasa Penulis Artikel

Jika kamu memiliki kemampuan dalam menulis artikel yang baik dan benar, maka kamu bisa membuka jasa penulis artikel. Jasa penulis artikel adalah jasa yang menyediakan layanan penulisan artikel sesuai dengan topik dan tujuan yang diinginkan oleh klien. Beberapa contoh artikel yang bisa kamu tulis adalah artikel blog, artikel SEO, artikel review, artikel berita, dan lain-lain.

Untuk membuka jasa penulis artikel, kamu tidak perlu modal besar. Kamu cukup memiliki perangkat seperti laptop atau handphone, koneksi internet, dan kemampuan menulis yang mumpuni. Kamu bisa menawarkan jasa kamu melalui media sosial, website, atau marketplace seperti Sribulancer, Fastwork, atau Projects.co.id.

Tips dan trik untuk menjalankan bisnis jasa penulis artikel adalah sebagai berikut:

  • Buat portofolio yang menampilkan hasil tulisan kamu yang terbaik dan sesuai dengan niche kamu.
  • Tentukan harga yang sesuai dengan kualitas dan jumlah kata yang kamu tulis.
  • Lakukan riset mendalam tentang topik yang ingin kamu tulis dan gunakan sumber yang terpercaya.
  • Tulis artikel dengan gaya bahasa yang sesuai dengan tujuan dan target audiens klien.

5. Bisnis Pelajar Modal 10K: Jualan Makanan Ringan

Makanan ringan adalah salah satu produk yang selalu laris di pasaran, karena banyak orang yang suka ngemil di sela-sela aktivitas mereka. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual makanan ringan kepada teman-teman, keluarga, atau orang lain yang suka ngemil. Kamu bisa menjual makanan ringan buatan sendiri atau beli dari supplier.

Untuk menjual makanan ringan, kamu tidak perlu modal besar. Kamu cukup memiliki modal awal sekitar 10 ribu rupiah untuk membeli bahan-bahan atau produk makanan ringan. Kamu bisa menjual makanan ringan seperti keripik, kue kering, cokelat, permen, atau snack import. Kamu bisa mengambil keuntungan sekitar 2 ribu sampai 5 ribu rupiah per bungkus.

Tips dan trik untuk menjalankan bisnis jualan makanan ringan adalah sebagai berikut:

  • Pilih produk makanan ringan yang disukai oleh banyak orang dan memiliki daya tahan yang lama.
  • Kemas produk makanan ringan dengan menarik dan higienis agar menambah nilai jual.
  • Promosikan produk makanan ringan melalui media sosial, grup WhatsApp, atau mulut ke mulut.
  • Berikan diskon atau bonus jika pembeli membeli dalam jumlah banyak.

Itulah 5 ide bisnis pelajar modal 10K yang bisa kamu coba sekarang juga. Dengan modal kecil, kamu bisa memulai bisnis sendiri dan mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak hal tentang berwirausaha dan mengembangkan diri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk berbisnis.

FAQ (Frequently Asked Question)

Usaha apa yang cocok buat pelajar?

Ada banyak usaha yang cocok buat pelajar, tergantung pada minat, kemampuan, dan waktu yang dimiliki. Beberapa contoh usaha yang bisa dicoba oleh pelajar adalah:

  • Jualan pulsa. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal awal hanya 10 ribu rupiah dan tidak memerlukan tempat khusus. Cukup menggunakan aplikasi penyedia jasa PPOB seperti Payfazz, Kasir Pintar, atau Buku Warung.
  • Content creator. Usaha ini cocok bagi pelajar yang memiliki bakat dan minat dalam membuat konten kreatif untuk ditampilkan di media online seperti blog, YouTube, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Usaha ini bisa dimulai dengan modal perangkat seperti handphone atau laptop dan koneksi internet.
  • Jasa desain grafis. Usaha ini cocok bagi pelajar yang memiliki kemampuan dalam mendesain grafis menggunakan software seperti Photoshop, Corel Draw, atau Canva. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal perangkat seperti laptop atau tablet dan software desain grafis.

Usaha apa yang cocok dengan modal 5 juta?

Dengan modal 5 juta, ada banyak usaha yang bisa dijalankan dengan prospek yang menjanjikan. Beberapa contoh usaha yang bisa dijalankan dengan modal 5 juta adalah:

  • Katering rumahan. Usaha ini cocok bagi yang gemar memasak dan memiliki keterampilan dalam mengolah makanan. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal peralatan masak, bahan baku, dan kemasan makanan. Usaha ini bisa menargetkan pasar seperti karyawan kantor, mahasiswa, atau acara-acara tertentu.
  • Jasa pembuatan website. Usaha ini cocok bagi yang memiliki kemampuan dalam membuat website yang menarik dan profesional. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal perangkat seperti laptop atau handphone, koneksi internet, dan domain serta hosting website. Usaha ini bisa menawarkan layanan pembuatan website untuk berbagai keperluan seperti bisnis online, profil perusahaan, portofolio, dan lain-lain.
  • Usaha cemilan. Usaha ini cocok bagi yang suka berkreasi dengan makanan ringan yang disukai banyak orang. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal bahan baku, peralatan masak, dan kemasan cemilan. Usaha ini bisa menjual berbagai macam cemilan seperti keripik, kue kering, cokelat, permen, atau snack import.

Modal 1 juta untuk usaha apa?

Jika hanya memiliki modal 1 juta, tidak perlu khawatir karena masih ada usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil tersebut. Beberapa contoh usaha yang bisa dijalankan dengan modal 1 juta adalah:

  • Jasa penulis artikel. Usaha ini cocok bagi yang memiliki kemampuan dalam menulis artikel yang baik dan benar. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal perangkat seperti laptop atau handphone dan koneksi internet. Usaha ini bisa menawarkan layanan penulisan artikel sesuai dengan topik dan tujuan yang diinginkan oleh klien.
  • Budidaya ikan lele. Usaha ini cocok bagi yang tertarik dengan bidang agribisnis dan memiliki lahan kosong di rumah. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal bibit ikan lele, kolam terpal, pakan ikan, dan obat-obatan ikan. Usaha ini bisa menjual ikan lele hidup atau olahan kepada konsumen.
  • Bisnis tas handmade. Usaha ini cocok bagi yang memiliki hobi dan keterampilan dalam membuat tas tangan dari berbagai bahan seperti kain flanel, rajutan, atau kulit sintetis. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal bahan baku, alat jahit, dan aksesoris tas. Usaha ini bisa menjual tas handmade yang unik dan berkualitas kepada konsumen.

Apa usaha yang cocok untuk pelajar dan modal yang kecil?

Untuk pelajar yang ingin berbisnis namun memiliki modal yang kecil, ada beberapa usaha yang cocok untuk dicoba. Beberapa contoh usaha yang cocok untuk pelajar dan modal yang kecil adalah:

  • Jasa pengetikan. Usaha ini cocok bagi pelajar yang memiliki kecepatan dan ketelitian dalam mengetik dokumen. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal perangkat seperti laptop atau handphone, koneksi internet, dan printer. Usaha ini bisa menawarkan layanan pengetikan dokumen seperti skripsi, makalah, laporan, dan lain-lain.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *