Don't Show Again Yes, I would!

9 Jurusan Paling Diminati Mahasiswa Dan Karir Populer 2023

Pelajarwajo.com – Jurusan Paling Diminati Mahasiswa dan Karir Populer 2023. Penasaran jurusan apa yang paling diminati mahasiswa? Sulit untuk memutuskan jurusan mana yang tepat untuk Anda, dengan begitu banyak pilihan di luar sana. Tetapi jika Anda melihat tren dalam pendaftaran perguruan tinggi, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang jurusan apa yang paling diminati siswa.

Memilih jurusan merupakan langkah penting dalam mengembangkan karir seseorang. Siswa harus memilih jurusan yang akan membantu mereka membangun hobi dan minat yang ada dan mempersiapkan jalur karier yang sukses.

Berdasarkan hasil polling yang dilakukan oleh Associated Press, sebagian besar lulusan perguruan tinggi terakhir memilih jurusan yang banyak diminati mahasiswa.

Ini berarti bahwa sebagian besar lulusan perguruan tinggi baru memilih jurusan yang paling sering mereka temukan di antara lulusan perguruan tinggi baru. Mempertimbangkan hal ini saat memilih jurusan Kalian sendiri dapat membantu Kalian memilih bidang yang menarik bagi Kalian dan relevan dengan tujuan masa depan Kalian.

Setiap sarjana perlu memilih jurusan berdasarkan minat dan tujuan karirnya. Memilih jurusan yang tepat dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses dalam hidup dan bekerja.

Selain itu, memilih jurusan yang relevan dapat mempermudah mencari pekerjaan setelah lulus. Pilihan utama seringkali sulit dipahami karena melibatkan banyak pemikiran dan perencanaan.

Pada akhirnya, memilih jurusan merupakan langkah penting dalam mengembangkan karir seseorang.
Dalam postingan blog ini, kita akan membahas beberapa jurusan yang paling populer dan mengapa jurusan tersebut begitu menarik untuk kuliah. siswa. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut!

Sekilas Jurusan Paling Diminati Mahasiswa

Mahasiswa masa kini memiliki banyak jurusan yang bisa dipilih, namun beberapa jurusan paling diminati mahasiswa adalah bisnis, teknik, ilmu komputer, dan ilmu kesehatan. Jurusan ini menawarkan berbagai jalur karir untuk dipilih mahasiswa, termasuk posisi manajemen dan keuangan di sektor bisnis, pengembangan teknik dan perangkat lunak di sektor teknologi, dan profesi perawatan kesehatan di bidang medis.

Bisnis dan teknik adalah salah satu pilihan paling populer, karena mereka menawarkan peluang kerja dan gaji yang kuat setelah lulus. Ilmu komputer menjadi semakin populer seiring dengan kemajuan teknologi, sedangkan ilmu kesehatan mencakup berbagai bidang, seperti keperawatan, terapi fisik, dan profesi medis lainnya.

Semua jurusan ini populer di kalangan mahasiswa saat ini, karena memberi siswa pengetahuan dan keterampilan Dengan jurusan seperti Bisnis, Kesehatan, Ilmu Sosial, dan STEM yang mendominasi lanskap nasional dalam hal popularitas, jelas bahwa bidang ini merupakan pendorong utama kesuksesan di AS.

Apakah Anda ingin mengejar karir di bidang kesehatan atau teknologi, tidak ada kekurangan peluang bagi mereka yang berspesialisasi dalam jurusan populer ini.Tidak yakin jurusan apa yang harus dipilih?

Jangan khawatir – ada berbagai jurusan yang memberi siswa berbagai pilihan karir, yang memungkinkan mereka memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk sukses di pasar kerja.

Dari keuangan hingga teknologi informasi, beragam jurusan ini dapat disesuaikan dengan minat akademik dan profesional siswa.

Jadi, sementara jurusan paling diminati mahasiswa tidak diragukan lagi akan menghasilkan karir yang sukses, siswa tidak boleh merasa terbatas hanya pada itu.

Dengan mengambil risiko dan menjajaki peluang baru, mereka dapat menemukan diri mereka di jurusan yang kurang umum tetapi relevan dengan jalur karier yang mereka impikan.

Inilah 8 Jurusan Paling Diminati Mahasiswa

Memilih jurusan merupakan langkah penting untuk memastikan kesuksesan masa depan Kalian. Siswa harus memilih bidang yang mereka minati dan akan relevan dengan rencana masa depan mereka.

Plus, jurusan populer adalah pilihan yang baik karena memungkinkan siswa untuk bertemu orang yang berpikiran sama dengan tujuan dan minat yang sama. Berikut jurusan paling diminati mahasiswa.

Kedokteran

Jurusan paling diminati mahasiswa yang pertama adalah Jurusan kuliah kedokteran yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa dari tahun ke tahun baik PTN maupun PTS. Hal ini dikarenakan jurusan kedokteran memiliki prospek kerja yang paling menjanjikan diantara jurusan kuliah lainnya. Soal gaji gak perlu ditanya deh. Menjadi seorang dokter bisa memperoleh gaji atau penghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

Dokter terbagi menjadi 2 yaitu dokter spesialis dan dokter umum. Jika kamu hanya ingin menjadi dokter umum saja, waktu yang kamu butuhkan sekitar 4-5 tahun.

Sedangkan, dokter spesialis waktu kuliahnya selama 8-9 tahun. Biaya kuliah dokterlah yang paling mahal diantara biaya kuliah jurusan lainnya.

Kuliah kedokteran bisa membutuhkan biaya milyaran rupiah sampai lulus. Wajar sajalah biaya berobat itu mahal. Namun, jurusan kedokteran ini masuknya susah banget karena saingannya banyak banget.

Akuntansi

Jurusan paling diminati mahasiswa yang kedua adalah Akuntasi. Akuntasi merupakan jurusan perkuliahan yang perhubungan dengan hitung menghitung keuangan. Biasanya, yang banyak mengambil jurusan akuntansi adalah anak SMA jurusan IPS.

Tetapi, ada juga anak IPA yang mengambil jurusan akuntansi untuk kuliahnya. Untuk jurusan akuntansi, perempuanlah yang paling banyak peminatnya dibandingkan dengan laki-laki. Kuliah dengan jurusan akuntansi memiliki prospek kerja sebagai akuntan publik, internal auditor, eksternal auditor, akuntan pemerintah, akuntan pajak, dll.

Bekerja dalam bidang akuntansi harus teliti karena tanggung jawabnya sangat besar terhadap keuangan perusahaan. Buat kamu tipe orang yang teliti, cocok untuk kuliah jurusan akuntansi. Tapi buat kamu tipe orang yang kurang dan gak teliti lebih baik jangan.

Manajemen

Jurusan paling diminati mahasiswa selanjutnya ada manajemen. Dari kata manajemen sudah bisa diartikan bahwa jurusan kuliah ini memiliki hal yang berhubungan dengan mengatur.

Banyak calon mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen karena ingin menjadi seorang manager karena jurusan manajemen identik dengan bekerja sebagai seorang manager. Prospek kerja lulusan manajemen tidak hanya bekerja sebagai seorang manager, tetapi juga bisa bekerja sebagai staff marketing, bagian personalia, expert marketer, sales manager, analisis pemasaran, wirausaha, dll.

Disiplin ilmu yang dipelajari lebih ke bagaimana cara memanage atau mengatur berbagai hal. Apa yang dipelajari juga lebih ke hafalan. Hitung-hitungan juga ada.

Baca juga: Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian

Bisnis

Banyak orang yang berbondong-bondong untuk berbisnis karena bisnis adalah hal yang cukup menarik untuk menghasilkan banyak uang dari usaha sendiri. Kuliah bisnis paling banyak diminati oleh kaum laki-laki. Enaknya kuliah bisnis kalau sudah lulus kuliah kamu bisa buka usaha sendiri.

Banyak orang yang habis lulus kuliah bingung mau kerja apa atau sama sekali gak dapet kerjaan ujung-ujungnya banyak yang mengambil keputusan untuk berbisnis karena mereka menganggap penghasilan dari bisnis jauh lebih besar daripada bekerja di kantor.

Teknologi (Ilmu Komputer)

Jurusan paling diminati mahasiswa yang kelima adalah Teknologi atau ilmu komputer. Berbagai kehidupan sehari-hari dibutuhkan sebuah teknologi. Teknologi yang semakin berkembang pesat dibutuhkannya ahli komputer. Karena teknologi semakin berkembang pesat, maka jurusan IT termasuk jurusan yang banyak peminatnya. Lagi pula setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang ahli IT.

Kuliah dalam bidang IT dibutuhkannya keahlian dalam coding, menganalisa, design web atau aplikasi, dll. Lulusan IT memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Karena teknologi IT semakin berkembang dengan pesat, maka banyak lulusan yang bekerja dengan membuka sebuah perusahaan IT.

Teknik Sipil

Selanjutnya jurusan paling diminati mahasiswa adalah teknik sipil. Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa yang berkuliah di PTN. Sedangkan jurusan teknik sipil sedikit peminatnya oleh calon mahasiswa yang berkuliah di PTS. Teknik sipil kerjanya ngapain sih?

Perlu diketahui, seorang teknik sipil bekerja dengan mengatur bangunan yang ingin dibuat itu kadar cairan yang dibutuhkan untuk membuat tembok, dll. Setelah lulus kuliah, prospek kerja lulusan teknik sipil adalah sebagai insiyur. Menjadi insiyur, harus memiliki jiwa kreativitas dan harus pintar hitung-hitungannya.

Teknik Industri

Jurusan teknik industri merupakan jurusan yang berhubungan dengan keindustrian. Jadi, lulusan teknik industri akan bekerja di perusahaan industri.

Perusahaan industri yang ditunjukkan adalah industri pertambangan, industri perminyakan, industri gas, industri transportasi, dan industri jasa. Pembelajaran teknik industri di fokuskan terhadap teknik mesin dan manajemen saintifik.

Jurusan teknik industri ini hanya bisa diikuti oleh calon mahasiswa dengan jurusan IPA. Teknik industri dibutuhkannya pembelajaran yang berhubungan dengan fisika dan kimia.
Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

Farmasi

Jurusan paling diminati mahasiswa yang kedelapan adalaha farmasi. Jurusan farmasi berhubungan dengan obat-0batan. Hal-hal yang dipelajari dari jurusan ini adalah meracik obat-obatan dan mengetes bahan kimia yang ada di kehidupan sehari-hari kita. Bekerja sebagai farmasi banyak dipakai di rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

Bahkan, lulusan farmasi juga bisa bekerja sebagai apoteker atau membuka usaha apotek sendiri. Farmasi harus bisa membaca tulisan dokter juga loh. Jurusan farmasi lebih diutamakan belajar mengenai kimia dan belajar kimia itu susah banget.

Belajar kimia harus benar-benar hafal tabel periodik serta hitung-hitungannya. Jurusan farmasi ini banyak diminati calon mahasiswa di PTN karena jurusan farmasi lebih banyak di PTN.

Komunikasi

Buat kamu yang memiliki keterampilan berbicara dan menulis yang kuat dapat jurusan komunikasi patut dicoba. Kemampuan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan saat ini mulai dari start up, e-commerce, dan media.

Untuk gaji lulusan komunikasi di Indonesia rata-rata adalah 3 sampai 6 juta rupiah per bulan. Sedangkan di Amerika, jurusan komunikasi bisa memperoleh gaji mencapai 770 juta rupiah setiap tahunnya.

Jadi, kamu minat yang mana nih?

87% Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan!

Pastikan kamu telah memilih program dan beasiswa yang tepat. Daftar akun kamu segera untuk mendapatkan rekomendasi lebih dari ribuan info jurusan dan beasiswa khusus untuk kamu!

Karier Mana yang Sesuai dengan Jurusan Populer?

Jurusan perguruan tinggi paling populer di kalangan mahasiswa seni liberal adalah yang berkisar dari pendidikan, layanan sosial, dan komunikasi. Setiap bidang adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin mengejar jalur berdasarkan bidang studi spesifik mereka.

Siswa yang mempelajari seni liberal pada akhirnya dapat menemukan diri mereka bekerja di lingkungan pendidikan seperti sekolah atau universitas, berkomunikasi secara efektif melalui media seperti penyiaran atau jurnalisme, atau menggunakan prinsip inti keadilan sosial untuk melayani komunitas lokal dan membuat perbedaan yang berdampak.

Jurusan paling diminati mahasiswa atau populer seperti bisnis, teknik, dan ilmu komputer memiliki beragam jalur karier yang tersedia bagi mereka yang tertarik untuk mengejarnya. Jurusan bisnis dapat mengejar berbagai jenis peran dan industri, dari layanan keuangan hingga pemasaran hingga analitik data.

Lulusan teknik biasanya menemukan diri mereka di bidang teknologi tetapi juga dapat menggunakan keterampilan pemecahan masalah mereka di bidang energi, konstruksi, elektronik, dan bidang lainnya. Jurusan Ilmu Komputer memiliki posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang yang disajikan oleh kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan dan internet of things – tidak ada kekurangan kemungkinan karir dalam hal ilmu komputer.

Selain itu, penting bagi siswa untuk memahami peluang karir yang tersedia untuk jurusan pilihan mereka. Mengetahui jenis pekerjaan dan magang apa yang tersedia di jurusan tertentu dapat membantu siswa membuat keputusan yang tepat tentang masa depan mereka.

Meneliti peluang kerja, membuat koneksi dengan para profesional yang bekerja di bidang itu, dan berbicara dengan fakultas semuanya menyediakan sumber daya yang bagus.
Melakukan penelitian ini sejak dini dapat memberi siswa keuntungan yang mereka butuhkan untuk berhasil ketika tiba waktunya untuk memulai proses pencarian kerja setelah lulus.

Manfaat dan Tantangan Jurusan Umum

Memilih jurusan bisa jadi sulit, tetapi jurusan umum memungkinkan siswa menjelajahi berbagai bidang tanpa melakukan terlalu dini. Mengambil berbagai kelas memaparkan mereka pada topik-topik baru dan menarik, sehingga mereka dapat menemukan hasrat mereka dan mengejarnya dengan percaya diri.

Jurusan umum menawarkan kesempatan untuk menemukan jalur potensial dalam hidup, membantu membuat keputusan berdasarkan informasi tentang bidang apa yang pada akhirnya ingin mereka jadikan spesialisasi.

Dalam hal memilih jurusan, tidak diragukan lagi bahwa jurusan tersebut membutuhkan lebih banyak perencanaan dan usaha daripada jurusan lainnya.

Anda harus hati-hati memilih dan merencanakan kursus Anda untuk mendapatkan hasil maksimal darinya dan memastikannya diperhitungkan untuk jurusan Anda.

Itu adalah tanggung jawab yang besar, tetapi yang pada akhirnya dapat membawa imbalan besar dalam bentuk pertumbuhan pribadi dan memajukan prospek karier Anda.
Selain itu, memiliki jurusan adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan diri agar sukses di perguruan tinggi.

Penting bagi siswa dengan jurusan yang tidak dideklarasikan atau umum untuk berupaya mengembangkan kebiasaan belajar yang kuat sehingga mereka dapat unggul secara akademis. Ini akan menempatkan mereka pada posisi terbaik untuk sukses sepanjang karir akademik mereka dan seterusnya.

Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Karir

Ketika datang untuk memutuskan jurusan, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pilihan individu. Gaji, prospek pekerjaan, dan potensi pertumbuhan semuanya berperan dalam proses pengambilan keputusan.

Jika sebuah jurusan memiliki prospek yang baik untuk gaji dan pertumbuhan pekerjaan maka kemungkinan akan lebih menarik daripada jurusan yang tidak menawarkan tingkat stabilitas keuangan atau peluang yang sama untuk kemajuan karir.

Namun demikian, individu harus selalu mempertimbangkan minat dan minat mereka sendiri saat memilih jurusan karena pada akhirnya mereka akan menghabiskan banyak waktu dengan mata pelajaran ini di perguruan tinggi.

Saat memilih jurusan, kebanyakan orang hanya melihat jurusan perguruan tinggi yang paling diminati, tetapi penting juga untuk mempertimbangkan minat dan kekuatan individu.

Setiap orang memiliki kekuatan dan bakat yang berbeda, jadi penting untuk mempertimbangkannya saat memutuskan jalan yang akan diambil.

Bahkan jika jurusan perguruan tinggi paling populer tidak sejalan dengan minat atau keterampilan seseorang, ada banyak pilihan lain untuk mengeksplorasi dan menemukan sesuatu yang paling cocok untuk setiap orang.

Secara keseluruhan, ketika memilih jurusan untuk kuliah, penting untuk melakukan riset. Pastikan Anda tahu apa yang dibutuhkan setiap jurusan dan apakah itu akan mempersiapkan Anda untuk karir yang akan Anda nikmati dan sukses.

Selain itu, membangun jaringan dan meneliti jalur karir potensial dapat membantu seseorang membuat pilihan terbaik untuk masa depan mereka.

Dengan cara ini mereka dapat memiliki keyakinan bahwa mereka memilih jurusan yang tepat untuk mengejar tujuan mereka dan meraih kesuksesan dalam hidup.

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Jurusan

Saat memutuskan jurusan, penting untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda dan memikirkan bagaimana itu akan membantu Anda mencapai tempat yang Anda inginkan di masa depan. Sangat mudah untuk terjebak dalam kegembiraan kuliah dan melupakan mengapa Anda berada di sana – pastikan kelas dan kredit yang Anda peroleh selaras dengan tujuan karier Anda.

Jangan takut untuk berbicara dengan profesor, konselor karir, dan profesional industri jika Anda memerlukan nasihat; mereka dapat membantu memandu keputusan Anda!

Jika Anda ingin mengejar jurusan, penting untuk mengetahui mata kuliah yang diperlukan untuk itu dan jika mata kuliah tersebut ditawarkan di universitas yang Anda rencanakan untuk hadir.

Luangkan waktu untuk meneliti apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk jurusan yang Anda inginkan dan pastikan sekolah memiliki semuanya.

Selain itu, lihat profesor mana yang mengajar kelas-kelas itu, karena mereka dapat membuat perbedaan dalam seberapa banyak kesenangan dan seberapa baik Anda melakukannya dalam kursus tersebut.

Setelah itu, penting untuk mengeksplorasi semua peluang karir yang tersedia dari jurusan yang Anda pelajari. Melakukan hal ini akan memberi Anda pemahaman tentang prospek pekerjaan seperti apa yang tersedia bagi seseorang yang lulus dengan jurusan itu.

Merupakan ide bagus untuk meneliti posisi yang berbeda dan mendapatkan wawasan tentang keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan dari setiap karir untuk membuat pilihan yang tepat.

Share:
Pelajar Wajo

Pelajar Wajo

Seorang pelajar dari wajo tapi bukan pelajar biasa, yang suka menulis artikel tetapi bukan sekedar tulisan. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *